gravatar

Edisi Dunia

Edisi Dunia


Kosmo Online - Dunia

Posted: 09 Mar 2011 07:16 AM PST

Kosmo Online - Dunia


Gaddafi sedia berundur

Posted:

Gaddafi sedia berundur

Gaddafi sedia berundur


SEBUTIR bom digugurkan dari sebuah jet pejuang tentera Muammar Gaddafi di bandar Ras Lanuf, Libya semalam.


TRIPOLI - Diktator Libya, Muammar Gaddafi memberi isyarat bahawa beliau bersetuju meninggalkan negara berkenaan setelah memerintah selama 41 tahun, lapor sebuah akhbar semalam.

Gaddafi bagaimanapun, meletakkan syarat supaya beliau dan keluarganya diberikan sejumlah wang dan mereka dikecualikan daripada pendakwaan jenayah.

Stesen televisyen Al-Jazeera melaporkan bahawa pemimpin berusia 68 tahun itu turut mengusulkan supaya parlimen Libya mewujudkan satu tempoh peralihan bagi memberi laluan kepada beliau meletak jawatan.

Gaddafi diberitakan menghantar bekas perdana menteri, Jadallah Azzouz Talhi, bertemu para pemimpin penentang di bandar Bengazhi bagi mencapai satu persetujuan mengenai tawaran itu.

Mereka bagaimanapun menolak tawaran Gaddafi kerana menganggap ia satu penghinaan kepada mangsa-mangsa kekejamannya.

"Pendirian kami selama ini adalah jelas, Gaddafi perlu berundur dan tanpa syarat," kata seorang pegawai kumpulan penentang, Essam Gheriani.

Dalam perkembangan berkaitan, jet-jet pejuang Libya melancarkan sekurang-kurangnya lima serangan udara berhampiran kedudukan pihak penentang di bandar pelabuhan minyak Ras Lanuf.

Serangan tersebut dilancarkan bagi menghalang tentera penentang daripada mara ke kubu kuat Gaddafi di ibu negara Libya, Tripoli.

Tiada laporan kecederaan setakat ini manakala seorang wartawan agensi berita Associated Press yang menyaksikan serangan udara tersebut menyatakan ia gagal mengenai pejuang penentang.

Sementara itu, seorang saksi memberitahu bahawa tentera yang setia kepada Gaddafi telah menawan semula bandar Zawiya yang terletak dekat dengan Tripoli yang sebelum ini jatuh ke tangan pihak penentang.

Saksi berkenaan yang menghubungi agensi berita Associated Press melalui telefon, berkata, sejumlah kereta kebal dan kenderaan tentera Gaddafi meronda di bandar tersebut yang terletak 50 kiolemeter ke barat Tripoli dan melepaskan tembakan rambang ke arah rumah-rumah penduduk. - Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kuan Yew akui silap label Muslim

Posted:

Kuan Yew akui silap label Muslim

Kuan Yew akui silap label Muslim

SINGAPURA - Menteri Mentor Singapura, Lee Kuan Yew mengakui beliau silap tentang integrasi kaum Melayu dan Islam yang begitu baik di Singapura, lapor agensi berita Bernama semalam.

Kuan Yew membuat penarikan balik itu menerusi satu kenyataan kepada akhbar The Straits Times semalam.

Sebelum ini Kuan Yew membuat kenyataan berhubung kesukaran penduduk Muslim di Singapura berintegrasi dengan penduduk bukan Islam dalam buku terbarunya, Lee Kuan Yew: Hard Truths To Keep Singapore Going.

"Hard Truths adalah sebuah buku berdasarkan kepada siri temu ramah selama 32 jam dalam tempoh masa dua tahun," kata Kuan Yew.

"Saya telah membuat satu kenyataan mengenai integrasi umat Islam dengan komuniti lain pada dua atau tiga tahun lepas. Menteri-menteri dan Anggota Parlimen, kedua-dua kaum Melayu dan bukan Melayu, sejak itu memberitahu saya bahawa Melayu Singapura sebenarnya mengambil usaha-usaha khusus untuk berintegrasi dengan masyarakat yang lain, terutama selepas kejadian 11 September 2001 (apabila pengganas menyerang Amerika Syarikat) dan bahawa apa yang saya nyatakan itu adalah ketinggalan zaman.

"Saya mengaku silap. Saya harap trend ini (integrasi) akan berterusan pada masa hadapan," kata Kuan Yew.

Buku itu, berasaskan kepada siri temu bual yang diberikan oleh Kuan Yew kepada sepasukan tujuh wartawan daripada akhbar The Straits Times, diterbitkan oleh syarikat Straits Times Press dan dilancarkan pada 21 Januari lalu.

Dalam kenyataan yang kontroversi itu, Kuan Yew berkata: "Saya fikir kita bergerak maju dengan baik sehinggalah timbulnya kebangkitan Islam dan jika kamu tanya tentang pemantauan saya, komuniti-komuniti lain lebih mudah berintegrasi, kawan-kawan, perkahwinan berlainan bangsa dan sebagainya.

"Saya fikir masyarakat Islam secara sosialnya tidak menimbulkan sebarang masalah, tetapi mereka berbeza dan terpisah."

Sementara itu, agensi berita Dpa melaporkan Persatuan Muslim Profesional menyambut baik kenyataan Kuan Yew itu.

Menurut persatuan itu, kenyataan tersebut memang patut ditarik balik.

Beberapa pemimpin kerajaan di negara ini berusaha untuk dilihat tidak sependapat dengan kenyataan Kuan Yew itu.

Ekoran pilihan raya umum akan diadakan sebelum Jun depan, pentadbiran Singapura pimpinan Parti Tindakan Rakyat (PAP) berusaha untuk tidak meminggirkan penduduk Muslim yang mewakili 15 peratus daripada lima juta warga Singapura.- Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Rumah dijual RM98.18 juta selepas dibeli RM2.45 juta

Posted:

Rumah dijual RM98.18 juta selepas dibeli RM2.45 juta

Rumah dijual RM98.18 juta selepas dibeli RM2.45 juta


RUMAH yang mahu dijual Andrew Holeshowski pada harga RM98.18 juta di Oxshott, Surrey.


LONDON - Seorang jurutera awam berbangsa Poland, Andrew Holeshowski mahu menjual sebuah rumah agam pada harga £20 juta (RM98.18 juta) SETELAH DIA MEMBELI RUMAH ITU pada tahun 1993 dengan harga kurang daripada £500,000 (RM2.45 juta), lapor sebuah akhbar semalam.

Holeshowski, 64, dan isterinya, Sophie, 51, berkata, mereka telah membelanjakan berjuta-juta pound sterling untuk melakukan kerja-kerja pengubahsuaian bagi menaikkan harga rumah itu.

Jurutera itu tiba di England dengan isterinya pada akhir tahun 70-an dengan hanya mempunyai wang tunai £1,000 (RM4,905) sahaja di dalam poketnya.

Rumah agam yang berkeluasan 2,694 meter persegi itu mempunyai sembilan bilik tidur, empat bilik di kotej, dua kolam renang, garaj untuk 20 buah kereta, panggung wayang dan landasan untuk helikopter. Terletak di Oxshott, Surrey dan dibina pada tahun 1880, penghuni rumah itu akan dapat melihat rumah pemain skuad bola sepak England, John Terry yang tinggal berhampiran dengan rumah tersebut. - Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Hiburan

Posted: 09 Mar 2011 07:06 AM PST

ANTARA - Hiburan


"The Somt" Perjuangkan Candi Muarojambi Diakui Dunia

Posted: 09 Mar 2011 06:19 AM PST

Jambi (ANTARA News) - Masyarakat peduli Candi Muarojambi (The Society of Muarojambi Temple/The SOMT) akan terus memperjuangkan agar situs candi Muarojambi di Kabupaten Muarojambi dapat dikenal sekaligus menjadi warisan dunia.

"Sampai sekarang The Somt terus memperjuangkan Candi Muarojambi agar bisa dikenal di mancanegara melalui berbagai kegiatan dan publikasi serta mengupayakan sampai ke Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (Unesco)," kata salah satu pengurus The SOMT, M Romy, di Jambi, Rabu.

Masyarakat peduli Candi Muarojambi sudah melakukan kegiatan pengenalan situs candi tersebut sejak satu tahun lalu melalui program yang sudah disusun dan terencana.

The SOMT juga telah menjalani kerja sama dengan pemerintah daerah dan provinsi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat untuk bersama-sama memperjuangkan Candi Muarojambi bisa lebih dikenal dunia dan diakui sebagai salah satu warisan dunia.

Berbagai kegiatan yang telah dilakukan di antaranya menjalin kerja sama dengan Pemerintah India, khususnya wilayah Nelanda yang memiliki kesamaan, sebab di sana ada prasasti tentang ajaran agama Budha yang juga terdapat di situs candi Muarojambi tersebut.

Jalinan kerja sama tersebut sudah mulai berjalan, kedua belah pihak sudah melalukan saling kunjungan ke negara masing-masing, termasuk ke Nelanda, India beberapa waktu lalu.

Di kawasan situs percandian Muarojambi terdapat Candi Astano, Candi Tinggi, Candi Gumpung, Candi Kembar Batu, Candi Gedong, Candi Kedaton dan Candi Koto Mahligai dan dilihat dari arsitekturnya, bangunan tersebut merupakan peninggalan kebudayaan Budha pada abad IV dan V Masehi.

Di kompleks percandian Muarojambi juga terdapat Candi Kembar Batu, letaknya sekitar 250 meter di tenggara Candi Tinggi yang dibatasi oleh pagar keliling yang berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran yang tidak sama setiap sisinya, dan di sana juga pernah ditemukan Gong Cina oleh para arkeolog.

Sampai awal abad XXI, di situs percandian Muarojambi telah teridentifikasi kurang lebih terdapat 110 bangunan candi yang terdiri dari 39 kelompok candi.

Bangunan candi tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Melayu hingga Kerajaan Sriwijaya, yang berlatar belakang kebudayaan Melayu Budhis dan diperkirakan candi-candi tersebut mulai dibangun sejak abad IV M, salah satu di antara kelompok candi tersebut adalah Candi Gumpung.(*)

(T.N009/E003)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Produser : Jangan Berikan Oscar Kepada Anak Kecil

Posted: 09 Mar 2011 05:17 AM PST

Hollywood (ANTARA News/The Telegraph) - Meraih penghargaan Academy Awards adalah impian kebanyakan orang di dunia produksi film, sebab patung emas itu menjadi pengukuhan kerajinan, keahlian dan keindahan yang bersatu dalam cinta.

Itulah yang menjadi dasar bagi produser peraih Best Picture untuk film "King`s Speech", yang harus berjuang menemukan sumber dana lalu harus menampilkan kisah agak dramatis untuk bisa tampil sebagai peraih Oscar pada malam 27 Februari.

Tapi, menurut laporan The Telegraph --yang dipantau ANTARA di Jakarta, entah bagaimana, Lara Egan (15 bulan), putri produser bersama film tersebut Simon Egan, bisa mendapatkan patung Oscar itu dari cucu Lionel Logue --tokoh Geoffrey Rush.

Lara Egan pun melakukan perbuatan yang tentu dikerjakan oleh setiap anak yang berusia 15 bulan: Ia memegangnya selama beberapa saat, lalu ia pun melepaskan patung tersebut, kata The Telegraph di Internet dengan alamat http://blog.movies.yahoo.com/blog/.

Patung itu mendarat di tanah, sehingga penghargaan Oscar itu penyok dan bagian lempengan di bagian dadanya pecah, katanya.

Simon Egan melihat patung tersebut meluncur ke tanah, tapi itu berada terlalu jauh untuk melakukan sesuatu, kata harian tersebut

"Suaranya berisik saat patung itu mendarat di tanah," kata Simon Egan kepada The Telegraph.

Setelah itu, keadaan senyap, katanya, lalu sebagian orang menangis.

"Itu benda cantik dan putriku telah merusaknya, tidak sengaja sih," kata Simon Egan. "Kami semua terkejut."

Namun, menurut The Telegraph, kejadian itu berakhir dengan kebahagiaan. Kedua produser film tersebut menghubungi Academy of Motion Picture Arts and Sciences dan diberitahu mereka bukan orang pertama yang merusak Academy Award mereka.

"Saya takut sekali malam itu, bahkan sekalipun untuk menyeberangi jalan sambil membawa patung tersebut," kata Simon Egan sebagaimana dikutip The Telegraph. "Tapi mereka sepertinya mengatakan, `Ayolah, tak apa-apa, bikin janji, dan kami akan memperbaikinya`."

Lalu mereka pun pergi ke tempat yang disebut "The Oscar Hospital", yang menangani kerusakan pada patung Oscar. Menurut Simon Egan, seorang perempuan yang memakai sarung tangan membawa patung mereka yang rusak dan kembali dengan membawa patung baru dalam waktu beberapa menit saja.

Tak ada keterangan apakah Simon Egan diberi pelajaran cara memegang patung Oscar dengan benar.(*)

(Uu.C003/H-KWR)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Peristiwa

Posted: 09 Mar 2011 07:04 AM PST

ANTARA - Peristiwa


Enam Mantan Anggota DPRD Divonis Satu Tahun

Posted: 09 Mar 2011 06:28 AM PST

Temanggung (ANTARA News) - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Temanggung, Rabu, memvonis hukuman satu tahun hingga satu tahun dua bulan kepada enam mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah periode 2004-2009.

Mereka yang divonis dalam persidangan perkara korupsi dana bantuan pendidikan putra-putri anggota DPRD Kabupaten Temanggung periode 2004-2009 itu yakni Didik Syamsudin, Fuad Riyadi, Sugiyanto, Edi Purwoko, Tri Winarsih, dan R. Subagyo.

Majelis hakim dalam persidangan tersebut menyatakan bahwa para terdakwa terbukti telah melakukan tindak pidana korupsi bersama-sama dan telah melanggar pasal 3 jo pasal 18 UU No. 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU No. 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Tindak pidana korupsi yang mereka lakukan dengan menerima uang pendidikan putra putri anggota DPRD 2004 dengan total Rp 1,7 miliar dari Bupati Temanggung Totok Ary Prabowo.

Setiap anggota menerima Rp40 juta, dengan keseluruhan anggota yang menerima 43 anggota. Hasil penghitungan BPK Perwakilan Jawa Tengah 2006, uang yang diterima itu telah merugikan negara.

Sidang yang terbagi dalam dua majelis tersebut dimulai sekitar pukul 11.00 WIB dan berakhir pada Rabu petang.

Majelis Hakim pertama yang dipimpin Dwi Dayanto menjatuhkan vonis satu tahun penjara terhadap Fuad Riyadi dan Didik Syamsudin, kedua terdakwa juga didenda Rp50 juta subsider satu bulan penjara. Fuad Riyadi juga harus mengembalikan uang pengganti Rp37 juta.

Pada sidang ketiga dengan perkara yang sama majelis hakim menjatuhkan vonis satu tahun dua bulan kepada Sugiyanto dan denda Rp50 juta subsider satu bulan penjara dan uang pengganti Rp40 juta.

Sidang keempat hingga keenam dengan majelis hakim yang dipimpin Agus Setiawan menjatuhkan vonis R. Subagyo satu tahun satu bulan dan uang pengganti Rp39 juta.

Edi Purwoko divonis satu tahun penjara dan uang pengganti Rp37,5 juta, dan Tri Winarsih divonis satu tahun dua bulan dan uang pengganti Rp39 juta.

Selain itu ketiga terdakwa juga didenda Rp50 juta subsider satu bulan penjara.

Vonis yang dijatuhkan majelis hakim tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum.

JPU Siti Mahanim sebelumnya menuntut Didik Syamsudin satu tahun enam bulan penjara dan denda Rp50 juta subsider satu bulan kurungan. Fuad Riyanto dituntut satu tahun enam bulan penjara.

Sugiyanto semula dituntut dua tahun penjara dan denda Rp50 juta subsider tiga bulan penjara serta uang pengganti Rp40 juta subsider enam bulan kurungan.

Dua terdakwa yakni Subagyo dan Tri Winarsih menyatakan menerima atas putusan majelis hakim, sedangkan empat terdakwa lain setelah berkonsultasi dengan penasihat hukumnya Dwi Supriyanto menyatakan pikir-pikir terhadap putusan tersebut.(*)
(U.H018/M029)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Wapres: Tugas Dengan Presiden Tidak Perlu Meterai

Posted: 09 Mar 2011 06:21 AM PST

Perth, Australia (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono menegaskan, sistem kerjanya dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak perlu ada kesepakatan hitam di atas putih dan menggunakan meterai, mengingat selama ini sudah ada kesamaan serta kesesuaian pandangan.

"Kalau ada yang tanya sebenarnya tugas Wapres itu apa sih? Maka jawabannya adalah keduanya punya kesepakatan pendapat dan kesesuaian pandangan serta sambung rasa, sehingga bisa bekerja sama," kata Wapres Boediono, di Perth, Rabu.

Wapres menyampaikan hal tersebut saat melakukan dialog dengan masyarakat dan mahasiswa Indonesia yang tinggal di kota itu dan dihadiri oleh Ny. Herawati Boediono, Menteri Pendidikan Nasional M Nuh serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan.

Wapres menegaskan hal itu untuk menjawab jika ada masyarakat dan mahasiswa Indonesia menanyakan apa saja tugas Wakil Presiden Boediono.

Ia mengatakan, menurut Undang-Undang Dasar 1945 tugas Wapres adalah pembantu Presiden.

Salah satu tugas yang diberikan Presiden kepada dirinya saat menjadi Wapres, Kata Boediono adalah mendorong pembangunan infrastruktur di sejumlah wilayah di Indonesia.

Diakuinya infrastruktur di Indonesia mengalami ketertinggalan sejak 1988 sehingga percepatannya perlu penanganan lebih serius dan tidak kedodoran.

"Kita akui karena pada tahun-tahun lalu sibuk pembenahan yang macam-macam maka investasi infrastruktur agak kedodoran dan Presiden memberikan tugas kepada saya untuk melakukan percepatan," kata Boediono.

Tugas lain yang tidak kalah pentingnya dilakukan Wapres adalah pembenahan reformasi birokrasi, sehingga nantinya sistem birokrasi di Indonesia bisa lebih baik untuk melayani masyarakat.

"Pembenahan reformasi birokrasi sedang kita benahi dan tidak akan selesai dalam satu masa kabinet. Terpenting adalah sasarannya meletakkan landasan dasar yang baik, siapapun nanti yang melanjutkan," kata Wapres Boediono.

Ditambahkannya, penugasan lain yang dikerjakan dirinya adalah percepatan pemberantasan kemiskinan dan ini juga merupakan tugas jangka panjang dan ini juga merupakan tugas utamanya.

Wapres juga menyatakan, kalau selama ini ada masyarakat yang mempertanyakan mengapa dirinya jarang masuk koran, maka jawabannya adalah dirinya ingin banyak bekerja di belakang meja dengan menyelesaikan sejumlah tugas yang diberikan.

"Kalau kegiatan saya tidak masuk koran, mungkin informasinya tidak sampai ke masyarakat. Tapi saya tetap bekerja untuk menyelesaikan tugas-tugas yang menjadi tanggungjawab saya," katanya.(*)
(T.A025/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Regional

Posted: 09 Mar 2011 01:14 AM PST

KOMPAS.com - Regional


Ayam Kampung Dimusnahkan

Posted: 09 Mar 2011 07:53 AM PST

Kasus Flu Burung

Ayam Kampung Dimusnahkan

Penulis: Ingki Rinaldi | Editor: Nasru Alam Aziz

Rabu, 9 Maret 2011 | 15:53 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Sejumlah ayam kampung milik warga di Jalan Gajah Mada Dalam, Kelurahan Kampung Olo, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (9/3/2011), dimusnahkan karena dikawatirkan terjangkit virus flu burung. Ayam dipotong lalu dimasukkan ke dalam lubang dan dibakar.

Salah seorang warga di permukiman itu, Jusmarni (43), mengatakan, sekitar 150 ekor ayam kampung milik warga mati mendadak dalam sepekan terakhir.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kota Padang Syahirman mengatakan, upaya depopulasi unggas milik masyarakat mesti dikoordinasikan agar efektif. "Seperti hari ini, katanya ada 84 ekor ayam yang akan dimusnahkan, tetapi ternyata hanya 15 ekor," kata Syahirman.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kasus Inses Meningkat Tajam

Posted: 09 Mar 2011 07:09 AM PST

 BENGKULU, KOMPAS.com — Dalam setahun terakhir ini, kasus inses di Provinsi Bengkulu meningkat tajam. Tahun 2009 hanya ada dua kasus, dan tahun 2010 melonjak menjadi 13 kasus. Pada kurun Januari-Februari 2011 ini kasus inses telah mencapai empat kasus. Hal tersebut disampaikan Direktur Cahaya Perempuan Womans Crisis Center (WCC) Bengkulu Susi Handayani, Rabu (9/3).

"Ini (inses) kan fenomena gunung es. Banyak tidaknya kasus yang muncul dilihat berdasarkan kasus yang kami dampingi. Tidak menutup kemungkinan ada lebih banyak kasus inses lagi. Ini sangat bergantung pada keberanian korban melapor dan kontrol sosial masyarakat," tutur Susi Handayani.

Susi mengungkapkan, mayoritas korban inses adalah gadis berusia 11-15 tahun yang berpendidikan SD atau SMP. Sebagian besar remaja itu menjadi korban inses oleh ayah kandung atau paman mereka.

Pada tahun 2010, kasus inses terjadi di Kota Bengkulu dan Kabupaten Rejang Lebong, masing-masing 4 kasus. Kemudian di Kabupaten Seluma dan Bengkulu Selatan masing-masing dua kasus, serta di Kabupaten Bengkulu Tengah satu kasus.

Dari hasil kajian, sebagian besar korban dan keluarganya menilai kurangnya iman sebagai penyebab seseorang melakukan inses. Namun, ada juga ibu dari korban yang justru menyalahkan korban karena memakai pakaian yang minim.

Menurut Susi, ada faktor internal dan eksternal yang memengaruhi seseorang melakukan inses. Berdasarkan kajian selama ini, pelaku cenderung dibesarkan dari keluarga yang tidak harmonis, tidak memiliki figur ayah yang baik, dan memiliki hubungan yang tidak dekat dengan korban.

Selain faktor tersebut, derasnya arus informasi melalui media massa, lemahnya kontrol sosial masyarakat, dan kian permisifnya masyarakat juga menjadi penyebab munculnya inses.

Susi mencontohkan, di Kabupaten Seluma ada seorang gadis yang sejak usia 14 tahun sudah diperkosa ayahnya. Inses berlangsung selama tujuh tahun tanpa diketahui orang hingga akhirnya di usia 21 tahun gadis itu hamil dan kasus ini diketahui tetangganya.  

Kasus di Seluma itu memperlihatkan betapa lemahnya kontrol sosial masyarakat. Sebagian besar masyarakat masih memiliki persepsi bahwa orangtua tidak akan menyakiti anaknya sendiri, kata Susi.

Ketua Badan Musyawarah Adat Kota Bengkulu S Effendi mengatakan, sebenarnya ada lembaga adat berjenjang dari Rajo Penghulu di tingkat desa/kelurahan hingga BMA di kabupaten/kota dan provinsi yang menegakkan hukum adat. Dalam hal ini inses tidak sesuai dengan nilai-nilai adat.

Pelanggaran atas hukum adat bisa berupa teguran dari Rajo Penghulu, ganti rugi, pengucilan, hingga pengusiran pelaku dari desa/kelurahan.   

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Posted: 09 Mar 2011 01:11 AM PST

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Menikah, Titi Sjuman-Wong Aksan Masih Kayak Pacaran

Posted: 09 Mar 2011 12:56 AM PST

Lifestyle » Family » Menikah, Titi Sjuman-Wong Aksan Masih Kayak Pacaran
Rabu, 9 Maret 2011 - 15:56 wib

Lastri Marselina - Okezone

MASIH sangat sedikit pasangan yang mampu mengarungi pernikahan sama layaknya seperti waktu masih pacaran. Namun bagi Titi Sjuman, hal ini masih berlaku hingga sekarang.

Pemain film "Mereka Bilang Saya Monyet" ini mengatakan, kemesraan masa pacaran tidak luntur lantaran pernikahan. Romantisme tetap terbangun dalam rumah tangganya bersama drummer Wong Aksan.

"Pernikahan masih kami jalani kayak masih pacaran dulu, lho. Lagipula, menunjukkan kasih sayang bagi saya tidak harus pakai barang. Itulah mengapa dengan hanya berpegangan tangan, mengucapkan 'I Love You', atau memeluk, menurut saya sudah cukup romantis dan 'berasa', kok, " katanya kepada okezone di Hotel Grand Hyatt, Jakarta beberapa waktu lalu.

Dalam kehidupan pernikahan konflik tentu ada. Bagaimana juri ajang pencarian bakat di salah satu televisi swasta ini menyikapi perilaku suami yang tak ia sukai?

"Saat ini, pernikahan kami sudah sampai tahap yang menerima apa adanya. Sudah sama-sama nyaman. Jadi, tidak ada sama sekali yang saya tidak sukai dari suami," tutup Titi.

(ftr) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pemerintah Tak Pede Bila Tanpa Golkar

Posted: 09 Mar 2011 12:53 AM PST

JAKARTA -  Satu alasan pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tetap mempertahankan Golkar dalam koalisi disebabkan karena pemerintah tak mempunyai ketidakpercayaan diri.

"Lagi-lagi pemerintah tidak percaya diri kalau tidak merangkul Golkar, merangkul PKS, atau mempertahankan koalisi," kata Politisi Golkar Bambang Soesatyo dalam dialog kenegaraan DPD, di Jakarta, Rabu (9/3/2011).

Menurutnya, karena tawaran ke PDIP tidak disambut, maka pemerintah kembali ke pacar lama. Hal itu berarti, desakan Partai Demokrat agar Partai Golkar keluar koalisi menjadi angin lalu.
"Kalau pertemuan itu tidak menemukan kesepakatan, maka Golkar berada di luar koalisi," ujar  Bambang.

Tapi, Bambang mengungkapkan, karena telah terjadi kesepakatan dengan presiden tentang peran dan kedudukan anggota koalisi untuk sebesar-besarnya kepentingan rakyat tanpa pemaksaan kehendak untuk melanggengkan kekuasaan, maka Golkar tetap dalam koalisi.

Golkar, lanjut Bambang, tetap akan kritis tehadap pemerintah di parlemen.

"Sikap kritis ini dilakukan semata-mata demi kesejahteraan rakyat, ekonomi kuat, demokrasi yang sehat dan komitmen terhadap pemberantasan korupsi," katanya.
(ugo)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Harian Metro: Global

Posted: 09 Mar 2011 01:05 AM PST

Harian Metro: Global


Barat mahu pecah Libya: Gaddafi

Posted: 08 Mar 2011 09:18 AM PST

TRIPOLI: Rejim Muammar Gaddafi semalam menuduh Barat bersekongkol untuk memecah-belahkan Libya.

Menteri Luarnya, Mussa Kussa berkata: "Adalah jelas Perancis, Britain dan Amerika Syarikat kini berhubung dengan pemberontak di timur Libya.


"Ia bermakna ada konspirasi untuk memecah-belahkan Libya." Beliau berkata demikian selepas Setiausaha Luar Britain, William Hague mengaku salah faham serius menyebabkan satu pasukan khas yang ditugaskan untuk menghubungi pemberontak Libya ditangkap.

Sementara itu, pentadbiran Barack Obama berkata, ia kini menimbang cadangan membekalkan senjata kepada pemberontak Libya.


Bagaimanapun, Setiausaha Pertahanan, Robert Gates memberi amaran, campur tangan seumpama itu memerlukan kelulusan antarabangsa.


"Adalah terlalu awal untuk berbuat demikian," kata Gates.

Dalam pada itu, pertempuran baru dilapor meletus di Zawwiyah, tidak jauh dari Tripoli, kubu kuat Gaddafi.


Laporan itu bagaimanapun sukar disahkan kerana penduduk dan wartawan di bandar itu tidak dapat dihubungi menerusi telefon.

Dalam perkembangan berkaitan, pemberontak mula berundur dari Ras Lanuf, bandar penapisan minyak utama apabila jet penggempur tentera Gaddafi melancarkan serangan berterusan dengan mensasarkan garisan pertahanan pemberontak di pinggir bandar itu. - AP

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

UAE tidak terjejas

Posted: 08 Mar 2011 09:15 AM PST

DUBAI: Emiriah Arab Bersatu (UAE) berada dalam keadaan stabil meskipun gelombang tunjuk perasaan yang melanda dunia Arab sudah merebak di negara Teluk.

Sehubungan itu, pihak berkuasa UAE berkata, mereka tidak ada rancangan melaksanakan usaha baru berhubung keselamatan.


"Keadaan di UAE adalah stabil. Tidak ada kebimbangan mengenai keselamatan," kata Ketua Polis Dubai, Dhahi Khalfan Tamim yang juga anggota Majlis Eksekutif kepada Reuters, semalam.

Negara Teluk yang kekayaan minyak mereka membolehkan penduduknya menjalani kehidupan mewah berbanding negara Arab lain sebelum ini dianggap mempunyai daya tahanan kental daripada mengekang merebaknya tunjuk perasaan Arab yang menyaksikan penggulingan pemimpin di Tunisia dan Mesir serta mencetuskan pemberontakan di Libya.


Namun, tunjuk perasaan antikerajaan kini sudah merebak ke beberapa negara rantau itu, termasuk Bahrain, Oman dan Arab Saudi meskipun belum ada tanda-tanda tunjuk perasaan di UAE.


"Terdapat ramai rakyat dari pelbagai negara di sini. Kami tidak bimbang dan kami tidak berbincang mengenai usaha baru bagi mengukuhkan keselamatan," kata Dhahi.

UAE, negara pengeksport minyak ketiga terbesar bersama-sama Qatar, pengeksport utama gas cecair asli dunia, dilihat sebagai negara Teluk yang kurang diancam kekacauan politik. - Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi news.okezone.com

Posted: 09 Mar 2011 01:04 AM PST

Sindikasi news.okezone.com


Empat Tahanan Kabur dari Rutan Purwodadi

Posted: 09 Mar 2011 01:01 AM PST

GROBOGAN- Empat tahanan Rutan Purwodadi Rabu dini hari tadi melarikan diri saat suasana sepi. Mereka berhasil kabur dengan cara menjebol ventilasi kamar tahanan.

Keempat tahanan tersebut yakni Sahri dan Khasan yang tersangkut kasus kasus pencurian, Handoko tersangkut kasus penggelapan, sementara Slamet Budianto terlibat kasus uang palsu.

Kepala Rutan Purwodadi Bambang Irawan mengatakan saat dilakukan pemeriksaan sekira pukul 03.00 WIB keempat tersangka terlihat masih berada di dalam kamar.

Namun saat kontrol kedua, sekira pukul 04.00 WIB keempat tahanan tersebut sudah tidak ada di kamar. Mereka kabur dengan menjebol ventilasi yang berada di dalam sel tahanan.

"Kami menduga mereka telah mengamati suasana dan kondsi LP sejak lama sehingga berhasil kabur, namun kami akan tetap mengejar keempat pelaku sampai ketemu," kata Bambang, Rabu (9/3/2011).

Untuk membantu pengejaran, pengelola Rutan telah melaporkan kejadian ini ke Kepolisian. Sejumlah barang bukti seperti besi untuk mencongkel serta beberapa barang bawaan empat tahanan kini diamankan Kepolisian untuk melacak keberadaan mereka.
(Rustaman Nusantara/SUN TV/kem)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Menkum HAM Gagal Basmi Mafia 'Orang Dalam'

Posted: 09 Mar 2011 12:56 AM PST

JAKARTA - Ketua Komisi Hukum DPR Benny K Harman mengatakan, penangkapan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Nusakambangan, Marwan Adli merupakan cermin praktik kotor yang masih menodai institusi penegak hukum.

"Praktik Kalapas di Nusa Kambangan adalah praktik pada umumnya di lapas-lapas di Indonesia," kata Benny saat dihubungi okezone, Rabu (9/3/2011). Menurut dia, kelalaian sistem pengawasan internal di Direktorat Jenderal Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) menjadi faktor utama terjadinya praktik kotor di lingkungan internal.

"Kasus ini memperlihatkan lemahnya sistem kontrol yang berlaku dalam tubuh Kementerian Hukum dan HAM," sambungnya.

Ketua DPP Demokrat Bidang Hukum ini menyarankan agar Kementerian Hukum dan HAM termasuk Ditjen Lapas segera melakukan penyelidikan terhadap jaringan narkoba yang diduga melibatkan pejabat lapas lainnya. "Penyelidikan atau investigasi internal itu sangat diperlukan. Semoga penangkapan ini memberi efek jera untuk lapas lain," tutupnya.
(ram)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Republika Online

Posted: 08 Mar 2011 11:29 PM PST

Republika Online


Republika Online

Posted:

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Jaksa penuntut umum Kejari Cibinong menuntut dua terdakwa kasus penyerangan dan perusakan kampung jamaah Ahmadiyah di Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, 10 bulan penjara dengan masa percobaan satu tahun. Dalam sidang lanjutan di PN Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (9/3), JPU Lukhas mengatakan kedua terdakwa Dede Novi dan Aldi Afriansyah terbukti bersalah melanggar pasal 170 ayat 1 KUHP.

JPU menyebutkan kedua terdakwa telah terbukti melakukan penyerangan dan perusakan secara terang-terangan dan bersama-sama, sehingga menyebabkan rusaknya sebuah benda yang merugikan pihak lain. "Kedua terdakwa terbukti melanggar pasal 170 ayat 1, dengan tuntutan 10 bulan penjara dan masa percobaan selama satu tahun," kata Lukhas.

Ia mengatakan, tuntutan tersebut telah memenuhi unsur-unsur di persidangan, yakni sesuai dengan fakta persidangan, keterangan saksi, keterangan terdakwa dan barang bukti. Ada 16 saksi yang meberikan keterangan di persidangan, termasuk saksi ahli dan saksi yang meringankan.

Sejumlah barang bukti yang ditemukan seperti pecahan genteng masjid, pecahan kaca, obor bambu, karpet yang terbakar, buku-buku agama yang terbakar dan pecahan botol bom molotov. Hal-hal yang memberatkan terdakwa, kata Lukhas, adalah melakukan penyerangan secara terang-terangan yang menyebabkan rusaknya benda milik orang lain dan merugikan pihak lain. "Terdakwa tidak mengakui perbuatannya," katanya.

Sedangkan hal-hal yang meringankan terdakwa, lanjut dia, selama di persidangan berkelakuan baik, bersikap sopan, dan tindakan penyerangan disebabkan sikap Ahmadiyah yang melanggar SKB tiga menteri, melanggar larangan pemerintah setempat yang telah disepakati pada 2005, dan Ahmadiyah dinyatakan sesat. "Para terdakwa belum pernah bermasalah hukum," kata JPU.

Usai membacakan tuntutan, sidang yang dipimpin oleh hakim ketua Astriwati menanyakan kepada terdakwa apakah akan menerima tuntutan atau melakukan pembelaan. Melalui kuasa hukum terdakwa menyatakan akan melakukan pembelaan secara tertulis dan meminta waktu selama dua minggu kepada majelis hakim.

Majelis hakim memenuhi permintaan pengacara dan memutuskan sidang akan dilanjutkan dua minggu ke depan tanggal 23 Maret dengan agenda mendengarkan pembelaan terdakwa. San Allaudin kuasa hukum kedua terdakwa menyambut baik keputusan JPU yang menurutnya telah memenuhi unsur yang sebenarnya.

"JPU menuntut 10 bulan penjara tanpa ditahan dengan masa percobaan satu tahun. Kita akan mengupayakan, selama satu tahun keduanya tidak melakukan tindak kesalahan, agar tidak terjadi penahanan," katanya.

Sementara itu, puluhan warga kampung Cisalada Kecamatan Ciampea Udik, Kabupaten Bogor yang mendatangi PN Cibinong terlihat tenang saat JPU membacakan dakwaan. Tuntutan JPU disambut teriakan takbir oleh puluhan warga. Mereka kemudian secara tertib keluar dari ruang persidangan dan kembali ke kampungnya dengan pengawalan anggota Polres Bogor.

Eulis, ibunda Dede Novi, mengaku menerima putusan JPU, meski ia sendiri tidak puas anaknya tetap dinyatakan bersalah. "Mau bagaimana lagi, putusannya sudah demikian, kami menerima, tapi kurang puas ya," katanya sambil berlalu meninggalkan ruang sidang.

Hal serupa juga disampaikan HJ Engkai, ibunda Aldi, yang mengaku anaknya tidak bersalah. "Syukur alhamdulillah, putusannya seimbang, tapi anak saya tidak bersalah, karena Ahmadiyah memang sesat kita warga yang menolak Ahmadiyah," katanya.

Sidang kasus penyerangan dan perusakan masjid Ahmadiyah dilakukan dalam dua tahap. Sidang pertama terbuka untuk umum, atas terdakwa Dede Novi usia 19 tahun dan Aldi Afrianysah 21 tahun. Sedangkan sidang kedua untuk Akbar Ramanda tertutup untuk umum karena terdakwa masih di bawah umur. Ketiga terdakwa merupakan warga non-Ahmadiyah dari Kampung Cisalada, Kecamatan Ciampea Udik, Kabupaten Bogor.

]]>Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi news.okezone.com

Posted: 08 Mar 2011 11:16 PM PST

Sindikasi news.okezone.com


4 Korban Kapal Cargo Terbakar Dilarikan ke RS

Posted: 08 Mar 2011 11:12 PM PST

JAKARTA - Kebakaran dialami kapal kargo, KM Cargo Samudra VIII saat kapal tersebut sedang bersandar di Tanjung Priok. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun dilaporkan ada empat orang yang dilarikan ke RS.

"Kapal yang terbakar sudah dua minggu docking dan sedang dalam perbaikan. Ketika sedang diperbaiki inilah kapal terbakar diduga akibat proses pengelasan," ungkap Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Rahmat Wibowo.

Kebakaran diketahui muncul sekitar pukul 11.00 WIB diduga kuat berasal dari lambung kapal. Informasi awal kepolisian, sedang terjadi pengelasan di lambung kapal. Percikan api selanjutnya menyambar kamar mesin. Tidak ada korban jiwa hanya dilaporkan ada tiga orang yang dilarikan ke Rumah Sakit.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 13.00 WIB, setelah mengerahkan 8 kendaraan pemadam milik PT Pelindo  serta tambahan dari Sudin Damkar dan Penanggulangan Bencana Jakarta Utara.

"Sudah dapat diatasi sekarang sedang dalam proses pendinginan," ujar Juru Bicara Pelindo II Hambar Wiyadi.
(Isfari Hikmat/Koran SI/ugo)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Menkes Ikhlas Jika SBY Pilih Siti Fadilah Lagi

Posted: 08 Mar 2011 11:11 PM PST

DENPASAR - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengaku pasrah jika nanti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menunjuk kembali Siti Fadilah Supari untuk menggantikan posisi Menteri Kesehatan.
 
Lontaran bernada santai itu disampaikan Endang saat dicegat wartawan, menyikapi isu reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II yang kian kencang bergulir.
 
"Reshuffle itu hak prerogatif Presiden, saya kerja saja seperti biasa, nanti tinggal menunggu keputusan," ujar alumnus FK UI ini usai membuka 1th Bali International Spa dan Wellness Expo 2012 di Sanur, Denpasar, Rabu (9/3/2011).
 
Alumnus Universitas Harvard, Amerika Serikat, ini menambahkan, pemberhentian para menteri sebagai pembantu Presiden itu sepenuhnya diserahkan kepada Presiden.
 
Jika isu reshuffle tersebut benar-benar terbukti kemudian dirinya terdepak dari kabinet SBY, Endang mengaku pasrah saja. Demikian juga soal kabar, SBY bakal menunjuk kembali Siti Fadilah sebagai Menkes, Endang juga tidak mau mempersoalkannya
 
"Ya tidak apa-apa, kalau ditunjuk kembali berarti beliau dianggap kompeten oleh Presiden, kita ya harus mendukung," kata mantan Direktur Pusat Penelitian Biomedik dan Farmasi dan Pengembangan Program Kemenkes ini.
 
Sebagai rakyat Indonesia, sambung Endang, dirinya sudah seharusnya ikut mendukung dengan apa yang dilakukan pemerintah. "Ya kita harus mendukung dong," tegas Endang.
 
Dengan sedikit berkelakar, bahkan dirinya jika benar-benar dicopot oleh SBY, maka harus tetap bersikap legowo menerima keputusan itu. "Ya tidak apa-apa kalau diganti, cari kerja yang lain kan masih banyak," sergahnya.

(teb)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Republika Online

Posted: 08 Mar 2011 11:16 PM PST

Republika Online


Republika Online

Posted:

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Jaksa penuntut umum Kejari Cibinong menuntut dua terdakwa kasus penyerangan dan perusakan kampung jamaah Ahmadiyah di Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, 10 bulan penjara dengan masa percobaan satu tahun. Dalam sidang lanjutan di PN Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (9/3), JPU Lukhas mengatakan kedua terdakwa Dede Novi dan Aldi Afriansyah terbukti bersalah melanggar pasal 170 ayat 1 KUHP.

JPU menyebutkan kedua terdakwa telah terbukti melakukan penyerangan dan perusakan secara terang-terangan dan bersama-sama, sehingga menyebabkan rusaknya sebuah benda yang merugikan pihak lain. "Kedua terdakwa terbukti melanggar pasal 170 ayat 1, dengan tuntutan 10 bulan penjara dan masa percobaan selama satu tahun," kata Lukhas.

Ia mengatakan, tuntutan tersebut telah memenuhi unsur-unsur di persidangan, yakni sesuai dengan fakta persidangan, keterangan saksi, keterangan terdakwa dan barang bukti. Ada 16 saksi yang meberikan keterangan di persidangan, termasuk saksi ahli dan saksi yang meringankan.

Sejumlah barang bukti yang ditemukan seperti pecahan genteng masjid, pecahan kaca, obor bambu, karpet yang terbakar, buku-buku agama yang terbakar dan pecahan botol bom molotov. Hal-hal yang memberatkan terdakwa, kata Lukhas, adalah melakukan penyerangan secara terang-terangan yang menyebabkan rusaknya benda milik orang lain dan merugikan pihak lain. "Terdakwa tidak mengakui perbuatannya," katanya.

Sedangkan hal-hal yang meringankan terdakwa, lanjut dia, selama di persidangan berkelakuan baik, bersikap sopan, dan tindakan penyerangan disebabkan sikap Ahmadiyah yang melanggar SKB tiga menteri, melanggar larangan pemerintah setempat yang telah disepakati pada 2005, dan Ahmadiyah dinyatakan sesat. "Para terdakwa belum pernah bermasalah hukum," kata JPU.

Usai membacakan tuntutan, sidang yang dipimpin oleh hakim ketua Astriwati menanyakan kepada terdakwa apakah akan menerima tuntutan atau melakukan pembelaan. Melalui kuasa hukum terdakwa menyatakan akan melakukan pembelaan secara tertulis dan meminta waktu selama dua minggu kepada majelis hakim.

Majelis hakim memenuhi permintaan pengacara dan memutuskan sidang akan dilanjutkan dua minggu ke depan tanggal 23 Maret dengan agenda mendengarkan pembelaan terdakwa. San Allaudin kuasa hukum kedua terdakwa menyambut baik keputusan JPU yang menurutnya telah memenuhi unsur yang sebenarnya.

"JPU menuntut 10 bulan penjara tanpa ditahan dengan masa percobaan satu tahun. Kita akan mengupayakan, selama satu tahun keduanya tidak melakukan tindak kesalahan, agar tidak terjadi penahanan," katanya.

Sementara itu, puluhan warga kampung Cisalada Kecamatan Ciampea Udik, Kabupaten Bogor yang mendatangi PN Cibinong terlihat tenang saat JPU membacakan dakwaan. Tuntutan JPU disambut teriakan takbir oleh puluhan warga. Mereka kemudian secara tertib keluar dari ruang persidangan dan kembali ke kampungnya dengan pengawalan anggota Polres Bogor.

Eulis, ibunda Dede Novi, mengaku menerima putusan JPU, meski ia sendiri tidak puas anaknya tetap dinyatakan bersalah. "Mau bagaimana lagi, putusannya sudah demikian, kami menerima, tapi kurang puas ya," katanya sambil berlalu meninggalkan ruang sidang.

Hal serupa juga disampaikan HJ Engkai, ibunda Aldi, yang mengaku anaknya tidak bersalah. "Syukur alhamdulillah, putusannya seimbang, tapi anak saya tidak bersalah, karena Ahmadiyah memang sesat kita warga yang menolak Ahmadiyah," katanya.

Sidang kasus penyerangan dan perusakan masjid Ahmadiyah dilakukan dalam dua tahap. Sidang pertama terbuka untuk umum, atas terdakwa Dede Novi usia 19 tahun dan Aldi Afrianysah 21 tahun. Sedangkan sidang kedua untuk Akbar Ramanda tertutup untuk umum karena terdakwa masih di bawah umur. Ketiga terdakwa merupakan warga non-Ahmadiyah dari Kampung Cisalada, Kecamatan Ciampea Udik, Kabupaten Bogor.

]]>Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Mancanegara

Posted: 08 Mar 2011 09:30 PM PST

ANTARA - Mancanegara


Gempa Kuat Guncang Jepang, Berpotensi Tsunami

Posted: 08 Mar 2011 07:44 PM PST

Tokyo (ANTARA News/Reuters) - Gempa dengan kekuatan 7,2 pada skala Richter mengguncang daerah di lepas pantai Jepang timur-laut pada Rabu, dan berpotensi tsunami sehingga dimaklumatkan peringatan dini, demikian Badan Meteorologi Jepang (JMA).

Peringatan tsunami setinggi 50 centimeter dimaklumatkan untuk wilayah Jepang timur-laut, demikian laporan lembaga penyiaran masyarakat NHK.

Pusat gempa berada 10 kilometer di bawah permukaan bumi, di lepas pantai Prefektur Aomori, kata NHK.

Perusahaan Listrik Tohoku menyatakan pembangkit listrik tenaga nuklirnya Onagawa beroperasi secara normal setelah gempa awal tersebut. Sementara itu, Tokyo Electric Power juga menyatakan tak ada pengaruh terhadap pembangkit listriknya di wilayah tersebut.

Gempa biasa terjadi di Jepang, salah satu daerah yang secara seismik paling aktif di dunia. Negeri itu menghadapi 20 persen gempa dengan kekuatan 6,0 pada skala Richter atau lebih di dunia.
(Uu.C003/A011)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Presiden Afghanistan Takut Istrinya

Posted: 08 Mar 2011 07:13 PM PST

Hamid Karzai (REUTERS.com)

Wewenang ada padanya. Ia punya pilihan mau tampil atau tidak

Berita Terkait

Kabul (ANTARA News) - Presiden Afghanistan Hamid Karzai, Selasa (7/3), berkelakar bahwa ia "tertekan" oleh istrinya selama pidato untuk memperingati Hari Perempuan Internasional.

Karzai menanggapi pertanyaan dari hadirin yang didominasi perempuan di Kabul. Pertanyaan itu berkisar mengapa istrinya, Zenat --ginekolog-- tidak menemani dia.

Karzai dan Zenat memiliki seorang putra (4 tahun), tapi Zenat jarang terlihat di depan umum, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Saya tertekan di rumah, Anda dapat bertanya," kata Karzai. "Wewenang ada padanya. Ia punya pilihan mau tampil atau tidak. Seandainya saya bisa memaksa dia untuk datang, itu tentu baik sekali."

Di bagian lain pidatonya, Karzai mendesak tetua suku dan tokoh agama di Afghanistan agar mendorong kesadaran supaya masyarakat tak melakukan kekerasan terhadap perempuan. Ia mengatakan itu sejalan dengan ajaran Islam dan Undang-Undang Dasar Afghanistan.

Afghanistan memiliki catatan buruk mengenai hak asasi manusia dan pemerintah Karzai baru-baru ini telah menghadapi kecaman dari berbagai kelompok seperti Amnesty International setelah mengumumkan rencana untuk memberi para pejabat wewenang untuk mengatur tempat berteduh buat perempuan.

Masyarakat Afghanistan masih sangat didominasi oleh kaum pria. Kaum pria menjadi pembuat keputusan dalam kehidupan keluarga, banyak perempuan masih memakai burqa, dan kawin paksa biasa terjadi di negeri itu.

Namun, gambaran tersebut telah membaik sejak masa kekuasaan Taliban, ketika perempuan dilarang meninggalkan rumah tanpa ditemani anggota pria dari keluarganya dan tak diperkenankan bersekolah apalagi bekerja.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Internasional

Posted: 08 Mar 2011 09:29 PM PST

KOMPAS.com - Internasional


Gempa Pertama Capai 7,2 Skala Richter

Posted: 09 Mar 2011 02:58 AM PST

GEMPA DI JEPANG

Gempa Pertama Capai 7,2 Skala Richter

Penulis: M.Latief | Editor: Latief

Rabu, 9 Maret 2011 | 10:58 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Gempa besar yang menghantam bagian utara Jepang dengan guncangan awal berkekuatan 7,2 skala Richter terjadi pada Rabu (9/3/2011). Demikian dilansir oleh pihak Japanese Meteorological Agency (JMA). 

Sebelumnya, penyiar radio NHK juga telah mengabarkan, gempa telah terjadi Rabu (9/3/2011). Sebelumnya, NHK juga mengabarkan akan adanya peringatan tsunami setinggi lebih dari 50 cm di wilayah timur laut Jepang. 

NHK melaporkan, seperti diungkapkan pejabat dinas, fokus getaran gempa tersebut sejauh 10 kilometer atau 6 mil di bawah permukaan bumi di wilayah Aomori.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Jepang Dihajar Gempa, Tsunami Mengancam

Posted: 09 Mar 2011 02:22 AM PST

GEMPA

Jepang Dihajar Gempa, Tsunami Mengancam

Penulis: M.Latief | Editor: Latief

Rabu, 9 Maret 2011 | 10:22 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Gempa berkekuatan besar telah menghantam wilayah bagian utara Jepang, Rabu (9/3/2011). Ada peringatan akan terjadinya tsunami di wilayah ini.

Penyiar radio NHK mengabarkan, gempa yang terjadi Rabu (9/3/2011) itu diawali dengan guncangan berkekuatan 7,2 skala Richter yang menghantam wilayah utara Jepang. NHK melaporkan, bahaya tsunami diperkirakan akan melanda wilayah tersebut.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPASentertainment

Posted: 08 Mar 2011 09:08 PM PST

KOMPASentertainment


Ngobrol Bareng Once, Yuk!

Posted: 09 Mar 2011 03:28 AM PST

KOMPAS.com — Elfonda Mekel atau yang populer dikenal dengan nama Once mengawali karier sebagai penyanyi solo. Ia juga pernah bergabung dengan sejumlah band, seperti One Feel dan Dimensi. Namanya kemudian meroket sebagai vokalis Grup Band Dewa 19, menggantikan posisi Ari Lasso dari grup tersebut.

Kehadiran Once berhasil memupus keraguan Baladewa (sebutan untuk penggemar Dewa 19) yang sangsi akan keberadaan Dewa 19 setelah ditinggal Ari Lasso. Pembuktian itu diperlihatkan Once lewat album Bintang Lima (2000), yang merupakan  album pertamanya sebagai vokalis Dewa.

Album yang mengandalkan lagu "Roman Picisan" dan "Risalah Hati" itu menjadi album tersukses sepanjang karier musik Dewa di kancah industri rekaman Tanah Air dengan angka penjualan lebih dari 1,7 juta keping. Album tersebut masuk pula dalam album terlaris di Indonesia. Pada tahun 2005, majalah Hai bahkan menobatkan Dewa 19 sebagai band terkaya di Indonesia dengan pendapatan mencapai lebih dari Rp 14 miliar setahun.

Dunia menyanyi telah menjadi darah dagingnya. Sejak kecil, ia memang paling getol narsis mempertontonkan keindahan suaranya. Once paling bersemangat ketika diminta menyanyi di depan kelas.  

September 2010 lalu, Kompas.com menerima kabar pertama bahwa Once akan segera hengkang dari Dewa 19. Setelah berbulan-bulan selentingan itu menjadi bola liar, pada medio Januari 2011 lalu, kepastian itu akhirnya terjawab. Ahmad Dhani, motor penggerak band Dewa 19, membenarkan kabar tersebut.

Setelah tak lagi di Dewa 19, bersama Ari Lasso, Irfan "Samsons", Badai "Kerispatih", Maggi "Rif", dan Yuke, Once bermusik dengan mendirikan AYLI Project. Pekan ini, mereka akan unjuk kebolehan di acara A Mild As You Like It, yang berlangsung di Pekanbaru, Riau. Lantas, apa saja rencananya ke depan?

Nah, jika Anda ingin bincang-bincang lebih jauh dengan pemilik suara melengking pelantun "Simphony yang Indah" itu, silakan mengirimkan pertanyaan melalui e-mail entertainment@kompas.com. Cantumkan nama lengkap, domisili, dan alamat e-mail.  Pertanyaan Anda ditunggu hingga Jumat (8/3/2011) pukul 12.00 WIB.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Ladies Nite Out at Tribeca

Posted: 09 Mar 2011 03:20 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com - Nanti malam (9/3) Tribecae (Citywalk 2nd Floor, Jl. Sudirman) akan mengadakan acara clubbing bertema Ladies Nite Out pukul 20.00 WIB.

Berikut para pendukung acara nanti malam:

Slide Slutty Wei

Just be there or be squared...! :)

************

"Punya acara clubbing, konser, atau pemutaran film? Silakan kirim email serta gambarnya ke : jakartatonite@kompas.com"

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

The Malaysian Insider :: World

Posted: 08 Mar 2011 07:43 PM PST

The Malaysian Insider :: World


Yemeni police fire on protest, 65 hurt

Posted: 08 Mar 2011 05:11 PM PST

Women attend a rally to demand the ouster of Yemen's President Ali Abdullah Saleh outside Sanaa University March 8, 2011. The sign reads ''Leave!''. — Reuters pic

SANAA, March 9 — Yemeni police opened fire on protesters in the capital Sanaa yesterday, wounding at least 65 people demonstrating for an end to President Ali Abdullah Saleh's 32-year-old rule, hospital sources said.

Six of the wounded were in a serious condition, they said.

Policemen and security agents in civilian clothes opened fire as they tried to prevent people from joining thousands of protesters who have camped out for weeks in front of Sanaa University, witnesses told Reuters earlier.

The state news agency Saba blamed the shooting on gunmen linked to a tribal leader and said three demonstrators and three policemen were injured. It said police were hunting the gunmen.

Earlier police brought out water cannon and placed concrete blocks around Sanaa University, after weeks of fierce clashes across the country between government loyalists and protesters that killed at least 27 people.

Around 10,000 protesters marched in the city of Dhamar, 60 km (40 miles) south of Sanaa, residents said by telephone. Dhamar is known for ties to Saleh and is the hometown of Yemen's prime minister, interior minister and head judge.

"Leave! leave!" the protesters shouted in Dhamar, two days after Saleh loyalists there held a similar-sized rally. Protesters pelted a municipal official with rocks.

Burgeoning protests fuelled by anger over poverty and corruption, and a series of defections from Saleh's political and tribal allies, have added pressure on him to step aside this year even as he pledges to stay on until his term ends in 2013.

"Across the board, what you're seeing is that more and more people are really starting to crystallize around this single call for the president to step down," Princeton University Yemen scholar Gregory Johnsen said.

Yemen, neighbour to oil giant Saudi Arabia, was teetering on the brink of failed statehood even before recent protests. Saleh has struggled to cement a truce with Shi'ite Muslim rebels in the north and curb secessionist rebellion in the south, all the while fighting al Qaeda's Yemen-based wing.

MINISTER BLAMES POOR ECONOMY

Analysts say protests may be reaching a point where it will be difficult for Saleh to cling to power.

In what could add to popular anger, two Yemeni rights groups said two prisoners had died after security forces on Monday used live ammunition and tear gas to halt a prison riot in Sanaa.

Yemeni Foreign Minister Abubakr al-Qirbi blamed growing protests on poor economic conditions. Some 40 percent of Yemen's 23 million people live on US$2 (RM6) a day or less and a third face chronic hunger. Qirbi said he wanted foreign donors to inject up to US$6 billion to fill a five-year budget gap.

"What we need is really development and economic growth because the present political crisis is really as a result of the economic situation in Yemen," he said at a Gulf Cooperation Council foreign ministers' meeting in Abu Dhabi on Monday.

Protesters are demanding greater participation in a government largely led by Saleh's closest allies. They say they are frustrated by rampant corruption and soaring unemployment, which is at 35 percent or higher.

Princeton's Johnsen said calls for foreign aid were a tactical move by Saleh to buy time to divide the protesters.

"Yemen wants more money to come in and Saleh wants to try and fragment the protesters as much as he can. President Saleh is trying to string this out as long as possible in the hopes he can pit different interest groups against one another," he said. — Reuters 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Iran’s Rafsanjani ousted as head of state body

Posted: 08 Mar 2011 04:26 PM PST

Former Iranian president Akbar Hashemi Rafsanjani gives the opening speech during Iran's Assembly of Experts' biannual meeting in Tehran March 8, 2011. — Reuters pic

TEHRAN, March 9 — Former Iranian President Akbar Hashemi Rafsanjani lost his position as head of an important state clerical body yesterday, a move which tightens the hardliners' grip on power.

The defeat for one of the great survivors of Iranian politics since the 1979 Islamic revolution highlighted how even establishment opponents of hardline President Mahmoud Ahmadinejad are being isolated and sidelined.

It follows reports by relatives of reformist opposition leaders Mirhossein Mousavi and Mehdi Karoubi, denied by the government, that they have been placed in detention at a secret location to stop them orchestrating pro-reform protests inspired by uprisings in the Arab world.

Security forces fired teargas to disperse anti-government protesters in Tehran yesterday, Mousavi's website said.

An ambush challenge by arch hard-liner Ayatollah Mohammad Reza Mahdavi-Kani forced Rafsanjani to withdraw from running for re-election as chairman of the Assembly of Experts.

The 86-member clerical body has the authority to dismiss Iran's Supreme Leader, Ayatollah Ali Khamenei, 71, but it has never exercised that power since it was established in 1983. It also appoints the new leader if the old one is removed or dies.

The vote will not have an immediate practical impact on Iran's complex political structure but analysts said the hardline triumph at the Assembly would further homogenize the establishment by removing another channel for dissent.

"In the short-term Ahmadinejad has scored a victory in terms of his immediate authority within the establishment, but it raises questions for those beyond Rafsanjani who may have questions about that authority," said Professor Scott Lucas, academic and editor of the online journal EA WorldView. "It is a question of who's next?"

Rafsanjani, who had chaired the Assembly since 2007, said he had no intention of causing friction at a time when "discord is becoming very serious" in the Islamic state.

"I regard division at the Assembly as detrimental ... I had said before that should he (Mahdavi-Kani) stand for the position, I would withdraw to prevent any rift," Rafsanjani told the Assembly in a speech, the students news agency ISNA said.

Iranian media said last week that more than 50 Assembly members supported Mahdavi-Kani's candidacy, but the challenger was coy up to the last minute over whether he would run.

The defeat was a blow to Rafsanjani's attempt to play a bridging role between dominant Islamic hardliners and the increasingly marginalized reformist opposition since Ahmadinejad's disputed re-election in 2009.

"THE AGILE CLERIC"

The 2009 vote, which authorities denied rigging as the opposition claimed, jolted Iran with the biggest anti-government street unrest in the past three decades, creating a deepening rift within the Islamic elites.

"There are some (officials) who want to monopolize the leadership ... but it is a major mistake as the supreme leader is above factional politics," said Rafsanjani, in a clear reference to Ahmadinejad and his supporters.

"Ethics have been harmed in society and lies propagate from the level of top officials."

Rafsanjani's political power has been declining since he lost to Ahmadinejad in a 2005 presidential bid and criticised the government's crackdown on the opposition in 2009.

The cleric has faced persistent accusations of corruption and his family has been harassed. His daughter Faezeh, a former lawmaker and a women's rights activist, was briefly detained on a banned rally on February 14, the first street unrest since December 2009 that was crushed by the elite Revolutionary Guards.

His son, Mohsen, resigned as the head of Tehran Metro Company on Friday, citing lack of financial support from the government. Another son, Mehdi, faces arrest if he ever returns to Iran on accusations of fomenting unrest in 2009.

Rafsanjani still heads the Expediency Council, an unelected arbitration body that resolves disputes between parliament and a clerical vetting body, the Guardian Council.

Some analysts still believe the agile cleric may still bounce back by using residual influence in some layers of the Revolutionary Guards and among top clerics, who see him as a pillar of the Islamic revolution able to defuse crisis.

Rafsanjani, with a political career spanning more than half a century, has held most of the top positions in Iran's political structure including parliament speaker, armed forces commander and president from 1989 to 1997.

He has also been at the heart of almost every key moment in the 32-year-old Islamic republic's life, including decisions to prolong and then end the 1980-1988 war with Iraq, as well as covert arms-for-hostages deals with Washington in the 1980s. — Reuters 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Berita Terkini

Posted: 08 Mar 2011 07:36 PM PST

ANTARA - Berita Terkini


Tak Perlu Ikut Heboh Internet Soal "Supermoon"

Posted: 08 Mar 2011 07:16 PM PST

London (ANTARA News)- Pekan depan Bumi berada pada titik terdekat dengan bulan sejak 1992. Hal itu menjadi kesempatan mengambil foto untuk para  astronom amatir.

Peristiwa 19 Maret itu dikenal sebagai "titik lintasan bulan", adalah saat  bulan melintas hanya 221.567 mil dari planet kita.

Masalahnya, internet penuh dengan teori-konspirasi ilmuwan amatir yang memperingatkan bahwa "supermoon" bisa mengganggu pola iklim bumi  bahkan mungkin menyebabkan gempa bumi dan aktivitas vulkanik.

Supermoon  sebelumnya terjadi tahun 1955, 1974, 1992 dan 2005, pada semua tahun itu terjadi peristiwa cuaca ekstrim.

Tsunami yang membunuh ratusan ribu orang di Indonesia terjadi dua minggu sebelum supermoon pada Januari 2005. Dan, pada Natal 1974, topan Tracy menghancurkan Darwin, Australia.

Tetapi, Pete Wheeler dari International Centre for Radio Astronomy menganjurkan agar skeptis terhadap hal-hal itu.

"Tidak akan ada gempa bumi dan gunung meletus, kecuali memang hal itu sudah saatnya terjadi," kata Wheeler kepada news.com.au.

"Bumi akan mengalami  surut yang  lebih rendah dan pasang yang lebih tinggi, tak ada yang aneh selain itu."

Astronom Australia David Reneke sependapat bahwa teori konspirasi akan selalu dapat menemukan kaitan antara bencana alam dengan waktu tertentu dan menuding "supermoon".

Dia mengatakan kepada situs itu:"Jika anda  cukup rajin makan anda  mengaitkan kronologi hampir semua bencana alam atau kejadian apa pun di langit malam - komet, planet, matahari.
(Eny/A038/BRT)
 

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Presiden Afghanistan Takut Istrinya

Posted: 08 Mar 2011 07:13 PM PST

Hamid Karzai (REUTERS.com)

Wewenang ada padanya. Ia punya pilihan mau tampil atau tidak

Berita Terkait

Kabul (ANTARA News) - Presiden Afghanistan Hamid Karzai, Selasa (7/3), berkelakar bahwa ia "tertekan" oleh istrinya selama pidato untuk memperingati Hari Perempuan Internasional.

Karzai menanggapi pertanyaan dari hadirin yang didominasi perempuan di Kabul. Pertanyaan itu berkisar mengapa istrinya, Zenat --ginekolog-- tidak menemani dia.

Karzai dan Zenat memiliki seorang putra (4 tahun), tapi Zenat jarang terlihat di depan umum, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Saya tertekan di rumah, Anda dapat bertanya," kata Karzai. "Wewenang ada padanya. Ia punya pilihan mau tampil atau tidak. Seandainya saya bisa memaksa dia untuk datang, itu tentu baik sekali."

Di bagian lain pidatonya, Karzai mendesak tetua suku dan tokoh agama di Afghanistan agar mendorong kesadaran supaya masyarakat tak melakukan kekerasan terhadap perempuan. Ia mengatakan itu sejalan dengan ajaran Islam dan Undang-Undang Dasar Afghanistan.

Afghanistan memiliki catatan buruk mengenai hak asasi manusia dan pemerintah Karzai baru-baru ini telah menghadapi kecaman dari berbagai kelompok seperti Amnesty International setelah mengumumkan rencana untuk memberi para pejabat wewenang untuk mengatur tempat berteduh buat perempuan.

Masyarakat Afghanistan masih sangat didominasi oleh kaum pria. Kaum pria menjadi pembuat keputusan dalam kehidupan keluarga, banyak perempuan masih memakai burqa, dan kawin paksa biasa terjadi di negeri itu.

Namun, gambaran tersebut telah membaik sejak masa kekuasaan Taliban, ketika perempuan dilarang meninggalkan rumah tanpa ditemani anggota pria dari keluarganya dan tak diperkenankan bersekolah apalagi bekerja.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Utusan Online - Luar Negara

Posted: 08 Mar 2011 07:14 PM PST

Utusan Online - Luar Negara


Lee Kuan Yew mengaku silap

Posted:

Lee Kuan Yew mengaku silap

Lee Kuan Yew mengaku silap

SINGAPURA 8 Mac – Menteri Mentor Singapura Lee Kuan Yew mengakui beliau silap tentang integrasi kaum Melayu dan Islam yang begitu baik di Singapura.

Laporan akhbar The Straits Times hari ini merujuk satu kenyataan yang dikeluarkan bekas perdana menteri itu malam tadi berhubung kenyataannya dalam buku terbarunya Lee Kuan Yew: Hard Truths To Keep Singapore Going, dan reaksi yang timbul berikutan kenyataannya.

"Hard Truths adalah sebuah buku berdasarkan kepada siri temu ramah selama 32 jam dalam tempoh masa dua tahun," kata beliau.

"Saya telah membuat satu kenyataan mengenai integrasi umat Islam dengan komuniti lain pada dua atau tiga tahun lepas.

''Menteri-menteri dan Anggota Parlimen, kedua-dua kaum Melayu dan bukan Melayu, sejak itu memberitahu saya bahawa Melayu Singapura sebenarnya mengambil usaha-usaha khusus untuk berintegrasi dengan masyarakat yang lain, terutamanya selepas 9/11, dan bahawa apa yang saya nyatakan itu adalah ketinggalan zaman.

"Saya mengaku silap. Saya harap trend ini (integrasi) akan berterusan pada masa hadapan," kata Lee.

Buku itu, berasaskan kepada siri temu bual yang diberikan oleh Lee kepada sepasukan tujuh wartawan daripada The Straits Times, diterbitkan oleh Straits Times Press dan dilancarkan pada 21 Jan. – BERNAMA

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Gaddafi ditawarkan pengampunan

Posted:

Gaddafi ditawarkan pengampunan

Gaddafi ditawarkan pengampunan


TENTERA penentang Gaddafi mencari perlindungan semasa serangan udara dilancarkan ke atas kedudukan mereka di bandar Ras Lanuf, timur Libya, semalam. - REUTERS


HAMBURG 8 Mac - Seorang pemimpin pemberontak Libya, Mustafa Abdel Jalil menawarkan pengampunan kepada Muammar Gaddafi jika pemimpin veteran itu bersedia untuk meninggalkan Libya.

Abdel Jalil, bekas Menteri Kehakiman yang kini mempengerusikan pentadbiran pemberontak dikenali sebagai Majlis Kebangsaan Libya, membuat kenyataan yang disiarkan semalam di laman web majalah mingguan Jerman, Stern.

Beliau mengesahkan rejim Gaddafi ada menghubungi kem pemberontak, tetapi berkata beliau sendiri tidak berhubung dengan pemimpin Libya itu dan tiada rundingan yang dijalankan.

Majlis tersebut yang terdiri daripada wakil dari bandar-bandar yang dikuasai pemberontak di timur Libya menentang campur tangan tentera asing tetapi mahu bantuan untuk menyekat serangan tentera udara Gaddafi.

"Kami merayu kepada masyarakat antarabangsa supaya menguatkuasakan zon larangan terbang dengan secepat mungkin.

"Tentera udara mesti dihalang daripada mengebom kami," kata Abdel Jalil.

Beliau juga menafikan laporan televisyen Tripoli yang mendakwa pemberontak menggunakan penduduk awam sebagai perisai manusia.

"Rakyat berjuang di pihak kami kerana mereka mahukan revolusi dan sesiapa yang tidak mahu berperang, tidak perlu berperang, kerana kami tidak pernah memaksa mereka," katanya. - dpa

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi international.okezone.com

Posted: 08 Mar 2011 03:24 PM PST

Sindikasi international.okezone.com


Demonstran Wanita Tewas Picu Gelombang Unjuk Rasa

Posted: 08 Mar 2011 06:32 AM PST

ABIDJAN - Tewasnya tujuh pengunjuk rasa perempuan yang melakukan protes di Pantai Gading pekan lalu, memicu protes ribuan warga hari ini. Mereka turun ke jalan di Ibu Kota Abidjan.


Entah kebetulan atau tidak, protes yang dilakukan hari ini bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan sedunia. Namun banyak dari organisator protes yang berakhir ricuh pekan lalu, justru tidak turut serta dalam aksi hari ini. Demikian diberitakan Associated Press, Selasa (8/3/2011).


Sepertinya para organisator protes ini takut mendapatkan tindakan represif dari pihak keamanan yang loyal terhadap Presiden Lauren Gbagbo. Sebelumnya pasukan keamanan memang menembaki para pendemo tanpa pandang bulu.


Mereka mengarahkan senjata mereka ke arah pengunjuk rasa, tanpa melihat siapa pun. Alhasil perilaku bengis pihak keamanan ini menewaskan tujuh perempuan yang turut serta dalam aksi protes pekan lalu.


Pengunjuk rasa mendesak Presidan Gbagbo untuk turun dari jabatannya, meskipun dalam pemilihan nasional 28 November lalu, Gbagbo dinyatakan kalah. Hingga saat ini hampir 400 orang telah tewas, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil yang memilih untuk rival Gbagbo Alassane Quattara.


Quattara sendiri merupakan Presiden Pantai Gading yang diakui oleh dunia internasional. Ia berhasil mengalahkan Gbagbo pada pemilu lalu. 

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Taliban Akhirnya Mengaku Bertanggung Jawab

Posted: 08 Mar 2011 05:34 AM PST

ISLAMABAD - Kelompok Pakistan Taliban menyatakan bertanggung jawab atas bom mobil yang terjadi di Faisalabad hari ini. Korban akibat bom tersebut saat ini bertambah menjadi 20 orang.


Juru bicara Taliban Ahsanullah Ahsan mengatakan, target serangan bom itu adalah kantor Dinas Intelijen Pakistan. Polisi saat ini menutup areal sekitar kantor tersebut, meskipun gedung itu tidak mengalami kerusakan sedikitpun.


Seperti dilansir Associated Press, Selasa (8/3/2011), Ahsan menyebutkan serangan ini merupakan aksi balas dendam pihaknya atas pembunuhan terhadap anggota militan Taliban tahun lalu, di Faisalabad. 


Ledakan yang terjadi hari ini menyebabkan 20 orang tewas dan 100 warga lainnya terluka. Sebagian besar dari korban tewas dan terluka adalah warga sipil setempat. 


Insiden berlangsung dari sebuah mobil yang dipasangi bom. Mobil tersebut terletak di dekat sebuah pom bensin yang berdekatan gedung-gedung pemerintah yang menjadi target pihak Taliban. 

Kerusakan terberat justru terjadi di pom bensin, bukan di Gedung Dinas Intelijen yang menjadi incaran Taliban. Ledakan juga merusak sebuah kantor maskapai penerbangan nasional Pakistan. 

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Berita Harian: Dunia

Posted: 08 Mar 2011 03:09 PM PST

Berita Harian: Dunia


Pemisah selatan Thai ubah taktik

Posted: 08 Mar 2011 02:38 PM PST

Dunia

BANGKOK: Keganasan semakin rancak di kawasan bergolak selatan Thailand, selepas beberapa lagi serangan bom dan senjata berlaku di rantau majoriti penduduk Islam, kata pihak berkuasa Thai, semalam.

"Saya mengakui pergolakan kian meningkat, namun pegawai kami bertungkus lumus untuk bekerja keras sehabis baik bagi menyelesaikan masalah itu," kata Tawin Pleansri, Setiausaha Agung Majlis Keselamatan Nasional memberitahu media.

"Agak sukar mengawasi kawasan yang sebegitu luas. Walaupun kurang insiden berlaku, kebelakangan ini keadaan berada pada tahap paling serius," katanya. Pemisah Islam melancarkan pemberontakan di rantau paling selatan Thailand sejak awal 2004, menyebabkan lebih 4,400 orang maut, membabitkan penduduk Islam dan Buddha.

Keganasan semakin hebat baru-baru ini dengan beberapa serangan bom berlaku termasuk dalam kejadian Januari lalu yang mengorbankan sembilan orang.

Satu serangan berani luar biasa seminggu sebelumnya ke atas sebuah pangkalan tentera menyebabkan sekurang-kurangnya empat askar terbunuh.

Pihak berkuasa berkata, pemberontak jelas menukar taktik mereka dengan memfokuskan lebih banyak serangan secara ganas.
Thailand menempatkan 60,000 anggota pasukan keselamatan di wilayah terjejas akibat keganasan bagi menentang militan yang belum diketahui matlamat mereka.
Pihak berkuasa berkata, agak mustahil untuk menamatkan konflik itu dengan segera.

"Masalah ini tidak dapat diselesaikan dalam tempoh beberapa bulan," kata Timbalan Perdana Menteri, Suthep Thaugsuban, yang bertanggungjawab menguruskan keselamatan negara.

Pengkritik menuduh kerajaan gagal menangani kesengsaraan minoriti Islam Melayu Thailand, termasuk dakwaan mereka didera tentera yang turut dianggap kurang hormat ke atas identiti etnik, bahasa dan agama orang tempatan.

Mangsa terbaru termasuk seorang pesara polis Buddha berusia 61 tahun yang terkorban kelmarin dalam satu tembakan penunggang motosikal yang menyebabkan cucu perempuannya parah di wilayah Pattani. – AFP


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Bom ditanam militan Islam meletup

Posted: 08 Mar 2011 02:35 PM PST

Dunia

LAHORE: Bom ditanam pihak yang disyaki militan Islam meletup di kawasan tempat mengisi gas asli di wilayah Punjab, tengah Pakistan, membunuh sekurang-kurangnya 25 orang dan mencederakan 127 yang lain, kata polis.

Ramai yang maut masih terperangkap dalam timbunan runtuhan beberapa jam selepas letupan itu memusnahkan bangunan stesen dengan pekerja penyelamat cuba mengangkat batu berat dan besi bagi menyelamatkan mangsa.

"Kami bimbang angka kematian meningkat kerana keadaan mangsa yang cedera kritikal," kata Ketua Polis Wilayah Faisalabad yang kaya dengan pembuatan tekstil, Aftab Cheema. "Ia bom kereta. Letupan itu disorok di dalam kereta," kata Cheema.

Saksi kejadian, Ijaz Hussain memberitahu yang beliau mendengar letupan kuat dan menyebabkan keadaan kelam kabut. –AFP


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

detikcom

Posted: 08 Mar 2011 01:25 PM PST

detikcom


SBY-Ical Sepakat Tetap di Koalisi, PKS Di Ujung Tanduk

Posted: 08 Mar 2011 12:43 PM PST

Rabu, 09/03/2011 03:43 WIB
SBY-Ical Sepakat Tetap di Koalisi, PKS Di Ujung Tanduk 
Luhur Hertanto - detikNews

Jakarta - Kesepakatan antara Presiden SBY dengan Ketum DPP Golkar Aburizal Bakrie memastikan Golkar akan tetap tergabung dalam koalisi. Lalu bagaimana nasib PKS yang tidak 'senakal' Golkar dalam koalisi? Bukankah seharusnya mereka juga tidak didepak dari Setgab Koalisi?

"Itu sangat tergantung hasil pertemuan SBY dengan KH Hilmy (Ketua Majelis Syuro PKS)," jawab pengamat politik dari LSI, Burhanudin Muhtadi, Selasa (8/3/2011).

Urungnya aksi mendepak Golkar menyusul alotnya menggandeng PDIP bergabung dalam koalisi, memulihkan kompoisi kekuatan Setgab Koalisi. Bila pada akhirnya Partai Gerindra memutuskan bergabung dalam Setgab Koalisi, otomatis membuat hilangnya PKS langsung tergantikan.

"Golkar cari selamat sendiri dan nasib PKS di ujung tanduk," celetuk Muhtadi.

Sebenarnya sungguh tidak fair bila hanya PKS yang dikenai sanksi didepak keluar dari Setgab Koalisi. Tapi sesungguhnya situasi yang tidak menguntungkan demikian justru bisa diolah oleh politisi PKS untuk meraih simpati demi keungtungan pada Pemilu dan Pilpres 2014.

"Mereka bisa menggunakan politik melodramatik, seolah-olah dirinya dikorbankan," ujar pria berkacamata itu.

(lh/ape)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tutup

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share via Email:

Share via Email


loadingSending your message

Message has successfully sent


Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Nuniek di nuniek[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.526).

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kemenakertrans Desak Kemlu Tingkatkan Status Atase Tenaga Kerja

Posted: 08 Mar 2011 11:19 AM PST

Rabu, 09/03/2011 02:19 WIB
Kemenakertrans Desak Kemlu Tingkatkan Status Atase Tenaga Kerja 
Luhur Hertanto - detikNews

Jakarta - Kemenakertrans mendesak Kemlu RI meningkatkan status staf teknis tenaga kerja di KBRI menjadi atase tenaga kerja (atnaker). Status staf teknis yang non diplomatik itu menjadikan pejabatnya tak punya wewenang menyatakan diri sebagai wakil Pemerintah RI.

"Staf teknis itu non diplomatik, dia tidak bisa merepresentasikan diri sebagai perwakilan RI di hadapan aparat pemerintah atau lembaga terkait di negara penerima TKI ketika hendak bertindak terhadap suatu masalah," kata Jubir Kemennakertrans, Dita Indah Sari, dalam surat elektronik, Rabu (8/3/2011).

Konsekuensi dari status staf teknis yang non diplomatik itu adalah cakupan
wewenang dan otoritas yang sangat terbatas. Sehingga mereka tidak cukup efektif untuk melakukan tindakan perlindungan hukum ketika ada TKI yang tertimpa masalah.

"Bagaimana bisa mengawasi dan melakukan antisipasi optimal bila wewenangnya
sangat terbatas? Padahal perlindungan TKI tidak sama dengan terhadap WNI
lain, sehingga dibutuhkan wewenang khusus agar dapat beroperasi efektif," lanjut Dita.

Menurut mantan aktivis ini, perlindungan yang lebih optimal terhadap para TKI di luar negeri mensyaratkan koordinasi dan keselarasan antara Kemlu, Kemenakertrans dan BNP2TKI. Namun pelaksanaannya ditemui berbagai kendala yang bahkan merugikan bagi para TKI bermasalah, salah satunya adalah status atnaker yang secara hirarki berada di bawah kewenangan Kemlu.

Staf teknis secara legalitas formal hanya berfungsi sebagai staf biasa di
konsulat dan bahkan tidak memiliki otoritas memberi laporan resmi kepada
Menakertrans. Akibatnya di negara yang pejabatnya berstatus staf teknis (Syria, Libya, Qatar, Singapura) Kemenakertrans kesulitan memeroleh akses data laporan secara cepat.

"Ini berdampak pada kecepatan mengantisipasi keadaan dari dalam negeri. Ini
telah berulang kali kami minta Kemlu perhatikan, tapi belum direalisasikan. Kami prihatin jika ini tidak ditempatkan Kemlu secara proporsional," tutupnya.

(lh/feb)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tutup

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share via Email:

Share via Email


loadingSending your message

Message has successfully sent


Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Nuniek di nuniek[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.526).

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi celebrity.okezone.com

Posted: 08 Mar 2011 01:19 PM PST

Sindikasi celebrity.okezone.com


Sidang Praperadilan Daniel Sinambela Ditolak

Posted: 08 Mar 2011 03:06 AM PST

JAKARTA - Pupus harapan Daniel Sinambela untuk menggugat penangkapan dirinya yang dinilai tak sesuai prosedur. Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak gugatan praperadilannya.

Ibu kandung Daniel Sinambela, Enny Pasaribu, mengaku sangat kecewa terhadap penolakan yang dilakukan oleh pihak PN Jakarta selatan atas usaha yang ditempuh oleh Daniel.

"Ya kita kecewa keputusan seperti itu, karena bukti yang dari kita berikan ke sana betul-betul itu adanya, kenapa bisa seperti ini," ujar Enny Pasaribu saat ditemui di PN Jakarta Selatan, Ampera, Jakarta Selatan, Selasa (8/3/2011).

Lebih lanjut dikatakannya, dari awal dirinya sudah melihat hal yang janggal pada masalah yang dialami oleh anaknya tersebut.

"Bukti-bukti dari pihak kepolisian itu rekayasa, tanggalnya dibikin mundur, diganti pakai pulpen, seolah-olah pada saat itu (BAP), padahal BAP dilaksanakan setelah Daniel ditangkap. Jadi betul-betul dari awal prosesnya sudah aneh," katanya lagi.

Tidak ingin berhenti sampai di sini saja perjuangannya, dirinya pun juga akan mengajukan hal ini kepada Komisi Yudisial.

"Kita mau ke satgas mafia hukum, karena aneh semua, dan Komisi Yudisial. Kita akan melaporkan ke dewan pembina Partai Demokrat juga, karena Daniel juga pengurus Partai Demokrat," ucapnya.(nov)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KD Sudah Minta Surat Numpang Nikah

Posted: 08 Mar 2011 02:45 AM PST

JAKARTA - Benar jika Krisdayanti (KD) akan melangsungkan akad nikah dengan Raul Lemos di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat. Pasalnya, hari ini adik Yuni Shara tersebut sudah meminta surat menumpang nikah.

"Tadi dia nyuruh orang ke sini dan sudah ditandatangani oleh Pak Lurah. Persyaratannya juga sudah lengkap. Ya sudah," kata Sekretaris Lurah Gandaria Utara, Sri Safta Rengga, saat dihubungi wartawan via telepon, Selasa (8/3/2011).

Orang suruhan KD datang ke Kantor Kelurahan sekira pukul 14.00 WIB. Menurutnya, Diva Pop yang akan menikah dengan pengusaha Timor Leste, Raul Lemos, menumpang nikah di KUA Kecamatan Tanah Abang, Jakpus.

"Jadi numpang nikah di KUA Kecamatan Tanah Abang, karena satu hotel di sana, lokasi masuk ke kecamatan Tanah Abang," imbuhnya.

Persyaratan yang diajukannya pun sudah lengkap, mulai dari surat keterangan RT dan RW tempat KD berdomisili, serta surat cerainya.

"Iya lengkap, dari RT, RW, dari surat-surat yang bersangkutan, dan surat cerai juga," ungkapnya.

KD hanya membutuhkan waktu setengah jam. Pasalnya, persyaratan yang diajukannya telah lengkap.

"Enggak apa-apa, kalau dia sibuk. Dari KUA Tanah Abang, mungkin dia sudah ke sana dan minta tolong sama orang KUA," pungkas Rengga.(nov)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Nasional

Posted: 08 Mar 2011 01:11 PM PST

KOMPAS.com - Nasional


Harkristuti Calon Waka Kompolnas

Posted: 08 Mar 2011 05:07 PM PST

Harkristuti Calon Waka Kompolnas?

Penulis: Suhartono | Editor: Egidius Patnistik

Rabu, 9 Maret 2011 | 01:07 WIB

SANDRO GATRA

Pengacara KPK dan anggota Kompolnas saat jumpa pers di Gedung Kompolnas Jakarta, Senin (12/10).

TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan HAM Harkristuti Harkrisnowo merupakan salah satu nama yang akan dicalonkan sebagai Wakil Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

"Ya, Ibu Harkristuti hanya salah satu calon saja. Masih ada calon lainnya," tandas Menko Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto kepada Kompas di Jakarta, Selasa (8/3) petang.

Djoko sebelumnya mengaku melapor ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengenai pelantikan anggota Komisi Kejaksaan dan sudah siapnya Peraturan Presiden tentang Kompolnas dengan kewenangan yang baru.

"Kalau calon Wakil Ketua Kompolnas memang belum ada Keputusan Presiden (Keppres)-nya. Ibu Harkristuti hanya salah satu calon. Kita masih cari yang lain," tambahnya.

Sebelumnya, disebut-sebut Harkristuti sudah ditetapkan oleh Presiden Yudhoyono sebagai Wakil Ketua Kompolnas. Namun, ternyata ada masalah karena statusnya bukan setara dengan menteri untuk jabatan Waka Kompolnas itu. Harkristuti sendiri hanya eselon I.

Wakil Ketua Kompolnas adalah jabatan baru dalam kewenangan yang baru di Kompolnas, yaitu ikut melakukan pemeriksaan jika terjadinya pelanggaran etika di kalangan Kepolisian Negara RI. Adapun Ketua Kompolnas akan dijabat secara ex officio oleh Menko Politik, Hukum dan Keamanan, yaitu Djoko Suyanto.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Ray: Dipo Alam Seharusnya Minta Maaf

Posted: 08 Mar 2011 04:44 PM PST

Ray: Dipo Alam Seharusnya Minta Maaf

Penulis: Ary Wibowo | Editor: Egidius Patnistik

Rabu, 9 Maret 2011 | 00:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Badan Pekerja Lintas Agama Ray Rangkuti mengatakan, Sekretaris Kabinet Dipo Alam harusnya meminta maaf atas perkataannya yang menilai tokoh lintas agama telah memolitisasi kasus Ahmadiyah dan mencampuri urusan internal umat Islam.

Menurut Ray, perkataan tersebut berpotensi memicu konflik horizontal antar umat beragama. "Atas masalah tersebut, menurut saya justru Pak Dipo yang harus meminta maaf kepada bangsa ini karena pernyataanya tersebut justru berpotensi mendorong kelompok-kelompok tertentu melakukan kekerasan kembali," ujarnya kepada wartawan di Maarif Institute, Jakarta, Selasa (8/3/2011).

Ray menganjurkan agar Dipo Alam lebih baik berkonsentrasi mengurus persoalan pemerintahan yang lebih penting bagi bangsa Indonesia. "Menurut saya, Pak Dipo lebih baik konsentrasi saja bagaimana cara agar Pak Susilo Bambang Yudhoyono tidak terlalu sibuk mengurusi pekerjaannya, sehingga lupa mengurusi bangsa ini," jelasnya.

Hal senada dikemukakan salah tokoh linta agama, Romo Franz Magnis Suseno. Menurut Franz Magnis, cara yang dipakai Dipo Alam adalah cara kuno untuk memperkeruh keadaan. "Saya bisa mengerti dia (Dipo Alam) membela Presiden, tetapi tidak harus bersikap seperti. Cara tersebut sudah kuno dan dapat memperkeruh keadaan," katanya.

Romo Magniz menganjurkan Dipo Alam mengambil cuti dua minggu, agar dapat lebih berpikir jernih. "Dipo Alam sebaiknya cuti dulu dua minggu, agar pikirannya bisa tenang," sindirnya.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi lifestyle.okezone.com

Posted: 08 Mar 2011 11:33 AM PST

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Ingin Langsing, Miranda Kerr Diet Golongan Darah

Posted: 08 Mar 2011 03:10 AM PST

Lifestyle » Fit and Beauty » Ingin Langsing, Miranda Kerr Diet Golongan Darah
Selasa, 8 Maret 2011 - 18:10 wib

Lastri Marselina - Okezone

SETELAH melahirkan seorang putra pada Januari lalu, model lingerie seksi Victoria's Secret, Miranda Kerr langsung menjaga bobot tubuhnya agar kembali langsing. Istri bintang "Pirates of the Carribbean" Orlando Bloom itu pun menjalani diet golongan darah.

Sejak 2007 lalu, salah satu Victoria's Angel itu mengerti betul pentingnya menjaga penampilan agar tetap ramping. Itulah mengapa Miranda memutuskan untuk mengikuti diet golongan darah secara ketat, dan tidak meninggalkan suplemen makanan untuk meraih nutrisi maksimal.

"Golongan darah saya A, dan saya hanya makan yang dikhususkan untuk golongan darah saya. Saya juga mengonsumsi makanan yang mengandung GI rendah, makanan yang bersifat alkali tinggi, meminum air murni, dan makanan yang diproses secara segar, dan hanya sedikit daging," kata Miranda yang dilansir dari Femalefirst, Selasa (8/3/2011).

Tak hanya itu saja, wanita 27 tahun ini pun mengonsumsi suplemen untuk menjaga tubuhnya senantiasa sehat.

"Saya percaya, bahwa sangat penting untuk menambah suplemen makanan untuk menjamin tubuh kita meraih nutrisi yang diperlukan untuk tetap sehat. Dan memakan makanan organik dan produk organik berlisensi juga sama pentingnya," papar Miranda.

Ibunda Flynn ini juga tidak segan berbagi rahasia kulit, dan rambut indahnya. Yaitu, empat sendok teh coconut oil atau minyak kelapa tanpa lemak setiap hari.

Melalui blog pribadinya Miranda menuliskan, "Secara pribadi saya selalu mengonsumsi empat sendok teh minyak kelapa setiap hari, apakah saya menambahkannya di pada menu salad, menu masakan atau pada cangkir berisi teh hijau. Saya tidak dapat meninggalkan minyak kelapa setiap hari. Minyak kelapa juga sangat bagus untuk kulit dan rambut."

(nsa) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Enterobacter Saskazakii, Bisa Ada di Mana Saja

Posted: 08 Mar 2011 02:49 AM PST

Lifestyle » Fit and Beauty » Enterobacter Saskazakii, Bisa Ada di Mana Saja
Selasa, 8 Maret 2011 - 17:49 wib

HINGGA saat ini, masyarakat masih dibuat bingung oleh polemik susu formula yang tercemar Enterobacter sakazakii. Tak hanya bingung, tetapi juga takut untuk membeli produk susu formula. Bahkan tak sedikit pula yang sudah menghentikan pemberian susu formula pada bayi.

Pada awalnya, susu formula diberikan kepada bayi sebagai pengganti ASI. Tentunya dengan alasan yang sangat kuat. Misalnya, karena kelenjar susu ibu tidak dapat memproduksi ASI, ASI terlalu sedikit, atau berbagai alasan medis lainnya. Belakangan ini, alasan pemberian susu formula bertambah lagi. Biar lebih praktis. Alasan yang terakhir ini lama-kelamaan menjadi sebuah kebiasaan.

Beberapa hari belakangan ini masyarakat bingung dan resah dengan munculnya kasus susu formula yang tercemar bakteri. Di satu sisi, munculnya polemik ini berdampak positif. Paling tidak, dengan adanya persoalan ini, banyak ibu yang kembali memberikan ASI pada buah hatinya. Namun, di sisi lain, polemik ini tetap menyisakan masalah bagi ibu yang kelenjar susunya tidak dapat memproduksi ASI dan yang produksi ASI-nya sedikit.

Masalah lain adalah beberapa produsen susu formula resah karena omzet penjualan menurun. Bisa jadi beberapa produsen sudah mengalami kerugian.

Sebetulnya, keresahan masyarakat ini adalah hal yang wajar. Ini karena minimnya pengetahuan dan informasi masyarakat tentang latar belakang bakteri dan masalah tercemarnya susu formula itu sendiri.

Bisa tumbuh di mana saja

Apa itu Enterobacter sakazakii? Enterobacter sakazakii juga bisa ditemukan di mana saja. Menurut dr Cahyarini, SpMK, Spesialis Mikrobiologi Klinik dari RS Royal Taruma, Jakarta Barat, bakteri ini bisa ditemukan di tanah, air, tanaman, bagian luar hewan ternak seperti puting sapi dans aluran cerna hewan.

"Bahkan ada beberapa literatur yang menyebutkan bahwa bakteri ini ditemukan di saluran cerna manusia," jelasnya.

Oleh karena bakteri ini bisa tumbuh di mana saja, sambung dr Cahyarini, tumbuhnya bakteri dalam susu formula sebenarnya bukanlah hal yang sangat mengherankan atau mengejutkan. Apalagi, susu merupakan media tumbuh paling ideal bagi kuman. Jangan kan Enterobacter sakazakii, bakteri lain pun bisa berkembang biak dengan baik dalam susu formula.

Badan kesehatan dunia, WHO, pun sudah menegaskan bahwa susu formula adalah produk yang tidak steril. Maksudnya, bakteri bisa ditemukan di dalamnya.

"Susu merupakan media ideal bagi pertubuhan semua kuman, termasuk bakteri. Berbagai bakteri dapat ditemukan dalam susu bubuk. Selain Enterobacter sakazakii, pernah pula ditemukan Eschericia coli, Enterobacter agglomerans, Enterobacter cloceae, Klebsiella pneumonia, Citrobacter freundii, dan lainnya," jelasnya.

Perlu diketahui pula bahwa kasus ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Berdasarkan data dari jurnal penelitian, Laboratory of Microbiology, Shcool of Life and Environmental Science, and Laboratory of Microbiology II, School of Veterinary Medicine, Azabu University, Jepang, pada tahun 2009/2010, produk susu formula di negara-negara maju juga tercatat positif mengandung Enterobacter sakazakii. Sebut saja USA. Dalam jurnal disebutkan bahwa dari 10 sampel yang diteliti, dua produk positif dinyatakan mengandung Enterobakter sakazakii.

Apakah Enterobacter sakazakii ini berbahaya? Tergantung. Bakteri ini memiliki sifat oportunistik. Maksudnya, bakteri ini bisa bersifat pathogen, bisa juga nonpatogen.

"Tidak menimbulkan penyakit pada seseorang dengan sistem imun yang baik (immunocompetent). Namun, jika sistem imun kurang baik (immunocompromised) seperti pada bayi baru lahir (neonatus) dan manula (geriatri), bakteri ini dapat menimbulkan penyakit," katanya.

Pada kondisi dimana sistem imun tidak baik, ada beberapa penyakit yang mungkin muncul. "Pada kondisi di mana sistem imun tidak baik, mungkin bisa menimbulkan penyakit. Dan tidak selalu atau tidak pasti menimbulkan penyakit. Bakteri ini dapat menyebabkan meningitis atau radang pada selaput otak," jelas dr Cahyarini.

Selain radang pada selaput otak bakteri juga bisa menyebabkan penyakit lain seperti infeksi saluran kemih. Ada juga bakteremia, yaitu adanya bakteri di dalam darah. Adapun gejalanya akan berbeda dan tergantung pada penyakit yang ditimbulkan. Contohnya pada meningitis. Gejala yang khas adalah kejang-kejang pada penderita dan juga terjadi penurunan kesadaran.

Tindakan preventif

Lantas bagaimana harus menyikapinya? Dr Cahyarini mengimbau masyarakat, terutama kaum ibu, agar tidak perlu khawatir dan panik yang berlebihan.

"Saya rasa tidak perlu panik. Kita harus menyikapinya dengan bijaksana. Tenang dan percayakan pada ahlinya (institusi yang berkompeten, Kementrian Kesehatan). Kalau misalnya Kemenkes sudah mengatakan bahwa susu formula tersebut sudah aman, itu artinya sudah aman," jelasnya.

Tidak mutlak bahwa, sambung dr Cahyarini, dalam setiap susu formula ada Enterobakter sakazakii. Bila pada waktu tertentu bakteri itu di temukan dalam susu formula, belum tentu pada tahun berikutnya atau pada sampel yang sama dengan tanggal produksi yang berbeda akan ditemukan pula bakteri tersebut.

"Artinya apa? Itu (Enterobacter sakazakii) tidak selalu ditemukan dalam susu formula," tandasnya.

Yang terpenting adalah tindakan pereventif.

"Yang paling penting itu sistem handling-nya. Bagaimana cara penyajiannya pada saat akan memberikan susu formula? Tindakan pencegahan itu, tindakan preventif, yang penting," tutupnya.

(Genie/Genie/nsa) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

My Blog List