Rabu, 23 Mac 2011

Edisi Dunia

Edisi Dunia


Kosmo Online - Dunia

Posted: 23 Mar 2011 07:23 AM PDT

Kosmo Online - Dunia


Jet AS terhempas di Libya

Posted:

Jet AS terhempas di Libya

Jet AS terhempas di Libya


ORANG ramai melihat sebuah jet pejuang F-15E yang terhempas dekat bandar Benghazi di Libya semalam.


LONDON – Sebuah jet pejuang Amerika Syarikat terhempas di sebuah kawasan lapang di Libya selepas ia mengalami kegagalan mekanikal lewat kelmarin.

Namun dua juruterbang tersebut telah diselamatkan oleh anggota-anggota pemberontak di kawasan dekat kubu kuat penentang pemimpin Libya, Muammar Gaddafi.

Menurut saksi, di tempat kejadian, jet pejuang yang terhempas itu adalah jenis F-15E Eagle.

"Kami baru sahaja menemui jet pejuang Amerika itu di sebuah kawasan lapang dan ia dipercayai mengalami kegagalan mekanikal yang menyebabkan ia terhempas.

"Krew-krew jet itu dipercayai selamat," kata pemberita akhbar Daily Telegraph, Rob Crilly melalui laman Twitternya.

Jurucakap ibu pejabat perintah di Stuttgart, Karin Burzynski berkata, salah seorang krew telah berjaya diselamatkan dan pembedahan untuk menyelamatkan seorang lagi masih dilakukan.

Mereka hanya mengalami luka kecil selepas keluar dari jet dengan menggunakan kerusi anjal.

Sementara itu, jurucakap tentera Amerika, Vince Crawley mengesahkan nahas itu tetapi menolak untuk memberitahu lokasi sebenar tempat kemalangan.

Dia juga tidak mahu mendedahkan bagaimana dan ke mana krew pesawat telah dibawa.

Crawley menegaskan nahas itu berlaku adalah disebabkan oleh kegagalan mekanikal dan bukan kerana tembakan musuh.

Serangan udara pasukan tentera Barat sudah memasuki malam ketiga yang meletakkan sasaran untuk melindungi orang awam daripada pasukan tentera yang setia kepada pemimpin Libya, Muammar Gaddafi.

Kehadiran jet tentera itu adalah untuk menguatkuasakan zon larangan terbang di Libya setelah Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu (PBB) yang meluluskan resolusi untuk mengenakan larangan tersebut.

Pergolakan di Libya bermula sejak 15 Februari lalu apabila sejumlah penunjuk perasaan membuat tunjuk perasaan bagi menentang kepimpinan Gaddafi yang sudah memerintah hampir 42 tahun.

Tunjuk perasaan itu kemudian bertukar menjadi pertempuran antara para pemberontak dengan askar-askar Gaddafi.

Para penentang itu menganggap Gaddafi gagal memerintah dengan baik dan membazirkan wang negara. – Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Warga Tripoli mula kecam Gaddafi

Posted:

Warga Tripoli mula kecam Gaddafi

Warga Tripoli mula kecam Gaddafi


TENTERA Libya melepaskan tembakan penangkis pesawat ke arah je-jet pejuang tentera Barat di Tripoli kelmarin.


TRIPOLI - Beberapa hari selepas Barat melancarkan serangan udara, sebahagian penduduk di ibu kota Libya, di sini semalam semakin berani mengecam pemimpin mereka, Muammar Gaddafi dengan menyatakan, mereka mahukan beliau mati.

Sebahagian penduduk yang diwawancara beberapa wartawan Reuters di sini bagaimanapun, masih takut untuk mendedahkan nama mereka dan kembali memuji Gaddafi sebaik sahaja dihampiri oleh askar-askar yang setia kepadanya.

Namun, keberanian mereka untuk membuat kecaman terbuka terhadap pemimpin yang telah menerajui Libya selama empat dekad itu memberi isyarat bahawa perubahan sedang berlaku di bandar ini.

Sebelum ini, penduduk di sini takut untuk bercakap dengan pemberita kerana bimbang nyawa mereka melayang.

"Di sini, setiap orang sedang menunggu (penyingkiran Gaddafi). Ia tidak seperti masa lalu," kata seorang lelaki, yang mengajak wartawan menjauhkan diri daripada seorang tali barut kerajaan dengan menuju ke sebuah kedai kopi di bandar lama di sini supaya dia bebas bercakap.

"Anak-anak saya ketakutan tetapi saya tahu semua itu akan berubah. Kerajaan tidak berdaya untuk menguasai kami lagi," katanya.

Seorang ahli perniagaan tempatan yang hanya mahu dikenali sebagai Isa memuji Gaddafi apabila didekati seorang pemberi maklumat, tetapi mengecam pemimpin itu sebaik sahaja tali barut itu beredar.

"Inilah masanya. Keadaan kini getir. Bom-bom meledak sepanjang malam. Namun, apabila kami mendongak ke udara kami sedar bahawa dunia kini cuba membantu kami" katanya.

Menguasai pendapat umum supaya berpihak kepadanya adalah penting kepada Gaddafi untuk terus berkuasa di bandar ini yang merupakan kubu terkuatnya selepas dua bandar utama lain di Libya jatuh ke tangan pemberontak. - Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kandungan radioaktif dalam laut

Posted:

Kandungan radioaktif dalam laut

Kandungan radioaktif dalam laut


ASAP masih keluar dari loji jana kuasa nuklear Fukushima Daiichi 1 di Fukushima, Jepun kelmarin.


OSAKA, Japan - Paras kandungan radioaktif yang tinggi daripada tahap normal dikesan dalam air laut berdekatan loji jana kuasa nuklear Fukushima Daiichi di Fukushima yang rosak akibat gempa bumi kuat pada 11 Mac lalu, lapor pengendali loji itu, syarikat Tokyo Electric Power Co. (TEPCO) semalam.

Menurut jurucakap syarikat TEPCO, Naoki Tsunoda, tahap iodin-131 meningkat sebanyak 126.7 kali ganda dan sesium-134 pula 24.8 kali ganda tinggi daripada paras yang dibenarkan oleh kerajaan.

Katanya, kandungan tersebut dikesan dalam sampel air laut yang diambil kelmarin pada jarak 100 kilometer dari arah selatan loji Fukushima No. 1.

"Selain itu, tahap sesium-137 juga meningkat sehingga 16.5 kali ganda dan kobalt-58 pula lebih rendah daripada biasa.

"Namun, paras kandungan radioaktif itu masih lagi tidak membahayakan kesihatan manusia," katanya.

Sementara itu, dalam perkembangan terbaru kerosakan reaktor di loji jana kuasa nuklear Fukushima, pekerja-pekerja masih lagi berusaha untuk mengurangkan kerosakan loji tersebut.

Menurut agensi berita Kyodo, asap dan wap kelihatan keluar lagi daripada reaktor yang rosak semalam.

Kepulan wap putih dilihat keluar dari reaktor No.2 manakala asap seperti jerebu putih pula dilihat keluar daripada reaktor No.3.

Usaha-usaha menyembur air dan mengembalikan semula bekalan elektrik telah diberhentikan buat sementara tetapi kerja-kerja baik pulih disambung semula.

Dalam perkembangan yang berkaitan, sejumlah partikel kecil radioaktif dipercayai dari loji janakuasa nuklear Fukushima, Jepun telah dikesan berada di Iceland, kata sumber diplomatik semalam.

Namun, bahan radioaktif itu terlalu rendah untuk menyebabkan sebarang kemudaratan kepada manusia.- Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Peristiwa

Posted: 23 Mar 2011 07:21 AM PDT

ANTARA - Peristiwa


Polisi Tangkap Oknum Guru Cabul

Posted: 23 Mar 2011 07:08 AM PDT

Tasikmalaya (ANTARA News) - Polisi Resor Kota Tasikmalaya menangkap seorang oknum guru yang diduga pelaku pencabulan terhadap beberapa murid salah satu SMP Negeri di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kasat Reskrim Polresta Tasikmalaya AKP Anton Firmanto kepada wartawan di Tasikmlaya, Rabu, mengatakan pelaku, Yadi Sumaryadi (35) yang sempat menjadi buronan polisi itu ditangkap di rumah orang tuanya, Kampung Depok, Kecamatan Tamansari Tasikmalaya, Rabu sekitar pukul 14.00 WIB.

"Saat ditangkap pelaku tidak melakukan perlawanan dan cukup kooperatif dan mengakui perbuatannya," kata Anton didampingi Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), Aipda Siti Hamidah.

Penangkapan terhadap pelaku tersebut berdasarkan laporan siswanya, berinisai MRO (14) yang mengaku menjadi korban pelecehan seksual oleh oknum guru tersebut termasuk beberapa siswa lainnya juga menjadi korban.

Berdasarkan keterangan dari korban, perbuatan pelecehan seksual yang dilakukan pelaku seringkali terjadi saat menggelar kemah di dalam maupun di luar kawasan sekolah.

Sedangkan pelecehan seksual yang menimpa korban MRO dilakukan di rumah kontrakkan pelaku yang berada tidak jauh dari rumah korban, yang sebelumnya pelaku meminta korban untuk menginap dengan alasan akan memberikan pelajaran tambahan.

Korban akhirnya berhasil dibujuk dan tidak keberatan jika harus menginap di rumah gurunya, namun pada malam hari, korban sedang tertidur pelaku melakukan perbuatan yang tidak layak terhadap muridnya itu.

Akibat perbuatan tersebut dan berdasarkan bukti dan saksi, pelaku akhirnya ditahan di Markas Polresta Tasikmalaya untuk proses pemeriksaan hukum lebih lanjut.

"Pelaku dijerat pasal 292 KUH-Pidana tentang pelecehan seksual dan Undang-undang RI nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, ancaman hukumannya lebih dari lima tahun penjara," kata Aipda Siti Hamidah. (FPM/Y008/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Polresta Pagaralam Tahan Tujuh Tersangka Korupsi DAK

Posted: 23 Mar 2011 07:06 AM PDT

Pagaralam (ANTARA News) - Kepolisian Resor Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, menahan tujuh tersangka kasus dugaan korupsi dana alokasi khusus 2009 senilai Rp11,8 miliar.

"Kami menahan sedikitnya tujuh tersangka korupsi dana alokasi khusus 2009 yang merugikan negara Rp3,082 miliar," kata Kasat Reskrim Polres Kota Pagaralam AKP Syahril di Pagaralam, Rabu.

Dia menyebutkan, tujuh tersangka yang ditahan itu adalah mantan Kepala Dinas Disdikpora Idrusin Sinamit, Sekretaris Disdikpora Herman Madin, dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Arman.

"Kemudian empat tersangka lagi adalah kontraktor yaitu Rahman Fauzi, Sabam Saputra, Chilson Sumparlan, dan Rijal Efendi," kata dia.

Penetapan tersangka dalam kasus dugaan korupsi DAK 37 sekolah tersebut sudah sesuai dengan prosedur dan merupakan hasil pengembangan penyidikan, ujar Syahril.

"Kami masih mengembangkan dan mendalami kasus korupsi ini, termasuk keterlibatan pihak lainnya," kata dia.

Kemungkinan penambahan tersangka baru yang juga memiliki peran penting dalam kasus ini dimungkinkan dari hasil pengembangan kasus itu, ujar dia.

Dalam proses pelaksanaan proyek pembangunan dan perbaikan beberapa sekolah tersebut ditemukan banyak kejanggalan karena sebagian besar menyimpang dari rencana anggaran biaya (RAB), ujar Syahril.

Kapolres Kota Pagaralam, AKBP Abdul Sholeh mengatakan, pihaknya telah memeriksa 37 kepala sekolah dasar (SD), dan saat ini beberapa pejabat ditetapkan sebagai tersangka, seperti mantan Kepala Dinas Disdikpora, PPTK, PPK termasuk enam pimpinan proyek terkait korupsi DAK yang bernilai Rp11.804.460.000.

"Pengusutan dugaan korupsi DAK harus dipercepat mengingat cukup banyak pihak yang terlibat, seperti mantan Kepala Disdikpora, PPTK, PPK, konsultan, konsultan pengawas, pemborong, dan 37 kepala sekolah," kata dia.

Ia menyatakan, selama ini yang menjadi kendala dalam penuntasan kasus korupsi itu adalah masih perlu menunggu hasil audit BPKP untuk memastikan berapa kerugian negara dalam korupsi DAK ini. (U005*B014/N002/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

The Star Online: World Updates

Posted: 23 Mar 2011 07:20 AM PDT

The Star Online: World Updates


Libya rebels name interim head of government - TV

Posted: 23 Mar 2011 06:29 AM PDT

A rebel guards in a street in Benghazi March 21, 2011. (REUTERS/Suhaib Salem)

CAIRO (Reuters) - Libya's rebel national council based in the country's east has named Mahmoud Jabril to head an interim government and pick ministers, Al Jazeera television reported on Wednesday.

Jabril, a reformer who was once involved in a project to establish a democractic state in Libya, is already the head of a crisis committee to cover military and foreign affairs.

(Reporting by Tom Pfeiffer)

Copyright © 2011 Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Air strikes silence Gaddafi guns at besieged city

Posted: 23 Mar 2011 06:29 AM PDT

TRIPOLI (Reuters) - Western warplanes silenced Muammar Gaddafi's artillery and tanks besieging rebel-held Misrata in western Libya on Wednesday after a U.S. admiral warned his armour was the next target.

EDITOR'S NOTE: PICTURE TAKEN ON GUIDED GOVERNMENT TOUR A Libyan holds a poster of Libya's leader Muammar Gaddafi at a naval military facility damaged by coalition air strikes, in eastern Tripoli, March 22, 2011. (REUTERS/Zohra Bensemra)

Breathing defiance, Gaddafi earlier said Western powers who carried out a fourth night of air strikes on Libya to protect civilians under a U.N. mandate were "a bunch of fascists who will end up in the dustbin of history."

Gaddafi's tanks had kept up the shelling of Misrata, killing dozens of people this week, and residents said a "massacre" was taking place with doctors forced to treat the wounded in hospital corridors. Snipers fired at people from rooftops.

"The allied planes bombed twice so far. At 12:45 (2245 GMT Tuesday) this morning and then again less than two hours ago," a resident, Saadoun, told Reuters by telephone from Misrata.

"They (pro-Gaddafi forces) haven't fired a single artillery (round) since the air strike."

At least two explosions were heard in the Libyan capital Tripoli before dawn on Wednesday on a fourth night of strikes, Reuters witnesses said. The roar of a warplane was heard above the city followed by a barrage of anti-aircraft gunfire.

Prior to the Misrata strikes, Rear Admiral Peg Klein said warplanes would be sent out to attack Gaddafi's tanks.

"Some of those cities still have tanks advancing on them to attack the Libyan people," said Klein, commander of the expeditionary strike group aboard the USS Kearsarge off Libya.

"We are authorised, and the president made the nexus between the Security Council resolution and what he considers our legal mandate to attack those tanks. So that is the type of target that our strike aircraft will go at."

While Western air power has grounded Gaddafi's warplanes and pushed back his forces from the brink of rebel stronghold Benghazi, his forces have been besieging Libyan holdouts by rebels fighting to overthrow his 41-year rule.

In the east of this oil-producing north African desert state, disorganised and badly equipped rebels have failed to capitalise on air strikes and are pinned down.

The fighters have been unable to dislodge Gaddafi's forces from the key junction of Ajdabiyah in the east bringing a big risk of stalemate on the ground, security analysts say.

"NO SURRENDER"

"We will not surrender," Gaddafi had told supporters forming a human shield to protect him at his Tripoli compound, which came under attack in 1986 from the U.S. Reagan administration and once again in the current round of air strikes.

"We will defeat them by any means ... We are ready for the fight, whether it will be a short or a long one ... We will be victorious in the end," he said in a live television broadcast, his first public appearance since the air strikes began.

The Libyan government denies its army is conducting any offensive operations and says troops are only defending themselves when they come under attack.

The siege of Misrata, now weeks old, had become increasingly desperate, with water cut off for days and food running out, doctors operating on patients in hospital corridors and many of the wounded left untreated or simply turned away.

"The situation in the local hospital is disastrous," said a Misrata doctor. "The doctors and medical teams are exhausted beyond human physical ability and some of them cannot reach the hospital because of tanks and snipers."

It was impossible to independently verify the reports.

The rebel effort in the desert scrub in the east was stuck outside Ajdabiyah, 150 km (90 miles) west of Benghazi.

There has been no movement on the strategic town since Gaddafi's remaining tanks holed up there after the government's armoured advance along the open road to Benghazi was blown to bits by French air strikes on Saturday night.

HIDING IN THE DUNES

Hiding in the sand dunes from the tank fire coming from the town, the rebels are without heavy weapons, leadership, communication, or even a plan.

On Tuesday, groups of fighters lounged around, chatting and smoking. This was the spearhead of the counter-offensive.

When asked who was in command, one fighter, Mohamed Bhreka, shrugged and said: "Nobody is. We are volunteers. We just come here. There is no plan."

Their heavy machine guns were bolted to the back of pick-up trucks and there was a good supply of assault rifles. But some just had knives or iron bars. Field radios were not to be seen.

Fighters on the frontline of the uprising against Gaddafi said they had lost the heavy weapons vital to take on tanks.

It remains to be seen whether the rebels' bravado and faith in God are enough to take towns and advance towards their target of capturing Tripoli.

Western warplanes have flown more than 300 sorties over Libya and more than 162 Tomahawk cruise missiles have been fired in the mission to protect civilians against government troops.

Keen to deliver the mission's result, U.S. President Barack Obama said the allies should be able to announce soon that they have achieved the objective of creating the no-fly zone.

But, he said, Gaddafi would present a potential threat to his people "unless he is willing to step down."

"We will continue to support the efforts to protect the Libyan people. But we will not be in the lead," Obama said.

Facing questions at home about the Libyan campaign, duration and cost, Obama wants the United States to give up operational control of enforcing the no-fly zone within days.

Obama spoke with French President Nicolas Sarkozy and British Prime Minister David Cameron on Tuesday and they agreed NATO should play an important role in enforcing the Libyan no-fly zone, the White House said.

France had been against a NATO role for fear of alienating Arab support. Turkey also opposed the alliance taking command as it said air strikes had already overstepped what was authorised by the United Nations. U.S. officials said both countries' objections had been overcome.

NATO COMMAND

The plan is for NATO's command structure to be used for the operations under the political leadership of a "steering body" made up of Western and Arab nations who are members of the alliance policing Libya's skies, diplomats said.

French Foreign Minister Alain Juppe said on Tuesday foreign ministers of countries taking part in the military action were set to meet in the coming days to create a clear political structure for operations.

"I've proposed with the agreement of our British colleagues that we set up a political structure to guide operations, involving foreign ministers from countries that are taking part and from the Arab League," Juppe told the French parliament.

While Gaddafi scoffed at the West in his latest speech, U.S. Secretary of State Hillary Clinton said the Libyan leader and his allies may be exploring exile options, although it was unclear if he would seriously contemplate stepping aside.

"Some of it is theatre," Clinton told ABC News in an interview, saying Washington was aware of people reaching out "allegedly on Gaddafi's behalf" to try to assess their options.

"A lot of it is just the way he behaves. It's somewhat unpredictable. But some of it, we think, is exploring. You know, what are my options, where could I go, what could I do. And we would encourage that," she said.

Clinton also said the U.S. government had received unconfirmed reports that at least one of Gaddafi's sons may have been killed in air strikes. She said the "evidence is not sufficient" to confirm the reports, but added it was not U.S. forces that would have killed him.

(Reporting by Mohammed Abbas and Angus MacSwan in Benghazi, Maria Golovnina and Michael Georgy in Tripoli, Hamid Ould Ahmed and Christian Lowe in Algiers, Tom Perry in Cairo; David Brunnstrom in Brussels, Phil Stewart in Moscow, Andrew Quinn in Washington; Writing by Peter Millership; Editing by Giles Elgood)

Copyright © 2011 Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Hiburan

Posted: 23 Mar 2011 07:10 AM PDT

ANTARA - Hiburan


Selena Gomez Tidak Bohong Soal Justin Bieber

Posted: 23 Mar 2011 12:47 AM PDT

Selena Gomez (reuters)

Tidak, saya tidak melakukannya... Dia hanyalah pria yang manis

Berita Terkait

Los Angeles (ANTARA News) - Selena Gomez pernah menyangkal mengenai hubungan asmara antara dirinya dan Justin Bieber, dalam acara "Ellen DeGeneres Show". Penyanyi itu hanya bisa tertawa saat digoda mengenai penyangkalannya.

Berdasarkan Usmagazine.com, DeGeneres memutar video lama mengenai Gomez yang menepis rumor mengenai hubungannya dengan Bieber.

"Dia seperti adik saya. Itu aneh buat saya," kata Gomez dalam penampilan terdahulunya dalam acara itu.

Gomez tidak memiliki jawaban bagus untuk menggambarkan hubungan mereka saat ini. "Jangan membawa saya ke penjara! Saya tidak tahu! Saya tidak tahu!," kata gadis berusia 18 tahun itu.

"Sekarang kamu menampilkan (hubungan itu) ke publik. (Kamu) membodohi saya," kata DeGeneres.

Gomez menjawab, "Tidak, saya tidak melakukannya... Dia hanyalah pria yang manis."

DeGeneres melanjutkan untuk memanaskan suasana.

"Dia tidak seperti adik kamu, bukankah begitu? Tidak, dia tidak. Dan, dia laki-laki fantastis. Kamu tidak bisa menyembunyikan itu selamanya. Saya tahu anda semua sembunyi-sembunyi tetapi itu gila. Kalian berdua bintang besar dan tidak bisa bersembunyi dari kami!"

"Saya tidak bohong padamu. Saya tidak memikirkannya. Saya akan mengatakannya," Gomez membela diri.

"Tidak, kamu tidak terang-terangan berbohong. (Tetapi) seorang adik bukan seseorang yang ingin kamu kencani," kata DeGeneres.

Gomez mengaku, "Tidak. Itu kedengarannya aneh."
(ENY)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Penderita Ortoreksia Meningkat

Posted: 23 Mar 2011 12:22 AM PDT

Ilustrasi kegemukan (ANTARANews/Ardika)

Berita Terkait

London (ANTARA News) - Para pakar memperingatkan bahwa diet dan fitness yang berlebihan menempatkan satu dalam sepuluh perempuan pada risiko kekurangan gizi dan bahkan kematian.

Perilaku obsesif, yang disebut ortoreksia nervosa, adalah gangguan makan yang baru saja dikenali. Gangguan itu juga mempengaruhi satu dalam dua puluh pria.

Penderita biasanya mengurangi seluruh kelompok makanan, kadang karena keyakinan yang salah makanan itu tidak sehat atau tubuh mereka menolaknya. Cara itu justru menghalangi asupan gizi dan vitamin.

Pada saat yang sama terlalu banyak olahraga membuat mereka lemah atau bahkan kurus.

Ortoreksia meningkat di antara perempuan pada usia 30 tahun. Banyak yang mulai mengikuti diet ala selebritis seperti diet detoks sirup maple, yang digunakan Naomi Campbell dan Beyonce.

Cheryl Cole sudah memperjuangkan diet golongan darah, yang dipercaya para pendukungnya bahwa golongan darah berbeda mempengaruhi kemampuan tubuh untuk merusak makanan tertentu.

Para pakar memperingatkan mengikuti peraturan yang kaku tidak hanya berisiko bagi kesehatan tetapi bisa membuat ketegangan pada hubungan karena orang menghindari makan di rumah teman atau restoran.

Perbedaan utama antara ortoreksia dan gangguan makan lain seperti anoreksia nervosa atau bulimia adalah bahwa para penderita tidak perlu mulai mengurangi berat badan tetapi berhenti melakukannya karena kepercayaan yang salah bahwa itu membuat gaya hidup lebih sehat.

Mereka yang paling berisiko adalah remaja yang berada di bawah tekanan dari panutan yang tidak nyata dan paparan iklan untuk makan dan pola makan sehat.

The National Centre for Eating Disorders (NCFED) mengatakan mereka mendapat 6.000 panggilan mengenai ortoreksia selama beberapa tahun lalu. Itu tidak dibandingkan dengan angka-angka sebelumnya tetapi mengatakan itu mewakili "tentang kenaikan" dalam jumlah penyelidikan.

Deanne Jade, psikolog dari NCFED memperkirakan bahwa satu dalam sepuluh perempuan terkena gangguan itu berdasarkan penemuan dia sendiri selama 30 tahun. Belum ada angka resmi yang disusun karena ortoreksia baru dikenali sebagai perhatian kesehatan baru-baru ini.

"Ortoreksia adalah gangguan tersembuyi yang disamarkan oleh label makan yang sehat," kata Jade, seperti dikutip Daily Mail.

"Saya mengenalinya pada lebih banyak orang dari tahun ke tahun ... dalam umumnya dalam komunitas dan di antara orang yang datang menemui saya. Sering orang yang berminat menjadi sehat menjadi kewalahan oleh informasi yang berlawanan. Orang mulai meninggalkan kelompok makanan, seperti daging, dan menjadi menjadi yakin mereka "tidak bisa diterima" ke kelompok makanan lain, seperti gandum dan ssusu, sehingga mereka juga meninggalkannya.

Jade menambahkan ortoreksia meningkat di kalangan anak muda karena mereka mudah dipengaruhi oleh apa yang mereka baca di majalah dan apa yang mereka lihat di televisi.

Istilah ortoreksia diciptakan tahun 1997 oleh dokter California Steven Bratman. Dia mengombinasikan kata Yunani "orthos" yang artinya "benar atau betul", dengan "orexis" yang artinya "nafsu makan".

Menyingkirkan produk makanan dari pola makan bisa menyebabkan kekurangan kalsium, yang diperlukan untuk tulang dan gigi kuat sebagaimana fungsi yang sesuai dari otot dan sistem saraf.

Menghindari makanan menghalangi tubuh dari sumber protein penting dan besi. Protein mengandung asam amino, membangun rintangan, yang membantu sel-sel tumbuh dan memperbaiki. Kekurangan besi menyebabkan anemia, kurang energi, sesak nafas dan kurang konsentrasi.

Glenys Jones, dari Medical Research Council's Human Nutrition Research Centre, mengatakan perhatian mengenai makanan tertentu mendukung masalah itu.

"Bila ada hal negatif mengenai makanan mereka akan memotong itu selamanya. Saya melihat seseorang yang meninggalkan brokoli karena dia membaca artikel mengatakan dia bisa mendapat penyakit dari sayuran itu," tambah Jones.
(ENY)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Regional

Posted: 23 Mar 2011 01:45 AM PDT

KOMPAS.com - Regional


"Jogja Care for Japan" di Yogyakarta

Posted: 23 Mar 2011 08:03 AM PDT

[unable to retrieve full-text content]Berbagai komunitas dan masyarakat Yogyakarta, Sabtu 26/3/2011, akan menggelar aksi solidaritas untuk korban bencana tsunami Jepang.

Nodai Murid SD, Tukang Jahit Dibekuk

Posted: 23 Mar 2011 07:53 AM PDT

[unable to retrieve full-text content]Yoga 23, seorang tukang jahit di Temanggung, Jawa Tengah, terpaksa mendekam di tahanan karena membawa lari bocah perempuan berumur 13 tahun.

Harian Metro: Global

Posted: 23 Mar 2011 01:37 AM PDT

Harian Metro: Global


Pesawat pengebom Amerika terhempas

Posted: 22 Mar 2011 12:27 PM PDT

SEBAHAGIAN serpihan pesawat yang dikatakan terhempas akibat kerosakan teknikal.
SEBAHAGIAN serpihan pesawat yang dikatakan terhempas akibat kerosakan teknikal.

WASHINGTON: Sebuah pesawat pengebom F-15E tentera udara Amerika Syarikat terhempas di Libya malam tadi dan seorang krunya berjaya diselamatkan.

Jurucakap tentera Amerika di Markas Pemerintah Afrika, Vince Crawley berkata, usaha menyelamat seorang lagi kru masih dilakukan.


Menurutnya, kejadian itu mungkin disebabkan kerosakan mekanikal dan bukan kerana tembakan musuh.

Beliau berkata, kejadian berlaku sebelah malam tetapi enggan memberitahu lokasinya dan bagaimana kru pesawat berkenaan diselamatkan. - Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada siapa tahu di mana Gaddafi

Posted: 22 Mar 2011 10:53 AM PDT

WASHINGTON: Pegawai kanan tentera Amerika Syarikat berkata, tidak banyak maklumat diketahui mengenai keadaan dan lokasi Muammar Gaddafi selepas Barat melancarkan serangan ke atas Libya awal pagi Ahad lalu.

Pegawai pemerintah tentera AS di Afrika, Jeneral Carter Ham, berkata tentera juga tidak melancarkan sebarang usaha bagi mengesan di mana Gaddafi berada.


"Saya tak tahu banyak mengenai lokasi pemimpin Libya itu," katanya.

Dalam serangan diketuai AS itu, satu daripada peluru berpandu dilancarkan memusnahkan bangunan yang menjadi kubu Gaddafi di Tripoli.


Kemusnahan itu menimbulkan tanda tanya sama ada Barat memang mahu membunuh Gaddafi.


Menurut Carter, serangan udara ke atas Libya disasarkan untuk memusnahkan pusat kawalan tentera Gaddafi.

"Setakat ini serangan itu berkesan," katanya. - AFP

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi news.okezone.com

Posted: 23 Mar 2011 01:09 AM PDT

Sindikasi news.okezone.com


SBY Buka Dialog Pertahanan Internasional

Posted: 23 Mar 2011 01:05 AM PDT

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membuka acara dialog internasional tentang pertahanan atau Jakarta International Defence Dialogue (JIDD).

Dalam pidatonya Presiden SBY berharap agar masing-masing negara dapat saling memberikan informasi tentang pertahanan dan dapat menciptakan perdamaian dunia.

"Semakin banyak partner yang kita punya, semakin kuat kita," ucapnya saat membuka Jakarta International Defence Dialogue (JIDD) Jakarta Convention Centre, Jakarta Pusat, Rabu (23/3/2011).

Lebih lanjut SBY juga menyinggung soal kondisi di Libya yang saat ini masih mengkhawatirkan. "Jika kita menonton televisi sekarang. Kita akan disuguhi tayangan mulai dari perang yang terjadi di Libya," ungkapnya.

Tak hanya isu gejolak di Libya, SBY juga sempat menyinggung beberapa isu lainnya, seperti perang di Afghanistan, isu teror bom buku di Indonesia dan bocoran kawat diplomatik yang dilansir Wikileaks.

"Wikileaks telah membuat kesulitan bagi pemerintah di berbagai belahan dunia," ucapnya.

Pantauan okezone, acara tersebut  dihadirin Menhan Purnomo Yusgiantoro, Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo, Jaksa Agung Basrief Arief, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.
(hri)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Ceroboh... Ditinggal di Mobil, Uang Rp75 Juta Raib

Posted: 23 Mar 2011 12:50 AM PDT

BLORA - Sial benar pria ini, uang yang baru diambil di bank raib dibawa perampok. Uang itu ditinggal pemilik di dalam mobil untuk berbelanja.

Nahasnya, karena panik, korban bernama Susanto langsung membuka pintu mobil sehingga jejak sidik jari pelaku rusak.

Pria 55 tahun warga Sale Rembang, Blora, Jawa Tengah, itu baru saja mengambil uang dari sebuah bank pada Rabu (23/3/2011) siang tadi sebesar Rp75 juta. Namun dia tidak meminta pengawalan polisi.

Mobil bernomor polisi K 1698 PD itu diparkir untuk berbelanja di sebuah toko elektronik di Jalan Gatot Subroto, Blora.

Uang tunai yang dimasukkan di ransel diambil perampok setelah menjebol anak kunci pintu di bagian sopir.

Mengetahui kejadian tersebut, korban langsung melapor ke pos polisi terdekat. Petugas langsung melakukan olah TKP, namun kesulitan melacak sidik jari pelaku.

Belakangan Susanto baru mengetahui bahwa dia panik dan langsung membuka pintu setelah mengetahui ada yang tidak beres dengan mobilnya.

Menurut data polisi, dalam 6 bulan terakhir telah terjadi tiga kejadian serupa di daerah Blora. Semuanya bermodus sama, yakni merusak anak kunci mobil untuk mengambil uang atau barang berharga milik korban.

Guna penyidikan lebih lanjut, petugas gabungan Polsekta dan Polres Blora terus memeriksa korban saksi dan mengamankan mobil boks ke Mapolsek setempat.

(Ranin Agung/RCTI/ton)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Posted: 23 Mar 2011 01:08 AM PDT

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Serang Masjid, Pasukan Suriah Tewaskan 6 Orang

Posted: 23 Mar 2011 01:01 AM PDT

DAMASKUS - Pasukan Suriah melancarkan serangan ke sebuah masjid di kota Deraa, Suriah. Serangan tersebut dilaporkan telah menewaskan enam orang.


Serangan kali ini merupakan lanjutan serangan yang dilakukan pasukan Suriah terhadap massa pengunjuk rasa anti-pemerintah di kota Deraa. Korban yang tewas dalam serangan terbaru kali ini, termasuk seorang dokter yang berusaha membantu para pengunjuk rasa yang terluka akibat protes, demikian dilansir Reuters, Rabu 923/3/2011).


Serangan ini berlangsung satu hari setelah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendesak Pemerintah Suriah untuk menghentikan penggunaan kekerasan dalam mengatasi aksi protes. PBB juga menggarisbawahi perlakukan pasukan Suriah yang menggunakan amunisi organik untuk menyerang pengunjuk rasa.


Menyusul serangan terbaru ini, jumlah korban tewas akibat kekerasan yang dilakukan terhadap para pengunjuk rasa bertambah menjadi 10 orang. Selama enam hari pasukan Suriah dan pengunjuk rasa terus menghadapi konfrontasi.


Pihak pengunjuk rasa terus melakukan aksi protes menuntut Presiden Bashar al-Assad untuk turun dari jabatannya. Pendemo juga mendesak dilakukannya reformasi pemerintahan dan penyelidikan korupsi oleh pejabat negara.


Sementara mengenai serangan kali ini, pihak pemerintah menolak untuk berkomentar. Protes kali ini menjadi tantangan terbesar dari Presiden Assad setelah dirinya mengambil tampuk kekuasaan dari ayahnya Hafez al-Assad di tahun 2000.

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Total E&P Indonesia Ingin Terus Kelola Blok Mahakam

Posted: 23 Mar 2011 12:52 AM PDT

JAKARTA - Total E&P Indonesia berharap masih bisa terus melanjutkan kontrak kerja sama minyak dan gas (migas) Blok Mahakam. Di mana kontrak Total untuk mengelola blok tersebut akan habis pada 2017 mendatang.

"Kami mengaharapkan bisa terus melanjutkan (kontrak kerja sama migas Blok Mahakam)," ungkap President Director & GM Total E&P Indonesia, Elisabeth Proust saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/3/2011).

Seperti diketahui, Blok Mahakam telah dikuasai Total E&P sejak 31 Maret 1967, dan kontraknya akan berakhir pada 2017, dengan kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi yang berkonsentrasi di wilayah Blok Lepas Pantai Mahakam di Kalimantan Timur.

Direktorat Jendral Minyak dan Gas (Dirjen Migas) Evita Legowo menyatakan masih akan membahas lebih lanjut terkait dengan perpanjangan kontrak tersebut. "Kan masih lama. Paling lambat kita putuskan 2015, sekarang kan baru 2011," kata Evita.

Dirinya juga mendorong Pertamina bersama Total agar mulai ikut masuk ke Blok Mahakam. "Kita memang mendorong Pertamina ikut dari sekarang bareng dengan Total, tapi itu tidak related dengan perpanjangan. Belum sampai pada operator, tapi harus mulai ikuti dari sekarang," ujar Evita.(ade)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi news.okezone.com

Posted: 22 Mar 2011 11:55 PM PDT

Sindikasi news.okezone.com


Elite PKS Dikabarkan Bertemu Yusuf Supendi

Posted: 22 Mar 2011 11:50 PM PDT

JAKARTA - Testimoni mantan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Yusuf Supendi membuat PKS terpojok. Beredar kabar, sejumlah elite PKS bertemu dengan Yusuf siang ini.
 
Informasi ini didapat dari asisten Yusuf bernama Adi. "Iya benar ada pertemuan," kata Adi saat dihubungi wartawan, Rabu (23/3/2011).
 
Telepon genggam Yusuf sendiri tidak bisa dihubungi. Menurut, Adi, Yusuf baru bisa dihubungi sore nanti pukul 16.00 WIB. Soal pertemuan ini, Wakil Sekjen PKS Fahri Hamzah mengaku tidak tahu menahu.
 
Namun, pukul 14.00 WIB, pimpinan PKS akan menggelar rapat di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. "Jam 14.00 WIB nanti rapat di DPP PKS, Presiden PKS yang pimpin," jelasnya.
 
Sebelumnya, Yusuf Supendi melaporkan dugaan korupsi Sekjen PKS, Anis Matta ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kemarin. Namun, Anis, menenggarai, tindakan Yusuf Supendi ditunggangi oleh kelompok tertentu yang bertujuan menghancurkan PKS.
 
Menyikapi kabar tersebut, Yusuf membantah jika dirinya dibekingi beberapa orang. Yusuf yang mengadukan PKS ke KPK mengaku hanya ingin membuka "borok" PKS yang selama ini dia pendam.

(teb)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Masjid Ahmadiyah Depok Resmi Ditutup

Posted: 22 Mar 2011 11:41 PM PDT

DEPOK – Pascadisegel oleh warga Sawangan Depok, Masjid Al Hidayah Sawangan milik Jamaah Ahmadiyah kini terlihat lengang dan sepi dari kegiatan beribadah. Balok kayu masih tertancap di pintu dan jendela masjid Ahmadiyah yang hingga kini masih dijaga ketat polisi.
 
Pemerintah Kota Depok menegaskan masjid Ahmadiyah itu resmi ditutup menyusul diterbitkannya Peraturan Wali Kota (Perwa) terkait pelarangan Ahmadiyah dan Peraturan Gubernur Jawa Barat. Artinya, masjid tersebut tak boleh lagi digunakan oleh warga Ahmadiyah untuk bribadah.
 
Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Somad mengatakan, masjid tersebut nantinya akan dikembalikan kepada fungsi semula yakni tempat beribadah bagi umat Islam. Nantinya, kata dia, pihaknya juga akan melibatkan imam dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan mengembalikan warga Ahmadiyah ke jalan yang benar.
 
"Betul, masjid itu ditutup, tak boleh lagi dipakai untuk kegiatan Ahmadiyah, kalau kegiatan umum silakan, untuk jamaat Ahmadiyah tidak diperkenankan, imamnya dari MUI," katanya kepada wartawan, Rabu (23/03/11).
 
Idris juga menjamin tetap akan melindungi dan memberikan perlindungan fisik bagi para jemaah Ahmadiyah agar tidak menjadi sasaran aksi anarkis. Saat ini, tegasnya, pemerintah kota masih terus melaksanakan sosialisasi perwa kepada para jamaah Ahmadiyah untuk mengajak mereka bertobat.
 
"Memang insiden penyegelan waktu itu ada kesalahpahaman, warga mengira Perwa sudah sampai ke tangan pimpinan Ahmadiyah dan tetap melaksanakan kegiatan, ternyata baru sampai ke anak buahnya, karena itu kami terus sedang sosialisasi Perwa," jelasnya.
 
Sebelumnya, ratusan warga Sawangan Depok menyegel masjid Ahmadiyah Al Hidayah Sawangan Depok secara tiba–tiba. Akibat insiden tersebut belasan warga Ahmadiyah bersembunyi di dalam sebuah rumah di sekitar lokasi.

(teb)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Republika Online

Posted: 22 Mar 2011 11:42 PM PDT

Republika Online


Republika Online

Posted:

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS - Pasukan Suriah menewaskan sedikitnya enam orang, Rabu (23/3) dalam serangan terhadap satu kompleks masjid di kota selatan Deraa, lokasi protes-protes menentang pemerintah Baath yang dipimpin Presiden Bashar al Assad, kata penduduk. Mereka yang tewas itu termasuk Ali Ghassab al Mahamid, seorang dokter dari keluarga terkemuka Deraa yang pergi ke masjid Omari di bagian kota tua Deraa, yang terjadi persis setelah tengah malam, kata penduduk yang menolak menyebut namanya.

Sebelum serangan itu listrik dimatikan di daerah itu dan layanan telpon dihentikan. Teriakan 'Allahu Akbar' terdengar di seluruh lokasi permukiman di Deraa ketika tembakan itu dimulai. Tidak segera jelas apakah para pemerotes memiliki senjata.

Serangan itu menambah jumlah warga sipil yang tewas menjadi 10 orang akibat serangan pasukan Suriah dalam enam hari unjuk rasa yang menuntut kebebasan politik dan pemberantasan korupsi di negara yang berpenduduk 20 juta jiwa itu. Partai Baath yang berkuasa melarang oposisi dan memberlakukan undang-undang darurat sejak tahun 1963.

Tidak diperoleh segera komentar dari pemerintah Bashar, yang menghadapi tantangan terbesar terhadap pemerintahnya sejak menggantikan ayahnya Hafez al Assad tahun 2000. Gelombang kerusuhan di negara-negara Arab telah menggulingkan para pemimpin di Tunisia dan Mesir. Dokter Mohamid ditembak oleh seorang penembak jitu.

Jaringan telepon putus tetapi kami dapat menghubungi penduduk dekat masjid itu melalui jaringan telepon seluler Jordania," kata seorang penduduk. Deraa terletak di perbatasan dengan Jordania. Seorang aktivis politik, yang juga menolak menyebutkan namanya mengatakan "Kota tua itu gelap gulita dan masih sulit untuk mengetahui secara jelas apa yang terjadi." Serangan itu

terjadi sehari setelah Kantor Hak Asasi Manusia PBB mengatakan pihak berwenang "harus menghentikan segera penggunaan kekuatan militer yang berlebihan terhadap para pemrotes damai, terutama penggunaan peluru tajam.

Para pemrotes, yang memasang tenda-tenda di kompleks masjid itu sebelumnya mengatakan mereka akan tetap di lokasi itu sampai tuntutan-tuntutan mereka dipenuhi. Imam masjid itu, Ahmad Siasneh mengemukakan kepada stasiun televisi Arabiya, Selasa bahwa protes di masjid itu berlangsung damai.

Para pemrotes juga berkumpul di kota terdekat Nawa. Pada Selasa, Wakil Presiden Farouq al Shara mengatakan Bashar berjanji akan "melanjutkan reformasi dan modernisasi di Suriah," kata stasiun televisi Al Manar.

Tuntutan utama para pemrotes adalah diakhirinya apa yang mereka sebut penindasan oleh polisi rahasia provinsi Deraa yang dipimpin saudara sepupu Bashar. Pihak berwenang menahan seorang aktivis terkemuka yang mendukung para pemrotes, kata Observatorium Hak Asasi Manusia Suriah.

Organisasi itu mengatakan Loay Hussein, seorang tahanan politik dari tahun 1984 sampai 1991, diciduk dari rumahnya dekat Damaskus. Suriah berada dalam undang-undang darurat sejak Partai Baath berkuasa tahun 1963, melarang oposisi dan menyebabkan kemunduran ekonmi dalam puluhan tahun yang ditandai dengan nasionalisasi.

Bashar mencabut beberapa larangan pada perusahaan-perusahaan swasta tetapi mengabaikan tuntutan-tuntutan untuk mencabut undang-undang darurat, membebaskan tahanan politik, membangun norma hukum, mengizinkan kebebasan menyatakan pendapat dan mengungkapkan nasib puluhan ribu orang pembangkang yang hilang pada tahun 1980-an.

Ia keluar dari pengucilan Barat dalam empat tahun belakangan ini menyangkut perang Suriah di Lebanon dan Irak dan mendukung kelompok-kelompok garis keras Palestina. Bashar memperkuat hubungan Suriah dengan Iran sementara ia berusaha memperbaiki hubungan dengan Amerika Serikat dan melakukan upaya perdamaian dengan Israel untuk merebut kembali Dataran Tinggi Golan yang direbut Israel dalam Perang Timur Tengah tahun 1967.

]]>Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Republika Online

Posted: 22 Mar 2011 11:04 PM PDT

Republika Online


Pertamina-BPH Migas-Kejaksaan-Polisi Awasi Penyelewengan BBM

Posted: 23 Mar 2011 05:58 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah terus merapatkan barisan terhadap tindakan penyelewangan bahan bakar minyak (BBM) yang terjadi di beberapa daerah. Agar tidak terjadinya penyelewengan, pemerintah bersama PT Pertamina (Persero), Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Kejaksaan dan Kepolisian.
 
"Penyelewengan itu tidak bisa ditolerir. Sikap pemerintah sudah dinyatakan bahwa BPH Migas untuk mengawasi (potensi penyelewangan BBM). Kita support BPH Migas untuk kerja sama semakin intensif dengan kejaksaan, kepolisian menangkap yang berspekulasi seperti itu untuk mengatasi penimbunan (BBM)," kata Menteri ESDM, Darwin Zahedy Saleh saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (23/3).

Menurutnya, tindakan penyelewengan BBM merupakan cerminan pribadi yang hanya mementingkan diri sendiri. "Dia tidak tahu dalam setiap liter BBM itu ada subsidi yang cukup besar," tegas Darwin.

Ditambahkan, Dirjen Migas Kementerian ESDM, Evita Legowo, BPH Migas sudah mengidentifikasi tindakan penyelewengan BBM di beberapa tempat. "Tidak hanya di Kalimantan saja yang sudah melakukan spekulasi. Mereka melakukan itu karena memperkirakan (harga) akan naik, padahal kita tidak ada kenaikan (harga) BBM. Itu kan ada aturannya, bisa ditangkap," papar Evita.

Selain itu, ia menyampaikan Menteri ESDM juga sudah mengirimkan surat resmi kepada BPH Migas dan PT Pertamina (Persero) untuk pengaturan BBM bersubsidi. "Per 1 April (2011) kita meminta untuk pengetatan pengawasan. Artinya kita betul-betul persiapkan BBM subsidi itu untuk yang berhak," tegas Evita.

Sebelumnya, Kepala BPH Migas, Tubagus Haryono, ia mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan. "Kalau misalnya dari hasil tersebut ada penyalahgunaan kita akan lakukan operasi penegakkan hukum dengan polisi," lugas Tubagus.

Disampaikannya, salah satu penyebab terjadinya penimbunan BBM karena adanya pembelian BBM yang berlebih. Dari situ, ujar Tubagus, hal tersebut menimbulkan kecurigaan adanya penimbunan BBM.

"Di beberapa daerah juga ada indikasi memodifikasi tengki. Saya akan koordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) supaya ada satu aturan bersama untuk pembatasan. Di beberapa daerah memang ada upaya penyalahgunaan," papar Tubagus.

Ketika dikonfirmasi apakah kelangkaan BBM di Pontianak (Kalimantan Barat) dan Riau terjadi akibat karena adanya penimbunan, Tubagus pun angkat bicara. Kalau yang terjadi di kedua tempat itu, kata Tubagus, karena adanya kapal karam di Pontianak. Sedangkan di Pekanbaru karena ada yang diolah kembali. Sehingga menimbulkan keterlambatan, tapi sekarang sudah normal.

Tidak ketinggalan, Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan, mengutarakan pihaknya bersama BPH Migas melakukan pengawasan. "Kami juga dengan BPH Migas akan selalu melakukan pengawasan. Kalau misalnya kuota per harinya melebihi, tentu terjadi penimbunan. Fungsi pengawasan yang lebih ditingkatkan," ujar Karen.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Obama Harap Oposisi Mampu Gulingkan Qaddafi

Posted: 23 Mar 2011 05:56 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON - Dengan dukungan miiter dari pasukan internasional, oposisi Libya diharapkan mampu menggulingkan Muammar Qaddafi. Demikian kata Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dalam sebuah wawancara di jaringan berita CNN.

"Qaddafi mungkin mencoba untuk bersembunyi dan menunggu untuk keluar meskipun ia menghadapi sebuah wilayah larangan terbang. Meski, pasukannya telah semakin melemah," kata Obama. "Namun, camkan bahwa kami tidak hanya menggunakan jalan militer dalam ketetapan kami guna mengupayakan mundurnya Qadafi. Kami menerapkan sanksi internasional yang kuat, kami membekukan asetnya, kami akan terus melakukan tekanan menyeluruh terhadapnya."

Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton, dalam sebuah wawancara dengan ABC News mengatakan bahwa Qaddafi tengah "mempelajari" cara yang tepat untuk mundur. "Dan, kami akan mendukung hal itu," kata Hillary.

Ia tidak mengonfirmasi beberapa laporan media yang menyebutkan bahwa seorang anak Qaddafi telah meninggal. Bukti-bukti yang ada belum cukup untuk menyimpulkannya.

Negara anggota NATO termasuk Amerika Serikat, Inggris dan Prancis terus melancarkan serangan udara terhadap pasukan pemimpin Libya Muammar Qaddafi. Televisi pemerintah Libya melaporkan sejauh ini sedikitnya 60 warga sipil telah tewas dalam serangan itu.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Mancanegara

Posted: 22 Mar 2011 09:20 PM PDT

ANTARA - Mancanegara


Sekjen PBB Kutuk Serangan Gaza

Posted: 22 Mar 2011 08:03 PM PDT

Sekjen PBB Ban Ki-moon. (FOTO ANTARA/AFP PHOTO)

Berita Terkait

PBB (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Ban Ki-moon mengutuk keras pembunuhan pada Selasa oleh militer Israel terhadap empat warga sipil Palestina, dua di antara mereka anak-anak, di Jalur Gaza.

Ban "sangat prihatin pada meningkatnya situasi di Gaza dan Israel selatan - dan dia mengulangi pernyataan serta kecamannya terhadap serangan roket oleh kelompok garis keras Palestina di Gaza, termasuk di daerah-daerah berpenduduk, terhadap sasaran-sasaran sipil di Israel selatan," kata Sekjen PBB dalam pernyataan.

"Dia menyerukan kepada semua untuk menghormati kewajiban mereka menurut hukum kemanusiaan internasional dan hukum hak asasi manusia."

Sebelumnya, Selasa, delapan warga Palestina - di antara mereka empat gerilyawan - tewas dalam dua serangan Israel secara terpisah di bagian timur Kota Gaza.

Dalam salah satu serangan, empat korban sipil tewas ketika sebuah meriam Israel menghantam sebuah rumah keluarga di Shejaiya, kata petugas medis.

Lonjakan pertumpahan darah tersebut terjadi setelah beberapa hari kekerasan di lintas-perbatasan meningkat, yang kemudian memicu ketegangan antara Israel dan Hamas sebagai penguasa Gaza kembali, serta menimbulkan kekhawatiran terjadinya serangan besar-besaran militer Israel.
(H-AK/A023)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

PM Jepang Hentikan Pengiriman Produk Pertanian dari Dekat PLTN

Posted: 22 Mar 2011 07:33 PM PDT

Osaka (ANTARA News) - Perdana Menteri Jepang Naoto Kan pada hari Rabu memerintahkan dua prefektur yang tercemar kebocoran radiasi dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima untuk menghentikan pengiriman berbagai produk pertanian.

Kan mengatakan kepada para gubernur prefektur itu untuk menghentikan pengiriman "komatsuna" sayuran daun hijau dan brokoli dari Fukushima, serta susu dan peterseli dari prefektur tetangga Ibaraki, kata Jiji Press dan media lainnya.

PLTN Daiichi Fukushima, yang rusak akibat gempa bumi besar dan tsunami pada pekan lalu, kemungkinan besar akan ditutup, kata juru bicara pemerintah pada Ahad.

"Melihat perkembangan situasi secara objektif, hal itu sudah pasti," kata Kepala Sekretaris Kabinet Yukio Edano dalam konferensi pers sebagai tanggapan terhadap pertanyaan apakah pemerintah berencana untuk menutup instalasi nuklir tersebut.

Sejumlah ledakan terjadi di PLTN Fukushima setelah gemba bumi 9 SR dan tsunami yang menewaskan ribuan orang pada 11 Maret lalu. Banyak upaya yang masih sedang dilakukan untuk mendinginkan inti nuklir dalam reaktor yang terlalu panas, agar tidak menjadi kegagalan nuklir yang serius.

Pemerintah Jepang sudah mengevakuasi seluruh warga dalam radius 20 kilometer dari PLTN Fukushima serta para pekerja dalam instalasi itu dan mengumumkan zona larangan terbang di wilayah itu guna menghindari penyebaran radiasi.
(H-AK/A011)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Internasional

Posted: 22 Mar 2011 09:03 PM PDT

KOMPAS.com - Internasional


Bertutur soal Kekejaman Pasukan Khadafy

Posted: 23 Mar 2011 03:26 AM PDT

Oleh: Musthafa Abd Rahman

Sepasang suami-istri asal Libya bernama Saleh Muhammad (50) dan Najwa (40) beserta seorang putri, Senin (21/3) sore, tiba di kota Marsa Matrouh, Mesir. Kota ini terletak sekitar 220 kilometer di sebelah timur perbatasan Mesir-Libya. Mereka ditempatkan di sebuah flat oleh salah seorang tokoh di kota itu.

Muhammad dan Najwa berasal dari kota Al-Maraj, Libya, sekitar 75 km di sebelah timur kota Benghazi. Dia lari dari kota itu ketika pasukan loyalis Moammar Khadafy mendekat ke Benghazi hari Sabtu lalu.

"Saya takut saat melihat banyak penduduk Benghazi melintasi Al-Maraj hari Sabtu lalu. Mereka lari untuk menghindari pasukan Khadafy yang sudah mendekat ke Benghazi. Penduduk Al-Maraj juga ikut hengkang. Kalau Benghazi jatuh ke tangan Khadafy, Al-Maraj akan ikut jatuh," kata Muhammad.

Warga Libya lain dari kota Ajdabiya, Abdul Hamid (32), juga mengatakan terpaksa lari ke Mesir ketika pasukan Khadafy hendak memasuki kota itu pekan lalu.

"Pasukan Khadafy menembaki warga Ajdabiya yang belum sempat lari. Pasukan itu bahkan membunuh para pasien korban cedera peperangan yang dirawat di rumah sakit Ajdabiya. Bahkan, telah terjadi pembantaian di Ajdabiya oleh pasukan Khadafy," tutur Abdul Hamid.

Menurut dia, sebagian besar kota Ajdabiya hancur dan nasib sisa penduduk yang tidak sempat lari belum diketahui.

Sebagian besar dari sekitar 130.000 penduduk Ajdabiya sudah hengkang dari kota itu sebelum pasukan Khadafy memasuki kota.

Muhammad dan Najwa serta Abdul Hamid adalah sebagian dari sekitar 200 keluarga asal Libya yang kini ditampung di berbagai rumah milik penduduk Marsa Matrouh sejak Jumat pekan lalu.

Sebagian besar dari sekitar 200 keluarga asal Libya yang kini ditampung di Marsa Matrouh itu berasal dari Benghazi dan Ajdabiya. Kota Ajdabiya sempat dikuasai pasukan Khadafy pekan lalu sebelum dikuasai kembali oleh kaum revolusioner setelah pemberlakuan zona larangan terbang di atas Libya sejak Sabtu malam lalu oleh Dewan Keamanan PBB.

Dibiayai Mesir

Selain mereka, ada banyak pula warga Libya korban luka-luka yang kini dirawat di rumah sakit di kota Marsa Matrouh dengan biaya Pemerintah Mesir dan warga kota itu.

Perhatian luar biasa dari penduduk Marsa Matrouh terhadap warga Libya membuat kota tersebut kini mirip tempat perlindungan bagi warga Libya.

Kota ini juga sekaligus berperan sebagai basis pasokan logistik ke Libya. Marsa Matrouh adalah kota di Mesir yang paling dekat dengan perbatasan Libya.

Salah seorang koordinator urusan perlindungan warga Libya di Marsa Matrouh, Sheikh Ali Atiwati, mengungkapkan, penduduk Marsa Matrouh secara spontan dan sukarela menampung warga Libya yang hengkang dari negerinya.

"Penduduk Marsa Matrouh membuka rumah mereka dan menyediakan logistik berupa makanan dan minuman secara gratis kepada warga Libya yang mengungsi ke kota ini. Bahkan, banyak toko atau restoran tidak mau menerima bayaran kalau diketahui yang membeli itu dari warga Libya," ungkap Sheikh Atiwati.

Menurut dia, warga Marsa Matrouh siap menerima warga Libya lain yang berniat datang datang.

Sheikh Atiwati juga mengungkapkan, gerakan perlindungan terhadap warga Libya itu tidak diprakarsai oleh lembaga atau organisasi tertentu. Ini semua berlangsung atas inisiatif warga Marsa Matrouh tanpa ada pamrih apa pun.

Sheikh Atiwati bersama sejumlah tokoh masyarakat di Marsa Matrouh kini menggalang bantuan untuk warga Libya yang tinggal di kota itu. Mereka juga mengupayakan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Libya. Sheikh Atiwati bersama timnya biasanya setiap hari datang ke toko-toko bahan kebutuhan pokok untuk menghimpun bantuan itu.

Kompas yang sempat beberapa jam bersama Sheikh Atiwati mendatangi sejumlah toko itu pada Senin sore lalu. Dia membeli berbagai macam bahan makanan dan minuman yang disedekahkan untuk pengungsi Libya, seperti beras, telur, air mineral, roti, minuman kaleng, dan bahkan selimut.

Koordinator urusan perlindungan warga Libya, Sheikh Fargallah al-Abid, mengungkapkan, selain menampung warga Libya yang mengungsi ke Marsa Matrouh, setiap lima hari ada sedikitnya enam konvoi kendaraan yang membawa bantuan makanan dan obat-obatan dari Marsa Matrouh ke berbagai kota di Libya timur.

"Kami sudah enam kali mengirim konvoi kendaraan yang membawa bantuan makanan dan obat-obatan ke Libya sejak 18 Februari lalu. Hari Sabtu lalu kami mengirim 430 ton makanan, minuman, dan obat-obatan ke Libya. Sebelumnya, pada Senin pekan lalu, kami juga mengirim 470 ton makanan ke Libya," ungkap Sheikh al-Abid.

Menurut dia, rencananya pada Kamis besok akan dikirim lagi konvoi kendaraan, yang akan membawa bantuan makanan dan obat-obatan, ke Libya. Namun, jumlahnya masih belum jelas karena semuanya masih dalam pengumpulan.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Inilah Foto "Aksi" Gadis Pesta Berlusconi

Posted: 23 Mar 2011 03:02 AM PDT

ROMA, KOMPAS.com — Foto-foto dari sejumlah pesta Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi dengan para gadis "bunga-bunganya" jelas bukan jenis foto yang biasanya muncul dari pertemuan yang diselenggarakan oleh kepala negara. Namun, foto-foto itu mengungkapkan apa yang sesungguhnya terjadi di balik pintu tertutup pada pesta 'bunga-bunga' terkenal Silvio Berlusconi itu.

Dailymail, Selasa (22/3/2011), melaporkan, foto-foto tersebut ditemukan di laptop-laptop dan kamera-kamera yang disita dari puluhan perempuan tamu pesta, sebagai bagian dari penyelidikan terhadap tuduhan bahwa Perdana Menteri Italia itu melakukan transaksi seks dengan gadis yang masih di bawah umur.

Satu foto memperlihatkan gadis panggung acara TV Barbara Guerra (32) mengenakan seragam polisi ketat dan berwajah cemberut saat ia menggenggam sepasang borgol. Guerra tampil di acara reality TV Italia dan merupakan mantan pacar penyerang Manchester City, Mario Balotelli.

Satu foto lain memperlihatkan dua perempuan yang tidak teridentifikasi hendak berciuman, sementara foto-foto selebihnya memperlihatkan para gadis tamu pesta lain dalam pose yang provokatif. Semua foto diambil pada dini hari di rumah Berlusconi di Arcore, dekat Milan.

Para pejabat Italia mengatakan, Berlusconi telah 'mengejek' polisi dan 'secara serius menghina" para perawat menyusul munculnya foto-foto perempuan berseragam polisi dan perawat sebagai bagian dari aksi para penari telanjang di pesta-pesta itu.

Ungkapan 'bunga bunga' dikatakan untuk merujuk ke sebuah permainan seks setelah makan malam. Foto-foto yang bersifat cabul itu merupakan bagian dari 20.000 halaman berkas penuntutan terhadap Berlusconi, yang akan muncul di pengadilan bulan depan terkait tuduhan melakukan hubungan seks di bawah umur dan penyalahgunaan jabatan.

Berlusconi yang sudah berusia 74 tahun itu dituduh telah memberikan uang dan perhiasan sebagai bayaran untuk hubungan seksnya dengan seorang penari perut berusia 17 tahun, Karima El Mahroug, dan 32 perempuan lain dalam waktu dua bulan. Membayar untuk berhubungan seks dengan siapapun yang masih di bawah usia 18 tahun merupakan tindakan melawan hukum di Italia.

Berlusconi juga dituduh menggunakan kekuasaannya sebagai perdana menteri untuk membebaskan El Mahroug ketika gadis itu ditangkap karena kasus pencurian pada Mei tahun lalu. Namun, Berlusconi membantah tuduhan-tuduhan itu. Dengan bercanda ia mengatakan, "33 perempuan dalam dua bulan terlalu banyak, bahkan untuk saya."

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

The Malaysian Insider :: World

Posted: 22 Mar 2011 07:47 PM PDT

The Malaysian Insider :: World


Bahrain bans Lebanon travel, sectarian tension rises

Posted: 22 Mar 2011 05:30 PM PDT

A family member of Bahiya al-Aradi, a woman who was killed during riots, stands next to the door of a mosque to welcome other family members and friends, during her funeral in Manama March 22, 2011. — Reuters pic

MANAMA, March 23 — Bahrain warned its nationals yesterday not to travel to Lebanon for their own safety after Iranian-backed Shi'ite Muslim group Hezbollah came out in support of weeks of protests by mainly Shi'ite demonstrators.

The warning highlights growing tensions in the world's largest oil-exporting region between Sunni-ruled Arab countries and non-Arab Shi'ite power Iran, just across Gulf waters.

Bahrain has withdrawn its top diplomats from Iran in a protest over the Islamic Republic's criticism of last week's crackdown on mainly Shi'ite protesters in the island kingdom.

The crackdown has also drawn sympathy protests in countries with Shi'ite populations, including Lebanon, where Hezbollah leader Sayyed Hassan Nasrallah criticized Arab states for backing Bahrain's rulers while supporting the rebels in Libya.

"Due to the threats and interference that Bahrain has faced from terrorist elements, it warns and advises its nationals not to travel to Lebanon because of the dangers they may face that may affect their safety, and it advises nationals in Lebanon to leave immediately," the Foreign Ministry said in a statement.

The ferocity of the crackdown, which banned protests, imposed martial law and called in forces from Bahrain's fellow Sunni-ruled neighbors, has stunned its majority Shi'ites.

OVERTHROW

More than 60 per cent of Bahrainis are Shi'ites and most are campaigning for a constitutional monarchy; but calls by hardliners for the overthrow of the monarchy have alarmed Sunnis, who fear the unrest serves Iran.

Iran, which supports Shi'ite groups in Iraq and Lebanon, has complained to the United Nations and asked neighbours to join it in urging Saudi Arabia to withdraw forces from Bahrain.

Turkish Foreign Minister Ahmet Davutoglu, in a joint news conference in Ankara Tuesday with Bahrain's foreign minister, said: "It is very important that the civilian population is protected and that the civilian population and security forces do not confront one another ... A sectarian clash would harm the intense process of change in the region."

He said the intervention of foreign forces in Bahrain must be temporary.

Bahrain's Foreign Minister Sheikh Khaled bin Ahmed al-Khalifa said: "Foreign forces are only there to protect state organs" and would be there for a "very limited" time.

In London, Saudi Foreign Minister Prince Saud al-Faisal discussed the situation in Bahrain with British Prime Minister David Cameron, Cameron's office said.

It said Britain supported political dialogue that the Bahraini government says it is seeking to establish and encouraged all parties to take part in those talks.

Cameron said Bahrain's approach "needed to be based on the principle of reform to address the legitimate aspirations of the people of Bahrain."

Bahrain complained to the Arabsat broadcaster Sunday over "abuse and incitement" on Iran's Arabic-language Al Alam television, Hezbollah's Al-Manar and Shi'ite channel Ahlulbayt, which are all carried by Arabsat.

Bahrain's political crisis has been the subject of a media war between pro-Iranian channels and Bahraini state television. Both have accused the other of incitement.

Bahrain also condemned a protest outside the Saudi consulate in Tehran, after reports Saturday that some 700 demonstrators broke windows and raised a Bahraini flag over the gate.

One Lebanese resident of Bahrain said yesterday he had initially been denied entry to the country when he tried to return from a brief business trip.

At least 1,500 Lebanese live in Bahrain and a group of expatriates issued a statement Sunday, distancing the community from Nasrallah's comments. — Reuters 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Yemen president warns of civil war, US concerned

Posted: 22 Mar 2011 04:58 PM PDT

A boy shouts slogans and holds a red card, similar to football rules, to demand the ouster of Yemen's President Ali Abdullah Saleh during an anti-government protest outside Sanaa University March 2, 2011. — Reuters pic

SANAA, March 23 — Yemen's president said yesterday his country would descend into civil war if he were forced to quit and Washington voiced concern about instability in the Arab state that has become an al Qaeda stronghold.

Seven weeks of unrelenting anti-government protests and defections among the ruling elite have piled pressure on Ali Abdullah Saleh, a US ally against radical Islamist ambitions in the Arabian peninsula, to step down immediately after 32 years in power. But an aide said he would leave office only after organising parliamentary polls and establishing democratic institutions, by January 2012 — a declaration the opposition promptly rejected.

"Ali Abdullah Saleh does not seek power," Saleh's media secretary Ahmed al-Sufi told Reuters. "Ali Abdullah Saleh will not leave without knowing who he is handing over to."

The United States, grappling with the diplomatic fallout of uprisings and uncertainty across the Arab world, voiced rare public alarm about the situation in Yemen.

"We are obviously concerned about the instability in Yemen," US Defence Secretary Robert Gates said. His chief concern was to avoid "diversion of attention" from opposing al Qaeda there.

Opposition spokesman Mohammed al-Sabry, rejecting Saleh's offer to go by January 2012, said the coming hours would be decisive.

In speeches to army officers and tribal leaders in Sanaa, Saleh said Yemen faced a danger of civil war and disintegration because of efforts to stage a "coup" against his rule.

"You have an agenda to tear down the country, the country will be divided into three instead of two ... (parts). A southern part, northern part and a middle part. This is what is being sought by defectors against ... unity," he said, referring to northern Shi'ite rebels and al Qaeda militants.

"Those who want to climb up to power through coups should know that this is out of the question. The homeland will not be stable, there will be a civil war, a bloody war. They should carefully consider this," Saleh told army commanders.

Presidential guards loyal to Saleh surrounded an air force battalion in the coastal city of Hudaida after its commander said he supported the protesters. A presidential guard and a soldier died in clashes between the two forces in the southern coastal city of Mukalla late on Monday, medical sources said.

In southern Abyan province, troops clashed with al Qaeda militants, killing 12 and wounding five, state media said.

Liquefied natural gas producer Yemen LNG has told customers that unrest could lead to supply disruptions, leading stakeholder Total said.

SLIDE INTO FAILED STATE

Western countries fear the political crisis could hasten a slide into failed nation status for a country that borders the world's biggest oil exporter, Saudi Arabia, and major shipping routes. One scenario could see the country split into separate zones along tribal, military or regional lines.

Al Qaeda has already used Yemen to attempt attacks in Saudi Arabia and the United States in the past two years. The Shi'ite Houthi movement has staged a number of revolts against Saleh.

One opposition leader offered Saleh the prospect of secure retirement if, like Egyptian President Hosni Mubarak, he would go quietly, unlike Libyan leader Muammar Gaddafi.

"He shouldn't follow the style of Gaddafi by destroying the country and killing people," Yassin Noman, rotating head of Yemen's opposition coalition said.

"After this long term of governing, he should say: Thank you my people, I leave you peacefully."

"I know the morality of Yemeni people. If he left peacefully, they will look at him as a real leader. He will be able to live wherever he likes," Noman told Reuters. "They will ensure him a very nice life. His dignity will be kept."

Several generals and officials have abandoned Saleh this week after a massacre of pro-democracy demonstrators on Friday

Yesterday, Abdel-Malik Mansour, Yemen's envoy to the Arab League, told Al Arabiya television he was siding with protesters. Abdul-Rahman al-Iryani, whom Saleh sacked as environment minister on Sunday along with the rest of the cabinet, said on Facebook he was joining "the revolutionaries."

PROTEST MASSACRE

Defections have included generals, tribal leaders, diplomats and ministers. They have gained momentum since gunmen loyal to Saleh opened fire on demonstrators in the capital Sanaa on Friday. Fifty-two people were killed.

A crowd of around 10,000 gathered outside Sanaa University in a rally that has been repeated for the past seven weeks, with youth playing a key role. Saleh offered dialogue with young people yesterday, and state media said he was sympathetic to their problems.

Protesters, however, have been uncompromising. Echoing demands that have been satisfied in Tunisia and Egypt and continue to be heard elsewhere across the region, they chanted: "The people want the fall of regime."

The body of one of those killed on Friday was brought to the protesters before burial. "The people want a trial for the butcher," they shouted, hurling abuse at Saleh.

France on Monday became the first Western power to call publicly for Saleh to stand down. Foreign Minister Alain Juppe described his departure as "unavoidable."

Yemeni Foreign Minister Abubakr al-Qirbi returned from Riyadh on Monday where Saleh sent him to seek Saudi-led Gulf Arab mediation. A diplomatic source said there had been no indication of success in the effort to involve those countries.

Tribal sources said tribal sheikhs had embarked on mediation efforts yesterday, focusing on a potential agreement that protests could continue, violence against protesters would be investigated and a smooth transition of power would take place.

No more details were available.

POVERTY

Yesterday, soldiers were preventing cars driving along roads close to Saleh's presidential palace in Sanaa. Late on Monday night residents heard explosions and shooting near a presidential place in Yemen's eastern port of Mukalla.

General Ali Mohsen, commander of the northwest military zone and Saleh's kinsman from the al-Ahmar clan, said on Monday he was backing the protesters and warned of civil war.

Yesterday Mohsen — seen by northern rebels as a ruthless military leader — declared in a statement read out to the protesters camping out in Sanaa that the "era of military coups is over" and vowed to protect the "youth revolution."

Tanks were deployed outside the presidential palace in the southern port city of Aden, focal point of a separatist movement hoping to escape Yemen's myriad problems by recreating the former South Yemen that feels cheated by unity under Saleh.

Opponents complain that Yemen under Saleh has failed to meet the basic needs of the country's 23 million people. Unemployment is around 35 per cent and 50 per cent for young people. Oil wealth is dwindling and water is running out. — Reuters 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Utusan Online - Luar Negara

Posted: 22 Mar 2011 07:47 PM PDT

Utusan Online - Luar Negara


Serangan di Libya diperhebat

Posted:

Serangan di Libya diperhebat

Serangan di Libya diperhebat


Penduduk Libya berkumpul untuk melihat bangkai pesawat F-15 milik Amerika Syarikat (AS) yang terhempas selepas mengalami kegagalan mekanikal di Ghot Sultan, tenggara Benghazi, semalam. Ketika kejadian pesawat itu dalam misi menyerang pertahanan udara pemimpin Libya, Muammar Gaddafi. - AFP


ZWITINA, Libya 22 Mac - Tentera Bersekutu membedil Libya untuk tiga malam berturut-turut malam tadi, dengan menyasarkan sistem pertahanan udara dan tentera pemimpin Libya, Muammar Gaddafi serta kompleks kediamannya di Tripoli.

Serangan sejak Sabtu lalu itu berjaya menyekat kemaraan askar Gaddafi dan mengembalikan sedikit momentum kepada pemberontak yang berada di ambang kekalahan pada minggu lepas.

Namun unit-unit tentera pemberontak yang tidak tersusun belum memanfaatkan kempen bedilan kuasa Barat itu, sekali gus meningkatkan kebimbangan konflik di negara ini boleh membawa kepada kebuntuan berlarutan.

AS menolak tindakan khusus untuk menggulingkan Gaddafi, meskipun Perancis semalam berkata, Paris berharap kerajaan Libya akan runtuh dari dalam.

Dalam pada itu, komander tentera AS dalam operasi Libya, Jeneral Carter Ham berkata, tentera bersekutu mungkin mengurangkan serangannya.

"Saya merasakan kita mungkin melihat kekerapan serangan berkurangan kecuali berlaku sesuatu yang luar biasa atau di luar jangkaan," kata Ham.

Presiden AS, Barack Obama berkata, Washington akan menyerahkan kuasa pemerintahan ke atas operasi Libya dalam masa beberapa hari lagi.

Beliau tidak menyatakan negara atau pertubuhan mana yang akan mengambil alih kuasa itu, tetapi Britain dan Perancis telah memainkan peranan utama dalam menuntut campur tangan ketenteraan di Libya.

Serangan peluru berpandu dan pengeboman itu cukup meluas sehingga memusnahkan sebahagian besar sistem pertahanan udara Libya.

Sementara itu, sebuah jet pejuang F-15 milik AS terhempas hari ini selepas mengalami kegagalan mekanikal di tenggara Benghazi, bagaimanapun juruterbangnya berjaya keluar dari pesawat sebelum ia terhempas. - AP/AFP

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

AS terus desak pengunduran Gaddafi

Posted:

AS terus desak pengunduran Gaddafi

AS terus desak pengunduran Gaddafi


Seorang lelaki memerhatikan senjata milik pemimpin Libya, Muammar Gaddafi yang musnah selepas dibedil tentera Bersekutu di sepanjang jalan antara Benghazi dan Ajdabiyah, kelmarin. - Reuters


SANTIAGO 22 Mac - Amerika Syarikat (AS) memberi mesej bercanggah mengenai objektifnya di Libya, apabila Presiden Barack Obama berkata Muammar Gaddafi mesti berundur, tetapi berikrar tentera AS akan tetap mematuhi mandat Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu (PBB) yang terbatas.

"Tindakan ketenteraan kita adalah untuk menyokong mandat antarabangsa daripada Majlis Keselamatan PBB yang khusus tertumpu kepada ancaman kemanusiaan yang ditimbulkan oleh Kolonel Gaddafi terhadap rakyatnya," kata Obama pada sidang media di ibu negara Chile ini semalam.

Katanya, serangan udara dan peluru berpandu yang dilancarkan pada hujung minggu lalu adalah untuk menyokong Resolusi 1973 Majlis Keselamatan yang khusus memperkatakan usaha kemanusiaan dan Washington akan memastikan tenteranya berpegang pada mandat itu.

Obama bagaimanapun menegaskan, menjadi 'dasar AS bahawa Gaddafi mesti berundur' dan beliau menuduh pemimpin veteran yang memerintah Libya selama lebih empat dekad itu membunuh penduduk awam dalam usahanya untuk mematahkan pemberontakan.

Pentadbiran AS menghadapi tekanan kerana tidak menjelaskan matlamat perangnya di Libya, meskipun Obama selaku panglima angkatan bersenjata AS memberi jaminan tiada askar AS akan dihantar ke Libya.

Pemerhati berasa bimbang kesudahan campur tangan tentera Barat itu tidak dinyatakan dengan jelas dan tentera AS yang sudah pun terbeban dengan kempen perang di Iraq dan Afghanistan, tidak memiliki keupayaan untuk menangani satu lagi konflik berlarutan.

Komander AS yang mengetuai operasi Libya, Jeneral Carter Ham berkata, fokus tentera bersekutu adalah untuk menguatkuasakan zon larangan terbang dan melindungi penduduk awam, dan Gaddafi tidak menjadi sasaran dan tidak juga diketahui di mana beliau berada.

"Kami tidak mempunyai misi untuk menyokong tentera pemberontak sekiranya mereka melancarkan operasi serangan," kata Ham di Pentagon. - AFP

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Berita Terkini

Posted: 22 Mar 2011 07:07 PM PDT

ANTARA - Berita Terkini


Gajah Pemblokir Jalan Kini Sekarat

Posted: 22 Mar 2011 06:28 PM PDT

Pekanbaru (ANTARA News)- Satu dari dua gajah yang memblokir jalan masuk ke perumahan Cendana RT 3 RW I, Balairaja, Kecamatan Pinggir, Bengkalis, dalam kondisi sekarat.

"Di lokasi pemblokiran gajah pagi ini, saya lihat salah satu gajah yakni induk gajah sudah tumbang. Saya dekati keadaannya sudah lemah sekali tapi masih ada pergerakan," ujar Derton Panjaitan, masyarakat Balairaja kepada ANTARA, Rabu pagi.

Kondisi anak gajah, lanjutnya, masih sehat dan berdiam diri di lokasi yang sama dengan induknya.

"Induk dan anak gajah tersebut sudah dua pekan ini memblokir perumahan guru tersebut"jelasnya.

Dia mengatakan keadaan tersebut tidak lazim karena gajah tidak pernah berada di satu tempat yang sama dalam jangka waktu yang lama.

"Dan ini sudah dua pekan. Masyarakat pun bingung, mengapa gajah tersebut tidak pindah,"kata dia.

Derton mengatakan masyarakat sudah menyampaikannya pada pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Namun, tidak ada tanggapan.

Kemungkinan besar, kata Derton, induk gajah tersebut mengalami sakit sehingga berdiam diri dalam jangka waktu lama di suatu tempat.

"Dan terbukti pagi ini, gajah tersebut tumbang,"tukas dia.

Ia mengharapkan pihak BBKSDA mengambil tindakan untuk menyelamatkan gajah tersebut.

"Gajah ini hewan yang dilindungi, jadi harus cepat mengambil tindakan,"ujar mantan ketuaa penghalau gajah ini.

Pernyataan Derton ini, bertolak belakang dengan apa yang disampaikan BBKSDA yang menyebutkan pihaknya menurunkan tim untuk menghalau gajah.

Sementara itu Kepala BBKSDA Riau, Kurnia Rauf, mengatakan hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi mengenai gajah tersebut."Belum ada informasi mengenai hal itu," katanya dia.
(KR-IND/M019)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tradisi "Mandi Blimau" Tiga Tahun Sekali

Posted: 22 Mar 2011 06:25 PM PDT

Warga yang tak ikut serta akan merasa terkucil dari komunitas masyarakat mereka sendiri, karena itu mereka semua merasa harus ikut upacara yang hanya digelar sekali dalam tiga tahun tersebut

Berita Terkait

Video

Jambi (ANTARA News) - Warga  Desa Dusun Baru Semurup Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Jambi, Minggu (20/3) menggelar tradisi "Mandi Blimau" yang diselenggarakan Balai Adat tiga tahun sekali.

"Seluruh warga masyarakat, besar kecil, tua muda, pria wanita, mengikuti tradisi `Mandi Blimau` yang digelar di `Umah Gdang` yang merupakan rumah adat Desa Sumurup di Dusun Baru," ungkap salah seorang tokoh pemuda Septa (25) saat dihubungi di Kerinci, Rabu.

Mandi Blimau (mandi air jeruk) tersebut adalah tradisi masyarakat yang telah diwariskan secara turun-temurun oleh nenek moyang masyarakat setempat yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali.

"Warga yang tak ikut serta akan merasa terkucil dari komunitas masyarakat mereka sendiri, karena itu mereka semua merasa harus ikut upacara yang hanya digelar sekali dalam tiga tahun tersebut," katanya.

Prosesi upacara tersebut dipimpin oleh Depati Hatur Negeri yang merupakan pemimpin tertinggi dalam tatanan adat mereka. Semua warga mengantri disiramkan air bersih yang telah diberi limau atau jeruk beraneka jenis.

Sedikitnya ada tujuh jenis jeruk yang belah-belah dan dicampurkan ke air bersih tersebut, beberapa di antaranya jeruk manis, jeruk purut, jeruk kunci (jeruk kecil), jeruk Bali, dan jeruk salam.

Sembari memanjatkan doa ke hadirat Allah SWT setiap warga dimandikan oleh Depati satu persatu. Untuk dapat dimandikan mereka mengantri dengan tertib di hadapan Depati.

"Sejak subuh warga berdatangan dan berkumpul di halaman Umah Gedang, yakni rumah Adat yang merupakan Istana para depati, sekaligus merupakan Museum Sko (harta pusaka) desa-desa dan suku-suku di Kerinci," ujarnya.

Septa juga meluruskan asumsi sebagian golongan yang mengecam ritual tersebut syirik dalam ajaran agama Islam.

"Ritual tersebut bukan bagian mutlak dari syariat agama Islam yang dianut 100 persen oleh masyarakat Semurup. Ini  tradisi yang tidak berlawanan dengan syariat agama. Esensinya pelestarian nilai-nilai kebersamaan dan kekeluargaan," katanya.
(KR-BS/E003)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi international.okezone.com

Posted: 22 Mar 2011 03:11 PM PDT

Sindikasi international.okezone.com


Gempa Susulan Kembali Guncang Jepang

Posted: 22 Mar 2011 07:08 AM PDT

OSAKA - Rangkaian gempa susulan kembali mengguncang wilayah timur laut Jepang hari ini. Gempa susulan ini makin membuat warga terus dalam kondisi waspada setelah gempa dahsyat 11 Maret lalu yang meluluhlantahkan beberapa wilayah Jepang.


Dua gempa berkekuatan 6,6 skala richter (SR) dan satu gempa berkekuatan 6,4 SR menyerangan bergantian dalam jangka waktu hanya dua setengah jam. Ketiga gempa susulan tersebut melanda wilayah timur laut Jepang, yang hancur pada saat gempa berkekuatan 9,0 SR melanda lebih dari sepekan lalu.


Seperti dilansir AFP, Selasa (22/3/2011), tidak ada laporan korban ataupun peringatan tsunami diumumkan dalam rangkaian gempa susulan tersebut.


Gempa 9,0 SR yang melanda 11 Maret lalu telah menimbulkan kerusakan hebat bagi Jepang. Meski dianggap paling siap menghadapi bencana semacam gempa, kondisi wilayah yang dilanda gempa dan disertai tsunami tampak hancur lebur. 


Bahkan wilayah seperti Prefektur Miyagi, Iwate dan Fukushima bak seperti Jepang usai dibom atom pada masa Perang Dunia II silam. 


Selain diikuti oleh tsunami, gempa juga menimbulkan krisis nuklir. Dimana pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima rusak berat akibat diterjang gempa dan tsunami.


Krisis nuklir ini menimbulkan kekhawatiran bahwa kebocoran radiasi di PLTN Fukushima dapat mengulang kembali tragedi kebocoran nuklir di Chernobyl, Ukraina pada tahun 1986 silam. 

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Korban Tewas Gempa Jepang Capai 9 Ribu Jiwa

Posted: 22 Mar 2011 06:02 AM PDT

TOKYO - Kepolisian Nasional Jepang mengatakan lebih dari sembilan ribu dikhawatirkan tewas setelah gempa berkekuatan 9 skala richter (SR) melanda Jepang. Sementara 13,500 jiwa dilaporkan hilang dalam gempa yang disertai tsunami tersebut.


Jumlah korban itu dikhawatirkan akan terus bertambah. Polisi Jepang yakin bahwa jumlah akhir dari korban tewas dapat menyentuh angka lebih dari 18.000 jiwa. Demikian diberitakan Associated Press, Selasa (22/3/2011).


Juru bicara polisi di wilayah Prefektur Miyagi memperkirakan angka kematian di wilayahnya saja dapat mencapai angka 15.000 orang.  


Sementara Kepolisian Nasional Jepang memastikan jumlah jasad yang telah ditemukan hingga saat ini, dipastikan telah mencapai 9.080 jiwa. Sementara 13.561 warga lainnya dilaporkan hilang.


Gempa di Jepang kali ini memang dianggap terparah sejak tahun 1923 silam. Selain diikuti oleh tsunami, gempa juga menimbulkan krisis nuklir. Dimana pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima rusak berat akibat diterjang gempa dan tsunami.


PLTN tersebut terus mengeluarkan bahaya radiasi kepada warga yang tinggalnya berdekatan dengan reaktor tersebut. Hingga kini lebih dari 200 ribu warga telah dievakuasi dari wilayah tersebut. 

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Berita Harian: Dunia

Posted: 22 Mar 2011 03:02 PM PDT

Berita Harian: Dunia


Cubaan bunuh Muammar Gaddafi

Posted: 21 Mar 2011 03:16 PM PDT

Dunia

ASKAR Libya meninjau kemusnahan bangunan pentadbiran Gaddafi di Tripoli selepas dibom, semalam.

ASKAR Libya meninjau kemusnahan bangunan pentadbiran Gaddafi di Tripoli selepas dibom, semalam.

Gelombang kedua serangan udara sasar kediaman pemimpin Libya di Tripoli

TRIPOLI: Armada perang Barat melancarkan gelombang kedua bedilan dari udara terhadap sasaran di Libya semalam dengan satu serangan peluru berpandu dilancarkan terhadap kediaman pemimpin negara itu, Muammar Gaddafi, di Tripoli ditafsirkan sebagai cubaan membunuhnya.

Bangunan tiga tingkat itu terletak berdekatan khemah yang biasa digunakan Gaddafi. Serangan berlaku ketika 300 penyokong Gaddafi berada di sekitarnya tetapi tidak diketahui berapa ramai cedera atau maut.

Sebelum ini, Setiausaha Pertahanan Britain, Liam Fox menyatakan Gaddafi berkemungkinan menjadi 'sasaran sah' tentera bersekutu. Pengerusi Kakitangan Turus Bersama Amerika Syarikat, Laksamana Mike Mullen, berkata zon larangan terbang sudah berkuat kuasa.

Pegawai Amerika cuba mengelak operasi tentera terbaru dengan tindakan menggulingkan Presiden Iraq, Saddam Hussein, menekankan misi kali ini bukannya membunuh atau menjatuhkan Gaddafi.

Mullen memberitahu televisyen CBS bahawa matlamat kempen udara itu belum pasti dan keadaan mungkin buntu, Pegawai kesihatan Libya berkata, 64 orang awam terbunuh kerana bedilan jet negara Barat.

Serangan pertama pada Sabtu lalu menyaksikan 112 peluru berpandu Tomahawk dilancarkan bertujuan menyekat kemaraan tentera Gaddafi di bandar Benghazi dan menyasarkan pertahanan udara Libya bagi membolehkan jet pejuang Barat meronda ruang udara Libya.
Serangan kedua menyasarkan tentera Gaddafi di bandar Ajdabiyah di timur Libya. Jurucakap tentera Libya mengumumkan gencatan senjata terbaru kelmarin mulai 9 malam waktu tempatan (3 pagi di Malaysia).

Ada kebimbangan askar Libya akan cuba masuk ke pusat bandar selepas Gaddafi berikrar bertarung hingga ke titisan darah terakhir.

Di kota Benghazi, beberapa letupan dan tembakan senjata api kedengaran sekali sekala. Saksi berkata, tembak menembak itu berlangsung 40 minit.

Campur tangan ketenteraan di Libya selepas diluluskan Majlis Keselamatan PBB adalah operasi terbesar terhadap sebuah negara Arab sejak pencerobohan Iraq pada 2003. – Reuters


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

4 negara cari formula demokrasi

Posted: 21 Mar 2011 03:15 PM PDT

Dunia

Ketegangan berterusan di Syria, Yaman, Mesir serta Bahrain

SANAA: Presiden Yaman, Ali Abdullah Saleh memecat kerajaannya kelmarin di saat rakyatnya berhimpun untuk menyertai pengebumian 52 orang awam yang ditembak anggota keselamatan dan krisis terus meruncing apabila pemimpin kanan tertinggi tentera, Jeneral Ali Mohsen al-Ahmar meletakkan jawatan bagi menyertai penunjuk perasaan.

"Krisis ini bertambah rumit, membawa negara ke keganasan serta perang saudara. Kami umum menyokong dan melindungi belia yang memprotes di dataran universiti Sanaa," kata Ahmar, komander tentera yang pernah bersahabat baik dengan Saleh.

Berikutan peletakan jawatan Ahmar, Saleh mengarahkan kereta kebal ditempatkan dan berkawal di luar istana presiden di Yaman. Kereta kebal turut ditempatkan di bank pusat dan Kementerian Pertahanan. Pentadbiran Saleh turut bergoncang apabila Duta Yaman ke Bangsa-Bangsa Bersatu, Abdullah Alsaidi dan Menteri Hak Asasi, Huda al Baan turut memprotes pembunuhan orang awam dan meletakkan jawatan.
Di DARAA, seorang maut dan lebih 100 cedera kelmarin apabila pasukan keselamatan Syria menembak penunjuk perasaan yang merusuh di sini, kata aktivis hak asasi pada hari ketiga pergolakan.

Seorang pegawai Syria menafikan laporan kematian dan menuduh 'pengacau' mencetuskan rusuhan ketika menteri kabinet, dikerah presiden melawat bandar ini untuk memberi penghormatan kepada dua penunjuk perasaan yang maut dalam keganasan Jumaat lalu.

Pasukan keselamatan disokong polis berpakaian preman melepaskan peluru hidup dan gas pemedih mata ke arah 'lebih 10,000 penunjuk perasaan,' kata seorang aktivis sambil menuduh 'gas pemedih mata bercampur bahan toksik' digunakan.
Di KAHERAH, pungutan suara di Mesir Sabtu lalu dianggap berjaya dengan parti Islam dijangka menang.
Sebanyak 77 peratus penduduk Mesir bersetuju dengan pindaan perlembagaan yang dicadangkan bertujuan memberi panduan kepada negara paling ramai penduduk dalam dunia Arab itu mengadakan pilihan raya parlimen dan presiden baru dalam masa enam bulan.

Pergerakan Ikhawanul Muslimin memberi sokongan dan menjadi pertubuhan utama di belakang undian 'ya' walaupun kumpulan pemuda yang terbabit dalam bantahan memaksa Hosni Mubarak meletak jawatan bulan lalu memilih untuk mengundi 'tidak'.

Di MANAMA, Raja Bahrain, Hamad bin Isa Al Khalifa berkata pakatan asing terhadap negaranya dipatahkan dan berterima kasih kepada tentera negara jiran kerana membantu menamatkan pemberontakan selepas beberapa minggu meletus.

"Saya mengumumkan kegagalan cubaan luar untuk mencetuskan kacau bilau di negara ini," katanya yang dipetik agensi berita BNA. – AFP/AP


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Nasional

Posted: 22 Mar 2011 01:43 PM PDT

KOMPAS.com - Nasional


Jepang Beri Penghargaan TKI Perawat

Posted: 22 Mar 2011 06:02 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang menyampaikan penghargaan kepada Rita Retnaningtyas, perawat Indonesia di rumah sakit Miyagi yang berjasa menolong korban gempa dan tsunami di negeri itu.

Penghargaan disampaikan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kojiro Shiojiri, saat menghadiri pelatihan Bahasa Jepang bagi 104 calon TKI perawat di Jakarta, Selasa (22/3/2011).

"Kami atas nama pemerintah Jepang menyampaikan terima kasih kepada BNP2TKI dan khususnya Rita Retnaningtyas yang ikut bersusah payah membantu warga Jepang terkena tsunami di Miyagi," kata Shiojiri.

Rita Retnaningtyas (35 tahun) berasal dari Kelurahan Srondol Kulon, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Rita bekerja sebagai perawat pasien di Miyagi National Hospital sejak 2009 oleh Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) melalui program kerja sama antarpemerintah RI dan Jepang.

Shiojiri mengatakan, Rita Retnaningtyas bersama TKI perawat lain bersedia bertahan di daerah dekat gempa dan tsunami di Miyagi untuk melakukan pekerjaan sosial kemanusiaan yang mulia.

Menurut dia, di lima prefektur (provinsi) sekitar gempa tsunami Jepang yaitu Miyagi, Iwate, Aomori, Ibaraki dan Fukushima terdapat 35 TKI perawat terdiri atas 11 TKI perawat pasien dan 24 TKI perawat jompo.

Semua perawat di lima prefektur itu selamat dari bencana gempa termasuk dari radiasi reaktor nuklir di Fukushima. Sebagian dari 35 TKI tersebut ada pula yang dievakuasi ke daerah yang jauh dari gempa dan radiasi reaktor nuklir, sedangkan beberapa orang seperti Rita Retnaningtyas justru masih bertahan di Miyagi sampai sekarang.

"Sekali lagi kami menyampaikan banyak terima kasih atas jasa dan bantuannya dalam menangani para korban," ujar Kojiro Shiojiri.

Sementara itu, Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat mengatakan, Rita Retnaningtyas sejak peristiwa gempa dan tsunami di Jepang terus melakukan kontak dengan suaminya, Bambang Wagiman (35 ), maupun keluarganya di Semarang.

"Rita mengatakan kepada keluarganya bahwa dirinya dan beberapa teman TKI nurse dan care worker dalam kondisi sehat dan masih tetap bekerja seperti biasanya di Miyagi," katanya.

TKI perawat di Jepang yang tersebar di 45 prefektur sebanyak 686 orang akan tetap menjalani program penempatannya hingga selesai.

Para TKI itu ditempatkan sejak 2008-2010 untuk kontrak kerja selama tiga tahun dan memperoleh gaji 175.000 Yen (TKI careworker) dan 119.000-200.000 Yen (TKI nurse) per bulan di luar akomodasi yang disediakan pemerintah Jepang.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kegagalan Kejaksaan, Kegagalan KPK

Posted: 22 Mar 2011 01:26 PM PDT

Kegagalan Kejaksaan, Kegagalan KPK

Penulis: Icha Rastika | Editor: I Made Asdhiana

Selasa, 22 Maret 2011 | 20:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Komisi III DPR, Ahmad Yani, menilai bahwa perbaikan lembaga Kejaksaan Agung dan kepolisian juga menjadi tanggung jawab Komisi Pemberantasan Korupsi. Institusi penegakan hukum yang dipimpin Busyro Muqoddas itu, kata Ahmad Yani, berfungsi melakukan koordinasi dan supervisi terhadap kinerja dua lembaga penegakan hukum lainnya.

"Kalau sampai sekarang kejaksaan belum benar juga, ini juga dianggap sebagai kegagalan KPK. Sejauh mana KPK melakukan koordinasi dan supervisi itu? Jadi, keberhasilan KPK itu juga keberhasilan dua institusi lainnya," ungkap Ahmad Yani seusai menghadiri pembacaan vonis politisi PPP yang juga mantan Menteri Sosial, Bachtiar Chamsyah, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Selasa (22/3/2011).

Hal tersebut disampaikan Ahmad Yani menanggapi rencana DPR merevisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi yang berencana menghapus fungsi penuntutan yang dimiliki KPK saat ini.

Menurut Ahmad Yani, untuk menciptakan sistem peradilan yang terintegrasi, harus tercipta pembagian kewenangan yang sesuai undang-undang. Dalam UU Kejaksaan, lembaga yang berfungsi melakukan penuntutan adalah Kejaksaan Agung. "Kalau kita terus-terus menghujat dan tidak memberikan ruang kepada kejaksaan dan kepolisian, maka sampai sejauh mana pun dua institusi itu tidak akan baik juga," ujarnya.

Hingga kini, lanjutnya, revisi Undang-Undang KPK masih dalam pembahasan di Badan Legislasi DPR.

Ahmad Yani menegaskan, fraksinya yakni Partai Persatuan Pembangunan, tidak memiliki motif balas dendam terhadap KPK atas ditahannya sejumlah politisi PPP dalam kasus dugaan suap cek perjalanan dalam menyusun revisi Undang-Undang KPK.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

detikcom

Posted: 22 Mar 2011 01:38 PM PDT

detikcom


Behind Enemy Lines, Mimpi Buruk Pilot Pesawat Tempur

Posted: 22 Mar 2011 01:29 PM PDT

Rabu, 23/03/2011 03:29 WIB
Behind Enemy Lines, Mimpi Buruk Pilot Pesawat Tempur 
Ramadhian Fadillah - detikNews

Jakarta - Masih ingat film Behind Enemy Lines? Film yang diangkat dari kisah nyata seorang pilot Angkatan Laut AS yang pesawatnya ditembak jatuh di wilayah konflik Bosnia-Serbia. Walau bukan karena serangan lawan, kini 2 pilot AS mengalami nasib serupa di Libya. Untungnya tidak lama setelah pesawat F-15 mereka jatuh karena kerusakan teknis, keduanya ditemukan selamat.

"Satu pilot diselamatkan pasukan koalisi. Satunya lagi diselamatkan warga lokal Libya. Dia diperlakukan dengan sangat baik dan penuh kemanusiaan. Kini keduanya sudah berada dalam perawatan militer AS," ujar Laksamana Samuel Locklear, komandan pasukan AS di USS Mount Whitney seperti ditulis AFP, Selasa (23/3/2011).

Jatuh di wilayah konflik memang mimpi buruk bagi seorang pilot pesawat tempur. Sudah jelas mereka akan diburu pihak lawan. Pihak lawan sangat berambisi untuk menginterogasi pilot tersebut.

Selain untuk mendapatkan informasi berharga, menawan seorang pilot pesawat tempur juga menjadi propaganda yang akan digunakan musuh. Segala pemberitaan atau informasi soal pilot yang ditawan akan menjadi tekanan psikologis dan menciptakan opini negatif di negara asal pilot tersebut.

Selama Perang Teluk, Presiden Irak Saddam Husein bahkan menjanjikan hadiah bagi siapa pun yang bisa menangkap pilot sekutu yang pesawatnya ditembak jatuh.

Karena itu, setiap ada pilot jatuh, negara asal dan pihak sekutunya akan menggelar operasi SAR tempur sesegera mungkin. Waktu menjadi sangat penting karena mereka berlomba dengan pihak lawan untuk mendapatkan sang pilot.

"Tekanannya tinggi. Dengan tujuan untuk menyelamatkan pilot sesegera mungkin. Ini untuk mencegah pihak intelijen musuh mendapatkan data serta eksploitasi terhadap pilot yang ditangkap," ujar Kolonel Lee DePalo dalam laporannya ke Sekolah Pertempuran Udara AS.

Pihak AD, AL, AU serta Marinir AS memiliki tim SAR tempur dan standar operasional yang berbeda pula. 

Pihak AU AS misalnya, mereka memiliki tim pararescue jumpers. Tim ini memiliki kualifikasi mencari dan menyelamatkan pilot yang terjatuh. Sekaligus menahan serangan lawan.

Selain itu, dalam operasi SAR tempur, helikopter atau pesawat yang memiliki kemampuan mendarat vertikal akan segera dikirim untuk misi penyelamatan. Umumnya pesawat penyelamat ini akan diback up dengan pesawat tempur.

Dalam misi SAR di Kosovo tahun 1999, misalnya. Pesawat A-10 Thunderbolt dan F-16 siap sedia memberikan dukungan perlindungan udara dalam misi itu.

(rdf/adi)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tutup

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share via Email:

Share via Email


loadingSending your message

Message has successfully sent


Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Nuniek di nuniek[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.526).

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Gempa 5,1 SR Goyang Dili Timor Leste

Posted: 22 Mar 2011 12:59 PM PDT

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share to Twitter:

You are redirected to Twitter

Message has successfully sent

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi celebrity.okezone.com

Posted: 22 Mar 2011 01:26 PM PDT

Sindikasi celebrity.okezone.com


Thomas Ramdhan: Capek Pakai Narkoba

Posted: 22 Mar 2011 04:58 AM PDT

JAKARTA - Musisi Thomas Ramdhan bersyukur bisa lepas dari dunia hitam narkoba. Personel band Gigi ini mengaku lelah dipermainkan oleh zat adiktif tersebut.

"Alhamdullilah, gue bisa lepas dari narkoba. Gue cuma mau bilang lebih baik jangan pakai narkoba, karena itu cuma bisa membuat elo capek," ucap Thomas Ramdhan saat jumpa pers bersama Gigi ditemui di peluncuran album 'GIGI Sweet Seventeen' di Barcode, La Codefin, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (22/3/2011).

Bukan hanya merasakan lelah pada saat mengonsumsi barang narkoba jenis heroin, dia juga mengalami sesuatu yang jauh dari lingkungannya, baik itu di rumah maupun tempat di mana bersama Gigi.

"Gue pernah dulu saat ketagihan heroin di album ketiga dan keempat dan kemana-mana tidak diterima. Semua pada nutup, karena ada gue dan itu buat gue jadi malu," tukasnya.

Pria kelahiran 5 Maret 1967 ini pun juga sangat berterima kasih kepada grup band Gigi, karena tetap bisa menerimanya kembali dan bukan membuangnya jauh-jauh.

"Jujur gue bangga akhirnya bisa keluar dari lingkup narkoba dan gue pun bangga sama Gigi yang enggak melepaskan serta membuang gue di saat gue terkena barang haram tersebut," lanjutnya.(nov)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Once Tutupi Gosip Dhani Ayah Anaknya Mulan

Posted: 22 Mar 2011 04:25 AM PDT

JAKARTA - Ahmad Dhani digosipkan sebagai ayah dari anak yang dilahirkan Mulan Jameela. Mantan vokalis Dewa 19, Once, terkesan menutup-nutupi ketika disodori gosip itu.

"Waduh, jangan tanya itulah. Saya enggak tahu," ujar Once yang ditemui di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, Selasa (22/3/2011).

Penyanyi dengan nama lengkap Elfonda Mekel ini terlihat kebingungan menjawab ketika didesak seputar gosip tersebut. Pasalnya, sebagai orang yang pernah dekat dengan Dhani, mustahil Once tak mendengar kasak-kusuk seputar hubungan Dhani dan Mulan.

"Gimana ya, saya juga kan enggak tahu kalau sampai ke situ. Dia ngapain saja, atau berhubungan dengan siapa saja," tangkisnya.

Akhirnya, penembang lagu Simphony yang Indah itu memilih jurus pamungkas, memberi jawaban menggantung.

"Segala sesuatunya itu kan, aduh gimana ya. Saya bukan mau bilang enggak ada yang enggak mungkin, tapi saya jadi bingung jawabnya," tukasnya dengan mimik muka salah tingkah.

Seperti diketahui, Dhani disebut-sebut sebagai ayah dari Syafiya, bayi perempuan yang dilahirkan Mulan pada Sabtu, 26 Februari 2011. Sebenarnya sudah lama Dhani dan Mulan digosipkan menikah siri, yakni sejak Dhani masih terikat pernikahan sah dengan Maia Estianty. Maia yang akhirnya mengetahui skandal itu menggugat cerai Dhani di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.(ang)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi lifestyle.okezone.com

Posted: 22 Mar 2011 11:24 AM PDT

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Ashanti Siap Ramaikan Pembukaan Butik Ferry Sunarto

Posted: 22 Mar 2011 05:40 AM PDT

Lifestyle » Trend and Fashion » Ashanti Siap Ramaikan Pembukaan Butik Ferry Sunarto
Selasa, 22 Maret 2011 - 19:40 wib

Tuty Ocktaviany - Okezone

DESAINER Ferry Sunarto melebarkan jaringan bisnis ke Jakarta dengan membuka butik di kawasan Kebayoran Baru. Acara pembukaan butik barunya akan dihadiri Ashanti dan Maudy Koesnaedi.

 
"Benar. Besok butik saya diresmikan. Langkah ini saya lakukan untuk lebih mendekatkan dengan pelanggan di Jakarta," kata Ferry Sunarto yang dihubungi okezone melalui telepon selulernya, Selasa (23/3/2011).
 
Butik Ferry berlokasi di Jalan Ciniru 6/15 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Menurut Ketua APPMI BPD Jawa Barat 2000-2003 ini, butiknya berada di atas lahan seluas 450 meter persegi.
 
"Selama tujuh tahun ini saya mengamati pelanggan saya banyak pula yang berdomisili di Jakarta Selatan. Selain itu, kawasan di sini juga terkenal elite dan masyarakatnya sangat 'fashionable' dalam berbusana," kata perancang busana pengantin Pasha dan Adelia Wilhelmina ini.
 
Di butik yang didesain secara menarik, Ferry akan memajang banyak koleksi "haute couture". Selain itu, kebaya-kebaya "masterpiece" juga menjadi daya tarik yang ingin Ferry kenalkan kepada para pelanggan eksklusif.
 
"Untuk awal, saya akan memajang 20-30 koleksi eksklusif. Sementara 6 bulan kemudian, saya akan memperkenalkan koleksi 'ready to wear deluxe' kepada pelanggan setia," ulas Ferry.
 
Untuk memeriahkan acara pembukaan, Ferry mengundang pelanggan setianya seperti Ashanti, Maudy Koesnaedi, Sendy Yusuf, Fanny Fabriana, Rina Gunawan, dan lain-lain.
(tty) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Mau Konsep Pernikahan Outdoor? Ini Dia Tipnya!

Posted: 22 Mar 2011 05:07 AM PDT

Lifestyle » Trend and Fashion » Mau Konsep Pernikahan Outdoor? Ini Dia Tipnya!
Selasa, 22 Maret 2011 - 19:07 wib

Fitri Yulianti - Okezone

SETIAP calon pengantin memimpikan konsep pernikahan yang sempurna. Kalau Anda dan calon pasangan ingin konsep yang beda dari kebanyakan pernikahan, mengapa tidak menerapkan konsep outdoor?

 
Mengangankan konsep pernikahan outdoor tentu boleh-boleh saja. Namun pastikan bahwa segala detailnya dipikirkan secara matang, salah satunya gaun pengantin.
 
"Gaun pengantin harus terlihat ringan lewat pemilihan bahan yang juga ringan, seperti organda dan sutra. Juga, enggak boleh berekor panjang," tutur Chenny Han, desainer pemilik Chenny Han Bridal kepada okezone usai fashion show pada pembukaan Wedding Romance Expo di Atrium East Mall Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta, Selasa (22/3/2011).
 
Sesuai konsepnya, detail gaun yang digunakan pada akhirnya lekat dengan nuansa alam. Chenny sendiri menampilkan detail daun, bunga, dan kupu-kupu.
 
"Soal detail, biasanya sesuai keinginan customer. Bisa apa saja dan sebanyak apapun diaplikasikan, enggak masalah," tambahnya.
 
Namun yang pasti, Chenny menyarankan gaun tidak memakai detail kristal ataupun payet karena membuat gaun terkesan berat. Alhasil, Chenny lebih banyak menampilkan gaun berpotongan mini.
 
"Kita main di cutting dan siluet. Tanpa kristal dan payet, kesan glamor masih ada. Lagian, enggak semua orang suka kristal," ujarnya.
 
Glamoritas gaun pengantin untuk konsep outdoor dihadirkan Chenny lewat teknik cutting.
 
"Saya sendiri memakai teknik potong laser untuk finishing. Jadi, lebih bersih," tambahnya.
 
"Yang penting lagi, gaun pengantin tidak boleh panas karena iklim kita sudah tropis dan tidak boleh mengganggu gerak pengantin karena dia harus menyapa tamu-tamunya," jelasnya.
 
Selanjutnya, perhatikan pula soal make up yang sebaiknya light alias natural saja. Rambut juga tidak boleh disanggul terlalu "berat".
 
"Hasilnya, ringan, cantik, elegan, juga tetap glamor," tutupnya.
(tty) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan