gravatar

Edisi Dunia

Edisi Dunia


ANTARA - Hiburan

Posted: 13 Mar 2011 08:35 AM PDT

ANTARA - Hiburan


Kesenian Tradisional Macapat Kehilangan Generasi

Posted: 13 Mar 2011 05:02 AM PDT

Pamekasan (ANTARA News) - Kasi Pembinaan Seni Sejarah dan Nilai-Nilai Tradisi, Dinas Pemuda Olah Raga dan Kebudayaan Pamekasan, Madura, Jawa Timur Halifaturrahman mengakui, kesenian macapat telah kehilangan generasi, karena sudah tidak ada lagi generasi muda yang mau mempelajarinya.

"Ini memang problem perkembangan kesenian tradisional yang ada di Pamekasan dan Madura pada umumnya secara keseluruhan," kata Halifaturrahman kepada ANTARA, Minggu.

Bahkan, kata dia, hal ini tidak hanya terjadi pada kesenian tembang macapat, namun hampir semua jenis kesenian tradisional lainnya.

Menurut dia, perkembangan kemajuan teknologi informasi dengan ketersediaan sarana televisi yang setiap saat dan setiap waktu selalu menampilkan jenis kesenian telah mampu menggeser kesenian tradisional yang sudah ada. "Hal semacam ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami," katanya.

Oleh sebab itu, sambung Halifaturrahman, ke depan perlu dilakukan upaya-upaya terstruktur untuk tetap mempertahankan hazanah budaya, termasuk jenis kesenian tradisional yang ada di Madura, termasuk di Pamekasan untuk tetap berkembang.

Salah satunya, kata dia dengan melakukan "rekreasi" terhadap kesenian tradisional, sehingga jenis kesenian itu bisa tampil dengan menarik, tanpa menghilangkan nilai tradisi yang ada.

Sehingga, dengan cara seperti itu, akan banyak generasi muda tertarik untuk mempelajarinya. "Tapi memang sering kali ada problem, khawatir pakem keseniannya hilang," katanya.

Menurut Halifaturrahman, di Pamekasan sebenarnya upaya "rekreasi" terhadap kesenian tradisional itu sebagian telah dilakukan, khususnya pada jenis kesenian tari tradisional.

Ia menyebutkan seperti tari "badhek mekasen" (batik Pamekasan), dan tari "parabhan pesisir (perawan pesisir).

Tari "rondhing" dan tari "topeng gethak" yang merupakan jenis kesenian tari tradional bernilai sejarah di Pamekasan tersebut, menurut Halifaturrahman, juga mulai ada sentuhan-sentuhan kreativitas untuk berwajah modern.

"Kesenian tembang macapat itu, saya perlu juga melakukan `rekreasi` agar bisa tampil menarik dan diminati kalangan generasi muda," katanya.

Halifaturrahman menambahkan, Pemkab melalui Disporabud Pamekasan memang telah melakukan upaya untuk menggali dan mengembangkan kembali jenis kesenian tradisional daerah sebagai ikon hazanah kekayaan budaya di Pamekasan.

Akan tetapi, jika upaya pemerintah hanya sepihak, dan tidak ada upaya dari kalangan seniman tradisional untuk mengubah wajah baru dalam kesenian itu, maka ia yakin tidak akan berhasil secara maksimal.(*)

(T.KR-ZIZ/A035)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Lady Gaga Sumbang Gelang untuk Bantu Jepang

Posted: 12 Mar 2011 07:50 AM PST

Lady Gaga dan Justin Bieber (ANTARA News/istimewa)

Berita Terkait

Washington (ANTARA News/AFP) - Penyanyi Lady Gaga pada Jumat mengeluarkan gelang untuk mendukung bantuan bagi Jepang dan beberapa bintang terkenal di dunia hiburan juga menyatakan rasa dukacita atas gempa besar dan tsunami itu.

Lady Gaga meminta kumpulan penggemarnya --yang ia panggil sebagai "Little Monsters"-- untuk membeli gelang itu dalam laman situs internet miliknya yang tertulis "We Pray for Japan," agar mereka mendonasikan lima dolar AS atau lebih, semua dana akan diberikan untuk upaya bantuan, katanya.

Bintang pop lainnya juga mengatakan rasa dukacita. Penyanyi R&B Alicia Keys menulis dalam akun Twitter miliknya bahwa ia terbangun lebih awal pagi itu dengan "nyanyian dalam hatiku," meski ia belum yakin apa akan seperti apa bentuknya.

"Hatiku hancur bersama Jepang," katanya.

Bintang remaja Kanada Justin Bieber menyebut Jepang sebagai "salah satu tempat favorit di dunia."

"Negara itu memiliki budaya yang luar biasa dan orang-orang yang menakjubkan. Doaku bersamanya. Kita semua harus membantu," tulis Bieber dalam Twitter.(*)

(Uu.KR-DLN/H-RN)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Peristiwa

Posted: 13 Mar 2011 08:34 AM PDT

ANTARA - Peristiwa


Kerugian Banjir Bandang Tangse Capai Rp1 Triliun

Posted: 13 Mar 2011 07:57 AM PDT

Banda Aceh (ANTARA News) - Wakil gubernur (Wagub) Aceh Muhammad Nazar, mengatakan kerugian akibat bencana alam banjir bandang yang menghantam sejumlah desa di kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, tidak kurang dari Rp1 triliun.

"Kerusakan akibat terjangan banjir bandang pada Kamis (10/3) malam itu tidak kurang menelan kerugian sekitar Rp1 triliun," katanya di Banda Aceh, Minggu.

Hal itu disampaikan usai mengunjungi pengungsi dan beberapa desa yang cukup parah diterjang banjir bandang terburuk dalam kurun waktu 35 tahun terakhir, menerjang kawasan pertanian di pedalaman kabupaten Pidie tersebut.

Menurut dia, dampak bencana alam banjir bandang tersebut mengakibatkan rusaknya ratusan unit rumah penduduk, sungai, irigasi, jalan, jembatan dan areal pertanian masyarakat setempat.

Wagub meminta para relawan agar dalam masa panik dapat mengendalikan pembagian logistik kepada masyarakat yang benar-benar menjadi korban banjir bandang.

Karena itu, semua pihak yang terlibat dalam penanganan pengungsi agar segera membuat dapur umum yang terkosentrasi dibawah pengawasan relawan posko.

"Apabila pengungsi tersebar di rumah-rumah keluarganya, maka sangatb sulit bagi relawan untuk menyalurkan bantuan sebab jaraknya yang terpencar dan cukup jauh. Yang penting tidak ada korban banjir yang tidak memperoleh logistik dari bantuan pemerntah," katanya menjelaskan.

Ia juga meminta petugas kesehatan untuk terus memantau kondisi masyarakat korban banjir, sehingga tidak ada warga yang terjangkit berbagai penyakit dampak dari bencana alam tersebut.

Dipihak lain, Muhammad Nazar juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BNPBA) dan kabupaten (BNPK) agar mendata kerusakan berbagai fasilitas, dengan harapan data valid bisa segera dilaporkan ke pusat.(*)

(T.A042/E001)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Wamendiknas : Banyak Sekolah Menyalahgunakan Dana RSBI

Posted: 13 Mar 2011 07:56 AM PDT

Wakil Menteri Pendidikan Fasli Jalal. (ANTARA)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pendidikan Nasional untuk sementara waktu mengkaji pendirian rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI).

Pasalnya, karena hasil evaluasi menunjukkan banyak pengelola menggunakan dana yang diterima dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pungutan orang tua tidak sesuai ketentuannya, kata Wakil Menteri Pendidikan nasional Fasli Jalal di acara Kelompok Kerja Neurosains BPH RS Islam Jakarta, Minggu

"Banyak pengelola rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) menyalahgunakan dana yang seharusnya dipergunakan untuk peningkatan mutu pendidikan malah digunakan untuk pembangunan fisik," katanya menambahkan.

Fasli mengatakan besarnya penyalahgunaan dana mencapai antara 25 persen hingga 50 persen dari dana yang diterima oleh Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).

"Pemerintah dalam satu tahun terakhir melakukan evaluasi terhadap program RSBI, terkait dengan masukan dari masyarakat bahwa program RSBI telah menjadi ajang komersialisasi pendidikan. Karena hampir sebagian besar sekolah RSBI memungut dana yang begitu besar dari masyarakat," katanya.

Wamendiknas menjelaskan, RSBI menerima dana dari pemerintah pusat, provinsi dan juga pungutan dari orang tua siswa. Namun dana tersebut tidak digunakan sesuai ketentuan pemerintah yakni untuk peningkatan mutu didalam proses belajar mengajar serta kualitas tenaga pengajar sehingga siswa yang bersekolah di RSBI menjadi siswa yang lebih berkualitas dibanding sekolah nasional.

Sesuai dengan evaluasi yang dilakukan beberapa waktu lalu, jelasnya, sekolah menggunakan dana tersebut untuk memperbaiki ruangan kelas, membangun laboratorium, memasang air conditioner dan memasang pagar atau gerbang sekolah untuk mempercantik tampak luar gedung dibandingkan mutu pengajaran.

"Padahal kan dana untuk fisik itu tidak bertepi. Dan harapan kita uang itu dipakai untuk mutu, baru fisik itupun harus dipilih dulu apa saja yang sangat penting untuk diperbaiki," katanya.

Wamendiknas mengungkapkan, penyalahgunaan dana paling banyak terjadi di SMA sementara hasil evaluasi menyebut penyalahgunaan dana di SD hanya 25 persen.

Oleh karena itu, dengan studi komprehensif yang dilakukan Kemendiknas untuk membuat peraturan menteri (permen) baru RSBI maka pemakaian dana akan diperketat.

Ia menyatakan, evaluasi tentang dana ini memang menjadi fokus utama karena hasil evaluasi menyebut mutu yang diciptakan RSBI ini sudah baik walau belum secepat yang diharapkan. Akan tetapi, perbaikan juga akan diutamakan bagi tenaga pengajar di sekolah khusus ini.

"Evaluasi mencakup tiga hal yakni tata cara penerimaan murid baru, pungutan biaya dari orang tua serta kesiapan SDM. Saat ini ada 1300 sekolah RSBI. Nanti jika permen sudah rampung dan disahkan akan diketahui sekolah mana saja yang akan dikembalikan ke status biasa, sebagian diberi peringatan untuk memperbaiki diri serta sekolah RSBI yang sudah siap maju menjadi SBI akan tetap dikawal oleh Kemendiknas. (*)

(T.Z003/E001)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kosmo Online - Dunia

Posted: 13 Mar 2011 08:06 AM PDT

Kosmo Online - Dunia


PM Jepun arah operasi menyelamat mega

Posted:

PM Jepun arah operasi menyelamat mega

PM Jepun arah operasi menyelamat mega


DUA orang berjalan semalam dekat beberapa buah kereta yang dihanyutkan ombak tsunami di Miyako, timur Jepun.


TOKYO - Perdana Menteri Jepun, Naoto Kan (gambar) semalam mengarahkan operasi menyelamat besar-besaran melibatkan lebih 50,000 anggota tentera selepas gempa bumi kuat dan ombak besar tsunami mengorbankan lebih 1,000 orang di timur laut Jepun.

Beliau memberitahu, sekitar 200 pesawat tentera dan 25 buah kapal akan dihantar ke timur laut Jepun, bahagian yang paling teruk terjejas dalam malapetaka itu.


Dua gerabak kereta api musnah akibat dipukul ombak tsunami di bandar Shinchi, Jepun semalam.


"Saya mengarahkan operasi besar-besaran kerana menyedari betapa dahsyat kemusnahan yang dicetuskan oleh tsunami kali ini," kata Kan selepas meninjau kawasan-kawasan yang musnah dengan menaiki helikopter.


ORANG ramai dipindahkan dengan menggunakan helikopter di Sendai, timur laut Jepun semalam.


"Sebahagian besar rumah di pesisir pantai musnah sama ada dihanyutkan ombak tsunami atau hangus dalam kebakaran," tambahnya.

Angka kematian rasmi bencana tersebut setakat ini kekal melebihi 574 orang dengan 1,115 lagi masih hilang manakala 1,128 yang lain cedera.

Namun, pihak berkuasa percaya, beribu-ribu orang maut akibat terperangkap di bawah runtuhan atau lemas dihanyutkan tsunami.


BANGUNAN-BANGUNAN dilitupi lumpur di bandar Ri kuzentakata, negeri Iwate, utara Jepun semalam.


Polis Jepun menyatakan, antara 200 hingga 300 mayat telah ditemui di Sendai, bandar paling hampir dengan pusat gempa terletak di timur laut Jepun.

Menurut pihak berkuasa, lebih 220,000 orang kini tinggal di lebih 1,350 penempatan sementara di lima negeri di timur laut Jepun dengan lebih 1 juta kediaman terputus bekalan elektrik dan air.


SEBUAH kapal kargo terdampar di tengah bandar Kesennuma, timur laut Jepun semalam selepas dihanyutkan tsunami.


Namun, pihak berkuasa berkata, banyak lagi mayat dipercayai tertimbus dalam timbunan runtuhan.

Setakat semalam, pekerja-pekerja penyelamat belum tiba di beberapa kawasan yang paling teruk terjejas akibat malapetaka tersebut.

Bahagian timur laut Jepun mengalami kemusnahan paling dahsyat dengan beberapa bandar diratakan selepas gempa bumi berukuran 8.9 pada skala Richter itu menggegarkan Jepun kelmarin dan mencetuskan gelombang tsunami setinggi 10 meter yang melanda daratan.

Sementara itu, masyarakat antarabangsa mula menghantar pasukan bantuan semalam bagi membantu mangsa-mangsa bencana di Jepun.

Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu lewat kelmarin mengumumkan empat pasukan penyelamat dari Australia, New Zealand, Korea Selatan dan Amerika Syarikat (AS) sedang dalam perjalanan ke negara matahari terbit itu. - Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

The Star Online: World Updates

Posted: 13 Mar 2011 08:04 AM PDT

The Star Online: World Updates


Stricken Japan nuke reactor past due date

Posted: 13 Mar 2011 07:46 AM PDT

TOKYO (Reuters) - A 40-year-old nuclear reactor facing a possible meltdown in northeastern Japan was originally scheduled to go out of commission in February but had its operating license extended another 10 years.

An aerial view of Tokyo Electric Power Co.'s Fukushima Daiichi Nuclear Plant in this 2008 file photo in Fukushima Prefecture, northeastern Japan. (REUTERS/Kyodo/Files)

The earthquake-stricken No. 1 reactor operated by Tokyo Electric Power Co's Fukushima Daiichi power plant is the utility's oldest atomic core.

It was originally scheduled to operate only 40 years.

But the Japanese government's Nuclear and Industrial Safety Agency approved TEPCO's application to keep it hot after inspecting the facility, according to a statement on the Ministry of Trade Economy Industry's website.

Officials worked desperately to stop fuel rods in two damaged reactors from overheating after some controlled radiation leaks into the air to relieve pressure.

The fear is that if the fuel rods do not cool, they could melt the container that houses the core, or even explode, releasing radioactive material into the wind.

The government said there might have been a partial meltdown of the fuel rods at the No. 1 reactor. Engineers were pumping in seawater, trying to prevent the same happening at the No. 3 reactor.

Of Japan's 55 operational reactors, the No. 1 reactor is the nation's third oldest and one of the first built under a policy honed through oil shocks and burgeoning economic growth to give Japan more energy independence.

(Reporting by Tim Kelly. Editing by Jason Szep)

Copyright © 2011 Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Japan, Libya to dominate at G8 formin meeting

Posted: 13 Mar 2011 06:45 AM PDT

PARIS (Reuters) - The earthquake disaster in Japan looks set to dominate a Group of Eight foreign ministers meeting this week in Paris as members discuss ways to coordinate help for the only Asian country in the group.

Smoke rises from a fire at a factory after an earthquake and tsunami struck Shiogama City in Miyagi Prefecture in northern Japan March 12, 2011. (REUTERS/Kyodo)

The crisis over Libya will also be a key issue, with the international community seeking to agree on how to stop a violent crackdown in the North African state by leader Muammar Gaddafi's government forces.

Japan was trying on Sunday to avert a disastrous meltdown at two nuclear reactors, crippled by a major earthquake on Friday that caused a tsunami estimated to have killed more than 10,000 people.

French Foreign Minister Alain Juppe pledged aid to the Japanese, offering expertise in nuclear plant safety and help in clearing up wreckage and finding buried victims. Two rescue teams were preparing to fly to Japan.

Juppe and the other G8 foreign ministers are expected to look to co-ordinate the rescue and aid effort.

"Japan is a historic member of the G8, so we will definitely be showing solidarity," a French diplomatic source said.

Japan's foreign minister is still scheduled to attend the meeting, a Japanese embassy official in Paris said on Sunday.

British Foreign Office minister Jeremy Browne said this weekend that a "really big coordinated international response" was needed and that Britain was playing a full part.

The fast-moving situation in Libya is also set to be a focal point for the G8 foreign ministers, the diplomatic source said.

"The current international situation will invite itself onto the programme and the ministers will study the various options (for Libya)," the source said.

Libyan leader Gaddafi's forces appear to have regained the momentum in the three-week-old conflict inspired by popular revolts in Tunisia and Egypt.

Gaddafi's troops forced outgunned Libyan rebels to retreat eastwards on Sunday and laid siege to pockets of resistance, unimpeded by diplomatic efforts to impose a no-fly zone.

Paris has been playing a leading role in the international response to the uprising, especially in its calls with Britain to secure U.N. support for a no-fly zone resolution.

Those calls have met some reluctance from fellow G8 members Russia and the United States as well as non-G8 China. At Friday's EU leaders summit, an airborne military option also appeared to be played down, specifically by Germany.

The United States said this weekend a call by the Arab League for such a no-fly zone was an "important step", but while Washington said it was preparing for "all contingencies" it has remained cautious over endorsing direct military intervention.

"The G8 foreign ministers ... will be an opportunity to widen the international coalition addressing the crisis in Libya," British Foreign Minister William Hague said. "And to reaffirm our collective support for political transition in Egypt and Tunisia."

U.S. State Secretary Hillary Clinton will make her first visit to France since new foreign minister Juppe took charge before she heads on to the North African states.

The two-day event begins informally with the eight ministers meeting President Nicolas Sarkozy at his Elysee Palace on Monday before officially kicking off at 2000 (1900 GMT), and ending the following day around 1500 (1400 GMT).

The talks will also touch on Iran's nuclear programme and at ways to revive the Middle East peace process in preparation for a G8 leaders summit in the northern seaside resort of Deauville at the end of May.

(Editing by Myra MacDonald)

Copyright © 2011 Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi news.okezone.com

Posted: 13 Mar 2011 01:36 AM PST

Sindikasi news.okezone.com


Puting Beliung, Pengunjung Botani Square Tertimpa Kaca

Posted: 13 Mar 2011 01:24 AM PST

BOGOR - Hujan disertai angin puting beliung yang melanda Bogor, Jawa Barat, sejak pukul 15.00 WIB, mengakibatkan Kaca Botani Square hancur dan menimpa para pengunjung.
 
Selain itu, angin puting beliung juga mengakibatkan pohon tumbang di sejumlah lokasi, dan atap rumah warga roboh. Akibat kejadian tersebut belasan orang mengalami luka.
 
Lima korban yang tertimpa kaca Botani Square saat ini masih menjalani perawatan di RS PMI Bogor. Kejadian tersebut terjadi saat kaca Botani di lantai dua pecah dan menimpa kepala para pengunjung.

"Saat ini masih menjalani perawatan di UGD RS PMI dan mengalami luka pada bagian kepalanya," ujar Parta, satpam PMI Bogor, Minggu (13/3/2011).
 
Korban, di antaranya Rita (17) warga Ciomas Permai, Bunga (17) warga Bogor Baru, Debora (5), Aisah (3,5), dan Sri (57) warga Kedung Badak, Tanah Sareal. Selain itu, Desi, tertimpa pohon di Kebun Raya Bogor.

(Endang Gunawan/Global/lam)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Korban Tewas Miras Oplosan di Semarang 13 Orang

Posted: 13 Mar 2011 01:05 AM PST

SEMARANG - Korban tewas akibat minuman keras oplosan terus berjatuhan di Semarang, Jawa Tengah. Dua korban terakhir adalah warga Jalan Rowosari Wonosari Ngalian, yakni Suratin (47) dan Janoka (40). Keduanya tewas pada Minggu pagi tadi.

Istri almarhum Suratin, Semi (43) menuturkan, suaminya minta dipijiti karena merasa masuk angin berat dan tubuhnya lemas. "Dia mengeluh badannya sakit semua. Justru setelah digosok minyak angin sempat muntah. Karena kondisinya semakin parah, saya minta tetangga mengantar suami saya ke rumah sakit," ujar Semi, Minggu (13/3/2011).

Sayang, beberapa jam di rumah sakit, nyawa Suratin tak dapat tertolong lagi.

Teman korban Suratin, Harsono, juga mengalami sakit yang sama dengan korban. Kepala pusing dan perut mual. "Saya minum berlima, bersama Suratin, Janoka, Maliki, dan Miyarno. Suratin dan Janoka sudah tewas," ungkap Harsono.

Sementara itu Wakapolsek Ngalian AKP Sutarno mengungkapkan, pihaknya hingga kini sudah menerima laporan di wilayah hukumnya sudah ada dua orang yang tewas akibat miras oplosan. "Sudah ada laporan tentang dua 2 korban tewas akibat oplosan ke pihak kami. Sekarang kami sedang meminta pihak keluarga untuk mengizinkan unit identifikasi melakukan autopsi terhadap korban," kata Sutarno.

Total di Semarang sudah 13 orang yang tewas akibat miras oplosan dalam 10 hari terakhir.

(ton)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Harian Metro: Global

Posted: 13 Mar 2011 01:25 AM PST

Harian Metro: Global


Lebih 1,000 mati

Posted: 12 Mar 2011 08:31 AM PST

TOKYO: Lebih 1,000 orang dikhuatiri terbunuh berikutan gempa bumi dan tsunami yang melanda Jepun kelmarin.

Tsunami setinggi 10 meter itu memusnahkan Sendai, bandar raya di timur laut negara berkenaan, tempat 200 hingga 300 mayat ditemui di kawasan pantai.


"Apa yang menjadi tempat kediaman sebelum ini, musnah sama sekali," kata Perdana Menteri, Naoto Kan selepas menaiki helikopter untuk melihat sendiri kerosakan yang berlaku.

Ombak besar berwarna hitam itu mendamparkan kontena, kereta dan sisa bangunan ke jalan raya di Sendai dan kawasan terbuka serta menyebabkan lumpur tebal melitupi kawasan yang amat luas.


Polis berkata, 413 orang disahkan mati, 784 hilang dan 1,128 cedera.


Bagaimanapun , jumlah itu dijangka meningkat.

"Jumlah korban dipercayai lebih 1,000. Kerosakan itu begitu besar dan saya percaya kami memerlukan masa untuk mengumpulkan maklumat," kata Edano, jurucakap kanan Naoto.


Dalam pada itu, lebih 215,000 orang ditempatkan di pusat perlindungan kecemasan di timur dan utara negara itu semalam.

Agensi Polis Kebangsaan Jepun berkata, jumlah itu termasuk lebih 100,000 orang yang berlindung di Fukushima, di utara dan penduduk yang diarah berpindah dari kawasan sekitar dua loji nuklear.


Bagaimanapun, jumlah mereka yang kehilangan tempat tinggal dipercayai lebih ramai. Beribu-ribu rumah di bandar tepi pantai musnah, termasuk di bandar Ofunato yang menyaksikan lebih 300 rumah dihanyutkan air.


Sementara itu, lebih 50,000 anggota tentera dan pegawai penyelamat lain dikerah untuk menyertai gerakan mencari dan menyelamat.


Lebih 300 pesawat dan 40 kapal, termasuk satu armada 20 kapal penggempur diarah belayar ke kawasan pantai Pasifik Pulau Honshu yang turut terjejas teruk akibat bencana itu.


Di Watari, wilayah Miwagi, helikopter tentera digunakan untuk menyelamat sekumpulan pelajar dan penduduk yang terperangkap di atas bumbung sebuah sekolah rendah.


Lebih lapan juta kediaman terputus bekalan elektrik. Hubungan telefon, termasuk telefon bimbit juga terputus.


Bekalan gas ke lebih 300,000 rumah turut terjejas, bermakna ramai penduduk terpaksa menghabiskan malam mereka dalam kesejukan.


Pihak berkuasa Jepun juga mengumumkan, sebuah kapal yang sebelum ini dilapor hilang, ditemui di laut dan semua 81 orang yang berada di dalamnya diselamatkan dengan menggunakan helikopter.


Gempa berukuran 8.9 magnitud itu yang melanda pada jam 2.46 petang (1.46 petang waktu Malaysia) selama dua minit menggegarkan bangunan di bandar raya Tokyo, kawasan bandar terbesar dunia dengan penduduk berjumlah 30 juta orang.


Bagaimanapun, dengan gempa bumi kecil yang sering berlaku di seluruh Jepun, negara itu adalah antara yang terbaik dalam membuat persediaan untuk berdepan dengan bencana sebesar kelmarin. - AFP

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Gegaran kuat selepas gempa

Posted: 12 Mar 2011 08:29 AM PST

TOKYO: Satu gegaran selepas gempa berukuran 6.8 magnitud melanda pantai timur Jepun awal pagi semalam, kata pakar gempa Amerika Syarikat.

Ia berlaku kurang 24 jam selepas satu gempa bumi besar melanda negara itu dan menyebabkan tsunami.


Menurut agensi Kaji Buimi Amerika, gegaran selepas gempa itu berlaku pada kedalaman 24 kilometer dan berpusat 174 kilometer ke tenggara bandar raya Sendai, kawasan paling teruk mengalami kemusnahan apabila tsunami setinggi 10 meter berlaku kelmarin. - AP

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Posted: 13 Mar 2011 01:12 AM PST

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Korban Tewas Miras Oplosan di Semarang 13 Orang

Posted: 13 Mar 2011 01:05 AM PST

SEMARANG - Korban tewas akibat minuman keras oplosan terus berjatuhan di Semarang, Jawa Tengah. Dua korban terakhir adalah warga Jalan Rowosari Wonosari Ngalian, yakni Suratin (47) dan Janoka (40). Keduanya tewas pada Minggu pagi tadi.

Istri almarhum Suratin, Semi (43) menuturkan, suaminya minta dipijiti karena merasa masuk angin berat dan tubuhnya lemas. "Dia mengeluh badannya sakit semua. Justru setelah digosok minyak angin sempat muntah. Karena kondisinya semakin parah, saya minta tetangga mengantar suami saya ke rumah sakit," ujar Semi, Minggu (13/3/2011).

Sayang, beberapa jam di rumah sakit, nyawa Suratin tak dapat tertolong lagi.

Teman korban Suratin, Harsono, juga mengalami sakit yang sama dengan korban. Kepala pusing dan perut mual. "Saya minum berlima, bersama Suratin, Janoka, Maliki, dan Miyarno. Suratin dan Janoka sudah tewas," ungkap Harsono.

Sementara itu Wakapolsek Ngalian AKP Sutarno mengungkapkan, pihaknya hingga kini sudah menerima laporan di wilayah hukumnya sudah ada dua orang yang tewas akibat miras oplosan. "Sudah ada laporan tentang dua 2 korban tewas akibat oplosan ke pihak kami. Sekarang kami sedang meminta pihak keluarga untuk mengizinkan unit identifikasi melakukan autopsi terhadap korban," kata Sutarno.

Total di Semarang sudah 13 orang yang tewas akibat miras oplosan dalam 10 hari terakhir.

(ton)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Diperiksa, Andika 'Kangen Band' Makan Nasi Rames

Posted: 13 Mar 2011 01:03 AM PST

JAKARTA - Hingga saat ini, vokalis Kangen Band Andika, masih diperiksa Badan Narkotika Nasional (BNN) karena diduga terlibat narkoba. Pada saat diperiksa, duda satu anak itu terlihat santai.

"Andika santai kok saat dilakukan pemeriksaan," ujar salah satu sumber yang tidak mau disebutkan namanya, saat ditemui di Direktorat IV Nakotika dan Kejahatan Terorganisir BNN, di Cawang, Jakarta Timur, Minggu (13/3/2011).

Ketika menjalani pemeriksaan, Andika menggunakan kaos berwarna pink, bercelana jins biru. Andika menolak dilakukan pemeriksaan jika tidak didampingi kuasa hukumnya, Ferry Juan.

"Andika mau diperiksa asal ada kuasa hukumnya. Makanya tadi Andika baru diperiksa setelah kuasa hukumnya datang mendampingi," imbuhnya.

Tak tahan didera lapar, Andika sempat menyantap nasi rames yang dipesannya di kantin BNN. Hal itu dilakukan sambil menunggu kedatangan Ferry Juan.

Ditegaskan sumber tersebut, dari pengakuan mantan suami Bunga ini tidak mengonsumsi barang haram berjenis ganja. "Menurut pengakuan Andika, tidak mengonsumsi ganja," tandasnya. (ang)(nsa)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Regional

Posted: 13 Mar 2011 01:03 AM PST

KOMPAS.com - Regional


Warga Mengeluh Bantuan Banjir Tak Merata

Posted: 13 Mar 2011 08:26 AM PDT

TANGSE, KOMPAS.com - Sebagian korban banjir bandang, khususnya di Desa Rantau Panyang dan Blang Pandak, Kecamatan Tangse, Pidie, Aceh, mengeluhkan penyaluran bantuan yang kurang merata, sehingga mereka kekurangan pangan.

Kepala Dusun-I Desa Rantau Panyang Hanafiah, Minggu, mengatakan, penyaluran bantuan hanya terkonsentrasi di posko pengungsian di Desa Layan dan Desa Pucok, sementara di desa lainnya kekurangan makanan.

Setiap pejabat yang datang memberikan bantuan tidak diterima Desa Rantau Panyang dan Blang Pandak, padahal mereka juga korban banjir bandang.

"Warga kecewa terhadap penyaluran bantuan yang tidak merata. Saat ini warga butuh makanan, pakaian dan obat-obatan, termasuk makanan bayi," katanya, Minggu (13/3/2011).

Warga Rantau Panyang berencana akan kembali ke desa mereka, walau sebagian besar sudah tidak punya tempat tinggal. Beberapa parpol dan pemerintah menyalurkan bantuan, tapi dipusatkan di pengungsian Layan.

Musibah yang terjadi sekitar pukul 23.30 WIB tersebut telah mengakibatkan 13 orang meninggal dan beberapa orang dilaporkan masih hilang.

Kepala BPBA Asmadi Syam melaporkan, kerusakan fisik akibat banjir bandang Tangse meliputi tujuh jembatan, enam sarana irigasi, 50 ha sawah, enam kilometer jalan kabupaten rusak parah, dua sekolah rusak, dua meunasah rusak, dua pesantren rusak.

"Semua fasilitas umum tersebut (termasuk sawah) berada di Gampong Peunalom I dan Peunalom II," kata Asmadi.

Sedangkan pendataan rumah yang rusak, baru dilakukan di dua gampong, yaitu Layan dan Blang Dalam. Total rumah hancur/hanyut yang sudah terdata sebanyak 47 unit, 84 rumah rusak berat, 27 rumah rusak ringan.

Bantuan terus mengalir dari berbagai pihak, termasuk dari Partai Golkar Aceh yang merencanakan penyalurannya, Minggu.

"Kita akan bantu 1 ton beras, 1.000 lembar kain sarung, 300 lembar baju daster, 200 lembar baju kaos, 100 kilogram minyak makan, 200 papan telur, dan mi instan," kata Ketua Partai Golkar Aceh Sulaiman Abda.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Miras Oplosan Makan Korban Lagi

Posted: 13 Mar 2011 07:51 AM PDT

Minuman Keras

Miras Oplosan Makan Korban Lagi

Penulis: K7-11 | Editor: A. Wisnubrata

Minggu, 13 Maret 2011 | 14:51 WIB

K7-11

Harsono sedang takziah di rumah Suryatin, Minggu (13/3). Ia adalah salah satu korban selamat, meski ikut minum minuman keras oplosan namun hanya satu gelas.

TERKAIT:

SEMARANG, KOMPAS.com - Korban minuman keras oplosan ternyata masih bertambah. Hari ini, ada satu warga lagi yang meninggal akibat menenggak miras oplosan. Suryatin, warga Kelurahan Wonosari, Kecamatan Ngaliyan, Semarang, meninggal dunia, Minggu (13/3/2011) setelah pergi bersama empat rekan lainnya minum minuman keras.

Kapolsek Ngaliyan, Kompol Slamet mengatakan bahwa pihaknya belum menyimpulkan Suryatin meninggal karena minuman keras. Namun berdasar keterangan pendukung, memang ada indikasi ke arah itu. "Saya menyarankan agar anggota keluarga mengijinkan polisi mengotopsi jenasah Suryatin untuk memastikan penyebab kematiannya," kata Kapolsek, Minggu (13/3).

Pihak keluarga sendiri keberatan dengan permintaan polisi. Menurut mereka, apapun penyebab kematiannya, mereka tetap harus mengikhlaskan. "Masak orang sudah meninggal mau di-edel-edel (diacak-acak) tubuhnya. Kang nggak menghormati namanya," kata salah satu anggota keluarga yang tak bersedia menyebutkan namanya.

Sementara itu, teman-teman Suryatin yang biasa minum miras bersama, mengaku ada yang kurang beres dalam kepergian mereka terakhir. Harsono (55), warga Mangkang Kulon RT3 RW4, salah satu korban selamat dari miras oplosan di kawasan Wonosari, mengatakan, biasanya ia bersama 5 temannya mampu menghabiskan 8 liter untuk berlima. Namun pada hari terakhir mereka minum, baru menghabiskan satu gelas saja sudah mual dan mau muntah.

"Saya lalu mengajak teman-teman pulang," kata Harsono. Bersama Maliki dan Miyarno, Harsono kemudian pulang. Tak diduga, Suryatin ternyata melanjutkan aksi mabuknya. Minggu pagi (13/3) Harsono dan teman-temannya yang selamat mendengar kalau Suryatin meninggal dunia.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Republika Online

Posted: 12 Mar 2011 11:36 PM PST

Republika Online


Sebagian Amerika Latin Rusak Karena Getaran Gempa Jepang

Posted: 13 Mar 2011 07:25 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Gelombang tsunami besar dari gempa bumi kuat di Jepang menghancurkan beberapa bangunan di pesisir Peru dan mengakibatkan banjir di beberapa tempat, Sabtu pagi (12/3), tetapi tidak banyak berpengaruh bagi negara-negara Pasisik Amerika Latin. Pihak berwenang sedang mempelajari dampak dari tsunami yang disebabkan gempa dahsyat 8,9 skala richter yang melanda Jumat di Jepang.

Pejabat pertahanan sipil di Peru telah memerintahkan evakuasi dari Pisco dan Paracas, dua kota di selatan Lima yang pernah terkena dampak tsunami pada 2007 serta Camara yang pernah mengalami bencana serupa pada 2001. Di Kota Pueblo Nuevo de Colan, di wilayah Piura sebelah utara, air laut menyurut hingga sekitar 200 meter dari pantai Sabtu pagi (12/3) sebelum kembali dengan kekuatan dan menghancurkan beberapa rumah di tepi pantai, kata Walikota Raymundo Dioses dilaporkan AFP.

Di pelabuhan selatan Pisco, laut meluap ke alun-alun kota dan merusak sekitar 300 rumah. Sekitar 400 orang bermalam di tenda di alun-alun pusat kota Pisco, kata Walikota Pisco Yeus Echegaray. Gelombang tsunami pertama diukur hampir 1,5 meter pada level tertingginya ketika mereka menerjang pukul 00.50 GMT Sabtu, kata angkatan laut Peru.

Tsunami besar menghidupkan kembali kenangan tsunami dahsyat Peru pada 1687 yang menghancurkan Callao, pelabuhan utama negara itu di barat Lima, bersama lusinan kota-kota di pesisir. Mengantisipasi kemungkinan terburuk, otoritas penjara telah mengosongkan penjara dengan pengamanan maksimum di Callao yang dihuni pendiri Shining Path Abimael Guzman, pemimpin senior gerilya Tupac Amaru, dan Vladimiro Montesinos, seorang pembantu utama mantan presiden Alberto Fujimori. Pejabat penjara mengatakan, para tahanan akan kembali ke fasilitas berkeamanan maksimum itu pada Sabtu (12/3).

Di Ekuador, perusahaan minyak yang dikelola negara, Petroecuador, mengatakan kembali mengekspor minyak mentah dan mengimpor bahan bakar mulai pukul 05.00 GMT Sabtu setelah menghentikan operasi Jumat karena ancaman tsunami. Presiden Rafael Correa melaporkan, hanya kerusukan minimum akibat tsunami dan tidak ada korban jiwa.

Sebuah gelombang badai menghantam pulau San Cristobal di rantai Pulau Galapagos Ekuador 1000 km (600 mil) barat daratan itu dan menyebabkan banjir, kata Correa. Para pejabat telah memerintahkan hampir 243.000 orang diungsikan dari daerah pesisir Ekuador dan Kepulauan Galapagos.

Lebih jauh ke selatan di Chili--yang belum pulih dari gempa berkekuatan 8,8 skala ricther dan tsunami yang melanda negara itu pada Februari 2010--Presiden Sebastian Pinera mengatakan bahwa evakuasi pantai telah ia perintahkan untuk penyelematan.

"Ketika itu datang ke kehidupan manusia, yang terbaik bertindak preventif," Pinera mengatakan usai menangguhkan peringatan tsunami.

Sebagian besar dari 524 orang yang meninggal dalam gempa Chili 2010 dibunuh oleh gelombang raksasa yang menyapu dusun sepanjang pesisir. Kritikus mengecam pemerintah karena keterlambatan dalam mengeluarkan peringatan tsunami dan perintah evakuasi.

Pada hari Sabtu tsunami melanda Dichato, sekitar 400 km sebelah selatan Santiago, sebuah kota yang sudah rusak berat akibat gempa 2010. Tsunami menghempas sekitar 100 meter daratan di Dichato, dan 10 perahu rusak, sekitar 20 lainnya terlepas dari tambatan di pulau terdekat Chiloe, kata para pejabat.

Meksiko melaporkan gelombang sampai dengan 70 cm diatas normal melanda, namun tidak ada kerusakan atau korban. Kematian yang diketahui hanya seorang Amerika yang hanyut saat mencoba mengambil gampar di sebuah pantai di Kalifornia.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

30 Mahasiswa Australia Belajar ke ISI Denpasar

Posted: 13 Mar 2011 07:18 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR - Sekitar 30 mahasiswa dari University of Western Australia (UWA) akan mengikuti proses belajar mengajar di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar sebagai realisasi kerja sama antardua lembaga pendidika tinggi seni itu. "Program pertukaran mahasiswa yang didampingi sejumlah dosen pembimbing dari negeri kangguru itu berlangsung sedikitnya tiga minggu pada Juni mendatang, sebagai upaya meningkatkan wawasan," kata Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Wayan Rai S di Denpasar, Ahad (13/3).

Ia mengatakan, program pertukaran mahasiswa merupakan salah satu dari penjabaran kerja sama antara ISI Denpasar dan University of Western Australia yang ditandatangani di negeri itu, 28 Februari 2011. Prof Rai antara lain bersama Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Denpasar Dra Ni Made Rinu, MSi menandatangani naskah yang menguntungkan kedua belah pihak dalam upaya memajukan lembaga pendidikan tinggi seni lintas negara.

Kerja sama kali ini menitikberatkan pada FSRD ISI Denpasar dengan Fakultas Arsitektur, Landscape, dan Visual Arts UWA. Kerja sama perguruan tinggi seni antarnegara itu sebagai upaya meningkatkan banyaknya jaringan dengan lembaga pendidikan tinggi seni di mancanegara guna memantapkan keberadaan ISI Denpasar.

Jalinan kerja sama antara ISI Denpasar dengan UWA, sekaligus bukti, bahwa masyarakat internasional sangat mencintai ISI Denpasar. Kerja sama itu tidak hanya di atas kertas, namun diimplementasikan dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

Prof Rai menjelaskan, puluhan mahasiswa dari Australia itu selama proses belajar mengajar akan tinggal dengan masyarakat umum di sekitar kampus, dengan harapan dapat mengetahui sekaligus mempelajari kehidupan seni budaya Bali. Ke depan mahasiswa dan dosen ISI diharapkan juga mengikuti program serupa di UWA.

Untuk itu mahasiswa dan dosen yang betul-betul berminat perlu melakukan persiapan guna mengikuti program pertukaran dengan perguruan tinggi tersebut. "Bagi mahasiswa dan dosen yang betul-betul berminat segera mendaftarkan diri kepada ketua jurusan masing-masing, sekaligus mempersiapkan diri dalam penguasaan bahasa Inggris," harap Prof Rai.

Lembaga akan mendukung dengan merencanakan bidang pendanaan, dengan harapan mahasiswa dan dosen dapat mengikuti program tersebut dengan baik. Dari kerja sama itu para dosen dan mahasiswa dari kedua lembaga pendidikan tinggi itu dapat mengisi 'content' dengan memajang karyanya di portal yang dinamakan 'truly bagus'.

Kegiatan tersebut merupakan sebuah 'bridge of culture' (jembatan kebudayaan) yang bermakna estetika yang tinggi dalam dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan Indonesia. Tujuan pembuatan website tersebut sebagai media promosi agar masyarakat internasional secara umum maupun masyarakat Indonesia dan Australia dapat melihat karya mahasiswa dan dosen dari kedua lembaga pendidikan tinggi seni tersebut, ujar Prof Rai.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Republika Online

Posted: 12 Mar 2011 11:32 PM PST

Republika Online


Sebagian Amerika Latin Rusak Karena Getaran Gempa Jepang

Posted: 13 Mar 2011 07:25 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Gelombang tsunami besar dari gempa bumi kuat di Jepang menghancurkan beberapa bangunan di pesisir Peru dan mengakibatkan banjir di beberapa tempat, Sabtu pagi (12/3), tetapi tidak banyak berpengaruh bagi negara-negara Pasisik Amerika Latin. Pihak berwenang sedang mempelajari dampak dari tsunami yang disebabkan gempa dahsyat 8,9 skala richter yang melanda Jumat di Jepang.

Pejabat pertahanan sipil di Peru telah memerintahkan evakuasi dari Pisco dan Paracas, dua kota di selatan Lima yang pernah terkena dampak tsunami pada 2007 serta Camara yang pernah mengalami bencana serupa pada 2001. Di Kota Pueblo Nuevo de Colan, di wilayah Piura sebelah utara, air laut menyurut hingga sekitar 200 meter dari pantai Sabtu pagi (12/3) sebelum kembali dengan kekuatan dan menghancurkan beberapa rumah di tepi pantai, kata Walikota Raymundo Dioses dilaporkan AFP.

Di pelabuhan selatan Pisco, laut meluap ke alun-alun kota dan merusak sekitar 300 rumah. Sekitar 400 orang bermalam di tenda di alun-alun pusat kota Pisco, kata Walikota Pisco Yeus Echegaray. Gelombang tsunami pertama diukur hampir 1,5 meter pada level tertingginya ketika mereka menerjang pukul 00.50 GMT Sabtu, kata angkatan laut Peru.

Tsunami besar menghidupkan kembali kenangan tsunami dahsyat Peru pada 1687 yang menghancurkan Callao, pelabuhan utama negara itu di barat Lima, bersama lusinan kota-kota di pesisir. Mengantisipasi kemungkinan terburuk, otoritas penjara telah mengosongkan penjara dengan pengamanan maksimum di Callao yang dihuni pendiri Shining Path Abimael Guzman, pemimpin senior gerilya Tupac Amaru, dan Vladimiro Montesinos, seorang pembantu utama mantan presiden Alberto Fujimori. Pejabat penjara mengatakan, para tahanan akan kembali ke fasilitas berkeamanan maksimum itu pada Sabtu (12/3).

Di Ekuador, perusahaan minyak yang dikelola negara, Petroecuador, mengatakan kembali mengekspor minyak mentah dan mengimpor bahan bakar mulai pukul 05.00 GMT Sabtu setelah menghentikan operasi Jumat karena ancaman tsunami. Presiden Rafael Correa melaporkan, hanya kerusukan minimum akibat tsunami dan tidak ada korban jiwa.

Sebuah gelombang badai menghantam pulau San Cristobal di rantai Pulau Galapagos Ekuador 1000 km (600 mil) barat daratan itu dan menyebabkan banjir, kata Correa. Para pejabat telah memerintahkan hampir 243.000 orang diungsikan dari daerah pesisir Ekuador dan Kepulauan Galapagos.

Lebih jauh ke selatan di Chili--yang belum pulih dari gempa berkekuatan 8,8 skala ricther dan tsunami yang melanda negara itu pada Februari 2010--Presiden Sebastian Pinera mengatakan bahwa evakuasi pantai telah ia perintahkan untuk penyelematan.

"Ketika itu datang ke kehidupan manusia, yang terbaik bertindak preventif," Pinera mengatakan usai menangguhkan peringatan tsunami.

Sebagian besar dari 524 orang yang meninggal dalam gempa Chili 2010 dibunuh oleh gelombang raksasa yang menyapu dusun sepanjang pesisir. Kritikus mengecam pemerintah karena keterlambatan dalam mengeluarkan peringatan tsunami dan perintah evakuasi.

Pada hari Sabtu tsunami melanda Dichato, sekitar 400 km sebelah selatan Santiago, sebuah kota yang sudah rusak berat akibat gempa 2010. Tsunami menghempas sekitar 100 meter daratan di Dichato, dan 10 perahu rusak, sekitar 20 lainnya terlepas dari tambatan di pulau terdekat Chiloe, kata para pejabat.

Meksiko melaporkan gelombang sampai dengan 70 cm diatas normal melanda, namun tidak ada kerusakan atau korban. Kematian yang diketahui hanya seorang Amerika yang hanyut saat mencoba mengambil gampar di sebuah pantai di Kalifornia.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

30 Mahasiswa Australia Belajar ke ISI Denpasar

Posted: 13 Mar 2011 07:18 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR - Sekitar 30 mahasiswa dari University of Western Australia (UWA) akan mengikuti proses belajar mengajar di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar sebagai realisasi kerja sama antardua lembaga pendidika tinggi seni itu. "Program pertukaran mahasiswa yang didampingi sejumlah dosen pembimbing dari negeri kangguru itu berlangsung sedikitnya tiga minggu pada Juni mendatang, sebagai upaya meningkatkan wawasan," kata Rektor ISI Denpasar Prof Dr I Wayan Rai S di Denpasar, Ahad (13/3).

Ia mengatakan, program pertukaran mahasiswa merupakan salah satu dari penjabaran kerja sama antara ISI Denpasar dan University of Western Australia yang ditandatangani di negeri itu, 28 Februari 2011. Prof Rai antara lain bersama Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Denpasar Dra Ni Made Rinu, MSi menandatangani naskah yang menguntungkan kedua belah pihak dalam upaya memajukan lembaga pendidikan tinggi seni lintas negara.

Kerja sama kali ini menitikberatkan pada FSRD ISI Denpasar dengan Fakultas Arsitektur, Landscape, dan Visual Arts UWA. Kerja sama perguruan tinggi seni antarnegara itu sebagai upaya meningkatkan banyaknya jaringan dengan lembaga pendidikan tinggi seni di mancanegara guna memantapkan keberadaan ISI Denpasar.

Jalinan kerja sama antara ISI Denpasar dengan UWA, sekaligus bukti, bahwa masyarakat internasional sangat mencintai ISI Denpasar. Kerja sama itu tidak hanya di atas kertas, namun diimplementasikan dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

Prof Rai menjelaskan, puluhan mahasiswa dari Australia itu selama proses belajar mengajar akan tinggal dengan masyarakat umum di sekitar kampus, dengan harapan dapat mengetahui sekaligus mempelajari kehidupan seni budaya Bali. Ke depan mahasiswa dan dosen ISI diharapkan juga mengikuti program serupa di UWA.

Untuk itu mahasiswa dan dosen yang betul-betul berminat perlu melakukan persiapan guna mengikuti program pertukaran dengan perguruan tinggi tersebut. "Bagi mahasiswa dan dosen yang betul-betul berminat segera mendaftarkan diri kepada ketua jurusan masing-masing, sekaligus mempersiapkan diri dalam penguasaan bahasa Inggris," harap Prof Rai.

Lembaga akan mendukung dengan merencanakan bidang pendanaan, dengan harapan mahasiswa dan dosen dapat mengikuti program tersebut dengan baik. Dari kerja sama itu para dosen dan mahasiswa dari kedua lembaga pendidikan tinggi itu dapat mengisi 'content' dengan memajang karyanya di portal yang dinamakan 'truly bagus'.

Kegiatan tersebut merupakan sebuah 'bridge of culture' (jembatan kebudayaan) yang bermakna estetika yang tinggi dalam dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan Indonesia. Tujuan pembuatan website tersebut sebagai media promosi agar masyarakat internasional secara umum maupun masyarakat Indonesia dan Australia dapat melihat karya mahasiswa dan dosen dari kedua lembaga pendidikan tinggi seni tersebut, ujar Prof Rai.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi news.okezone.com

Posted: 12 Mar 2011 11:18 PM PST

Sindikasi news.okezone.com


Potongan Tangan Bayi Ditemukan di Sungai

Posted: 12 Mar 2011 11:10 PM PST

BANYUMAS- Potongan tangan kanan bayi ditemukan warga di Kali Bener, Kelurahan Karangpucung, Kecamatan Purwokerto Selatan, Banyumas, Jawa Tengah.

Saat ditemukan kondisi tangan bayi yang diperkirakan berumur baru beberapa hari ini sudah bercampur dengan sampah di sungai. Potongan tangan bayi ini juga ditemukan dalam kondisi tidak terbungkus.

Penemuan potongan tangan bayi ini sendiri sempat menggegerkan warga sekitar karena lokasinya tak jauh dari jalan raya. Aparat Polres Banyumas yang datang ke lokasi kejadian langsung melakukan pemeriksaan tempat kejadian perkara.

Menurut saksi kejadian, Neni (42) warga setempat mengatakan, saat itu dirinya sedang mencari rongsokan sampah di Kali Bener. Namun mereka berdua dikejutkan dengan penemuan potongan tangan bayi yang terapung diantara tumpukan sampah.

"Seperti biasa saya tiap pagi cari rongsokan sampah yang mengendap di sungai, tapi saya justru dikagetkan dengan adanya potongan tangan kanan bayi di tumpukan sampah. Saya langsung teriak panggil tetangga," ujar Neni, Minggu (13/3/2011). 

Kini potongan tangan bayi tersebut berada di ruang jenazah Rumah Sakit Margono Soekarjo Purwokerto. Berdasarkan hasil visum dokter rumah sakit, pada potongan tangan bayi terlihat bekas irisan rapi pada bagian atas lengannya. Hingga kini, aparat Polres Banyumas masih menyelidiki kasus penemuan potongan tangan bayi ini apakah terkait mutilasi atau tidak.
 

(Saladin Ayyubi/Global/crl)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Bantu Korban Gempa Jepang, Tim PMI Berangkat Besok

Posted: 12 Mar 2011 10:04 PM PST

JAKARTA - Tim Palang Merah Indonesia (PMI) akan membantu para korban bencana gempa dan tsunami di Jepang. Tim rencananya akan berangkat Senin besok.

Sekjen PMI Budi Adiputro menuturkan pihaknya sudah menyiapkan 10 sampai 20 orang terlatih untuk diberangkatkan besok. Tim memiliki tugas yakni membantu evakuasi para WNI serta para korban gempa dan tsunami warga Jepang lainnya.

"Mereka yang diberangkatkan ini relawan terlatih, tim medis dan lainnya," ungkap Budi di sela rapat koordonasi di Gedung PMI, Jakarta, Minggu (13/3/2011).

Untuk membahas rencana itu, PMI menggelar rapat koordinasi hari ini sejak pukul 11.00 WIB. Rapat dipimpin Ketua PMI Sumarsono dan dihadiri perwakilan International Committee of the Red Cross (ICRC).

Sedangkan rapat ini tidak dihadiri oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla yang masih berada di Tokyo Jepang. Rencananya JK akan tiba di tanah air sekitar pukul 17.20 WIB dengan pesawat Garuda Indonesia 885.

Menurut Budi, JK sudah berkomunikasi langsung dengan Ketua ICRC yang juga berasal dari Jepang. Dalam percakapan tersebut, JK menjanjikan bantuan PMi untuk korban bencana mahadahsyat itu.

(Iman Rosidi/Trijaya/ton)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Internasional

Posted: 12 Mar 2011 09:26 PM PST

KOMPAS.com - Internasional


Reaktor Kedua PLTN Fukushima Mungkin Hancur

Posted: 13 Mar 2011 03:57 AM PDT

Tsunami Jepang

Reaktor Kedua PLTN Fukushima Mungkin Hancur

Penulis: Hindra Liu | Editor: Heru Margianto

Minggu, 13 Maret 2011 | 10:57 WIB

IWAKI, KOMPAS.com — Juru Bicara Pemerintah Jepang Yukio Edano, Minggu (13/3/2011), menyatakan, reaktor kedua di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi yang dioperasikan Tokyo Electric Power Co (Tepco) diduga dapat mengalami kehancuran parsial setelah diguncang gempa berkekuatan 8,9 skala Richter pada Jumat lalu.

Pemerintah Jepang telah mempersiapkan langkah antisipasi dini terhadap ancaman radiasi yang ditimbulkan. "Kehancuran parsial sangat mungkin terjadi. Kami memang tidak dapat secara langsung memeriksa bagian dalam reaktor, namun kami telah mengambil langkah-langkah dengan asumsi reaktor tersebut mengalami kehancuran parsial," kata Edano kepada wartawan.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi potensi tingkat radiasi yang ditimbulkan akibat kemungkinan terjadinya kerusakan parsial tersebut. Belum ada informasi pula terkait adanya peningkatan pengosongan wilayah di sekitar PLTN.

Hingga saat ini, 170.000 orang pada wilayah dalam radius 20 kilometer telah dievakuasi. Pakar nuklir Rusia, Yaroslov Shtrombakh, mengatakan, kebocoran reaktor nuklir itu dipastikan tidak akan separah yang pernah terjadi di Chernobyl, Rusia, pada tahun 1986. 

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pulau Honshu Bergeser 2,4 Meter

Posted: 13 Mar 2011 03:39 AM PDT

Gempa Jepang

Pulau Honshu Bergeser 2,4 Meter

Penulis: Hindra Liu | Editor: A. Wisnubrata

Minggu, 13 Maret 2011 | 10:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gempa berkekuatan 8,9 skala Richter yang mengguncang Jepang telah menggeser Pulau Honshu sejauh delapan kaki atau sekitar 2,4 meter dari posisinya semula. Demikian disampaikan US Geological Survey (USGS), Sabtu (12/3/2011).

"Itu adalah angka yang masuk akal," ujar ahli seismologi dari USGS, Paul Earle. Dikatakan Earle, pergeseran juga seharusnya terjadi di pulau-pulau di Indonesia dan Cile yang terkena imbas tsunami Jepang.

Lazimnya, lempengan Pasifik bergeser sekitar 83 milimeter setiap tahunnya. Namun, gempa besar dapat menggeser lempengan Pasifik secara drastis, yang disusul dengan konsekuensi katastropik.

Gempa bumi yang diikuti tsunami telah memorak-porandakan kota-kota yang berada di wilayah timur laut Jepang. Perdana Menteri Naoto Kan mengatakan, gempa kali ini merupakan bencana nasional yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Gempa juga menyebabkan kebocoran pada bangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi yang dioperasikan Tokyo Electric Power Co atau Tepco, Sabtu. Hingga kini, warga yang berada pada radius 20 kilometer telah diungsikan.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPASentertainment

Posted: 12 Mar 2011 09:07 PM PST

KOMPASentertainment


Hantu Plus Sensasi Tubuh

Posted: 13 Mar 2011 03:30 AM PDT

Mawar Kusuma

KOMPAS.com — Film horor Indonesia tengah ramai diputar di bioskop. Sensasi tubuh masih menjadi suguhan utama, selain tentunya adegan yang dimaksud untuk membuat penonton "takut".

Bioskop 21 Slipi Jaya pada Minggu memutar tiga film Indonesia dan semuanya adalah film horor, yaitu Arwah Goyang Jupe Depe, Pocong Ngesot, dan Jenglot Pantai Selatan. Ketiga film horor tersebut pada awal Maret lalu juga diputar di beberapa bioskop lain, seperti di Blok M Square dan Atrium Senen.

Alih-alih dibuat takut, mayoritas penonton justru pulang dengan tertawa cekikikan atau mengomentari tubuh-tubuh seksi yang terus dimunculkan di hampir semua sekuel film. Hantu-hantu seolah hanya menjadi bumbu, sedangkan kemunculan perempuan seksi sebagai menu utamanya.

Film Arwah Goyang Jupe Depe yang sebelumnya diberi judul Arwah Goyang Karawang, misalnya, sarat dengan tontonan tubuh Julia Perez dan Dewi Perssik sebagai pemeran utama. Mereka bergoyang dalam balutan kain supertipis. Termasuk goyang gergaji ala Dewi Persik.

Jurus serupa juga ditampilkan Pocong Ngesot yang menampilkan pesona gadis-gadis belia. Mereka tampil hanya berbalut handuk atau pakaian tidur mini ketika si hantu pocong ngesot tiba-tiba muncul dan membuat gadis-gadis cantik ini lari terbirit-birit.

Lebih sensasional lagi adalah Jenglot Pantai Selatan yang menampilkan puluhan gadis seksi dalam balutan bikini. Lokasi shooting di pantai selatan dengan hamparan luas pasir dan deburan suara ombak menjadikan kehadiran gadis-gadis berbikini ini seolah menjadi wajar. Bisa dikatakan rasa horor dalam film ini hanya 10 persen, sedangkan 90 persen bikini.

Walau belum bisa diandalkan secara kualitas, penonton film horor ternyata cukup antusias. Seorang penonton remaja, Dian (18), mengaku menggemari film horor karena menghibur dan bisa dinikmati bersama rekan-rekannya.

Dalam catatan peneliti film horor Indonesia, Veronica Kusumaryati, jumlah penonton film horor Indonesia sempat mencapai puncaknya pada tahun 2005-2006. Film karya Rizal Mantovani berjudul Kuntilanak pada 2006 bahkan berhasil meraup penonton tertinggi sebanyak 1,5 juta orang. Dengan kata lain, horor itu menghibur.

Membingungkan

Meski penonton dijamu dengan "keindahan" gambar, jalan cerita dari setiap film horor tersebut cenderung membingungkan. Kisah dan alur cerita sering kali tidak logis. Film menyodorkan sosok hantu dan monster secara berlebihan dengan frekuensi penampakan kelewat sering.

Hingga akhir cerita, tidak ada penjelasan kenapa hantu pocong yang biasanya berjalan melompat-lompat tiba-tiba berubah ngesot di film Pocong Ngesot. Setelah membalas dendam kematiannya, hantu perempuan di film Arwah Goyang Jupe Depe diceritakan menuju Bandara Soekarno-Hatta untuk ikut tur tari ke Eropa.

Jauh dari kata menegangkan, penonton film Jenglot Pantai Selatan dibuat tertawa terbahak-bahak ketika pemain utama perempuan, Temmi, berhasil memasukkan jenglot ke dalam karung plastik dan memukulinya menggunakan wajan. Ketika si jenglot bisa kabur dari karung, Temmi pun mencoba membuat jebakan dengan umpan daging ayam untuk memasukkan jenglot ke dalam alat pemanggang daging. Jenglot masuk perangkap dan dibakar di dalam microwave.

Jenglot memilih raga Temmi untuk menjadi rumah barunya. Film berakhir dengan kebingungan di benak penonton. Kenapa jenglot memilih merasuk ke tubuh Temmi dibanding banyak gadis seksi lain yang sudah dimangsanya. Seusai pemutaran film perdana di fX pada Rabu (16/2), pemeran sang dukun baru menjelaskan bahwa jenglot mencari gadis perawan.

Hantu dari masa ke masa

Kehadiran hantu yang menegangkan diramu dengan adegan komedi. Itu merupakan cara paling mudah mengundang gelak tawa penonton. Jurus lain lagi adalah dengan menghadirkan pemeran waria seperti di film Arwah Goyang Jupe Depe dan Pocong Ngesot. Sutradara Rizal Mantovani mencoba menghadirkan yang berbeda lewat kehadiran sosok jenglot sebagai monster pembunuh. Film ini dirancang menyerupai film Barat tentang monster hiu atau monster piranha.

Hantu-hantu dalam film horor kita dari masa ke masa kurang lebih sama. Hasil penelitian Veronica menunjukkan, 49 persen jenis hantu dalam film horor Indonesia dari tahun 1926-1998 didominasi kuntilanak dan arwah perempuan. Dominasi kuntilanak dan arwah perempuan itu meningkat 66 persen pada 1998-2008. Sisanya, film horor banyak menggunakan tokoh hantu pocong dan hantu anak-anak.

Hingga tahun ini, formula yang sama pun masih digunakan untuk "menakut-nakuti" penonton. Belakangan muncul apa yang disebut Rizal Mantovani sebagai legenda urban. Lokasi beroperasinya para hantu di daerah perkotaan. Suster Ngesot (2007) Terowongan Casablanca (2007), Hantu Ambulans (2008) adalah beberapa contoh legenda urban. Kini Rizal Mantovani memunculkan monster jenis baru seperti jenglot.

Ditilik dari sejarahnya, pembuatan film horor di Indonesia dimulai sejak tahun 1934 dengan lahirnya film Ouw Peh Tjoa (Doea Siloeman Oeler Poeti en Item). Film horor berlatar belakang cerita Tionghoa mendominasi bioskop Indonesia hingga tahun 1969, kemudian film horor lokal diproduksi.

Salah satu film horor yang cukup menghebohkan adalah Beranak dalam Kubur (1971) yang dibintangi Suzanna. Film dengan judul sama dibuat tahun 2007 dengan melibatkan Julia Perez sebagai sosok hantu.

Memasuki tahun 2007 dalam penelitian Veronica, produsen film horor kembali ke trik lama di era tahun 1990-an, yaitu dengan menonjolkan seksualitas dan komedi. Pesona raga dianggap sebagai pesona mata paling ampuh. Rizal Mantovani mengakui sengaja menampilkan gadis-gadis seksi dalam Jenglot Pantai Selatan demi menarik minat penonton.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kisah Lengkap Penangkapan Kangen Band Cs

Posted: 13 Mar 2011 01:40 AM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Narkotika Nasional memeriksa 10 orang yang dibawa dari markas sekaligus rumah dan tempat latihan grup Kangen Band di Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (12/3/2011) dini hari. Dari 10 orang yang dibawa aparat BNN, tiga di antaranya adalah personel Kangen Band.

Di markas grup band itu, petugas BNN menemukan puluhan gram ganja kering yang sebagian sudah dilinting dan tanaman ganja di dalam pot.

Kepala Bagian Humas dan Dokumentasi BNN Sumirat Dwiyanto, yang dihubungi kemarin, membenarkan adanya penangkapan itu. Menurut Sumirat, 10 orang itu ditangkap karena mereka diduga terkait kepemilikan ganja atau pemakaian narkoba itu. Di antara orang yang ditangkap itu terdapat personel Kangen Band, sisanya adalah kru dan tamu grup band tersebut.

Manajer Kangen Band Sujana yang dihubungi Sabtu malam mengakui, tiga personel band mereka dibawa oleh aparat BNN dari tempat latihan Kangen Band di Cibubur, Jakarta Timur. Ketiga personel itu adalah Andika, Izzy, dan Bebe. "Tetapi, tadi saya dapat kabar, Bebe sudah boleh keluar. Jadi, yang masih diperiksa adalah Andika dan Izzy," katanya.

Sujana menyatakan, mereka kaget dan terkejut dengan kejadian tersebut karena tempat latihan itu terbuka dan kerap dikunjungi teman-teman Kangen Band. Akibat penangkapan itu, pihak manajemen kini harus menjadwal ulang rencana manggung grup band tersebut.

Pulang manggung Sebelum ditangkap, Jumat malam lalu, Kangen Band mengisi acara di Bekasi. Seusai manggung, Andika dan beberapa personel Kangen Band serta krunya pulang ke tempat latihan mereka di Cibubur.

Menurut Sujana, Andika dan Izzy tinggal di tempat latihan di Cibubur. Malam itu mereka dikunjungi tamu. Sementara Bebe menyusul ke Cibubur malam itu karena akan menyimpan peralatan band.

Dari informasi penyidik BNN, aparat BNN masuk dan memeriksa base camp grup band itu menyusul informasi dan laporan dari warga yang mencurigai pemakaian narkoba di tempat latihan itu. Namun, saat ditangkap di tempat latihan, mereka tidak sedang mengonsumsi narkoba.

Akan tetapi, aparat BNN mendapati barang bukti berupa bungkusan dan lintingan kertas berisi ganja kering di dalam rumah itu. Berat keseluruhan ganja tersebut diperkirakan mencapai 30 gram. Aparat BNN juga menemukan pohon ganja dalam pot di tempat latihan tersebut.

Menurut Sumirat, ke-10 orang itu dibawa ke BNN untuk mengetahui keterlibatan masing- masing. (COK)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Mancanegara

Posted: 12 Mar 2011 09:02 PM PST

ANTARA - Mancanegara


Korban Gempa-Tsunami Jepang Hampir 900

Posted: 12 Mar 2011 07:25 PM PST

Tokyo (ANTARA News) - Jumlah korban tewas akibat gempa dan tsunami di wilayah pantai timur laut Jepang hampir mencapai 900, kata kepolisian setempat, Ahad.

Dinas Kepolisian Nasional mengatakan bahwa 688 orang dipastikan tewas,a 642  hilang dan 1.570 terluka dalam bencana yang terjadi pada Jumat siang itu (11/3).

Angka perhitungan kepolisian nasional itu tidak mencakup jumlah kematian yang dihitung kepolisian kota Sendai, yang mengatakan sedikit-dikitnya 200 telah ditemukan.

Juru bicara Perdana Menteri Naoto Kan sekaligus tangan kanannya, Kepala Sekretaris Kabinet Yukio Edano, sebelumnya menyampaikan keyakinannya tentang jumlah korban yang mungkin telah mencapai lebih dari 1.000 orang.

Di tengah upaya penyelamatan massal, terdapat sejumlah laporan terbaru yang menunjukkan bertambahnya jumlah korban di sepanjang pantai timur Pulau Honshu, tempat gelombang bencana itu menghancurkan atau merusak lebih dari 12.250 rumah dan bangunan lain.

Sedikit-dikitnya 2.400 rumah tersapu oleh tsunami itu, sementara lebih dari 100 rumah lagi terbakar, menurut kepolisian, yang menambahkan terjadinya 60 kasus tanah longsor.
(KR-PPT/C003)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Gempa 6,2 SR Guncang Honshu, Jepang

Posted: 12 Mar 2011 06:54 PM PST

Lokasi gempa di Jepang dalam peta (Antara News/usgs)

Berita Terkait

Beijing (ANTARA News) - Gempa dengan kekuatan 6,2 pada skala richter pada pukul 07:24 waktu setempat Ahad mengguncang daerah di dekat pantai timur Honshu, Jepang, demikian keterangan Pusat Jaringan Gempa Bumi China.

Pusat gempa, yang berada pada kedalaman 20 kilometer, dipantau berada di 38 derajat Lintang Utara dan 141,8 derajak Bujur Timur, kata pusat tersebut di dalam satu pernyataan.

Lebih dari 20 gempa kuat dan sedang telah mengguncang wilayah tersebut dalam 10 jam sampai Ahad dinihari.

Di tengah serangkaian gempa kuat dan sedang yang mengguncang lepas pantai timur Honshu sejak Jumat (11/3), reaktor No.6 di Fukushima telah kehilangan sistem pendinginnya, demikian laporan Kantor Berita Kyodo, Ahad.

Ledakan terjadi di pembangkit listrik tenaga nuklir No.1 Fukushima pada Sabtu, sehingga membuat panik warga. Tapi Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yukio Edano, Sabtu larut malam, mengatakan pemilik dan operator instalasi bertenaga nuklir tersebut, Tokyo Electric Power Co., telah mengkonfirmasi instalasi yang menampung reaktor tersebut masih kokoh.

Menurut laporan Kyodo pada Ahad, 15 orang di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima terpajan readio aktif.

Namun, seorang pejabat di lembaga keselamatan nuklir Jepang sebelumnya mengatakan jumlah orang yang terpajan terhadap radiasi akibat peristiwa itu dapat mencapai 70 sampai 160 orang.

(C003/A016/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

The Malaysian Insider :: World

Posted: 12 Mar 2011 07:35 PM PST

The Malaysian Insider :: World


Jewish couple and three children killed in West Bank

Posted: 12 Mar 2011 06:20 PM PST

Volunteers carry the dead bodies of two of the three children who were killed together with their parents in their house by a Palestinian infiltrator in the Jewish settlement in the West Bank. — Reuters pic

ITAMAR, West Bank, March 13 — A Jewish couple and three of their children were stabbed to death in bed in a West Bank settlement in what Israeli officials said today was an attack by one or more Palestinians who broke into their home.

Israeli troops set up roadblocks and were searching the area around the Jewish religious settlement of Itamar, near the Palestinian city of Nablus, for the killer or killers.

In a televised speech, Prime Minister Benjamin Netanyahu expressed shock that the parents and three of their children — including a baby — were "brutally murdered on Sabbath eve while sleeping."

"I instructed our security forces to make all efforts to find the murderers and we will not rest until we find them and bring them to justice," he said.

The office of US President Barack Obama said: "There is no possible justification for the killing of parents and children in their home. We call on the Palestinian Authority to unequivocally condemn this terrorist attack."

Palestinian President Mahmoud Abbas later put out a statement condemning "all acts of violence against civilians, regardless of who carried them out and their motives."

Netanyahu, who spoke with Abbas by phone, said the statements by the Palestinian leadership were not enough and that it must take action to end incitement against Israelis in Palestinian schools, mosques and media.

The Quartet of Middle East mediators also condemned the killings and said it "welcomes the strong condemnation of this attack by President Abbas and the Palestinian leadership."

The grouping of the United States, European Union, Russia and the United Nations stressed the need "to expedite efforts to achieve Israeli-Palestinian and comprehensive Arab-Israeli peace."

No group claimed responsibility for the attack but the Hamas Islamists who rule the Gaza Strip said they offered their "full support" to any actions taken against settlers in occupied territory.

But a senior figure in Hamas's exiled leadership in Syria, Izzat al-Rishq, said, "We had nothing to do with it."

The attack may complicate efforts to restart peace talks, which are frozen in arguments over whether Israel should first stop building in settlements on occupied land, which the World Court deems illegal under international law.

Kabha Ma'awiyeh, one of the first paramedics to arrive on the scene, said the family members had been stabbed in bed and pools of blood had collected on the floor.

Colonel Nimrod Aloni, the Israeli army's division commander for the area, told reporters that troops were searching nearby Palestinian villages and that it could take days before the attacker or attackers were found.

Violence in the West Bank has dropped significantly since its peak during a Palestinian uprising a decade ago.

Tensions had risen earlier in the week when Israeli troops fired live rounds at Palestinians after they clashed with settlers. Ten Palestinians and one Israeli were wounded in the confrontation.

Netanyahu, in what appeared to be a warning to settlers not to launch revenge attacks, urged Israelis not to take the law into their own hands after the killings.

Israel has been loosening restrictions on the movement of Palestinians and goods in the occupied territory but maintains a system of roadblocks and checkpoints.

The army has also limited the scope of its raids against suspected militants in Palestinian towns and villages, handing over some responsibility to Palestinian security forces.

Israeli officials have said Netanyahu, who insists on keeping an Israeli military presence along the West Bank's eastern border with Jordan in any peace deal, is weighing fresh steps to move the diplomatic process forward.

Israeli media have reported his moves could include a proposal for a Palestinian state inside temporary borders, an option Palestinian leaders have rejected.

According to the settlers' Yesha council, about 100 families live in Itamar. There was a similar attack on the settlement in 2002, when a gunman broke into a house and opened fire, killing four members of one family and a neighbor. — Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Radiation levels rise above limit at quake-hit plant

Posted: 12 Mar 2011 05:59 PM PST

The damaged roof of reactor number No. 1 at the Fukushima Daiichi nuclear plant is seen in this handout photo released by Tokyo Electric Power Company (Tepco) in Fukushima Prefecture, northeastern Japan. — Reuters pic

TOKYO, March 13 — Radiation levels have risen above the safety limit around Tokyo Electric Power Co's (Tepco) nuclear plant hit by a massive earthquake and the company has informed the government of an "emergency situation", Kyodo agency reported today.

It did not mean an immediate threat to human health, the company said.

The company said earlier that it had started releasing steam from a reactor at the plant. A similar rise in radiation levels occurred after the company released radioactive steam from another reactor to let go of pressure. Then again the company was obliged to inform the government of an "emergency situation". — Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Berita Terkini

Posted: 12 Mar 2011 07:33 PM PST

ANTARA - Berita Terkini


88 WNI Korban Gempa Jepang Ada di Pengungsian

Posted: 12 Mar 2011 07:01 PM PST

Jakarta (ANTARA News) - Dua tim dari Kedutaan Besar Republik Indonesia  Tokyo tiba di penampungan SMP Sanjo di Sendai Jepang pada  13 Maret pukul 02.00 dini hari waktu setempat untuk membantu masyarakat Indonesia yang menjadi korban gempa dan tsunami di wilayah itu.

Berdasarkan keterangan resmi yang dikeluarkan KBRI Tokyo, tim telah membagikan berbagai kebutuhan pendukung seperti air mineral, tisu, antiseptik, popok bayi, makanan bayi, obat-obatan luar (obat pusing, mual). Infrastruktur di kota tersebut masih sulit untuk bisa dilalui sehingga pasokan barang-barang menuju kota belum lancar.

Terdapat 89 WNI (68 dewasa dan 21 anak-anak) yang menempati tempat pengungsian di SMP Sanjo, Kota Sendai. Pengungsian di kota Sanjo merupakan 1 dari 6 tempat pengungsian di wilayah Sendai.

Staf KBRI menyatakan WNI di tempat tersebut berada dalam kondisi baik. Menurut tim, logistik yang dibawa oleh tim cukup untuk 2 (dua) hari dan kondisi di tempat tersebut kekurangan air bersih. Penampungan tersebut tidak dialiri listrik namun di beberapa lokasi di kota Sendai aliran listrik mulai kembali normal.

Lebih dari 1.000 orang diduga tewas dalam gempa besar dan tsunami yang melanda sejumlah besar daerah pesisir Pasifik Jepang utara, kata kantor berita Kyodo, Sabtu.
(A051/C003)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Gempa 6,2 SR Guncang Honshu, Jepang

Posted: 12 Mar 2011 06:54 PM PST

Lokasi gempa di Jepang dalam peta (Antara News/usgs)

Berita Terkait

Beijing (ANTARA News) - Gempa dengan kekuatan 6,2 pada skala richter pada pukul 07:24 waktu setempat Ahad mengguncang daerah di dekat pantai timur Honshu, Jepang, demikian keterangan Pusat Jaringan Gempa Bumi China.

Pusat gempa, yang berada pada kedalaman 20 kilometer, dipantau berada di 38 derajat Lintang Utara dan 141,8 derajak Bujur Timur, kata pusat tersebut di dalam satu pernyataan.

Lebih dari 20 gempa kuat dan sedang telah mengguncang wilayah tersebut dalam 10 jam sampai Ahad dinihari.

Di tengah serangkaian gempa kuat dan sedang yang mengguncang lepas pantai timur Honshu sejak Jumat (11/3), reaktor No.6 di Fukushima telah kehilangan sistem pendinginnya, demikian laporan Kantor Berita Kyodo, Ahad.

Ledakan terjadi di pembangkit listrik tenaga nuklir No.1 Fukushima pada Sabtu, sehingga membuat panik warga. Tapi Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yukio Edano, Sabtu larut malam, mengatakan pemilik dan operator instalasi bertenaga nuklir tersebut, Tokyo Electric Power Co., telah mengkonfirmasi instalasi yang menampung reaktor tersebut masih kokoh.

Menurut laporan Kyodo pada Ahad, 15 orang di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima terpajan readio aktif.

Namun, seorang pejabat di lembaga keselamatan nuklir Jepang sebelumnya mengatakan jumlah orang yang terpajan terhadap radiasi akibat peristiwa itu dapat mencapai 70 sampai 160 orang.

(C003/A016/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Utusan Online - Luar Negara

Posted: 12 Mar 2011 07:30 PM PST

Utusan Online - Luar Negara


Lebih 1,300 terkorban

Posted:

Lebih 1,300 terkorban

Lebih 1,300 terkorban


PENDUDUK berjalan melalui jalan yang dipenuhi kayu-kayan dan pelbagai serpihan kesan daripada tsunami yang tercetus oleh gempa bumi di bandar Sendai, Miyagi di Jepun, semalam. Sendai adalah bandar terdekat dengan pusat gempa. - REUTERS


TOKYO 12 Mac - Lebih 1,300 orang terkorban selepas gempa bumi paling kuat pernah dirakamkan di Jepun mencetuskan tsunami setinggi 10 meter yang melanda pantai timur laut negara ini.

Ketika gegaran susulan terus melanda Jepun hari ini, termasuk satu yang berukuran 6.8 pada skala Richter, kerajaan mentaksir tahap kerosakan akibat gempa bumi berukuran 8.9 pada skala Richter yang berlaku selepas tengah hari semalam.

Bilangan kematian dijangka mencecah angka jauh melebihi 1,300 orang, kata Ketua Setiausaha Kabinet, Yukio Edano.

Pihak berkuasa menemui beratus-ratus mayat, manakala lebih 1,000 orang masih hilang dan ramai lagi cedera, lapor media.

Kerajaan bimbang lebih banyak gegaran susulan kuat boleh mendatangkan lagi kemusnahan, sementara Agensi Meteorologi mengeluarkan amaran tsunami seterusnya untuk banyak kawasan pantai di negara ini.

Agensi itu berkata, lebih 100 gegaran susulan telah berlaku, kebanyakannya lebih kuat daripada 6.0 pada skala Richter.

Pusat Kajian Geologi Amerika Syarikat (USGS) di Washington melaporkan, sekurang-kurangnya lima gegaran susulan melebihi 5.5 pada skala Richter direkodkan dalam tempoh sejam sekitar tengah hari ini (11 pagi waktu Malaysia), termasuk gegaran sekuat 6.8 pada skala Richter dekat pantai timur Honshu, pulau terbesar di Jepun.

Akhbar perniagaan Nikkei berkata, kira-kira 210,000 penduduk dipindahkan di timur laut Jepun, manakala beribu-ribu lagi yang terkandas di Miyagi masih menantikan bantuan.

Pasukan penyelamat mencari mangsa di celah-celah runtuhan bangunan di banyak bandar yang ditenggelami air.

Askar dan pasukan penyelamat lain dikejarkan ke bahagian timur laut negara ini, manakala bantuan antarabangsa juga dihantar ke kawasan bencana, termasuk 140 anggota penyelamat dari Amerika Syarikat (AS) dan 48 anggota dari New Zealand.

Kerajaan Jepun mengerahkan 50,000 anggota pasukan pencari dan penyelamat, dan menghantar 190 pesawat udara dan bot ke kawasan yang dilanda gempa bumi dan tsunami.

Beribu-ribu rumah musnah, beberapa jambatan runtuh, perkhidmatan bas dan kereta api terhenti dan banyak jalan ditutup, sementara rangkaian telefon mudah alih dan perkhidmatan talian tetap turut terjejas.

Di bandar Rikuzen Takata, antara kawasan paling teruk dilanda bencana, kira-kira 5,000 daripada 8,000 rumah musnah. - dpa

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Loji nuklear meletup

Posted:

Loji nuklear meletup

Loji nuklear meletup


GAMBAR dipetik dari klip video menunjukkan asap tebal keluar dari loji reaktor nuklear Fukushima 1 selepas meletup kesan daripada gempa bumi kuat yang melanda Fukushima di Jepun, semalam. - REUTERS


FUKUSHIMA 12 Mac - Empat orang cedera hari ini dalam satu letupan di loji tenaga nuklear Fukushima I yang rosak akibat gempa bumi semalam.

Bumbung sebuah bangunan yang menempatkan reaktor di loji tersebut dipercayai runtuh dalam letupan itu, lapor stesen penyiaran NHK.

Seorang jurucakap kerajaan menggambarkan situasi itu sebagai 'berkemungkinan menjadi sangat serius' tetapi menggesa penduduk supaya bertenang, lapor NHK.

Pengendali loji nuklear tersebut, Tokyo Electric Power (Tepco) berkata, empat pekerja cedera dalam kejadian tersebut.

Sepasukan juruteknik telah bertungkus lumus untuk melepaskan tekanan suhu dari reaktor di loji itu untuk mengelakkan kecairan reaktor.

Bahan radioaktif caesium yang biasanya menandakan kecairan reaktor telah dikesan di kawasan sekitar loji tersebut di Fukushima, 240 kilometer ke utara Tokyo.

Paras radiasi yang meningkat dikesan di kawasan loji Fukushima I dan ukuran radiasi di dalam loji itu didapati 1,000 kali lebih tinggi daripada biasa berikutan gempa bumi semalam.

Kerajaan Jepun sebelum itu memberi amaran mengenai kebocoran bahan radioaktif di reaktor nuklear yang rosak apabila gempa bumi kuat dan tsunami melanda kawasan pantai di timur laut negara ini, tetapi menyifatkan risiko pencemaran radiasi sebagai kecil.

Pakar berkata, ancaman berlakunya kebocoran radiasi yang meluas akan dapat dibendung selagi binaan luar reaktor itu masih utuh.

Penduduk dalam lingkungan tiga kilometer dari loji tenaga nuklear Fukushima II diarah berpindah hari ini dan pihak berkuasa meluaskan arahan perpindahan kepada penduduk yang tinggal di sekitar 10 kilometer dari reaktor Fukushima I yang mula mengalami kerosakan sistem pendingin semalam.

Agensi berita Jiji memetik pihak berkuasa nuklear sebagai berkata, kemungkinan besar batang sumber tenaga nuklear di reaktor Fukushima I sedang mencair atau telah cair sama sekali.

Menurut pakar, jika kecairan berlaku, itu bermakna reaktor tersebut semakin panas dan sekiranya peningkatan suhu tidak disekat, termasuk dengan melepaskan stim yang mengeluarkan sejumlah kecil radiasi, kemungkinan kebuk tekanan reaktor akan retak.

Namun risiko pencemaran dapat diminimumkan selagi struktur luar reaktor masih utuh, kata pakar, tetapi perkara yang dikhuatiri ialah sama ada gempa bumi telah melemahkan struktur luar itu.

Pegawai dan pakar Jepun memberi jaminan, kebocoran radiasi yang berlaku adalah sangat kecil dan mereka menolak kemungkinan berulangnya malapetaka nuklear seperti Chernobyl di Rusia.

"Bencana seperti Chernobyl tidak mungkin berlaku di sebuah reaktor air ringan. Kerosakan sistem pendingin menyebabkan peningkatan suhu tetapi ini juga akan menghentikan reaktor," kata profesor di Universiti Tokyo, Naoto Sekimura. - dpa/Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Berita Harian: Dunia

Posted: 12 Mar 2011 03:27 PM PST

Berita Harian: Dunia


Loji nuklear bocor

Posted: 12 Mar 2011 02:56 PM PST

Dunia

Angin dikhuatiri burukkan lagi kes kebocoran Fukushima

TOKYO: Jabatan Perkhidmatan Kaji Cuaca Jepun memberi amaran, angin di loji nuklear Daiichi 1 Fukushima yang mengalami kebocoran radioaktif, bertiup dari selatan dan boleh menjejaskan kesihatan penduduk di bahagian utara negara itu.

Agensi perkhidmatan kaji cuaca itu menyatakan, arah angin mungkin berubah dalam tempoh terdekat dan dijangka bertiup dari barat menghala ke laut. "Arah angin adalah faktor utama yang akan menentukan sejauh mana kerosakan alam sekitar berpunca daripada kebocoran yang berlaku, selepas Jepun dilanda gempa bumi dan tsunami setinggi 10 meter semalam," kata seorang pegawai agensi itu.

Pegawai berkenaan berkata pihaknya meramalkan cuaca sepanjang hari ini cerah, manakala angin bertiup dari arah barat sebelum menghala ke selatan.

"Kami akan terus memantau arah angin untuk membuat penilaian lanjut terhadap kesan kebocoran daripada loji berkenaan," katanya.

Walaupun kebocoran radiasi ini sudah dijangka, profesor di Universiti Tokyo, Naoto Sekimura berkata bencana radioaktif yang besar tidak mungkin berlaku.
"Kejadian seperti Chernobyl adalah mustahil di reaktor air ringan ini.
Kehilangan penyejuk bermaksud suhu akan meningkat tetapi turut menghentikan loji.

"Malah, dalam senario yang teruk kebocoran radioaktif bermakna kerosakan peralatan tetapi bukan letupan besar. Jika pengedaran dilakukan dengan berhati-hati, kebocoran hanya sedikit dan bukannya melebihi jarak lingkungan tiga kilometer," katanya.

Agensi berita Kyodo melaporkan pihak berkuasa mula memindahkan 20,000 penduduk dari zon sekitar loji Daini.

Perdana Menteri, Naoto Kan yang membuat tinjauan udara di loji itu menggunakan helikopter sebelum ini mengarahkan penduduk dalam lingkungan 10 kilometer dari sebuah lagi loji, Daiichi mengosongkan kawasan berkenaan.

Ketua Setiausaha Kabinet Yukio Edano berkata jumlah kebocoran radiasi mungkin kecil.

"Mungkin material radioaktif di loji reaktor bocor di luar tetapi jumlahnya dijangka kecil dan angin meniup ke arah laut dapat membantu," katanya pada sidang akhbar. – AP/Reuters

Komen Anda

Terima kasih diatas penyertaan anda. Berita Harian berhak untuk tidak memaparkan sebarang komen yang menyentuh isu-isu sensitif dan yang berbentuk iklan komersil. Alamat IP anda akan direkodkan dan mungkin digunakan untuk menghalang penghantaran komen seterusnya jika melanggar peraturan yang ditetapkan.

Senarai komen


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Internet mudahkan kesan mangsa

Posted: 12 Mar 2011 02:54 PM PST

Dunia

Beribu-ribu carian dikemaskini dalam Google

TOKYO: Pencarian di halaman internet seperti Google dan Twitter serta pelbagai halaman tempatan dilaporkan berkesan untuk mencari orang tersayang berbanding merempuh kemusnahan berikutan tsunami yang memusnahkan Jepun.

Ketika air mulai surut semalam, anggota keluarga dan rakan yang dalam kebimbangan menggunakan komputer untuk mendapatkan maklumat mengenai kenalan atau saudara mereka yang tiada khabar berita selepas ombak besar yang memusnahkan Sendai. Khidmat pencarian orang melalui gergasi web global, Google dikatakan meningkat lebih 33,000 rekod yang meninggalkan mesej bagi orang yang mencarikan maklumat mengenai rakan atau ahli keluarga mereka.

Halaman web berkenaan mengemas kini beribu-ribu maklumat dalam bahasa Inggeris dan Jepun setiap beberapa minit.

Satu pencarian rawak terhadap nama biasa Jepun 'Sato' menghasilkan beratus-ratus keputusan, kebanyakan adalah mereka yang tinggal di Sendai, bandar raya yang berhadapan dengan beribu-ribu mayat hanyut.

Gunduzhan menghantar satu mesej mencari Aki Sato, seorang doktor gigi dari Sendai yang belajar di Universiti Ohu di Koriyama. Satu gambar menunjukkan seorang wanita cantik juga dihantar melalui halaman web ini.
"Mencari Aki Sato," tulis kiriman itu. "Kali terakhir dihubungi selepas gempa bumi tetapi sebelum tsunami".

Sementara itu, satu lagi kiriman mencari Farima Sato yang menghasilkan berita baik. "Mak ok. Beliau dalam perjalanan pulang ke rumah".

Palang Merah Jepun dan Antarabangsa juga mewujudkan halaman web yang hampir sama.

Penduduk di Jepun dan luar negara boleh mendaftar nama mereka melalui halaman web atau merujuk kepada senarai manakala mereka di Jepun boleh memaklumkan keluarga dan rakan mereka bahawa mereka selamat dengan menyediakan maklumat untuk dihubungi.

"Beribu-ribu penduduk di Jepun dan di mana-mana terputus hubungan dengan ahli keluarga mereka kerana gempa bumi dan tsunami berkenaan," kata Jawatankuasa Antarabangsa Palang Merah (ICRC) dalam satu kenyataan.

Satu khidmat dikongsi melalui Twitter membenarkan orang ramai untuk menderma kepada Palang Merah melalui mesej teks dan derma mereka dimasukkan ke dalam bil telefon. – AFP


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi international.okezone.com

Posted: 12 Mar 2011 03:02 PM PST

Sindikasi international.okezone.com


Malam Ini Listrik di Tokyo Padam

Posted: 12 Mar 2011 04:00 AM PST

JAKARTA - Malam ini akan ada pemadaman listrik di Tokyo, Jepang. Pemadalam ini merupakan imbas adanya ledakan di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima, Jepang.

"Listrik di Tokyo akan padam malam ini (blackout) dalam waktu 1-2 jam. Kemungkinan hujan asam persiapkan jaket dan payung," demikian peringatan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Jepang, seperti disitat Sabtu (12/3/2011).

Hingga berita ini diturunkan masih belum ada kejelasan mengenai ledakan yang berpusat di PLTN Fukushima. Namun, diperkirakan ledakan itu berasal dari mesin pendingin nuklir.

Menurut Pemerintah Jepang, terdapat empat orang pegawai PLTN Fukushima yang terluka akibat ledakan yang terjadi sekitar pukul 16.00 waktu setempat.(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Transportasi Umum di Tokyo Sangat Terbatas

Posted: 12 Mar 2011 03:27 AM PST

JAKARTA - Transportasi, baik laut, udara maupun darat, di sejumlah wilayah di Jepang saat ini masih sangat terbatas.

"Kereta api belum dioperasikan sepenuhnya. Hanya beberapa jalur saja yang dijalankan. Akibatnya kemacetan terjadi di beberapa tempat, khususnya mereka yang ingin ke bandara," ujar Junanto Herdiawan, salah satu WNI di Tokyo Jepang, kepada okezone, Sabtu (12/3/2011).

Sementara, status terbaru sejumlah penerbangan di Jepang juga masih terbatas. "Kondisi bandara sudah buka. Penerbangan Garuda ke Jakarta hari ini beroperasi normal," tuturnya.

Sementara itu, untuk maskapai penerbangan Singapore Airlines ke Bandara Narita dan Haneda, mengalami sedikit perubahan.

Seperti dikutip dari keterangan tertulis Singapore Airlines, penerbangan SQ 636 yang awalnya dijadwalkan berangkat dari Singapura menuju Bandara Haneda pada pukul 21.50, diubah menjadi berangkat dari Singapura pada tengah malam.

Penerbangan SQ 638 akan beroperasi seperti jadwal sebelumnya yakni akan berangkat dari Singapura pada pukul 23.55, dan tiba di Bandara Narita pada pukul 07.30.

Status terbaru penerbangan dari Tokyo (Bandara Narita dan Haneda Bandara) pada tanggal 12 Maret 2011 adalah sebagai berikut (semua menunjukkan waktu
setempat)

Penerbangan SQ 633 yang awalnya dijadwalkan berangkat dari Bandara Haneda pada pukul 00.30, telah ditunda sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut.

Penerbangan SQ 635 yang awalnya dijadwalkan berangkat dari Bandara Haneda pada pukul 06.25, diubah menjadi berangkat dari Bandara Haneda pada pukul 09.00.

Penerbangan SQ 637 akan beroperasi seperti jadwal sebelumnya yakni berangkat dari Bandara Narita pada pukul 11.30, dan tiba di Singapura pada pukul 18.00.

"Kami terus memantau situasi di Jepang secara seksama, jadwal penerbangan yang tertera di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk saat ini, penerbangan Singapore Airlines lain menuju dan dari Jepang tidak terpengaruh," tutup keterangan tertulis tersebut.(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

detikcom

Posted: 12 Mar 2011 01:32 PM PST

detikcom


Abaikan Konflik, PKB Dorong Revitalisasi Koalisi

Posted: 12 Mar 2011 01:16 PM PST

Minggu, 13/03/2011 04:16 WIB
Abaikan Konflik, PKB Dorong Revitalisasi Koalisi 
Luhur Hertanto - detikNews

Jakarta - Satu-persatu partai koalisi mulai membuang ambisi menyingkirkan Golkar dan PKS dari koalisi. PKB memilih mendorong revitalisasi koalisi dan membiarkan rakyat yang menilai partai koalisi yang penuh kepalsuan.

"PKB mendorong ada revitalisasi, reorganisasi, dan reformulasi koalisi supaya lebih efektif dalam rangka mendukung sistem presidensial. Sehingga kepalsuan, kepura-puraan, hipokrisi, saling lempar tanggungjawab sebagaimana selama ini terjadi dapat dihindari sedini mungkin," ujar Ketua DPP PKB, Marwan Jafar, kepada detikcom, Minggu (13/3/2011).

PKB mengimbau anggota koalisi agar menjaga komitmen dan tanggungjawab sebagai anggota koalisi. Solidaritas sesama partai koalisi dinilai PKB sebagai bentuk konsitensi partai koalisi dalam memperjuangkan amanat rakyat.

"PKB memandang bahwa koalisi adalah langkah strategis untuk tetap mendukung pemerintahan yang stabil dan produktif dalam rangka mempersembahkan eksistensi PKB untuk bangsa dan negara,"tutur Marwan.

PKB mengingatkan partai koalisi bahwa bangunan koalisi adalah jembatan emas memperjuangkan aspirasi rakyat. Rakyat akan menilai jika partai yang dipilihnya penuh kepura-puraan dalam berkoalisi mendukung pemerintah.

"PKB yakin rakyat akan melihat dan menilai, bahwa partai-partai mana yang punya komitmen yang kuat terhadap koalisi dalam rangka memperjuangkan aspirasi rakyat. Rakyat akan melihat partai yang hanya maunya enaknya sendiri, yaitu ingin tetap menikmati kekuasaan tapi hanya untuk kepentingan partainya sendiri, " tandasnya.

(van/van)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tutup

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share via Email:

Share via Email


loadingSending your message

Message has successfully sent


Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Nuniek di nuniek[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.526).

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Reaktor Nuklir Meledak, 140 Ribu Warga Jepang Dievakuasi

Posted: 12 Mar 2011 01:01 PM PST

Minggu, 13/03/2011 04:01 WIB
Reaktor Nuklir Meledak, 140 Ribu Warga Jepang Dievakuasi 
Elvan Dany Sutrisno - detikNews

Jakarta - Evakuasi warga di sekitar pusat reaktor nuklir di Fukushima, Jepang, terus dievakuasi. Hingga kini tercatat 140 ribu warga dijauhkan dari radius berbahaya.

Dikutip detikcom dari Reuters, 140 ribu warga yang tinggal di sekitar PLTN di Jepang mulai diungsikan. Badan Pengawas Atom PBB mulai menyelidiki kerusakan yang terjadi.

"Evakuasi warga di sekitar kedua pembangkit nuklir yang terkena dampak gempa dan tsunami sudah mulai," kata jubir Badan Energi Atom Internasional.

Evakuasi dilakukan bertahap disesuaikan dengan jarak aman dari masing-masing reaktor. Yakni penduduk yang tinggal dalam radius 20 km di sekitar Fukushima Daiichi, diperkirakan 110.000 orang telah dievakuasi. Dalam radius 10 km di sekitar Fukushima Daini, sekitar 30.000 orang telah dievakuasi.

"Langkah-langkah evakuasi kendali belum selesai," imbuhnya.
Sebelumnya diberitakan bahwa akibat kebocoran 'kecil' tersebut, zat caesium radioaktif mulai terdeteksi di lingkungan sekitar reaktor Fukushima. Semua warga dievakuasi ke tempat yang aman. Hal ini karena peningkatan tingkat radiasi menjadi 1.000 kali skala normal.

Pemerintah Jepang telah mengumumkan melebarnya daerah radiasi dari 10 km menjadi 20 km. 4 Karyawan PLTN Fukushima diketahui terluka akibat ledakan yang terjadi sekitar pukul 16.00 waktu setempat ini.
(van/van)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tutup

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share via Email:

Share via Email


loadingSending your message

Message has successfully sent


Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Nuniek di nuniek[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.526).

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Nasional

Posted: 12 Mar 2011 01:29 PM PST

KOMPAS.com - Nasional


Gubernur Sumut Segera Dinonaktifkan

Posted: 12 Mar 2011 06:59 PM PST

Gubernur Sumut Segera Dinonaktifkan

Editor: Aloysius Gonsaga Angi Ebo

Minggu, 13 Maret 2011 | 02:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat ternyata sudah mengajukan surat permintaan penonaktifan Syamsul Arifin sebagai Gubernur Sumatera Utara ke Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri).

"Sudah (masuk dan diterima Kemdagri)," ujar Kepala Pusat Penerangan Kemdagri Reydonnyzar Moenek melalui pesan singkatnya kepada Tribunnews.com, Sabtu (12/3/2011).

Kemdagri pun kini tengah menyusun surat usulan penonaktifan Syamsul dan menyegerakan penyelesaiannya untuk kemudian menyampaikannya kepada Presiden. Donny mengaku, Kemdagri turut proaktif mendorong Pengadilan Tipikor untuk mengajukan surat permintaan penonaktifan Syamsul dengan menyurati Pengadilan Tipikor untuk meminta bukti register perkara atas nama Syamsul Arifin.

"Kemdagri proaktif menyurati Pengadilan Tipikor untuk memperoleh bukti register perkara atas nama Syamsul Arifin. Surat sudah dikirim seminggu lalu, setelah tahu bahwa berkas perkara Syamsul Arifin dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor," katanya.

Bukti register perkara memang menjadi satu syarat administrasi yang harus dipenuhi oleh Pengadilan Tipikor saat mereka meminta Menteri Dalam Negeri menonaktifkan seorang kepala daerah yang tersandung kasus korupsi. Jika Pengadilan Tipikor tidak menyertakan bukti register perkara, yang menjadi pemberitahuan bahwa si kepala daerah sudah berstatus terdakwa dalam sebuah kasus pidana, di dalam surat permintaan yang diajukan mereka, maka Menteri Dalam Negeri tak akan menindaklanjuti permintaan mereka.

"Bukti register perkara sebagai dasar bagi Menteri Dalam Negeri untuk mengusulkan pemberhentian sementara yang bersangkutan (Syamsul) kepada Presiden," tuturnya.

Sementara itu, Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, melalui Kepala Humas Pengadilan Jakarta Pusat Suwidya, memastikan bahwa Syamsul Arifin akan mulai dihadapkan ke muka persidangan pada Senin (14/3/2011).

"Syamsul disidang Senin," tuturnya saat dihubungi. (Vanroy Pakpahan)

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Hartony Titip Beli Tanah Lewat Marwan

Posted: 12 Mar 2011 01:10 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Kalapas Narkotika Nusakambangan Marwan Adli saat ini tengah diperiksa tim penyidik Badan Narkotika Nasional (BNN). Menurut kuasa hukumnya, H Turaji, uang yang ada pada rekening dua anak Marwan, Andika (29) senilai Rp 125 juta dan Aldiko(18) sebesar Rp 40 juta, merupakan uang dari Hartony untuk membeli tanah.

Rencananya Hartony, yang merupakan warga binaan Marwan itu, ingin membeli tanah dan menitipkan uangnya kepada Marwan. Sebagai uang muka baru akan diberikan Rp 40 juta.

Informasi Turaji ini sekaligus menampik adanya aliran dana terkait jaringan narkotika di Lapas Nusakambangan, yang diduga dikirimkan Hartony kepada Marwan Adli. Uang tersebut dititipkan pada kedua anaknya karena Marwan berada di Cilacap. Rekening Marwan sendiri, lanjut Turaji, tidak berisi uang sama sekali.

"Kalau di dua anaknya kurang lebih Rp 165 juta. Masing-masing di kakaknya, Andika, Rp 125 juta, kalau di rekening adiknya, Aldiko, Rp 40 juta-an. Uangnya buat beli tanah. Hartony, warga binaan Pak Marwan, berniat beli tanah di Bogor melalui Pak Marwan. Pak Marwan rekeningnya kosong," ungkap Turaji, di kantor BNN, Jakarta Timur, Sabtu (12/03/2011).

Turaji sendiri belum dapat memastikan uang dalam rekening BCA milik cucu Marwan Adli, Reynald (18), senilai Rp 185 juta berasal dari siapa. Namun, Turaji menegaskan, uang tersebut bukan berasal dari Hartony dan tak ada hubungannya dengan narkotika.

Selain Marwan, BNN juga tengah melakukan pemeriksaan pada Andika, Aldiko, Reynald, serta dua petugas Lapas Nusakambangan, Kepala Pengamanan LP Nusakambangan Iwan Syaefudin, dan Kepala Seksi Bina Pendidikan Fob Budhiyono.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi celebrity.okezone.com

Posted: 12 Mar 2011 01:10 PM PST

Sindikasi celebrity.okezone.com


Inilah 10 Nama Kru Kangen Band yang Diciduk

Posted: 12 Mar 2011 10:30 AM PST

JAKARTA - Kangen band ditangkap pihak BNN akibat memiliki barang narkotika jenis tanaman ganja.

Pantauan okezone petang tadi, Sumirat Dwiyanto selaku Kabag Humas BNN membeberkan ke sepuluh nama, baik itu personel maupun kru Kangen band yang ditangkap oleh BNN di Direktorat IV Narkotika dan kejahatan terorganisir, Cawang, Jakarta Timur, Sabtu (12/3/2011).

"Di sini saya akan menyebutkan inisialnya saja dari ke sepuluh orang tersebut, yaitu A, sejumlah 2 orang; B, sejumlah 2 orang; J satu orang; N satu orang; S sejumlah 2 orang; Z satu orang; dan V satu orang," jelasnya.

Sumirat pun belum bisa memastikan berapa jumlah pria dan wanita yang ikut terlibat di dalamnya. "Saya baru saja sampai di tempat. Kalau mau tahu secara pastinya besok saya akan berbicara setelah proses pemeriksaan selesai dilakukan," paparnya.

Dirinya pun membantah dengan keras jika penangkapan pemilik lagu doy ini merupakan target operasi dari BNN.

"Nggak, nggak, nggak. BNN tidak pernah menarget operasi dalam melakukan penangkapan dalam bentuk siapapun itu," pungkasnya.(hri)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

40 Gram Ganja Kering, Barang Bukti Kangen Band!

Posted: 12 Mar 2011 09:37 AM PST

JAKARTA - Selain ditemukan tiga pot calon bakal pohon ganja dengan ukuran 3-4 cm, pihak BNN pun juga menemukan ganja kering seberat 40 gram di basecamp Kangen band di daerah Cibubur, Jakarta Timur.

"Selain ditemukan tanaman ganja, kami juga menemukan barang bukti ganja kering dengan berat kurang lebih 40 gram," ungkap Sumirat Dwiyanto selaku Kabag Humas BNN saat ditemui di Direktorat IV Narkotika dan Kejahatan terorganisir, Cawang, Jakarta Timur, Sabtu (12/3/2011).

Namun sayang, Sumirat tidak bisa menjelaskan secara pastinya bagaimana kronologis penangkapan pemilik lagu pujaan hati tersebut.

"Saya belum tahu kronologisnya, tapi yang pasti semuanya adalah personel dan kru dari grup band Kangen band," tukasnya.

Perlu diketahui, grup band asal Lampung ini ditangkap oleh BNN di basecampnya di daerah Cibubur, Jakarta Timur, sekira pukul 02.30 dini hari.

Sebelum dilakukan penangkapan, Kangen band sempat mengisi acara di Bekasi di salah satu stasiun televisi ternama.(uky)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi lifestyle.okezone.com

Posted: 12 Mar 2011 11:32 AM PST

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Variasi Elang & Penguin Patut Anda Coba, Malam Ini!

Posted: 12 Mar 2011 09:27 AM PST

Lifestyle » Lust and Love » Variasi Elang & Penguin Patut Anda Coba, Malam Ini!
Minggu, 13 Maret 2011 - 00:27 wib

Lastri Marselina - Okezone

TIDAK ada aktivitas yang lebih menyenangkan selain bereksperimen dengan variasi seks terbaru bersama pasangan setiap hari. Kali ini, dua variasi seru patut dicoba malam ini bersama si dia. Apa saja?

Elang – Kedua kaki istri dilebarkan di atas sofa

Instruksi:

Berdirilah di pinggiran sofa atau ranjang, lebarkan kedua kaki Anda, posisikan suami berdiri tepat di depan tubuh Anda. Atur kelebaran atau tekuk sedikit lutut jika memang diperlukan untuk memudahkan suami melakukan proses penetrasi.

Untuk menahan beban tubuh Anda dan mengatur kedalaman dan kecepatannya, minta suami meletakkan kedua tangan dia tepat di bawah bokong Anda untuk support yang lebih baik lagi. Begitu intercourse dimulai, dekatkan panggul Anda hingga bersentuhan –gerakan tubuh bersamaan dan nikmati sensasinya.

Alasan mengapa Anda akan menyukainya:

Variasi ini memberikan rasa perih dan nikmat pada area genital yang dirasakan secara bersamaan. Sementara ritme tubuh yang stabil sementara kedua kaki Anda dilebarkan dapat menggiring perasaan kerapuhan yang seksi. Keseluruhan friksi di bagian depan tubuh akan merangsang hot spot Anda lebih baik untuk mencapai klimaks.

Dan karena Anda dan suami berdiri, maka tidak ada yang menghalangi gerakan Anda. Untuk itu, mengapa tidak menambah sensasinya dengan mengusap leher maupun testikel suami –yang akan membuat pertahanan dia runtuh. Minta juga suami menghisap atau meremas payudara Anda.

Penguin – Bercinta di bawah shower

Instruksi: Sebuah posisi yang akan menghangatkan kaca kamar mandi!. Biarkan aliran air pada shower terus menyala sementara Anda berdua berdiri berhadapan di bawahnya. Peluk suami dan lingkarkan satu kaki Anda pada pinggul suami.

Minta suami menstabilkan ritme tubuh dengan meletakkan tangan kanan dia tepat di paha dalam Anda untuk mengatur kecepatan dan kedalaman penetrasi. Sementara itu, tangan Anda maupun pasangan yang bebas dapat saling meraba atau mengusap rambut, hingga bagian intim lain.

Mengapa Anda akan menyukainya:

Sebuah posisi bercinta yang sangat dekat dan intim. Aliran air yang mengenai tubuh Anda berdua merupakan alasan lain untuk melakukan ciuman basah yang penuh hasrat. Anda juga dapat saling bertatapan untuk meningkatkan keintiman. Gerakan secara memutar klitoris Anda secara perlahan di paha suami untuk mengirimkan respons orgasmik yang lebih baik lagi.

(nsa) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Semakin Tinggi, Lebih Baik!

Posted: 12 Mar 2011 03:23 AM PST

Lifestyle » Trend and Fashion » Semakin Tinggi, Lebih Baik!
Sabtu, 12 Maret 2011 - 18:23 wib

Chaerunnisa - Okezone

ITULAH motto kebanyakan wanita zaman ini, saat berhubungan dengan tumit sepatu yang mereka kenakan. Alasan begitu banyak wanita yang mencintai sepatu high heels, karena membuat mereka merasa lebih tinggi dan langsing.

Dulu, rata-rata high heels digunakan hingga mencapai 4 inci, tapi saat ini semua tentang ukuran 6 inci lebih tinggi dari badan Anda. Demikian yang dinukil okezone dari Hollyscoop, Sabtu (12/3/2011).

Satu-satunya masalah mengenakan sepatu hak 6 inci adalah, bahwa hal itu membatasi kita untuk benar-benar menjadi orang bertubuh tinggi, dan memungkinkannya jadi nyata.

Kendati demikian, bukan rahasia lagi jika banyak desainer sepatu senang merancang alas kaki dengan hak tinggi. Christian Louboutin memiliki sepatu yang paling menakjubkan, dan dia selalu menambahkan setengah ukuran kaki dari ketinggian wanita.

Terkini, sepatu terbaru yang membuat para selebriti terobsesi adalah Daffodile Point-Toe Platform Pump. Bagaimana dengan Anda?

(nsa) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

My Blog List