Rabu, 16 Mac 2011

Edisi Dunia

Edisi Dunia


Sindikasi lifestyle.okezone.com

Posted: 16 Mar 2011 11:07 AM PDT

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Wow, Menyusui Bakar 600 Kalori per Hari

Posted: 16 Mar 2011 07:12 AM PDT

KITA semua tahu bahwa ASI merupakan asupan nutrisi terbaik untuk bayi. Selain fungsi utamanya membantu tumbuh kembang bayi, ternyata menyusui juga dapat membantu Moms menurunkan berat badan secara alami.

Menurut Ehow, tanpa bersusah payah olahraga maupun diet ketat, Moms dapat membakar ratusan kalori hanya dengan menyusui sang buah hati.

Efek

- Setiap harinya, Moms dapat membakar antara 200 hingga 600 kalori per hari hanya dengan menyusui. Hitung-hitungannya sebagai berikut; 28 ml ASI sama dengan membakar 20 kalori.

- Studi menemukan Moms yang menyusui susut bobot tubuh lebih baik dari Moms yang mengandalkan susu formula. Moms yang menyusui bayinya secara eksklusif terlihat lebih berisi di bagian pinggul dan paha, ketimbang Moms yang mengandalkan susu formula.

Pola makan seimbang

Dikarenakan Moms membakar kalori hanya dengan menyusui, maka Moms pun harus menerapkan pola makan seimbang. Moms menyusui harus menambah 300 hingga 500 kalori lebih banyak ketimbang saat sebelum hamil.

Salah kaprah

Kepercayaan masyarakat saat ini menganggap bahwa olahraga mampu memengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Olahraga memang meningkatkan kadar asam laktat dalam tubuh, tapi tidak berpengaruh negatif terhadap ASI.

Kewaspadaan

Penerapan pola diet dan olahraga sebelum bayi berusia 2 bulan, berisiko terhadap Moms dan air susunya. Mengapa? Karena dalam kurun waktu itu, saatnya Moms untuk menyembuhkan dirinya dari proses persalinan-bukan malah berdiet. Lagipula kalori yang berkurang terlalu cepat, misalnya Moms "melaparkan diri untuk kurus" dapat mengganggu suplai ASI yang akan berdampak buruk juga terhadap sang buah hati.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Yuk, Jaga Kesehatan & Kecantikan Mata!

Posted: 16 Mar 2011 05:55 AM PDT

Lifestyle » Fit and Beauty » Yuk, Jaga Kesehatan & Kecantikan Mata!
Rabu, 16 Maret 2011 - 19:55 wib

Chaerunnisa - Okezone

TAK hanya jendela hati, mata juga merupakan jendela pengetahuan. Mata memiliki banyak peran penting dalam proses persepsi dan absorbsi terhadap realita. Kita bisa "tahu" banyak hal karena kita punya mata yang sehat. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan dan kecantikan mata?

 
Mata merupakan organ penting di tubuh kita. Sekitar 80 persen informasi yang diterima otak, masuk melalui panca indera penglihatan tersebut. Dikatakan Dr Gitalisa Andayani SpM, dokter spesialis mata dari RSCM, mata juga sebagai jendela tubuh kita.
 
"Mata merupakan indera yang paling berharga. Sebanyak 80 persen dari informasi yang didapat untuk menjalani hidup dari mata. Selain perlu dipercantik, kita juga harus menjaga kesehatannya," kata Dr Gitalisa saat peluncuran Renewel Lash Serum di Kuningan, Jakarta, Rabu (16/3/2011).
 
Memiliki mata yang cantik dan indah merupakan idaman setiap orang. Hanya saja, papar Dr Gitalisa, banyak orang belum mengetahui mata dan fungsi-fungsinya.
 
Bola mata kita yang sangat istimewa haruslah punya pelindung. Tiga pelindung yang kita miliki adalah kelopak mata, bulu mata, dan alis mata.
 
Kelopak mata merupakan bagian di luar bola mata yang bisa membuka dan menutup. Cara kerjanya mirip seperti daun jendela. Bagian inilah yang bergerak saat kita mengedipkan mata. Saat tidur, kelopak mata akan menutupi seluruh bola mata kita.
 
Saat kita terjaga, mata akan berkedip setiap beberapa detik sekali. Gerakan ini berlangsung secara otomatis. Namun bisa juga diperintahkan sesuka kita.
 
Gerak kedipan ini sangat bermanfaat. Setiap kita berkedip, ada sedikit air mata yang dikeluarkan kelenjar air mata. Air mata ini bertindak sebagai pelumas. Ia menjaga mata kita agar tidak kering.
 
"Selain itu, ia dapat membersihkan mata kita bila ada debu, bulu mata, atau benda asing lainnya yang masuk ke mata. Kuman jahat juga bisa disingkirkan saat kita berkedip," imbuh Dr Gitalisa.
 
Dr Gitalisa mengungkapkan, di pinggir kelopak mata, ditumbuhi bulu-bulu. Bulu mata ini berfungsi seperti tirai. Ia dapat dipakai untuk mengurangi banyaknya cahaya yang masuk ke mata. Bulu mata juga berguna untuk melindungi dari debu. Karena basah, ada satu lap yang melindungi (tear foam) yang tidak hanya air, tapi ada aquos lipid, musin (lendir).
 
"Kalau tidak ada lap tersebut kornea bisa menjadi kering," jelas dokter cantik itu.
 
Setelah mengetahui apa itu mata, memiliki kamera alami yang dihiasi dengan bulu mata sehat dan indah, tentu menjadi impian Anda. Untuk mewujudkannya, Anda pun harus mengetahui apa saja gangguan bulu dan kelopak mata.
 
Yaitu hipotrikosis (bulu mata yang tipis atau tidak ada),  trikiasis (bulu mata yang ke arah dalam, mata kelilipan terus bisa bikin kornea iritasi), disbikiasis (tidak tumbuh semestinya), blefariatis (radang kelopak mata), phoriasis (penyakit seksual disebabkan bakteri), dan sebagainya.
 
Adapun penyebab penyakit-penyakit tersebut ialah 3 H (health, habit, hormone).
 
"Health yang dimaksud, mengalami gangguan bulu mata karena kurang nutrisi, kebutaan secara menyeluruh, infeksi atau kanker. Habit ialah dengan mudah mengundang infeksi, lupa membersihkan mata, dan kebiasaan mengucek mata. Serta hormonal," jelas dokter berambut panjang itu.
 
Lantas, bagaimana agar mata sehat?
 
Langkah pertama ialah, menghapus make up mata sebelum tidur. Jangan sering-sering menggosok atau mengucek mata terlalu kuat, terutama bila ada benda asing yang masuk ke dalam mata. Lalu, lakukan diet seimbang, termasuk makan buah-buahan berwarna kuning hingga jingga, sayuran, sumber protein, karbohidrat, dan lemak yang cukup.
 
"Terpenting lainnya dalam memilih produk yang selektif, yang sudah diuji secara klinis atau disurvei. Serta hati-hati dalam aplikasi, walau aman untuk mata jangan kontak langsung ke bola mata," imbuhnya.
 
Tak hanya itu saja, masih menurut Dr Gitalisa, Anda pun harus menghindari stres berlebihan. Hindari merokok dan mengonsumsi obat-obatan yang berbahaya. Kalau gatal, berkonsultasilah dengan dokter mata. Sebaiknya periksa mata secara teratur (berkala). Dan, mata indah milik Anda!
(tty) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Peristiwa

Posted: 16 Mar 2011 07:45 AM PDT

ANTARA - Peristiwa


Jumhur: Putusan Banding Tak Bebaskan Majikan Sumiati

Posted: 16 Mar 2011 06:12 AM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat memastikan putusan mahkamah banding Mekkah, Arab Saudi, tidak membebaskan majikan yang telah menyiksa TKI bernama Sumiati.

Jumhur di Jakarta, Rabu, menyatakan mahkamah banding Mekkah pada Senin (14/3) tidak membebaskan majikan Sumiati binti Salan Mustopa yang sebelumnya divonis hukuman penjara tiga tahun oleh Pengadilan Madinah namun memerintahkan Pengadilan Madinah untuk mengulang kembali proses persidangan.

Jumhur menyampaikan hal itu untuk menanggapi kontroversi pemberitaan yang bersumber dari pengacara majikan Sumiati, Ahmad al Rashed, sebagaimana dipublikasikan laman "Al Arabiyah.net" yang seolah-olah menyebutkan majikan penganiaya Sumiati telah divonis bebas oleh mahkamah banding Mekkah.

Setelah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak di Arab Saudi, Kementerian Luar Negeri RI, dan KBRI di Riyadh, Kepala BNP2TKI memperoleh informasi mahkamah banding di Mekkah sebenarnya bukan mengadili substansi (materi) hukum atas kasus Sumiati tetapi hanya mengadili prosedur hukum terhadap pengadilan sebelumnya yang dianggap tidak memenuhi standar kelaziman sehingga pengadilan kasus Sumiati harus diulang di pengadilan sebelumnya atau pada pengadilan tingkat pertama.

Menurut Jumhur, berdasarkan pada kesimpulan putusan mahkamah banding Mekah seharusnya pengadilan pertama lebih mendahulukan hak-hak pribadi antara dua pihak yang bermasalah terkait soal maaf-memaafkan (tanazul) di antara kedua pihak.

"Prosedur ini tidak dilaksanakan dalam pengadilan pertama (sebelumnya) yang tidak mendahulukan upaya tanazul tersebut atau berdasarkan tanazul yang disertai kompensasi. Sementara kasus Sumiati ini langsung ke pengadilan dengan mengabaikan adanya upaya tanazul yang harus menyertainya dari awal," kata Jumhur.

Mahkamah banding Mekkah, kata Jumhur, juga menilai pihak yang disumpah pada pengadilan sebelumnya hanya Sumiati sedangkan pihak majikan tidak disumpah.

Mahmakah banding, katanya, juga menyatakan bukti-bukti atau saksi masih dianggap kurang (belum cukup bukti) sehingga pengadilan kasus Sumiati harus diulang di pengadilan sebelumnya.

"Mahkamah banding Mekkah justru mengoreksi prosedur yang telah ditempuh oleh pengadilan pertama dan karena itu harus diulang," katanya.

Jumhur juga menyebutkan, putusan pengadilan pertama yang memvonis tiga tahun pada majikan Sumiati menurut mahkamah banding cacat prosedur dan kurang bukti-bukti, karenanya mahkamah banding membatalkannya dan memerintahkan diulang agar lebih sempurna.

Jumhur menegaskan pemerintah Indonesia terus mengawal dan mengupayakan agar Sumiati mendapat keadilan dan berharap majikan yang menganiaya Sumiati dihukum berat.

Kasus Sumiati binti Salan Mustapa (23) menjadi berita panas bertepatan dengan musim haji tahun lalu atau pada awal November 2010

TKI penata laksana rumah tangga asal Dompu, NTB itu mengalami luka serius di bagian muka dan sekujur tubuh serta sempat menjalani operasi paru-paru akibat kekerasan yang dilakukan majikannya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahkan mengecam insiden itu. (ANT/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Truk Sapi Terguling, Tiga Ekor Disembelih Warga

Posted: 16 Mar 2011 05:56 AM PDT

Pekanbaru (ANTARA News) - Sebuah truk pengangkut sapi terguling di Jalan Lintas Timur Sumatera tepatnya di Kabupaten Pelalawan, Riau, Rabu, hingga mengakibatkan kemacetan lalu lintas di jalan antarprovinsi itu.

"Kejadiannya bikin heboh warga karena truk itu penuh sapi dan ketika terguling banyak yang berlarian ke jalan," kata seorang warga, Anto (28).

Informasi dari warga, truk penuh muatan sapi itu melaju dari Provinsi Lampung menuju Pekanbaru. Supir truk bernama Sutan Bagindo dikabarkan selamat dari kecelakaan.

Menurut keterangan warga, truk melaju cukup kencang dan supir kehilangan kendali saat berusaha menghidari mobil tangki pengangkut minyak sawit mentah (CPO) dari arah yang berlawan. Lokasi kejadian tepatnya di Desa Sikijang Mati KM 30.

"Supir membanting stir dan akhirnya truk oleng dan terbalik," kata Buyung (40), seorang warga.

Ia mengatakan truk yang diperkirakan berisi 16 ekor sapi terguling di tengah jalan lintas Sumatera. Sebanyak 13 ekor sapi lari ke perkampungan dan kebun warga. Sedangkan, tiga ekor sapi lainnya mengalami patah tulang dan sekarat.

Sejumlah warga akhirnya terpaksa menyembelih tiga ekor sapi yang sekarat itu. Menurut warga penyembelihan itu untuk meringankan penderitaan hewan malang itu.

"Menurut ajaran Islam, lebih baik sapi yang sekarat disembelih karena apabila sudah mati itu menjadi bangkai dan tak bisa lagi dikonsumsi," ujarnya. (F012/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kosmo Online - Dunia

Posted: 16 Mar 2011 07:45 AM PDT

Kosmo Online - Dunia


Awan radioaktif bergerak ke Tokyo

Posted:

Awan radioaktif bergerak ke Tokyo

Awan radioaktif bergerak ke Tokyo


SEORANG kanak-kanak diimbas untuk diperiksa kadar radiasi padanya di sebuah pusat pemeriksaan di bandar Koriyama, negeri Fukushima semalam.


TOKYO - Igauan tragedi letupan loji nuklear Chernobyl di Ukarine yang mengorbankan hampir 9,000 nyawa kembali menghantui rakyat Jepun selepas awan radioaktif kesan daripada siri letupan di stesen tenaga nuklear Fukushima dibimbangi akan sampai ke ibu negara Jepun, dalam tempoh beberapa jam, lapor sebuah akhbar semalam.

Amaran itu dikeluarkan selepas kerajaan Jepun semalam membuat pengumuman bahawa radiasi dari loji nuklear milik Syarikat Tenaga Elektrik Tokyo (TEPCO) itu kini merupakan ancaman terhadap nyawa manusia.

Loji tersebut yang memiliki empat reaktor nuklear, terletak sekitar 245 kilometer dari Tokyo.

Tahap radiasi atau pencemaran radioaktif yang boleh menyebabkan kanser meningkat dengan mendadak di kawasan sekitar loji tersebut selepas reaktor No.4 terbakar semalam disyaki akibat satu letupan.

Sejak minggu lalu berlaku tiga letupan melibatkan beberapa reaktor di loji nuklear berkenaan.

Selepas kebakaran pada reaktor No. 4 berlaku, bacaan pencemaran radiasi di kawasan sekitarnya melonjak jauh melepas tahap selamat kepada 400 millisieverts sejam (mSv/j). Pendedahan radiasi yang selamat untuk manusia adalah cuma setakat 3mSv untuk setahun.

Tidak lama selepas itu, Kedutaan Perancis di sini pula memberi amaran bahawa awan radioaktif boleh sampai ke ibu negara Jepun itu dalam masa cuma beberapa jam.

Dalam nada serupa, Agensi Tenaga Atom Antarabangsa (IAEA), turut mendedahkan bahawa radiasi daripada reaktor nuklear itu telah dibebaskan ke udara.

Mengulas mengenai perkembangan tersebut, Perdana Menteri Jepun, Naoto Kan ketika berucap di televisyen tempatan, buat kali pertama mengakui bahawa radiasi telah tersebar dari loji nuklear Fukushima.

"Tahap radiasi itu amat tinggi dan risiko lebih banyak radiasi tersebar juga sangat tinggi," kata Kan.

"Kami sedang melakukan segala usaha untuk menghalang kebocoran radiasi itu daripada terus tersebar. Saya faham bahawa orang ramai kini bimbang tetapi saya merayu anda supaya bertenang," tambahnya.Radiasi boleh membunuh dan mengubah sel badan manusia yang menyebabkan penyakit barah. Setakat semalam, tahap radiasi yang tinggi dicatatkan di Ibaraki, sebuah bandar yang berada sekitar 128 kilometer dari sini.

Di bandar Saitama, dekat sini, tahap pencemaran radiasi yang direkodkan pula adalah 40 kali ganda lebih tinggi daripada normal.

Setakat ini, kerajaan Jepun telah mengkuarantin 150 orang kerana mereka dikhuatiri terdedah kepada pencemaran radiasi.

Pihak berkuasa turut mengambil langkah membersihkan pencemaran radiasi melibatkan 23 orang yang berada berhampiran loji nuklear di Fukushima.

Kerajaan Jepun meminta penduduk yang tinggal dalam lingkungan 32 kilometer dari loji nuklear Fukushima supaya tinggal di dalam rumah, menutup semua tingkap dan berhenti menggunakan penghawa dingin sebagai langkah keselamatan.

Lebih 100,000 orang dipercayai berada dalam zon tersebut.

Dalam perkembangan berkaitan, negara-negara luar bermula dengan China mula memindahkan rakyat mereka dari sini kerana bimbang tentang pencemaran radiasi. Setakat ini, beberapa negara asing termasuk Austria dan Perancis mengumumkan akan memindahkan kedutaan mereka ke bandar Osaka yang terletak 400 kilometer dari Tokyo.

Sementara itu, gempa bumi kuat berukuran 9 pada skala Richter yang melanda timur Jepun pada Jumaat lalu memusnahkan kawasan seluas sehingga berpuluh-puluh kilometer dan menyebabkan lebih 550,000 orang hilang tempat tinggal. - Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Bayi terselamat selepas tiga hari di bawah runtuhan

Posted:

Bayi terselamat selepas tiga hari di bawah runtuhan

Bayi terselamat selepas tiga hari di bawah runtuhan


SEORANG anggota tentera mendukung bayi berusia empat bulan yang ditemui setelah berada di bawah runtuhan selama tiga hari.


SENDAI, Jepun - Seorang bayi perempuan berusia empat bulan berjaya diselamatkan selepas tiga hari berada di bawah runtuhan akibat tsunami dan gempa bumi sekuat 9 skala Richter yang mengegar Jepun pada Jumaat lalu.

Pada awalnya, sekumpulan askar dari Pasukan Pertahanan Jepun yang sedang mencari mangsa terselamat di kampung Ishinomaki terdengar tangisan seorang bayi. Selepas mengalihkan kepingan kayu, batu dan lumpur tebal, mereka akhirnya menjumpai bayi tersebut.

Bayi itu ditemui dalam keadaan sejuk, basah dan menangis. Dia dipercayai tidak mengalami sebarang kecederaan. Persoalan kenapa dia tidak lemas, masih menjadi misteri.

Bayi tersebut dikatakan terlepas daripada pangkuan ibu bapanya apabila ombak besar memusnahkan kediaman mereka. Keluarga malang itu percaya bahawa mereka akan kehilangan bayi itu buat selama-lamanya. Dia kemudian dipertemukan semula dengan bapanya yang dilihat sangat gembira.

Sebelum dia dijumpai, pasukan penyelamat sudah menemui sekurang-kurangnya 2,000 mayat di sepanjang pantai di wilayah Miyagi yang paling teruk terjejas.

"Penemuan bayi ini memberi semangat baru kepada pasukan penyelamat. Kami akan mendengar, melihat dan menggali dengan lebih berhati-hati selepas ini," kata salah seorang pegawai tentera terbabit. - Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pemberontak mahu Gaddafi dibunuh

Posted:

Pemberontak mahu Gaddafi dibunuh

Pemberontak mahu Gaddafi dibunuh


MESYUARAT para menteri luar Negara Kumpulan Lapan (G8) di Paris kelmarin gagal mencapai kata sepakat mengenai zon larangan terbang di Libya.


BENGHAZI - Kepimpinan pemberontak Libya meminta kuasa-kuasa Barat supaya membunuh pemimpin Libya, Muammar Gaddafi dan melancarkan serangan ketenteraan terhadap tenteranya, lapor sebuah akhbar semalam.

Jurucakap Lembaga Revolusi Kebangsaan yang memimpin kumpulan pemberontak, Mustafa Gheriani berkata, campur tangan tentera Barat perlu bagi mengelakkan lebih banyak bandar yang sebelum ini jatuh ke tangan pemberontak ditawan semula oleh Gaddafi.

"Kami memberitahu Barat bahawa kami mahu zon larangan terbang. Kami mahu serangan udara ke atas kereta kebal dan roket tentera Gaddafi. Kami mahu serangan udara ke atas kediaman Gaddafi," kata Mustafa.

"Ini adalah mesej daripada delegasi kami di Eropah," tambahnya.

Ditanya sama ada serangan ke atas kediaman pemimpin Libya itu bermakna lembaga revolusi itu mahu Gaddafi dibunuh, beliau menjawab: "Mengapa tidak, jika dia mati adakah anda akan menangisi kematiannya?"

Permintaan pihak pemberontak itu disampaikan oleh satu delegasi yang mengadakan pertemuan dengan Presiden Perancis, Nicolas Sarkozy dan Setiausaha Negara Amerika Syarikat (AS), Hillary Clinton di Paris kelmarin ketika para menteri Negara Kesatuan Lapan (G8) bersidang sama ada untuk menyokong permintaan bagi menguatkuasakan zon larangan terbang di Libya atau sebaliknya.

Sementara itu, Gaddafi, 68, semalam menolak untuk berunding dengan pihak pemberontak yang dilabelnya sebagai pengganas Al-Qaeda.

Gaddafi berkata, beliau dan tenteranya akan 'berjihad' untuk menghapuskan semua pengganas tersebut.

Kenyataan tegas itu dibuat selepas tenteranya berjaya merampas beberapa bandar utama yang ditawan pemberontak termasuk Ras Lanuf dan Zuwarah, barat Tripoli. - Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Hiburan

Posted: 16 Mar 2011 07:43 AM PDT

ANTARA - Hiburan


Pulau Bali Menjadi Inspirasi Novelis Belgia

Posted: 16 Mar 2011 03:26 AM PDT

London (ANTARA News) - Bali kembali menjadi inspirasi menulis novelis dunia dengan diluncurkannya novel karya novelis terkenal Belgia, Inggrid Vander Veken "Aankomen in Bali" atau "Tiba di Bali", dilakukan di galeri De Zwarte Panther di kota Antwerpen, baru baru ini.

Peluncuran novel yang mengisahkan tentang perjalanan pemuda Belgia yang sejak kecil memiliki ketertarikan terhadap budaya Asia khususnya Bali, dihadiri ratusan pecinta seni dari Belgia, Belanda, dan Jerman, ujar Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Brusel, Royhan N Wahab kepada koresponden Antara, London, Rabu.

Dubes RI Brussel, Arif Havas Oegroseno dalam sambutannya mengatakan tahun lalu penulis Amerika meluncurkan bukunya Eat, Pray, Love yang diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama. Today, Inggrid gives us "Dream, Seek, Celebrate", demikian Dubes Havas.

Acara peluncuran buku yang merupakan kisah nyata tersebut merupakan kerja sama KBRI Brussel dengan editing house De Bezige Bij, yang secara eksklusif menangani penerbitan dan penjualan novel karya Inggrid Vander Veken .

Novel yang ditulis Inggrid tersebut menghabiskan waktu lebih dari dua tahun akan beredar di Eropa dengan target khusus Belgia, Belanda, Perancis dan Jerman.

Novel tersebut diangkat dari kisah nyata tentang perjalanan hidup seorang pemuda Belgia yang sejak kecil memiliki ketertarikan tinggi terhadap budaya asing khususnya budaya timur.

Martin, tokoh pemuda dalam buku tersebut, sejak kecil memang berbeda dari anggota keluarganya yang lain. Bahkan Martin sejak kecil berteman baik dengan Hang, seorang bocah asal negeri China yang hidup merantau di Belgia.

Semakin beranjak dewasa, rasa penasaran dan keinginan yang lebih mendalam untuk mengenal budaya timur semakin dirasakannya.

Indonesia menjadi salah satu negara yang membuat Martin semakin tertarik untuk mengenal budaya timur.

Setelah menamatkan SMA-nya, Martin memberanikan diri untuk pergi ke Indonesia dengan mendaftarkan diri ikut program Darmasiswa yang ditawarkan pemerintah Indonesia dengan mempelajari bahasa Indonesia.

Pucuk dicinta, ulam tiba. Ternyata keberangkatan Martin ke Indonesia merupakan awal sejarah kehidupan multi-kulturalisme yang selama ini membuatnya penasaran.

Di sana, ia bertemu dengan Eka, seorang gadis Indonesia yang pada akhirnya menjadi pasangan hidupnya.

Setelah menyelesaikan program Darmasiwanya, Martin kembali ke Belgia untuk meminta restu kedua orang tuanya untuk menikahi Eka. Saat ini keduanya tinggal di Bali. Bagian inilah yang kemudian diangkat oleh Inggrid dalam bukunya tersebut.

Menurutnya, tidak banyak warga Eropa yang sejak kecil telah memahami budaya asing lainnya. "Pemuda ini berbeda dari pemuda Eropa lainnya", demikian disampaikan Inggrid.

Acara peluncuran buku ditutup dengan permainan apik musik rindik Bali guna memberikan kesan atmosfir Bali.

Kerja sama peluncuran buku dengan KBRI Brussel ini akan berlanjut pada penampilan seni teater mengenai "Aankomen in Bali" ini yang direncanakan dipentaskan pada akhir tahun 2011 ini. (ZG/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Fans Justin Bieber Lukai Selena Gomez

Posted: 16 Mar 2011 02:02 AM PDT

Itu berat. Itu menyakitkan, benar-benar begitu. Saya tidak merasa seperti saya melakukan hal yang salah. Saya sudah menjadi sahabatnya sejak lama

Berita Terkait

Los Angeles (ANTARA News) - Memiliki kekasih yang digilai oleh kaum Hawa memang tidak mudah, bila tidak percaya tanyakan saja pada Selena Gomez.

Berdasarkan Star Pulse, Gomez berjuang mengatasi komentar-komentar pahit mengenai hubungannya dengan Justin Bieber. Dia merasa "terluka" saat para penggemar kekasihnya berkata kasar mengenai dirinya secara online.

Gomez sudah dikaitkan dengan pelantun temabng "Baby" itu sejak tahun lalu dan gosip mengenai hubungan asmara mereka menguak setelah mereka menikmati liburan Tahun baru di Karibia bersama.

Gomez sering menjadi target komentar pedas para penggemar Bieber yang cemburu. Perempuan berusia 18 tahun itu merasa tidak enak saat membaca kata-kata buruk mereka di dunia maya.

"Itu berat. Itu menyakitkan, benar-benar begitu. Saya tidak merasa seperti saya melakukan hal yang salah. Saya sudah menjadi sahabatnya sejak lama. Itu menyakiti perasaan saya tetapi saya berusaha untuk tidak fokus dengan itu. Saya memiliki keluarga yang kuat dan para penggemar yang hebat," kata Gomez kepada presenter David Letterman.

Gomez mengaku dia bisa memahami kenapa pengikut setia Bieber tidak menyukainya.

"Saya harus setuju dengan mereka kadang-kadang. Saya mencintai Jesse McCartney. Saya terobsesi dengannya. Dia mengencani Katie Cassidy saat berusia 16 atau 17 tahun. Saya membencinya (Cassidy), benar-benar membenci dia. Saya malu dia bersama katie dan saya ingin bersamanya (McCartney). Dia dulu menjadi 'screen-saver' saya! Saya membuat film bersama Katie Cassidy dan dia orang terbaik yang pernah ada," tambah Gomez.
(ENY)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

The Star Online: World Updates

Posted: 16 Mar 2011 07:30 AM PDT

The Star Online: World Updates


Airlines scramble to assist Japan exodus

Posted: 16 Mar 2011 06:45 AM PDT

FRANKFURT (Reuters) - Airlines raced on Wednesday to clear Tokyo's airports of a backlog of passengers and help those wanting to leave as fears grew that quake-stricken Japan was losing control of a steadily growing nuclear crisis.

The disaster has transformed parts of Tokyo into a ghost town as people either stay indoors or leave.

France and Austria urged their citizens in Tokyo to leave the country or head to southern Japan.

The French embassy in Tokyo said it had asked Air France to mobilise planes for the evacuation of French nationals from Japan, and two were already on their way.

The Association of Asia Pacific Airlines, which represents 17 scheduled international airlines in the region, said domestic flights and air cargo services were now operating normally.

Germany's Lufthansa, however, said it was still diverting planes to Osaka and Nagoya.

Dutch airline KLM also said it was diverting to Osaka, instead of Tokyo, on flights to Japan on Wednesday, but that it would still fly out of Tokyo Narita to Amsterdam.

Private jet companies also said they were being inundated with requests for evacuation flights.

"It is now ramping up over last night because of the deteriorating situation. More people are worrying and looking to evacuate from Tokyo," Asia Jet Chief Executive Mike Walsh told Reuters.

"We are dealing with over 1,000 people wanting to evacuate from Tokyo this morning."

An aviation industry official in Asia said there had been a sharp drop in demand to Japan coupled with a rush to leave.

Companies from fashion retailer H&M to banks and technology firms, also said they were helping staff that want to leave the country or moving them away from the crippled Fukushima Daiichi nuclear plant.

French asset management firm Amundi said it had evacuated the families of French nationals among its 230 staff in Japan, but French insurer Axa said it had no immediate plans to relocate its 8,000 people based in Japan.

Among companies that have already made staff contingency plans are SAP, Continental, PSA Peugeot Citroen and Cisco Systems.

LONG-TERM EFFECT?

While most airlines are right now coping with flight demands and safety advice on a daily basis, some experts are already trying to assess the long-term impact on Japan's travel and tourism industry.

"The airlines will be adjusting day by day to cope with the after-effects of the quake, but longer term, they will be evaluating the market to see what their operations should be before changing their schedules," said Alistair Rivers, Director of Industry Affairs at Innovata, a US company specialising in the management and distribution of flight databases.

The International Air Transport Association (IATA) said the Japanese disaster would reduce premium air travel in March as Japan makes up 6-7 percent of the global market.

The World Travel & Tourism Council estimates that travel and tourism would have made up 6.8 percent of Japan's 2011 GDP before the earthquake, although growth forecasts for 2011 were now in doubt.

(Additional reporting by Michael Shields, Maria Sheahan, Alison Leung, Greg Roumeliotis, Alexandre Boksenbaum, Anna Ringstrom, Mariko Katsumura and Emma Thomasson; Editing by Tim Hepher and Jon Loades-Carter)

Copyright © 2011 Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Abbas says willing to go to Gaza to end split

Posted: 16 Mar 2011 06:45 AM PDT

RAMALLAH, West Bank (Reuters) - Palestinian President Mahmoud Abbas said on Wednesday he was ready to go to the Gaza Strip immediately to try to end divisions with the Hamas Islamist movement that controls the territory.

Palestinian President Mahmoud Abbas in Cairo September 5, 2009. (REUTERS/Amr Abdallah Dalsh/Files)

In a speech in Gaza on Tuesday, Hamas leader Ismail Haniyeh invited Abbas to the enclave, which the West Bank-based president has not visited since its seizure by the Islamist group in 2007, to launch a "comprehensive dialogue" on unity.

"I am ready to go to Gaza tomorrow in order to end the division," Abbas, without mentioning Haniyeh's invitation, said in an address to the Palestine Liberation Organisation's central council.

Abbas said he hoped to form "a government of independent national figures and to agree to parliamentary and presidential elections ... within six months or as soon as possible".

Welcoming what he called Abbas's response to Haniyeh's initiative, Hamas spokesman Sami Abu Zuhri said "special arrangements for the visit will be looked into".

In a statement, Hamas said: "Haniyeh is discussing with his advisers, members of his government, Hamas leaders and other factions a mechanism to welcome the President and end division".

The use of the term "president" in the statement appeared to mark a softening in Hamas's attitude towards Abbas.

Hamas contends Abbas's presidency is no longer legitimate because no Palestinian elections have been held since 2006. In his speech, Abbas also appeared to take a more conciliatory tone towards Hamas, saying he recognised his own term had expired -- and also that of parliament, where Hamas has a majority.

Over the past several years, Egypt has tried unsuccessfully to bridge gaps between Abbas's Fatah movement, which has pursued talks with Israel on Palestinian statehood, and Hamas, which has spurned Western calls to renounce violence and recognise Israel.

On Tuesday, tens of thousands of Palestinians flocked to a Gaza rally for unity in response to a call on Facebook by youth groups who said they were inspired by revolts against autocratic rule in the Arab world.

Witnesses said Hamas security men in plain clothes attacked demonstrators as the event wound down, injuring at least a dozen people. Hamas denied the allegation, saying the rally broke up following clashes between different youth groups.

(Writing by Jeffrey Heller and Mohammed Assadi; Additional reporting by Nidal al-Mughrabi in Gaza; Editing by Mark Trevelyan)

Copyright © 2011 Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Harian Metro: Global

Posted: 16 Mar 2011 02:00 AM PDT

Harian Metro: Global


Krisis nuklear makin buruk

Posted: 15 Mar 2011 10:20 AM PDT

PAKAR kaji cuaca, Roman Chernov menggunakan alat untuk pengukur paras radiasi di sebuah stesen kaji cuaca di Vladivostok, timur jauh Russia, semalam.  Paras radiasi meningkat sedikit di wilayah itu semalam tetapi masih dalam lingkungan normal.
PAKAR kaji cuaca, Roman Chernov menggunakan alat untuk pengukur paras radiasi di sebuah stesen kaji cuaca di Vladivostok, timur jauh Russia, semalam. Paras radiasi meningkat sedikit di wilayah itu semalam tetapi masih dalam lingkungan normal.

SENDAI: Letupan dan kebakaran di loji nuklear Jepun berikutan gempa bumi dan tsunami yang melanda negara itu Jumaat lalu, semalam menghamburkan radiasi berbahaya.

Ia sekali gus menjejaskan pasaran saham dan mendorong orang ramai bergegas ke pasar raya untuk membeli stok makanan.


Di kebanyakan bandar, penduduk yang bimbang, menyerbu pasar raya untuk membeli bekalan makanan dan air, menyebabkan kerajaan memberi amaran tindakan mereka boleh menjejaskan usaha menghantar bantuan ke kawasan yang musnah akibat gempa bumi dan tsunami.

Namun, penduduk Tokyo memenuhi kereta api untuk ke pasar raya bagi mendapatkan bekalan topeng muka dan bekalan kecemasan sebagai persiapan menghadapi kemungkinan radiasi merebak ke wilayah mereka.


Perdana Menteri, Naoto Kan berkata, tahap radiasi di sekitar loji Fukushima 1 meningkat agak tinggi sementara ketua jurucakapnya mengumumkan ia sudah mencapai paras yang membahayakan kesihatan.


Di Tokyo, kira-kira 250 kilometer ke barat daya Sendai, pihak berkuasa juga berkata, paras radiasi yang lebih tinggi daripada biasa dikesan di ibu negara itu tetapi belum mencapai tahap berbahaya.

Kan memberi amaran kepada mereka yang tinggal di sekitar 10 kilometer dari loji berkenaan supaya tidak keluar rumah.


"Saya menyeru semua rakyat supaya bertenang," katanya.

Kebakaran pada reaktor keempat loji berkenaan semalam dipadamkan dengan bantuan tentera Amerika Syarikat.


Empat daripada enam reaktor di loji itu menghadapi masalah dan suhu di dua lagi semakin meningkat.


Di satu-satunya negara di dunia yang pernah mengalami serangan nuklear - dua bom atom digugurkan oleh Amerika Syarikat pada Perang Dunia Kedua menyebabkan kematian kira-kira 200,000 orang - penduduk Jepun begitu bimbang dalam menghadapi satu krisis nuklear.

"Apa yang amat membimbangkan kami ialah kebocoran radiasi dari loji nuklear," kata Kaoru Hashimoto, 36, suri rumah yang tinggal di Fukushima, 80 kilometer ke barat laut loji terbabit.

Sementara itu, angka kematian akibat bencana yang menimpa negara itu meningkat kepada 2,414 orang. Pegawai sebelum ini berkata, sekurang-kurangnya 10,000 orang mungkin terbunuh. - AFP

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

2 mangsa ditemui selamat

Posted: 15 Mar 2011 10:19 AM PDT

TOKYO: Pasukan penyelamat semalam menarik keluar dua mangsa, seorang lelaki dan seorang wanita dari timbunan kesan daripada gempa bumi dan tsunami yang melanda negara itu Jumaat lalu.

Seorang wanita, Sai Abe, 70 ditemui masih hidup di bawah runtuhan sebuah rumah yang dihanyutkan oleh tsunami.


Wanita berkenaan kesejukan tetapi keadaannya itu tidak mengancam nyawa.

Sementara itu, seorang lelaki berusia 20 tahun diselamatkan di Ishimaki di wilayah paling teruk terjejas, lapor NHK.


"Saya dihanyutkan oleh tsunami tetapi mujur saya dalam keadaan baik," kata lelaki itu. - AFP

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Posted: 16 Mar 2011 01:26 AM PDT

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Pohon Tumbang Timpa Empat Mobil

Posted: 16 Mar 2011 01:20 AM PDT

JAKARTA - Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Ibu Kota siang ini mengakibatkan kepadatan sejumlah pohon tumbang. Salah satu terpantau di Jalan Gunawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Seperti dilansir Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Rabu (16/03/2011), pohon tumbang itu terjadi pada pukul 14.50 WIB, menimpa empat kendaraan yang sedang melintas di jalan tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Namun, akibat pohon tumbang ini arus lalu lintas di ruas jalur ini tersendat, karena sebagian ruas jalan tertutup pohon.

Selain di Jalan Gunawarman, pohon tumbang juga mengganggu lalu lintas di depan Ratu Plaza, Jalan Jenderal Sudirman. Pohon yang tumbang di jalan ini bahkan menghalangi jalur busway.

Menurut laporan twitter TMC, pohon tumbang juga terpantau di Jalan Wolter Monginsidi, Jakarta Selatan dan di depan kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU), Jalan Pattimura, serta di depan Gandaria City, Jakarta Selatan.

(ded)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Lagi, Negara Gagal Lindungi Rakyat

Posted: 16 Mar 2011 01:15 AM PDT

YOGYAKARTA - Elemen masyarakat di Yogyakarta yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Yogyakarta Anti-Kekerasan (Aman) mengutuk keras pengeboman di Utan Kayu, Jakarta Timur.

Mereka menggelar aksi keprihatinan dengan menyalakan lilin di Kantor Lembaga Bantuan Hukum ( LBH ), Jalan Agus Salim, Yogyakarta, semalam.

Menurut Aman, maraknya kekerasan akibat lemahnya kepemimpinan nasional dalam menindak tegas para pelakunya. "Kami menuntut Presiden SBY bersikap tegas untuk membubarkan ormas-ormas yang selama ini mengatasnamakan agama dan melakukan tindak kekerasan terhadap kelompok lain," ujar koordinator aksi, Kari Triyaji.

Pihaknya mendukung penuh langkah Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X yang melindungi segenap warga yang tinggal di Yogyakarta, termasuk jemaah Ahmadiyah.

Triyadi menyatakan persoalan Ahmadiyah harus dipegang oleh kepemimpinan yang berjiwa nasionalis.

"Kami menyesalkan ketidaktegasan SBY sehingga telah mendesentralisasi persoalan Ahmadiyah ke daerah. Permasalahan Ahmadiyah ini seolah SBY melakukan adu domba antar-warga Negara," tudingnya.

Hal senada dilontarkan putri almarhum Abdurrahman Wahid, Alisa Wahid. Dia menilai insiden bom di komunitas Utan Kayu merupakan perwujudan dari situasi kritis yang dihadapi bangsa Indonesia.

"Terjadinya aksi kekerasan yang terus berulang dan tidak mendapatkan respons dari Pemerintah menyebabkan pihak-pihak yang pro-kekerasan akan terus mengulang tindakan kekerasan untuk menekan musuh-musuh mereka," jelas Alisa.

Sementara itu, Koordinator Gerakan Rakyat Mataram Yogyakarta, Widihasto Putra menyatakan praktik kekerasan harus disikapi secara serius. "Tidak boleh ada lagi pembiaran yang dilakukan pemerintah. NKRI mengusung supremasi hukum, bukan supremasi preman yang mengedepankan cara-cara kekerasan dalam menyelesaikan persoalan," tutur Widi.

Sedangkan dari pandangan Direktur LBH Yogyakarta, Irsyad Thamrin menegaskan Negara gagal memberikan rasa aman terhadap masyarakat. "Pemerintahan SBY gagal melakukan penghormatan terkait masalah hak kebebasan atau hak sipil politik warga Negara," tegasnya.

(ton)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi news.okezone.com

Posted: 16 Mar 2011 01:23 AM PDT

Sindikasi news.okezone.com


Pohon Tumbang Timpa Empat Mobil

Posted: 16 Mar 2011 01:20 AM PDT

JAKARTA - Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Ibu Kota siang ini mengakibatkan kepadatan sejumlah pohon tumbang. Salah satu terpantau di Jalan Gunawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Seperti dilansir Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Rabu (16/03/2011), pohon tumbang itu terjadi pada pukul 14.50 WIB, menimpa empat kendaraan yang sedang melintas di jalan tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Namun, akibat pohon tumbang ini arus lalu lintas di ruas jalur ini tersendat, karena sebagian ruas jalan tertutup pohon.

Selain di Jalan Gunawarman, pohon tumbang juga mengganggu lalu lintas di depan Ratu Plaza, Jalan Jenderal Sudirman. Pohon yang tumbang di jalan ini bahkan menghalangi jalur busway.

Menurut laporan twitter TMC, pohon tumbang juga terpantau di Jalan Wolter Monginsidi, Jakarta Selatan dan di depan kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU), Jalan Pattimura, serta di depan Gandaria City, Jakarta Selatan.

(ded)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Lagi, Negara Gagal Lindungi Rakyat

Posted: 16 Mar 2011 01:15 AM PDT

YOGYAKARTA - Elemen masyarakat di Yogyakarta yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Yogyakarta Anti-Kekerasan (Aman) mengutuk keras pengeboman di Utan Kayu, Jakarta Timur.

Mereka menggelar aksi keprihatinan dengan menyalakan lilin di Kantor Lembaga Bantuan Hukum ( LBH ), Jalan Agus Salim, Yogyakarta, semalam.

Menurut Aman, maraknya kekerasan akibat lemahnya kepemimpinan nasional dalam menindak tegas para pelakunya. "Kami menuntut Presiden SBY bersikap tegas untuk membubarkan ormas-ormas yang selama ini mengatasnamakan agama dan melakukan tindak kekerasan terhadap kelompok lain," ujar koordinator aksi, Kari Triyaji.

Pihaknya mendukung penuh langkah Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X yang melindungi segenap warga yang tinggal di Yogyakarta, termasuk jemaah Ahmadiyah.

Triyadi menyatakan persoalan Ahmadiyah harus dipegang oleh kepemimpinan yang berjiwa nasionalis.

"Kami menyesalkan ketidaktegasan SBY sehingga telah mendesentralisasi persoalan Ahmadiyah ke daerah. Permasalahan Ahmadiyah ini seolah SBY melakukan adu domba antar-warga Negara," tudingnya.

Hal senada dilontarkan putri almarhum Abdurrahman Wahid, Alisa Wahid. Dia menilai insiden bom di komunitas Utan Kayu merupakan perwujudan dari situasi kritis yang dihadapi bangsa Indonesia.

"Terjadinya aksi kekerasan yang terus berulang dan tidak mendapatkan respons dari Pemerintah menyebabkan pihak-pihak yang pro-kekerasan akan terus mengulang tindakan kekerasan untuk menekan musuh-musuh mereka," jelas Alisa.

Sementara itu, Koordinator Gerakan Rakyat Mataram Yogyakarta, Widihasto Putra menyatakan praktik kekerasan harus disikapi secara serius. "Tidak boleh ada lagi pembiaran yang dilakukan pemerintah. NKRI mengusung supremasi hukum, bukan supremasi preman yang mengedepankan cara-cara kekerasan dalam menyelesaikan persoalan," tutur Widi.

Sedangkan dari pandangan Direktur LBH Yogyakarta, Irsyad Thamrin menegaskan Negara gagal memberikan rasa aman terhadap masyarakat. "Pemerintahan SBY gagal melakukan penghormatan terkait masalah hak kebebasan atau hak sipil politik warga Negara," tegasnya.

(ton)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Regional

Posted: 16 Mar 2011 01:07 AM PDT

KOMPAS.com - Regional


8 Perawat Asal Bali Selamat dari Tsunami

Posted: 16 Mar 2011 07:27 AM PDT

Bencana Jepang

8 Perawat Asal Bali Selamat dari Tsunami

Penulis: K1-11 | Editor: Glori K. Wadrianto

Rabu, 16 Maret 2011 | 14:27 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Setelah memastikan dua anak buah kapal atau ABK asal Bali selamat dari musibah gempa dan tsunami di Jepang, Balai Pelayanan Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Denpasar juga telah menerima kabar tentang keberadaan 8 tenaga perawat yang saat ini tengah bekerja di Jepang.

"Kita sudah konfirmasi dengan BNP2TKI pusat. Alhamdulillah mereka selamat," ucap Kepala Seksi Penyiapan dan Penempatan BP3TKI Denpasar, Abri Danar Prabawa kepada Kompas.com, Rabu (16/3/2011).

Ke-8 TKI asal Bali ini merupakan peserta program Government To Government (G2G) yang ditempatkan di berbagai rumah sakit di Jepang. "Ke-8 orang ini ada di Akita, Tokyo, Wakayama, Osaka, jauh dari lokasi bencana," jelas Abri.

Para tenaga perawat asal Bali yang selamat ini adalah I Kadek Agus Aryana asal Denpasar, Ni Putu Sunarsih asal Denpasar, Gusti Ayu Eka Mayuni asal Badung, Ida Ayu Putu Widyastuti asal Badung, I Gede Wisnu Arya Yudha asal Badung, I Ketut Ali Mawadwika asal Negara, I Gede Deki Paramita asal Bangli, dan Ida Ayu Made Juliantari asal Gianyar.

Sampai saat ini belum ada pihak keluarga yang menanyakan kabar mereka pascatragedi gempa dan tsunami Jepang. " Mungkin keluarga sudah dapat menghubungi langsung," imbuh Abri.

Meski semuanya telah dinyatakan selamat, namun BP3TKI Denpasar masih belum berencana memulangkan mereka karena masih menunggu koordinasi dengan BNP2TKI pusat.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kantor Pertamina Yogya Disegel Mahasiswa

Posted: 16 Mar 2011 07:22 AM PDT

Rencana Kenaikan Harga BBM

Kantor Pertamina Yogya Disegel Mahasiswa

Penulis: K2-11 | Editor: Glori K. Wadrianto

Rabu, 16 Maret 2011 | 14:22 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI cabang Yogyakarta, Rabu siang (16/3/2011) melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Pertamina Yogyakarta di Jalan Mangkubumi. Mereka menolak rencana Pemerintah yang akan menaikkan harga BBM tahun ini.

Aksi diwarnai dengan penyegelan secara simbolis pintu gerbang kantor Pertamina. Aksi  ini dimulai dari perempatan Kantor Pos Besar Yogyakarta, dan berjalan menuju kantor Pertamina di Jalan Mangkubumi melalui Jalan Malioboro.

Massa dari HMI berjalan melawan arus lalu lintas di Jalan Malioboro yang berjalan ke arah selatan. Sedangkan, massa berjalan ke utara sambil membawa spanduk dan poster berisi penolakan rencana kenaikan BBM.

Setelah berjalan sekita 3 kilometer, massa di kantor Pertamina, dan langsung membentangkan spanduk dan poster serta melakukan orasi. Aksi unjuk rasa ini mendapatkan pengawalan ketat dari aparat Polresta Yogyakarta. Aksi diakhiri, dengan pembacaan pernyataan sikap dan menyegel pintu gerbang.

Koordinator Umum Aksi HMI Taufik Saifudin mengatakan, rencana kenaikan harga BBM sangat tidak rasional. Sebab, harga BBM naik atau tidak, pemerintah tetap menangguk surplus atas keuntungan penjualan harga minyak. "Pada periode pemerintahan SBY-Boediono sebelumnya, juga telah beberapa kali menaikkan harga BBM, sehingga hal ini sangat tidak rasional," ungkap Taufik. 

Baca Juga: Baru Sekali Ultah, Setelah 490 Tahun

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Republika Online

Posted: 15 Mar 2011 11:35 PM PDT

Republika Online


Polri Tunggu Kompol Dodi Pulih

Posted: 16 Mar 2011 06:27 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Polri belum mengambil langkah apapun terhadap Kasat Reskrim Polres Jakarta Timur, Kompol Dodi Rahmawan. Kabag Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Boy Rafli Amar, mengatakan mereka masih menunggu kondisi Dodi pulih. "Kesehatan itu nomor satu," kata Boy, Rabu (16/3).

Dodi merupakan salah satu korban luka dalam insiden ledakan paket bom di Jalan Utan Kayu, Jakarta Timur, Selasa (15/3). Penyebabnya, ia berusaha menjinakan bom tanpa skill dan pengamanan memadai. Kelalaiannya itu diduga memicu ledakan paket bom.

Tangan kiri Dodi terluka parah. Boy menjelaskan Dodi saat ini dalam kondisi sadar. Ia telah menjalani operasi. "Sudah diamputasi," tambahnya.

Ia menuturkan Polri belum akan memeriksa Dodi terkait insiden tersebut. Namun, menurut Boy, Polri telah memiliki gambaran tindakan Dodi dari rekaman para awak media televisi.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Polisi Ledakan Temuan Granat Nanas

Posted: 16 Mar 2011 06:24 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN - Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kombes Pol Tjiptono, memimpin langsung peledakan granat tangan jenis nanas yang ditemukan di kompleks pembangunan ruko di Dusun Candi III, Sardonoharjo, Ngaglik, Rabu (16/3).

"Kami terpaksa meledakkan granat nanas buatan Inggris tahun 1955 tersebut karena kondisinya sudah berkarat dan pen tidak bisa dibuka," kata Tjiptono saat memimpin peledakan garanat di Lapangan Sardonoharjo.

Menurut dia, peledakan atau disposalisasi granat tersebut terpaksa dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya ledakan yang tidak diinginkan. "Kondisi pengumpil dan pen masih utuh. Namun karena berkarat, maka tidak bisa dibuka sehingga harus dilakukan disposal atau peledakan. Terbukti bahwa granat tersebut masih aktif," katanya.

Ia mengatakan prosesi peledakan tersebut sudah sesuai prosedur. Yaitu, peledakan dilakukan dalam lubang tanah kedalaman satu meter dengan lebar setengah meter. "Lokasi sekitar juga sudah disterilkan dalam radius ratusan meter. Suara ledakan yang ditimbulkan dalam disposal tersebut sangat keras,'' katanya. ''Namun, ledakan tersebut bukan berasal dari granat nanas tersebut tetapi suara detonatornya."

Tjiptono mengatakan, jika sekali disposal, granat tersebut tidak pecah maka akan diulangi lagi sampai meledak. "Namun ternyata cukup sekali akhirnya sudah berhasil diledakkan," katanya.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Republika Online

Posted: 15 Mar 2011 11:29 PM PDT

Republika Online


Polri Tunggu Kompol Dodi Pulih

Posted: 16 Mar 2011 06:27 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Polri belum mengambil langkah apapun terhadap Kasat Reskrim Polres Jakarta Timur, Kompol Dodi Rahmawan. Kabag Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Boy Rafli Amar, mengatakan mereka masih menunggu kondisi Dodi pulih. "Kesehatan itu nomor satu," kata Boy, Rabu (16/3).

Dodi merupakan salah satu korban luka dalam insiden ledakan paket bom di Jalan Utan Kayu, Jakarta Timur, Selasa (15/3). Penyebabnya, ia berusaha menjinakan bom tanpa skill dan pengamanan memadai. Kelalaiannya itu diduga memicu ledakan paket bom.

Tangan kiri Dodi terluka parah. Boy menjelaskan Dodi saat ini dalam kondisi sadar. Ia telah menjalani operasi. "Sudah diamputasi," tambahnya.

Ia menuturkan Polri belum akan memeriksa Dodi terkait insiden tersebut. Namun, menurut Boy, Polri telah memiliki gambaran tindakan Dodi dari rekaman para awak media televisi.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Polisi Ledakan Temuan Granat Nanas

Posted: 16 Mar 2011 06:24 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN - Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kombes Pol Tjiptono, memimpin langsung peledakan granat tangan jenis nanas yang ditemukan di kompleks pembangunan ruko di Dusun Candi III, Sardonoharjo, Ngaglik, Rabu (16/3).

"Kami terpaksa meledakkan granat nanas buatan Inggris tahun 1955 tersebut karena kondisinya sudah berkarat dan pen tidak bisa dibuka," kata Tjiptono saat memimpin peledakan garanat di Lapangan Sardonoharjo.

Menurut dia, peledakan atau disposalisasi granat tersebut terpaksa dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya ledakan yang tidak diinginkan. "Kondisi pengumpil dan pen masih utuh. Namun karena berkarat, maka tidak bisa dibuka sehingga harus dilakukan disposal atau peledakan. Terbukti bahwa granat tersebut masih aktif," katanya.

Ia mengatakan prosesi peledakan tersebut sudah sesuai prosedur. Yaitu, peledakan dilakukan dalam lubang tanah kedalaman satu meter dengan lebar setengah meter. "Lokasi sekitar juga sudah disterilkan dalam radius ratusan meter. Suara ledakan yang ditimbulkan dalam disposal tersebut sangat keras,'' katanya. ''Namun, ledakan tersebut bukan berasal dari granat nanas tersebut tetapi suara detonatornya."

Tjiptono mengatakan, jika sekali disposal, granat tersebut tidak pecah maka akan diulangi lagi sampai meledak. "Namun ternyata cukup sekali akhirnya sudah berhasil diledakkan," katanya.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi news.okezone.com

Posted: 15 Mar 2011 11:08 PM PDT

Sindikasi news.okezone.com


Kapolda Metro: Teroris Akan Terus Beraksi

Posted: 15 Mar 2011 11:00 PM PDT

JAKARTA – Peristiwa pengiriman paket bom yang terjadi di tiga tempat di Jakarta pada Selasa kemarin mengejutkan banyak pihak. Ternyata, ditangkapnya sejumlah gembong teroris tidak membuat aksi ini berakhir.
 
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Sutarman mengatakan, ancaman teroris akan terus terjadi. Bahkan, cara melakukannya pun semakin variatif. Salah satunya melalui kiriman paket barang seperti yang terjadi kemarin.
 
"Mereka (teroris) tak akan berhenti melakukan aksinya. Karena itu kita harus lebih waspada dan preventif," kata Sutarman usai memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia, Rabu (16/3/2011).
 
Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar dapat mewaspadai kiriman paket yang mencurigai dan dikirim oleh pihak yang tak dikenal. Jika terjadi demikian, warga diimbau untuk secepatnya melapor ke kepolisian.
 
Hingga kini, pihaknya masih terus berupaya mengungkap ancaman bom di Kantor Jaringan Islam Liberal, Kantor Badan Narkotika Nasional, dan di kediaman Ketua Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno di bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan.
 
"Tidak ada target satu minggu atau dua minggu, yang pasti kita akan terus berupaya mengungkap kasus ini dengan memeriksa para saksi dan melakukan olah TKP," pungkasnya.

(teb)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Ahmadiyah Siap Debat dengan MMI, Asal...

Posted: 15 Mar 2011 10:54 PM PDT

YOGYAKARTA - Jemaah Ahmadiyah Yogyakarta mengaku siap berdebat dengan Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) asalkan difasilitasi Pemerintah Provinsi DIY.

Dalam debat tersebut, jemaah Ahmadiyah meminta ditengahi oleh juri yang adil dan tidak berpihak kepada siapa pun.

Hal itu disampaikan Pengurus Besar Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) Abdul Rozak di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

"Insya Allah, kami jemaah Ahmadiyah bersedia untuk dialog dengan siapa saja. Pada hakikatnya , kami sangat terbuka bagi siapa pun yang ingin mengajak berdiskusi. Ini justru membuat kami senang. Karena selama ini ajaran Ahmadiyah itu seolah-olah 'sengaja' ditutup-tutupi oleh pihak yang tidak suka dengan Ahmadiyah," ucap Abdul Rozak.

Debat, lanjut dia, merupakan kesempatan bagi Ahmadiyah untuk memperkenalkan dengan organisasi Islam lainnya. Sehingga dapat menghilangkan prasangka buruk masyarakat terhadap keberadaan Ahmadiyah di Indonesia.

"Selama ini Ahmadiyah sering diajak dialog dengan kalangan pemerintah daerah, maupun ormas-ormas Islam lainnya, namun sifatnya tertutup," sebutnya.

Rozak mencontohkan, dialog yang pernah terjadi antara Ahmadiyah dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada 2006 silam di Gedung DPRD setempat. "Kalau tidak salah, berlangsung hingga lima kali," sambungnya.

Rozak berharap, terjadi dialog dengan MMI akan membuka pemahaman publik terhadap keberadaan Ahmadiyah. "Kami sebagai muslim mampunya hanya memberi klarifikasi dan penjelasan. Mudah-mudahan dengan itu bisa mengerti," katanya.

(ton)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Internasional

Posted: 15 Mar 2011 09:31 PM PDT

KOMPAS.com - Internasional


Kokain Ditemukan di Pusat NASA

Posted: 16 Mar 2011 03:54 AM PDT

Kokain Ditemukan di Pusat NASA

Penulis: Egidius Patnistik | Editor: Egidius Patnistik

Rabu, 16 Maret 2011 | 10:54 WIB

CAPE CANAVERAL, KOMPAS.com - Sebuah paket bubuk putih yang ditemukan di Pusat Antariksa Kennedy (Kennedy Space Center) milik NASA, tempat pesawat ulang-alik diluncurkan, telah diperiksa dan positif sebagai kokain.

Renee Juhans, seorang pejabat eksekutif dari Kantor Inspektur Jenderal NASA, Selasa (15/3/2011 waktu setempat, mengatakan. "Aparat penegakan hukum di lapangan telah menguji substansi itu dan menunjukkan hasil positif sebagai kokain. Zat itu sekarang berada di laboratorium kejahatan terakreditasi untuk pengujian lebih lanjut."

Juhans mengatakan, bubuk putih 4,2 gram itu ditemukan di fasilitas NASA pada 7 Maret. Dia tidak bisa memastikan di mana, di Kennedy Space Center, obat itu ditemukan. "Sebuah penyelidikan oleh Kantor Inspektur Jenderal NASA sedang berlangsung," katanya seperti dikutip CNN.

NASA menerapan kebijakan bebas narkoba terhadap stafnya. Semua karyawan bisa diuji secara acak. Tidak diketahui apakah ada karyawan yang telah diminta untuk melakukan pengujian narkoba dalam penelitian tersebut. "Kami tidak punya komentar lebih lanjut," kata Juhans.

Pada Januari 2010, sekitar 200 pekerja Kennedy Space Center diuji ketika sebuah tas kecil berisi kokain ditemukan di dalam ruang fasilitas antar-jemput di mana Discovery sedang disiapkan untuk penerbangan. Kasus itu ditutup, dan tidak ada penangkapan yang dilaporkan.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Vibrator Berdetak, Penjinak Bom Bergerak

Posted: 16 Mar 2011 03:29 AM PDT

Vibrator Berdetak, Penjinak Bom Bergerak

Editor: Egidius Patnistik

Rabu, 16 Maret 2011 | 10:29 WIB

SAINT PETERSBURG, KOMPAS.com - Para ahli bom dari skuad antiteroris dikerahkan ke sebuah kantor pos di wilayah baratlaut Rusia untuk mengamankan satu paket yang mengeluarkan suara "tik-tik", demikian keterangan polisi setempat, Senin (14/3).

Namun yang mereka temukan adalah vibrator. Peristiwa itu terjadi di Petrozavodsk di Republik Karelia. Personel penjinak bom tersebut dikerahkan setelah seorang pekerja kantor pos menemukan satu paket yang mencurigakan dan menghubungi pihak keamanan, kata perempuan jurubicara polisi melalui telepon kepada AFP.

"Gedung kantor pos itu dikelilingi personel keamanan dan orang-orang dievakuasi," kata perempuan jurubicara polisi. Di dalam paket tersebut, pasukan penjinak bom menemukan satu vibrator," tambahnya.

Boneka seks itu tampaknya telah menyala "tanpa disengaja". Kekhawatiran tinggi di Rusia, setelah serangan pada Januari terhadap bandar udara Domodedovo di dekat Moskwa menewaskan 37 orang. Dua pengebom bunuh diri menewaskan 40 orang pada Maret 2010 di metro Moskwa. Kekhawatiran gara-gara bom palsu dan evakuasi telah sering terjadi di pusat komersial, stasiun dan tempat umum lain.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPASentertainment

Posted: 15 Mar 2011 09:20 PM PDT

KOMPASentertainment


Istora Digoyang Disko Far*East Movement

Posted: 16 Mar 2011 03:46 AM PDT

[unable to retrieve full-text content]Grup Asian American electro hop quartet asal Los Angeles, Far*East Movement, benar-benar membakar dan menggoyang Istora Senayan, Jakarta, Selasa.

Eminem, Orang Terpopuler di Facebook

Posted: 16 Mar 2011 02:37 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Bintang rap Eminem menjadi orang paling tenar di situs jejaring Facebook setelah mengalahkan kepopuleran mendiang Raja Pop Michael Jackson.

Pelantun hits "Not Afraid" ini juga mengungguli posisi Lady Gaga di Facebook yang pada Februari lalu mampu mengumpulkan banyak dukungan dari penggemarnya. Juli tahun lalu, Lady Gaga tercatat menjadi orang hidup pertama yang memiliki lebih dari 10 juta fans di Facebook.  

Berdasarkan catatan FameCount Online, meski Jackson telah wafat, dukungan dari penggemarnya masih sangat tinggi. Hingga saat ini,  jumlah  penggemarnya di Facebook  mencapai 29,8 juta "like".

Namun, angka tersebut kini telah dilampaui Eminem. Terhitung 14 Maret 2011, Eminem berhasil menyalip Jackson dengan angka melampaui 30 juta. 

Meski begitu, ketenarannya di  Facebook belum mampu menandingi jumlah followers (pengikut) Gaga di Twitter. Penyanyi yag dijuluki Bintang "Paparazzi" itu berada di urutan teratas penyanyi dengan jumlah followers terbanyak dengan jumlah 8,7 juta followers. 

Sementara di Twitter, posisi Eminem hanya berada di posisi 20 artis dengan jumlah followers terbanyak. 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Mancanegara

Posted: 15 Mar 2011 09:17 PM PDT

ANTARA - Mancanegara


Kokain Ditemukan di Pusat Antariksa NASA

Posted: 15 Mar 2011 08:02 PM PDT

Pesawat ulang alik Discovery memelankan laju pesawat setelah berhasil mendarat di Pusat Angkasa Kennedy di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat (FOTO ANTARA/REUTERS/Gary Rothstein/Pool/)

Berita Terkait

Cape Canaveral, Florida (ANTARA News) - Satu paket bubuk putih yang ditemukan di Pusat Antariksa Kennedy, NASA, tempat pesawat ulang-alik diluncurkan, telah diperiksa positif adalah kokain, kata kantor Inspektur Jenderal NASA, Selasa (14/3).

Paket tersebut berisi "4,2 gram bahan bubuk putih" dan "ditemukan di instalasi NASA di KSC pada 7 Maret", kata wanita jurubicara instalasi itu Renee Juhans.

"Personel pelaksana hukum melakukan pemeriksaan di lapangan atas bahan tersebut --yang menunjukkan pemeriksaan positif bahan itu adalah kokain. Bahan tersebut sekarang berada di laboratorium kejahatan terakreditasi untuk pemeriksaan lebih lanjut," katanya, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Pemeriksaan OIG NASA sedang berlangsung," tambahnya.

NASA menerapkan zero toleransi buat narkotika. Juhans tak bersedia mengomentari letak kokain itu ditemukan di Pusat Antariksa Kennedy, atau apakah ada pegawai yang memperlihatkan hasil positif dalam pemeriksaan seputar narkotika.

Pada Senin, seorang insinyur yang bekerja buat satu perusahaan yang memiliki kontrak dengan NASA menemui ajal sewaktu bekerja di landasan peluncuran di Pusat Antariksa Kennedy, tempat pesawat ulang-alik Endeavour dijadwalkan lepas-landas bulan depan.

Ketika ditanya apakah ada dugaan bahwa kedua peristiwa itu memiliki kaitan, Juhans mengatakan, "Tak ada komentar."
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Asap Membubung dari PLTN Fukushima

Posted: 15 Mar 2011 07:19 PM PDT

Pembangkit tenaga nuklir Fukushima Nomor Satu milik Tokyo Electric. (istimewa)

Berita Terkait

Tokyo (ANTARA News) - Asap putih, Rabu, membubung ke udara dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) yang diguncang gempa pekan lalu di Jepang, demikian gambar dari tayangan langsung TV.

Penyebab munculnya asap putih itu, di reaktor No.1 PLTN Fukushima, 250 kilometer di sebelah timur-laut ibukota Jepang, Tokyo, ternyata belum diketahui, sebagaimana dikutip dari AFP.

Api berkobar Rabu dinihari di reaktor No.4 di kompleks pembangkit listrik tersebut tapi kebakaran belakangan dilaporkan telah dipadamkan.

Para insinyur telah berjuang menangani kondisi darurat di kompleks itu sejak gempa kuat dan tsunami Jumat lalu (11/3) memutus aliran listrik ke pembangkit tersebut dan mengakibatkan tongkat bahan bakar terlalu panas sehingga berbahaya.

Telah terjadi empat ledakan dan dua kebakaran di kompleks itu.

Menurut laporan media, asap putih tersebut tampaknya berasal dari reaktor No.3, yang meledak pada Senin (14/3), sehingga merobek bagian luar bangunan reaktor itu.

Operator pembangkit listrik tersebut, Tokyo Electricity Power Co, menyatakan perusahaan tersebut tak tahu dari mana asap itu berasal.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Berita Terkini

Posted: 15 Mar 2011 07:53 PM PDT

ANTARA - Berita Terkini


Boneka Seks Sibukkan Penjinak Bom

Posted: 15 Mar 2011 07:36 PM PDT

Di dalam paket tersebut, pasukan penjinak bom menemukan satu vibrator

Berita Terkait

Saint Petersburg (ANTARA News) - Beberapa personel dari kesatuan bom antiteroris dikerahkan ke satu kantor pos di bagian barat-laut Rusia untuk "mengamankan" satu paket yang mengeluarkan suara "tik-tik", demikian keterangan polisi setempat, Senin (14/3).

Apa isi paket yang mereka temukan? Vibrator!

Peristiwa itu terjadi di Petrozavodsk di Republik Karelia. Personel penjinak bom tersebut dikerahkan setelah seorang pekerja kantor pos menemukan satu paket yang mencurigakan kemudian mereka menghubungi pihak keamanan, kata wanita jurubicara polisi melalui telefon kepada AFP, yang dipantau ANTARA di Jakarta.

"Gedung kantor pos itu dikelilingi personel keamanan dan orang-orang diungsikan," kata wanita jurubicara polisi.

"Di dalam paket tersebut, pasukan penjinak bom menemukan satu vibrator," tambahnya.

Boneka seks itu tampaknya telah menyala "tanpa disengaja". Kekhawatiran tinggi di Rusia, setelah serangan pada Januari terhadap bandar udara Domodedovo di dekat Moskow menewarkan 37 orang.

Dua pembom bunuh diri menewaskan 40 orang pada Maret 2010 di metro Moskow.

Kekhawatiran gara-gara bom palsu dan pengungsian telah sering terjadi di pusat komersial, stasiun dan tempat umum lain.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Asap Membubung dari PLTN Fukushima

Posted: 15 Mar 2011 07:19 PM PDT

Pembangkit tenaga nuklir Fukushima Nomor Satu milik Tokyo Electric. (istimewa)

Berita Terkait

Tokyo (ANTARA News) - Asap putih, Rabu, membubung ke udara di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) yang diguncang gempa pekan lalu di Jepang, demikian gambar dari tayangan langsung TV.

Penyebab munculnya asap putih itu, di reaktor No.1 PLTN Fukushima, 250 kilometer di sebelah timur-laut ibukota Jepang, Tokyo, ternyata belum diketahui, sebagaimana dikutip dari AFP.

Api berkobar Rabu dinihari di reaktor No.4 di kompleks pembangkit listrik tersebut tapi kebakaran belakangan dilaporkan telah dipadamkan.

Para insinyur telah berjuang menangani kondisi darurat di kompleks itu sejak gempa kuat dan tsunami Jumat lalu (11/3) memutus aliran listrik ke pembangkit tersebut dan mengakibatkan tongkat bahan bakar terlalu panas sehingga berbahaya.

Telah terjadi empat ledakan dan dua kebakaran di kompleks itu.

Menurut laporan media, asap putih tersebut tampaknya berasal dari reaktor No.3, yang meledak pada Senin (14/3), sehingga merobek bagian luar bangunan reaktor itu.

Operator pembangkit listrik tersebut, Tokyo Electricity Power Co, menyatakan perusahaan tersebut tak tahu dari mana asap itu berasal.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

The Malaysian Insider :: World

Posted: 15 Mar 2011 07:52 PM PDT

The Malaysian Insider :: World


Gaddafi taunts critics, dares them to get him

Posted: 15 Mar 2011 05:58 PM PDT

Gaddafi (left) has given a come and get me dare to the west. — Reuters pic

TRIPOLI, March 16 — Libyan leader Muammar Gaddafi lashed out yesteday at backers of a no-fly zone over his country and urged Libyans to take up arms and prepare to confront a possible invasion by Western powers.

"France now raises its head and says that it will strike Libya," Gaddafi told a gathering of supporters at his Bab al-Azizia fortified compound in central Tripoli.

"Strike Libya?" he asked. "We'll be the one who strikes you! We struck you in Algeria, in Vietnam. You want to strike us? Come and give it a try."

The speech was carried as world powers wrangled over a draft resolution on imposing a no-fly zone over Libya to prevent Gaddafi's advancing forces from using their air superiority to take the rebel capital Benghazi in the east.

In the short, emotional speech, Gaddafi lashed out at Britain for calling for a no-fly zone. "What right do you have? Do we share borders? Are you our tutor?" he asked.

Libyans would fight to the death to defend their country, he said.

He hit out at the Arab League, which has backed a no-fly zone, saying it was "finished," and the Gulf Cooperation Council, which he said had lost its legitimacy.

"The Arab League is finished. There is no such thing as the Arab league," he said.

"The Gulf Cooperation Council is finished. It's actually the 'Gulf Uncooperative Council' ... The Arab people (however) remain." — Reuters 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Gaddafi forces push towards Benghazi, no UN move yet

Posted: 15 Mar 2011 05:10 PM PDT

A rebel fighter holds an anti-aircraft rocket launcher in Ajdabiyah, March 15, 2011. — Reuters pic

AJDABIYAH, Libya, March 16 — Muammar Gaddafi's forces pushed relentlessly eastwards toward Libyan rebels' stronghold of Benghazi yesterday, while world powers wrangled over a draft resolution to impose a no-fly zone.

Gaddafi appeared at an evening rally in a huge tent in Tripoli, condemning the rebels as rats, dogs, hypocrites and traitors. As he spoke, thousands gathered in a Benghazi square denouncing him as a tyrant and throwing shoes and other objects at his image projected upside down on a wall.

The rebels' eastern capital looked highly vulnerable after government troops took control of the junction at Ajdabiyah, opening the way to Benghazi.

"The town of Ajdabiyah has been cleansed of mercenaries and terrorists linked to the al Qaeda organisation," state TV said, referring to the rebels fighting to end Gaddafi's 41 years of absolute power.

Foreign powers condemn his crackdown, but show little appetite for action to support an uprising that was inspired by pro-democracy rebellions that toppled the Egyptian and Tunisian presidents. Many in the Arab world may fear a Gaddafi victory and a crackdown on protests in Bahrain could turn the tide in the region.

Looking ahead with confidence to future business deals in a Gaddafi-led Libya, deputy foreign minister Khaled Kaim said Libya will honor existing contracts with Western oil companies and that the crisis may influence future cooperation with them.

Kaim also told Reuters that the government hoped to regain control over all rebel-held territory within days.

Events on the ground are quickly overtaking diplomacy.

A UN Security Council draft resolution on a no-fly zone, seen by Reuters, authorizes "all necessary measures to enforce" a ban on all flights, to protect civilians.

The 15-nation body is not expected to vote on the draft yesterday, as most member states will need time to consult with their capitals about the no-fly zone, diplomats told Reuters.

Veto powers Russia, China and the United States, along with Portugal, Germany and South Africa are among the members that have doubts about the idea of a no-fly zone for Libya.

ROAD TO BENGHAZI

Earlier yesterday, jets fired rockets at a rebel checkpoint at the western entrance to Ajdabiyah, then unleashed a rolling artillery barrage on the town and a nearby arms dump, following the same pattern of attack that has pushed back rebels more than 100 miles in a week-long counter-offensive.

As well as the coastal road to Benghazi, there is also a 400km desert road straight to Tobruk, near the Egyptian border, that would cut off Benghazi. But it was not clear whether Gaddafi's forces were strong enough to open a second front and if they could operate with such long supply lines.

Libyan League for Human Rights chief Soliman Bouchuiguir, said in Geneva if Gaddafi attacked Benghazi, a city with 670,000 people and the rebels' provisional National Council, there would be "a real bloodbath, a massacre like we saw in Rwanda."

The mood in the city was defiant but shaky.

At Gaddafi's evening rally, supporters chanted praise of the leader, who spoke for about half an hour in what appeared to be a preparation for a final reckoning with the rebellion. He said the rebels had brought shame upon themselves.

Mohamed Yasiri, unemployed and 55, said in Benghazi:

"About the news from Ajdabiyah, everyone admits now we don't have the weapons to take on Gaddafi.

"We are all afraid, to be honest."

Haitham Imami, 38, unemployed, listening to Yasiri, objected: "We are ready to fight him zenga, zenga (street by street). We have the weapons, even if we are left with daggers."

Gaddafi's planes, tanks and artillery have had few problems picking off lightly armed insurgents in the open desert, but have faced tougher resistance in towns that offer more cover.

The small oil town of Brega, with a population of just 4,300, 75 km (50 miles) southwest of Ajdabiyah, changed hands several times in three days of heavy fighting, but also succumbed to superior government firepower on Tuesday.

DIPLOMACY DRAGS ON

Nato has set three conditions for it to enforce a no-fly zone over Libya; regional support, proof its help is needed and a Security Council resolution.

An Arab League call for a no-fly zone satisfies the first condition, but with access to most of Libya barred by Gaddafi's security forces, hard evidence that NATO intervention is needed to avert atrocities or a humanitarian disaster is scarce.

Growing numbers of Libyan are now crossing into Egypt fleeing Gaddafi's advance, the UN refugee agency said.

"Until this week, it was almost entirely migrant workers crossing into Egypt. But on Monday nearly half of the around 2,250 people were Libyans, including many families with children," said UNHCR spokeswoman Sybella Wilkes. "On the Egyptian side of Libya, we haven't seen that before."

Medecins Sans Frontieres said it had withdrawn its staff from Benghazi and they were heading for Alexandria in Egypt.

In Misrata, the last major city in western Libya still in rebel hands, residents said water had been cut off to the city of 300,000 people, 200km east of Tripoli.

Pro-Gaddafi forces took control of the small town of Zuwarah, west of Tripoli, late on Monday after sending in tanks.

A resident in Zuwarah said that yesterday security forces were trying to round up anyone suspected of links to the rebels. "They have lists of names and are looking for the rebels."

TOO LITTLE, TOO LATE?

Foreign ministers from the Group of Eight countries meeting in Paris could not agree to press the UN Security Council to back a no-fly zone to protect Libyan cities from aerial bombing.

Instead, the G8 said Libyans have a right to democracy and warned Gaddafi he faced "dire consequences" if he ignored his people's rights. The G8 urged the Security Council to increase pressure on Gaddafi, including further economic measures.

In Washington, the White House said it was exploring ways to free up some of the billions of dollars of assets seized from Gaddafi's government to provide help for the rebels. — Reuters 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Utusan Online - Luar Negara

Posted: 15 Mar 2011 07:02 PM PDT

Utusan Online - Luar Negara


Krisis nuklear Jepun meruncing

Posted:

Krisis nuklear Jepun meruncing

Krisis nuklear Jepun meruncing


Kombinasi imej satelit, (gambar kiri) merakamkan loji nuklear Daiichi di Fukushima pada 21 November, 2004 dan (gambar kanan) pada 14 Mac. Kelihatan kepulan asap menjulang ke udara setelah reaktor No.3 di loji itu meletup ekoran gempa bumi dan tsunami Jumaat lalu. Dalam tempoh empat hari lalu selepas gempa itu, dua reaktor di kompleks nuklear terletak 240 kilometer ke utara Tokyo itu telah meletup mencetuskan krisis nuklear paling serius di Jepun sejak Perang Dunia Kedua. – REUTERS


FUKUSHIMA 15 Mac – Krisis nuklear Jepun yang disifatkan sebagai paling serius di dunia sejak malapetaka Chernobyl di Ukraine pada 1986, semakin meruncing hari ini apabila paras radiasi didapati meningkat ke tahap membahayakan kesihatan di sekitar sebuah loji nuklear setelah beberapa reaktornya meletup dalam tempoh empat hari lalu selepas berlaku gempa bumi Jumaat lepas.

Perdana Menteri, Naoto Kan menyeru penduduk yang tinggal sekitar 30 kilometer dari loji nuklear Fukushima, 240 kilometer ke utara Tokyo, supaya tidak keluar rumah dan menjimatkan elektrik.

Ketika bercakap mengenai paras radiasi di reaktor No. 4 yang meletup hari ini, Ketua Setiausaha Kabinet, Yukio Edano mengakui terdapat kemungkinan jelas kesihatan penduduk boleh terjejas.

"Tidak syak lagi berlainan dengan situasi masa lalu, paras radiasi kini pada paras yang boleh membahayakan kesihatan manusia," kata Edano.

Kedutaan Perancis dalam kenyataan pada 0100 GMT (9 pagi waktu Malaysia) memberi amaran, angin radioaktif paras rendah boleh sampai ke Tokyo dalam masa kira-kira 10 jam, tetapi pihak berkuasa mengesan paras radiasi melebihi normal lebih awal daripada itu di ibu negara Jepun itu.

Paras radiasi di bandar Maebashi, 100 kilometer ke utara Tokyo mencecah 10 kali paras normal, manakala hanya radiasi paras rendah dikesan di ibu negara matahari terbit itu, yang 'tidak menjadi masalah', kata pegawai bandar raya menurut agensi berita Kyodo.

"Berlaku kebakaran dan letupan di reaktor No. 4 dan paras radiasi di kawasan sekitar meningkat dengan ketara, kemungkinan berlaku lagi kebocoran bahan radioaktif bertambah meningkat," kata Kan dengan wajah suram dalam ucapan ke seluruh negara.

Negara serantau juga semakin bimbang dengan risiko radiasi, termasuk China. Syarikat penerbangan Air China membatalkan penerbangan ke Tokyo sementara kerajaan Jepun mengumumkan zon larangan terbang sejauh 30 kilometer di sekitar reaktor di Fukushima.

Media Jepun mula mengkritik Kan berhubung tindakannya menangani bencana itu dan membidas kerajaan dan operator loji nuklear, TEPCO kerana gagal menyalurkan maklumat lengkap mengenai insiden tersebut, terutamanya risiko terhadap kesihatan.

"Keracunan radiasi yang sangat teruk, seperti yang berlaku di Chernobyl dan kepada pekerja Jepun di stesen tenaga nuklear itu, tidak mungkin menimpa penduduk awam," kata pakar patologi kimia di Universiti Hong Kong, Lam Ching-wan.

Namun, letupan di reaktor itu boleh menyebabkan penduduk awam terdedah kepada radiasi jangka panjang, yang meningkatkan risiko kanser tiroid dan tulang serta leukemia terutamanya kepada kanak-kanak dan anak dalam kandungan, katanya.

Sejumlah empat letupan berlaku di loji Fukushima sejak kompleks itu mengalami kerosakan dalam gempa bumi dan tsunami pada Jumaat lalu, dengan letupan terbaru di reaktor No. 2 dan No. 4, hari ini. – Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Letupan loji nuklear pada tahap bahaya

Posted:

Letupan loji nuklear pada tahap bahaya

Letupan loji nuklear pada tahap bahaya

PARIS 15 Mac - Pihak berkuasa keselamatan nuklear Perancis (ASN) semalam berkata, insiden letupan ke atas sebuah loji nuklear di Jepun dikelaskan pada tahap 5 atau tahap 6 mengikut skala antarabangsa dan dianggap berada pada tahap bahaya.

Tahap keselamatan dalam insiden letupan di loji tenaga nuklear di Fukushima itu boleh disamakan dengan tahap keselamatan dalam kejadian kebocoran di loji tenaga nuklear di Three Mile Island di Amerika Syarikat pada 1979.

Tahap risiko keselamatan tenaga nuklear mengikut skala antarabangsa diukur pada tahap 1 hingga tahap 7.

Anggaran risiko dalam kemalangan di loji Fukushima Daiichi Tokyo Electric Power Co itu, mengikut penilaian ASN berdasarkan data yang disediakan oleh agensi keselamatan nuklear Jepun menunjukkan ia berada pada tahap 4.

"Tahap 4 dianggap sebagai tahap yang serius.

"Pihak kami menjangkakan insiden tersebut berada pada tahap 5 atau tahap 6," kata Presiden ASN.... pada satu sidang media.

Semalam, seramai 11 orang dilaporkan cedera apabila berlaku letupan gas hidrogen berikutan letupan di loji nuklear Fukushima Daiichi Tokyo Electric Power Co itu.

Kejadian itu memburukkan lagi krisis nuklear di negara matahari terbit itu ekoran gempa bumi berukuran 8.9 pada skala Richter yang melanda negara itu disusuli dengan tsunami besar, pada Jumaat lalu. - Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Berita Harian: Dunia

Posted: 15 Mar 2011 03:42 PM PDT

Berita Harian: Dunia


Siap sedia hadapi ancaman nuklear

Posted: 15 Mar 2011 01:02 PM PDT

Dunia

Penduduk bergegas beli barang keperluan, cara PM tangani krisis berganda dikecam

TOKYO: Walaupun digesa kekal tenang oleh Perdana Menteri Naoto Kan, penduduk tetap bergegas ke kedai untuk membeli barang keperluan bagi bersedia menghadapi sebarang kemungkinan bencana nuklear.

Di pusat beli-belah Don Quixote, sebuah kedai 24 jam yang menjual barangan keperluan di daerah Roppongi di Tokyo, produk seperti radio, lampu suluh, lilin dan beg tidur habis dijual. Beberapa kedutaan menasihatkan kakitangan dan rakyat masing-masing untuk meninggalkan kawasan terjejas radiasi dan daerah yang musnah akibat gempa bumi magnitud 9 (dinaikkan daripada 8.9 semalam) dan tsunami Jumaat lalu yang mungkin mengorbankan sehingga 6,000 nyawa.

Pelancong juga didapati memendekkan cuti masing-masing dan syarikat antarabangsa menggesa kakitangan masing-masing untuk berpindah atau merancang memindahkan pejabat ke kawasan di luar Tokyo.

"Saya takut, saya terlalu takut dan berasa berada dalam puting beliung," kata Lucy Niver,10 dari Egan, Minnesota, yang sedang bercuti bersama keluarganya di Tokyo ketika gempa bumi dan tsunami melanda.

"Saya mahu balik," katanya lagi.
Media Jepun semakin kritikal terhadap cara Kan menangani krisis berganda ini dan mengecam Tokyo Electric Power Co (TEPCO) - pengendali loji nuklear Fukushima Daiichi - kerana gagal memberi maklumat yang memadai berhubung masalah di loji berkenaan yang lumpuh akibat gempa bumi.

Kan juga membidas TEPCO kerana mengambil masa terlalu lama untuk memaklumkan pejabat beliau berhubung letupan terbaru yang menyebabkan pengeluaran radiasi ke udara sehingga merebak sejauh 170 kilometer ke Tokyo semalam.

"Apa yang sebenarnya berlaku (di loji itu)?" agensi berita Kyodo memetik beliau sebagai berkata.

"Televisyen melaporkan letupan ketiga berlaku pagi semalam tetapi pejabat perdana menteri hanya dimaklumkan sejam kemudian," kata Kan.

Sejak ia rosak akibat gempa bumi Jumaat lalu, loji nuklear berusia 40 tahun itu mengalami empat letupan, dengan letupan terbaru berlaku terhadap reaktor dua dan empat.

Pihak berkuasa bimbang kebocoran akan berlaku menyebabkan bencana nuklear seperti Chernobyl di Ukraine pada 1986 yang menyaksikan kawasan sekeliling dicemari radiasi. - Agensi


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

2 letupan baru di loji nuklear Fukushima

Posted: 15 Mar 2011 01:02 PM PDT

Dunia

Reaktor No. 3  di loji nuklear Fukushima Daiichi terbakar akibat gempa bumi Jumaat lalu.

Reaktor No. 3 di loji nuklear Fukushima Daiichi terbakar akibat gempa bumi Jumaat lalu.

TOKYO: Loji nuklear Fukushima Daiichi yang lumpuh berikutan gempa bumi mengalami kebocoran radiasi yang serius semalam berikutan dua letupan baru dan satu kebakaran ketika kakitangan di tapak berkenaan bertungkus lumus mengelak kebocoran.

Krisis nuklear terbesar negara itu semakin buruk setiap hari berikutan empat daripada enam reaktor di loji nuklear Fukushima mengalami letupan hidrogen sejak gempa bumi melanda wilayah Tohoku Jumaat lalu.

Tokyo Electric Power Co. (TEPCO) mengarahkan 800 kakitangannya berpindah dari loji terbabit tetapi meninggalkan 50 yang lain untuk mengepam air laut ke reaktor dalam usaha yang disifatkan terdesak untuk menyejukkan tiga daripada empat reaktor dan berusaha untuk mengelak pembocoran teras. Dalam satu taklimat malam kelmarin, Ketua Setiausaha Kabinet, Yukio Edano mengakui adanya risiko tiga daripada empat reaktor terjejas itu boleh mengalami kebocoran. Namun Kazuhiko Maekawa, profesor madya di Universiti Tokyo semalam berkata walaupun senario ini mungkin berlaku, sekurang-kurangnya pada masa sekarang, ia adalah berbeza dengan kebocoran teras di Chernobyl pada 1986 di Ukraine yang membabitkan letupan nuklear berskala besar.

Walaupun kebocoran berlaku, ia masih dalam keadaan cecair, kata Maekawa. Jika reaktor utama tidak musnah secara keseluruhan, bahan radioaktif membawa maut masih kekal dalam kawasan reaktor, katanya.

"Dalam insiden di Chernobyl, letupan merebak bahan nuklear yang mengandungi debuan maut dan mencemarkan kebanyakan penduduk," kata Maekawa, seorang kaunselor Persatuan Penyelidikan Keselamatan Nuklear, menolak satu letupan seumpama itu di Fukushima.

"Jika anda berjaya menghalang kebocoran, kemungkinan pencemaran radioaktif berskala besar adalah rendah. Penduduk tempatan perlu terus tenang dan tidak panik," katanya. – Agensi


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi international.okezone.com

Posted: 15 Mar 2011 03:39 PM PDT

Sindikasi international.okezone.com


Gempa 6 SR Kembali Guncang Jepang

Posted: 15 Mar 2011 06:49 AM PDT

TOKYO - Gempa susulan terus melanda Jepang usai gempa dahsyat berkekuatan 9,0 skala richter (SR) Jumat 11 Maret lalu. Gempa susulan terbaru berkekuatan 6 SR kembali melanda Jepang hari ini.


Gempa susulan ini berpusat di Shizuoka yang letaknya sekira 150 kilometer selatan Tokyo. Kedalaman gempa sendiri berada di 10 kilometer. 


Seperti dilansir Reuters, Selasa (15/3/2011), menurut Pusat Peringatan Tsunami Asia Pasifik, gempa susulan ini tidak menimbulkan potensi tsunami. 


Gempa yang melanda Jepang 11 Maret lalu, memporakporandakan Negeri Sakura tersebut. 

Kota yang terparah terkena imbas gempa yang disertai tsunami ini adalah Miyagi, dimana ribuan orang diperkirakan tewas tersapu gelombang tsunami.
(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

WNI di Jepang Diimbau Waspadai Ancaman Radiasi

Posted: 15 Mar 2011 05:24 AM PDT

JAKARTA - Pemerintah menyampaikan imbauan terhadap warga negara Indonesia (WNI) di Jepang, untuk mewaspadai ancaman radiasi yang diakibatkan kerusakan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima.


WNI yang berada di Jepang dan yang memiliki urusan penting untuk berkunjung ke Jepang agar selalu berkomunikasi dengan Kedutaan Besar RI di Tokyo, atau Kementerian Luar Negeri di Jakarta mengenai perkembangan terakhir situasi di Jepang.

Selain itu pemerintah juga mengimbau WNI yang berada di Jepang juga agar senantiasa memperhatikan dan mematuhi imbauan yang disampaikan Pemerintah Jepang. Ini dilakukan untuk menjamin keselamatan WNI di sana, demikian keterangan pers yang dikirim Kementerian Luar Negeri RI kepada okezone di Jakarta, Selasa (15/3/2011).

Pemerintah menekankan agar WNI yang memiliki urusan penting untuk berkunjung ke Jepang, agar menghindari wilayah-wilayah yang paling parah terkena dampak gempa bumi dan tsunami. Wilayah tersebut antara lain Perfektur Miyagi, Iwate, Fukushima dan Ibaraki. 

WNI pun diminta agar selalu mengikuti perkembangan terkini khususnya pengumuman-pengumuman yang dikeluarkan Pemerintah Jepang, Kementerian Luar Negeri RI dan KBRI Tokyo.

(rhs) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi celebrity.okezone.com

Posted: 15 Mar 2011 01:40 PM PDT

Sindikasi celebrity.okezone.com


Pengacara Bantah Andika dan Izzy Tak Dihukum

Posted: 15 Mar 2011 04:52 AM PDT

JAKARTA - Pengacara Andika dan Izzy menolak anggapan dua personel Kangen Band itu tidak diproses secara hukum. Menurutnya, masa rehabilitasi merupakan bagian dari proses hukum.

"Belakangan ini saya mendengar anggapan kalau Andika dan Izzy tidak dijerat hukum. Saya membantah keras anggapan itu. Karena pada dasarnya, rehabilitasi juga bagian dari proses hukuman," sanggah pengacara Kangen Band, Ferry Juan, saat ditemui di Hanggar Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (15/2011).

Ferry menambahkan, walau personel band asal Lampung itu direhabilitasi, proses hukum di pengadilan akan tetap berjalan. Lantaran masih menjalani rehabilitasi, Andika dan Izzy bisa tidak menghadiri persidangan.

"Apabila Andika dan Izzy diberangkatkan ke panti rehabilitasi, bukan berarti mati kasusnya. Tetap lanjut ke pengadilan. Tapi nanti mungkin tidak perlu kehadiran mereka di persidangan. Nanti di pengadilan namanya bukan putusan, tapi ketetapan bahwa mereka harus menjalani rehabilitasi," paparnya.

Ferry juga menyambut langkah Badan Narkotika Nasional (BNN) yang langsung merehabilitasi Andika dan Izzy. Baginya, langkah yang diambil BNN itu merupakan terobosan baru yang dikenakan terhadap penyalahguna narkoba.

"Kalau ke direhabilitasi tapi ditahan atau di sidang dulu, itu cara yang salah dan keliru. Makanya yang dilakukan penyidik BNN dengan langsung merehabilitasi ini benar dan terobosan baru," jelasnya.(ang)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pembobol Rumah Madonna Dibekuk

Posted: 15 Mar 2011 04:43 AM PDT

LONDON - Seorang penyusup yang membobol rumah Madonna telah ditangkap.

Grzegorz Matlok, yang diduga maling itu bergumul di tanah dengan pengawal Madonna di daerah Marylebone, London, pada Sabtu, 12 Maret 2011, sekira pukul 05.30 pagi waktu setempat, setelah pengawal menemukan Matlok tengah menggenggam harta majikannya.

Meskipun memiliki tim keamanan yang ketat dan CCTV, dikatakan seorang pengawal kepada polisi bahwa si penyusup masuk ke rumah pelantun Material Girl itu dengan menghancurkan jendela samping saat Madonna sedang berkabung atas kematian neneknya, Elsie Mae Fortin.

"Sesuatu yang mengerikan telah terjadi di sini. Pengamanan ketat sang bintang pop paling terkenal di dunia telah ditembus," kata sumber polisi senior kepada koran The Sun, Selasa (15/3/2011).

Matlok yang kelahiran Polandia didakwa dengan pencurian dan tampil di hadapan hakim pada  Senin, 14 Maret.(ang)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

detikcom

Posted: 15 Mar 2011 01:38 PM PDT

detikcom


Susahnya Mendapat Surat Bebas Radiasi

Posted: 15 Mar 2011 01:17 PM PDT

Rabu, 16/03/2011 03:17 WIB
Kisah WNI di Jepang
Susahnya Mendapat Surat Bebas Radiasi 
Fajar Pratama - detikNews

Jakarta - Gelombang pertama evakuasi WNI yang berada di Sendai dan Fukushima telah sampai di Indonesia, Selasa (15/3/2011). Ternyata proses yang mereka lalui untuk bisa kembali ke tanah air tidaklah mudah. Salah satunya adalah untuk mendapatkan surat bebas radiasi nuklir.

"Untuk kembali kemari perjuangannya berat. Di sana saya ditanya macam-macam. Belum lagi saya harus mendapatkan surat bebas radiasi," ujar Neil Ikhsan, salah satu dari 99 WNI yang pulang ke tanah air, di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Selasa (15/3/2011) malam.

Tak hanya itu saja, Neil mengatakan, dirinya dan sejumlah warga lain termasuk WNI harus menjalani tes pemeriksaan bebas nuklir lebih dari satu kali. Hal itu diperparah karena tidak semua klinik kesehatan bisa melakukan pemeriksaan tersebut.

"Saya sempat khawatir kena radiasi, tapi akhirnya dinyatakan tidak kena. Sebelum berangkat dari Tokyo pun, Pemerintah Jepang mengecek kami lagi," terangnya.

Neil mengaku dirinya terlambat untuk menyelamatkan diri, ketika warga lainnya sudah berhamburan meninggalkan kawasan Fukushima tengah. Begitu juga saat ada informasi terkait bocornya nuklir di salah satu PLTN di Fukushima.

"Saya memang sempat khawatir terkena radiasi, ketika terjadi gempa, saya baru sadar, saya termasuk yang paling akhir meninggalkan kawasan di sana," papar Neil yang merupakan mahasiswa di Fukushima Technology College ini.

(fjp/her)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tutup

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share via Email:

Share via Email


loadingSending your message

Message has successfully sent


Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Nuniek di nuniek[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.526).

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

PKB: Gus Choi dan Lily Dikeluarkan karena Sering Melanggar Kebijakan

Posted: 15 Mar 2011 01:07 PM PDT

Rabu, 16/03/2011 03:07 WIB
PKB: Gus Choi dan Lily Dikeluarkan karena Sering Melanggar Kebijakan 
Hery Winarno - detikNews

Jakarta - DPP PKB memastikan Effendy Choirie (Gus Choi) dan Lily Chodidjah Wahid resmi dikeluarkan dari partai. Kedua politisi senior itu dinilai sering melanggar kebijakan partai.

"Ya mereka memang sudah dikeluarkan. Partai menilai mereka sering melanggar kebijakan partai," ujar Bendahara Umum PKB, Bahruddin Nashori saat dihubungi detikcom, Selasa (15/3/2011) malam.

Menurut Bahruddin, perbedaan sikap Gus Choi dan Lily dalam hak angket mafia pajak bukan alasan utama dikeluarkannya mereka. "Kalau soal hak angket kemarin itu soal kecil, bukan cuma itu. Itu cuma salah satu alasan saja," terangnya.

Di mata partai berlambang bola dunia ini, kedua kader yang ikut membentuk PKB ini sering melakukan kesalahan. Bahruddin pun membeberkan kesalahan Gus Choi dan Lily.

"Lily sampai sekarang menggugat hasil Muktamar Ancol, padahal hasil muktamar itu yang menghantarkan dia jadi Dewan. Ketua umum juga digugat ke MK soal rangkap jabatan," beber Bahruddin.

Soal Gus Choi, partai juga memiliki penilaian sendiri. Gus Choi sering mangkir dalam urusan partai.

"Kalau rapat-rapat Gus Choi sering tidak hadir. Selain itu sikapnya kadang berbeda dengan partai," terangnya.

PKB siap menghadapi gugatan dari keduanya atas dikeluarkannya surat pemecatan itu. "Itu hak mereka kalau mau mengajukan gugatan. Silakan saja," imbuh Bahruddin.

PKB resmi mengeluarkan Gus Choi dan Lily Wahid dari Partai dan DPR. Posisi Gus Choi di DPR akan digantikan Jazilul Fawaid, sedangkan Lily Wahid akan digantikan Andi Muawiyah Ramly. Hal ini berdasarkan surat yang dilayangkan DPP PKB kepada Pimpinan DPR tertanggal 7 Maret lalu.

(her/fjp)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tutup

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share via Email:

Share via Email


loadingSending your message

Message has successfully sent


Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Nuniek di nuniek[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.526).

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Nasional

Posted: 15 Mar 2011 01:04 PM PDT

KOMPAS.com - Nasional


Pastikan WNI Bebas Radiasi Sebelum Pergi

Posted: 15 Mar 2011 06:52 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mempercayakan perlindungan warga negara Indonesia (WNI) dari ancaman radiasi di Jepang kepada pemerintah Jepang.

Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, juga telah melakukan upaya perlindungan kepada para WNI di daerah rawan radiasi dengan cara evakuasi.

"Pemerintah Jepang sangat hati-hati dan teliti, jadi tidak akan mungkin ada WNI yang pergi dari satu titik ke titik lain tanpa diperiksa kondisi fisiknya," ungkap Marty, Selasa (15/3/2011), di kantor Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta.

Ia mencontohkan, WNI yang dievakuasi kembali ke tanah air harus diperiksa terlebih dahulu oleh pemerintah Jepang. Tujuannya memastikan tidak ada warga yang terkena radiasi keluar dari batas negeri sakura tersebut.

"Jadi semuanya terukur dan kami percayakan kepada pemerintah Jepang sehingga tidak perlu panik," ucap Marty. Selain upaya yang dilakukan Jepang, pemerintah Indonesia juga memastikan tidak ada satu pun warganya yang berada di dalam daerah jangkauan radiasi.

Saat ini, pemerintah Jepang telah menetapkan jarak sejauh 20 kilometer dari pusat ledakan sebagai daerah rawan. "Pemerintah Indonesia juga menggarisbawahi peringatan Jepang supaya warga kita dievakuai dan tidak terkena dampak radiasi," katanya.

Sebelumnya, pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Daiichi di Fukushima meledak akibat kegagalan sistem pompa. Namun, reaktor tidak mengalami kerusakan.

Zat radioaktif terpaksa dilepaskan di beberapa instalasi nuklir di lokasi ini untuk mengurangi tekanan pada reaktor, menyebabkan udara tercemar radiasi.

Bencana dahsyat itu telah 165 orang terkontaminasi radiasi nuklir dan kemungkinan jumlah itu bertambah.

Adapun WNI di Fukushima mencapai 85 orang, sekitar tiga orang bertempat tinggal dalam wilayah yang masuk dalam kategori rawan, yakni di bawah 20 kilometer dari pusat ledakan. Tiga orang tersebut sudah dievakuasi KBRI.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Ketua Pemuda Pancasila Juga Dikirimi Bom

Posted: 15 Mar 2011 06:31 PM PDT

Teror

Ketua Pemuda Pancasila Juga Dikirimi Bom

Editor: yuli

Rabu, 16 Maret 2011 | 01:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Teror bom dalam paket buku ternyata juga dikirim ke rumah Ketua Pemuda Pancasila Yapto S Soeryosumarno. Bom buku tersebut dijinakkan dan kini diamankan di Polda Metro Jaya.

"Benar, di rumah Pak Yapto juga dikirimi paket yang sama," tegas Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Baharudin Jafar kepada Tribunnews.com, Rabu (16/3/2011) dini hari.

Bom tersebut dilaporkan pihak keluarga Yapto sekitar pukul 21.00 WIB. "Setelah ada laporan ke Polres Jakarta Selatan, kami langsung ke TKP," jelas Baharudin. Rumah Yapto, menurut Baharudin, berada di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Dengan demikian, pada Selasa (15/3/2011), tiga paket bom dikirim ke tempat terpisah di waktu yang sama, yakni kepada Ulil Abshar-Abdalla di Utan Kayu, Jakarta Timur, Kepala Pelaksana Harian Badan Narkotika Nasional Komisaris Jenderal Gories Mere, dan ke rumah Yapto.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan