Isnin, 14 Mac 2011

Edisi Dunia

Edisi Dunia


ANTARA - Peristiwa

Posted: 14 Mar 2011 07:47 AM PDT

ANTARA - Peristiwa


KBRI Tokyo Evakuasi Sepuluh WNI dari Sendai

Posted: 14 Mar 2011 07:07 AM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Tim relief Kedutaan Besar RI Tokyo, Senin, mengevakuasi sepuluh WNI terdiri atas tujuh tenaga kerja Indonesia perawat dan tiga pelajar dari Sendai, ibu kota provinsi Miyagi yang terkena dampak gempa dan tsunami pada Jumat (11/3).

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat menyebutkan, berdasarkan informasi dari KBRI Tokyo, ke tujuh TKI perawat yang dievakuasi dari Sendai ke Tokyo adalah Mugiyati, Desi Subarkah, Jajang Rahmat, Emey Wahyudi, Siti Nur Lailiyah, Wihel Mariadewi, dan Wisita Permanasari.

Mugiyati (pengasuh jompo, tahun penempatan 2010) berasal dari Tukinggedong RT 03/11 Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jateng; Desi Subarkah (pengasuh jompo, 2010) beralamat di Dusun Klepusari RT 03/08, Tambaksari, Kedungreja, Kabupaten Cilacap, Jateng; Jajang Rahmat (pengasuh jompo, 2010) beralamat di Kampung Pasir Batu RT 02/02 Dusun Sukahaji, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jabar.

Lalu Emey Wahyudi (pengasuh jompo, 2009) beralamat di Taman Tytyan Indah Blok B2 Nomor 12B, Bekasi, Jabar; Siti Nur Lailiyah (pengasuh jompo, 2009) beralamat di Jalan Mbah Citro RT 02/03 Wadungasih Buduran, Kabuapten Sidoarjo, Jatim.

Kemudian Wihel Mariadewi (pengasuh jompo, 2009) beralamat di Jalan Jambak Kototinggi Kecamatan Baso, Kota Bukittinggi, Sumbar; dan Wisita Permanasari (perawat, 2010) berlamat di Dukuh Nogo RT 04/02 Desa Karangwaluh, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jatim.

Sedangkan ketiga pelajar yang turut dievakuasi ke Tokyo adalah Robert Dwiputra, Tahta Erlangga, dan Achmad Faisal Dwiputro. "Mereka diperkirakan tiba di Tokyo pada tengah malam ini," kata Jumhur.
(B009/Z002)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Jimly: Pendidikan Hukum Butuh Revolusi

Posted: 14 Mar 2011 06:22 AM PDT

Jimly Asshiddiqie (ANTARA)

Berita Terkait

Banda Aceh (ANTARA News) - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie mengemukankan bahwa pendidikan hukum di Indonesia membutuhkan revolusi, dari orientasi pengetahuan tentang peraturan menjadi pembelajaran ide-ide dan konsep hukum.

"Revolusi terhadap pendidikan hukum merupakan sebuah upaya melahirkan para pakar dan praktisi hukum yang mampu melahirkan produk-produk hukum yang lebih baik di masa mendatang," katanya di Banda Aceh, Senin.

Pernyataan tersebut disampaikan disela menjadi pembicara utama pada rapat Badan Kerja sama Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri Seluruh Indonesia. Rapat yang dibuka Rektor Universitas Syiah Kuala (Unysiah) Banda Aceh, Darni M Daud, itu dihadiri seluruh dekan dari Fakultas hukum di Tanah Air.

Menurut dia, pendidikan hukum yang tidak berorientasi pada pembelajaran hukum praktik dan proses tidak akan menghasilkan generasi-generasi yang handal terhadap perkembangan zaman.

"Jika pembelajarannya hanya menggunakan berbagai judul-judul materi seperti yang dilakukan saat ini diyakini tidak akan mengubah produk-produk hukum yang menjamin berbagai kebutuhan legislasi jangka panjang," katanya.

Karena itu, perubahan besar-besaran terhadap pendidikan hukum yang berorientasi praktik dan merespon perkembangan zaman menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki tatanan hukum di Tanah Air.

"Sebagai seorang ahli hukum harus dapat menyelesaikan persoalan hukum yang ada, sehingga produk hukum yang dihasilkan melalui pendekatan struktural dan komitmet politik," katanya menambahkan.

Ia berharap pertemuan para dekan Fakultas Hukum tersebut dapat melahirkan konsep-konsep baru, tidak hanya membahas soal kurikulum pendidikan hukum tetapi proses pendidikan yang lebih baik.

Dia juga menyarankan, seluruh perguruan tinggi dapat menerapkan pendidikan yang respon terhadap berbagai persoalan sehingga berbagai rancangan hukum tidak tertinggal dengan peristiwa.

(KR-IFL*BDA1/S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Hiburan

Posted: 14 Mar 2011 07:45 AM PDT

ANTARA - Hiburan


Gairah Muda Bollywood

Posted: 14 Mar 2011 06:32 AM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Bollywood, pusat industri perfilman India, sepertinya sedang merindukan gairah remaja seperti gadis periang yang ingin memirangkan rambutnya sambil mengendarai sebuah mobil sport dengan mengenakan sepasang jeans lusuh.

Hollywood-nya India itu memang hingga kini masih digawangi aktor dan aktris veteran berusia 40an.

Kini saatnya Bollywood memukau penonton muda dengan alur cerita yang lebih menantang dan diwajahi bintang-bintang muda.

Dua rumah produksi utama Bollywood, Yash Raj Films dan Viacom18 Motion Pictures, bagian dari kelompok Viacom 18 yang merupakan usaha patungan Viacom Inc dan Network 18, telah membentuk cabang-cabang untuk memenuhi permintaan penonton usia 18 hingga 25 tahun.

Mereka juga berharap, meningkatnya daya beli kelompok itu bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

"Mereka tidak bisa mengacuhkan perkembangan demografis ini karena lebih dari 60 penonton bioskop datang dari kelompok usia itu," kata C. Sridhar dari 4sight, lembaga analis film, seperti dikutip Reuters.

Bollywood terkenal dengan tradisi lagu yang panjang dan tarian rancak dalam tiap filmnya serta tidak lupa dengan melodrama keluarga penuh liku.

Tetapi tren itu telah berubah dalam beberapa tahun terakhir.

Perkembangan dari yang disebut 'multiplex audiens', para penonton perkotaan yang rindu akan film-film menantang dan punya lebih banyak uang untuk menyaksikannya, sehingga Bollywood kini perlu memperbarui alur cerita dan tema yang lebih berani.

Sebagian besar penonton adalah anak muda, baik mahasiswa maupun lulusan baru yang sering menyaksikan film Barat dan punya kemampuan ekonomi lebih ketimbang sebelumnya.

"Ini adalah penonton yang tidak berpikir seperti masyarakat lainnya, mereka mau bereksperimen," kata Vikram Malhotra dari Viacom 18.

Ia menambahkan, "Ini adalah generasi SMS, waktu terasa sangat singkat sementara mereka punya banyak hal untuk dikerjakan."

Viacom 18 mempunyai cabang yang terpisah yang disebut 'Tipping Point' yang akan mengembangkan dan memproduksi film-film yang ditujukan untuk penonton muda.

Menurut Malhotra, studio mereka itu akan mempekerjakan sutradara muda dan bakat-bakat muda guna berperan dalam film yang ditujukan bagi penonton berusia 18 hingga 25, baik di perkotaan maupun pedesaan India.

Ceritanya akan berasal dari setiap genre film, dari kisah kriminal hingga percintaan, tetapi dirangkai sedemikian rupa sehingga sesuai dengan pola pikir generasi muda India.

"Yang berubah adalah bagaimana cara cerita itu dikisahkan, meski temanya tetap sama. Akan lebih banyak menggunakan teknologi, aksi yang lebih mumpuni, karakter yang berani, pokoknya semua yang muncul untuk generasi muda," kata Sridhar.

Kecendrungan mencari penonton muda itu sebenarnya juga peluang untuk orang-orang muda India.

Kebanyakan aktor atau aktris utama India, seperti Shah Rukh Khan, Salman Khan dan Aamir Khan kini berusia 40an dan sutradara baru harus menunggu hingga usia 30an untuk memulai debutnya. Kini semua itu berubah.

Viacom 18 telah meminta sutradara Anurag Kashyap yang kini berusia 30an untuk menjadi konsultan kreatif dalam sebuah proyek untuk Tipping Point.

Kashyap juga sedang menyutradarai semua film laga berjudul 'Gangs of Wasseypur'.

Tetapi mereka yang skeptis selalu bertanya apakah film yang ditujukan untuk penonton tertentu bisa bertahan secara finansial dalam industri yang hanya menyisakan sedikit tempat untuk bisa sukses setiap tahun.

"Jika mereka menetapkan harga dengan tepat dan tidak memakai bintang besar, sembari menaikkan anggaran, saya tidak melihat alasan mengapa film-film ini tidak berhasil," tukas Vajir Singh, seorang analis perdagangan dan editor pada majalah Box Office India. (Ber)

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tsunami, Tokyo Disneyland Ditutup Selama 10 Hari

Posted: 14 Mar 2011 01:17 AM PDT

Los Angeles (ANTARA News) - Taman Wisata Disneyland dan Tokyo Disney Sea ditutup sementara oleh operator Oriential Land Co untuk direnovasi ulang pasca tsunami berkekuatan 9,0 skala Richter di lepas pantai Jepang pada Jumat.

Menurut Kantor Berita Kyodo, Operator Oriental Land Co. pada Sabtu menutup Tokyo Disneyland yang berlokasi di Chiba dan Tokyo Disney Sea untuk renovasi ulang, sebagaimana dikutip dari The Hollywood Reporter.

Tokyo Disneyland adalah tempat wisata yang paling populer di Jepang dan kemungkinan akan ditutup selama 10 hari.

Pada Jumat, Thomas Smith direktur sosial media Disney Park menulis di laman blog Disney, kerusakan dan kerugian sangat kecil di tempat wisata tersebut. Dia menambakan Tokyo Disney Resort menyediakan selimut, makanan dan minuman untuk tamu ingin yang bermalam di tempat penginapannya.

Sementara itu, operator AKB Theater sebuah panggung konser di distrik Akihabara Tokyo ditutup sampai Selasa untuk direnovasi ulang.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kosmo Online - Dunia

Posted: 14 Mar 2011 07:20 AM PDT

Kosmo Online - Dunia


160 disyaki terkena radiasi

Posted:

160 disyaki terkena radiasi

160 disyaki terkena radiasi


BEBERAPA anggota perubatan mengangkat seorang lelaki dipercayai terkena radiasi di bandar Nihonmatsu, Fukushima semalam.


TOKYO - Pihak berkuasa Jepun melaporkan, kadar radiasi didapati telah melepasi had yang dibenarkan di loji Fukushima Daiichi 1, 240 kilometer dari utara Tokyo kesan daripada gempa bumi yang berlaku pada Jumaat lalu.

Menurut beberapa pegawai, penemuan tersebut sekali gus meningkatkan kebimbangan akan berlaku kebocoran radiasi dan kemungkinan berlaku kecairan teras loji nuklear.

Loji itu sebelum ini meletup menyebabkan asap menjulang tinggi ke udara sehingga mengakibatkan 45,000 penduduk dipindahkan kerana takut terkena ancaman radiasi.

Agensi Nuklear Jepun melaporkan bahawa bilangan orang yang terdedah akibat radiasi itu mungkin meningkat kepada 160 orang.

Sejumlah kakitangan perubatan melakukan ujian imbasan terhadap penduduk yang tinggal berhampiran dengan loji berkenaan bagi mengesan jika mereka terkena radiasi.

Para pekerja itu melakukan pakaian kalis radiasi semasa melakukan pemeriksaan ke atas penduduk.

Loji tersebut terletak berdekatan dengan pusat gempa yang berlaku kira-kira 130 kilometer dari Sendai pada kedalaman 24 kilometer dalam laut.

Arah tiupan angin kini menjadi tumpuan ahli-ahli meteorologi dan pihak berkuasa nuklear Jepun.

Menurut para pegawai meteorologi Jepun, arah angin itu kini bergerak ke laut selepas ia didapati bergerak ke arah kawasan penduduk pada Sabtu lalu.

Penentuan arah angin itu penting bagi mengetahui kemungkinan berlakunya kerosakan terhadap alam sekitar akibat radiasi yang bocor dari loji berkenaan.

Sementara itu, kekuatan gempa bumi itu dinaikkan menjadi 9.0 pada skala Richter berbanding 8.9 pada skala Richter yang diumumkan oleh Kajian Geologi Amerika Syarikat pada Jumaat lalu.

Agensi Meteorologi Jepun mengumumkan peningkatan kekuatan itu selepas ia menyatakan bahawa kekuatan gempa tersebut ialah 8.9 pada skala Richter. Gempa bumi itu mencetuskan tsunami setinggi 10 meter.

Gempa bumi itu telah menyebabkan lebih 10,000 dikhuatiri orang terbunuh yang merupakan krisis kemanusiaan yang paling besar pernah berlaku di Jepun sejak Perang Dunia Kedua yang berlaku pada 1945. - Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Mangsa tsunami hanyut tiga hari diselamatkan

Posted:

Mangsa tsunami hanyut tiga hari diselamatkan

Mangsa tsunami hanyut tiga hari diselamatkan


HIROMITSU SHINKAWA yang duduk di atas serpihan atap di laut dihampiri dengan bot tentera laut Jepun dekat bandar Fukushima, timur laut Jepun semalam.


TOKYO – Seorang lelaki tua, Hiromitsu Shinkawa hanyut di laut sejak tsunami melanda Fukushima di timur laut Jepun akibat gempa bumi kuat yang berlaku pada Jumaat lalu.

Dia hanya diselamatkan semalam selepas sebuah bot tentera laut Jepun dapat mengesan lelaki yang berumur 60 tahun itu yang sedang melambai-lambai menggunakan kain berwarna merah.

Jurucakap Kementerian Pertahanan Jepun, Yoshiyuki Kotake berkata, ketika itu, Shinkawa hanya 15 kilometer dari persisiran pantai, Minamisoma.

Kotake berkata, Shinkawa memberitahu kepada anggota penyelamat, tsunami menghanyutkan dia dan isterinya yang pulang ke rumah untuk mengambil barang-barang keperluan selepas gempa bumi Jumaat lalu.

Menurutnya, isterinya hanyut dibawa arus.

Sebelum ini, dia melambai-lambaikan tangannya ke arah beberapa buah helikopter dan kapal bagi mendapatkan perhatian supaya dia diselamatkan.

"Beberapa buah helikopter dan kapal telah melalui dekat dengannya tetapi kelibatnya tidak dapat dikesan, kata seorang lagi jurucakap Kementerian Pertahanan.

Tentera Jepun telah menggunakan sebuah bot yang kecil bagi membantu menyelamatkan Shinkawa yang dihanyutkan di laut.

Agensi berita Kyodo melaporkan, pihak tentera menyifatkan Shinkawa bernasib baik kerana cuaca yang baik dan tenang membantu dia terapung di laut.

"Saya menyangka hari ini (semalam) akan menjadi hari terakhir dalam hidup saya," kata Shinkawa. – Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pemberontak semakin lemah lawan Gaddafi

Posted:

Pemberontak semakin lemah lawan Gaddafi

Pemberontak semakin lemah lawan Gaddafi


BEBERAPA pemberontak melarikan diri selepas satu serangan udara tentera yang setia kepada pemimpin Libya Muammar Gaddafi dilancarkan dekat bandar Brega kelmarin.


BENGHAZI, Libya - Para pemberontak dilihat meninggalkan bandar minyak Brega semalam selepas tentera pemimpin Libya, Muammar Gaddafi melancarkan serangan.

"Para pemberontak sudah meninggalkan Brega," kata seorang saksi, Osama Jazwi menerusi telefon kepada wartawan agensi berita Reuters.

Seorang lagi penduduk, Abdul Hakim memberitahu bahawa para pemberontak sudah meninggalkan bandar berkenaan.

Sebelum ini laporan berita Libyan TV menyatakan tentera Gaddafi sudah merampas semula bandar Brega daripada penguasaan para pemberontak.

Pergolakan di negara itu bermula pada 15 Februari lalu apabila para penunjuk perasaan bertempur dengan askar-askar Gaddafi.

Pertempuran itu berlaku bagi menuntut peletakan jawatan Gaddafi yang sudah berkuasa selama hampir 41 tahun di Libya.

Pergolakan itu tercetus ekoran kebangkitan rakyat di Tunisia dan Mesir yang menyebabkan kedua-dua pemimpin di negara tersebut terpaksa meletakkan jawatan.

Kumpulan para penentang dilihat semakin lemah terutama apabila berlaku pengunduran terbesar pada minggu lalu di kawasan timur negara tersebut yang dikuasai mereka.

Kelmarin, Liga Arab meminta Majlis Keselamatan Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu (PBB) melaksanakan larangan terbang di Libya, meningkatkan tekanan terhadap Amerika Syarikat (AS) dan kuasa-kuasa besar Barat lain untuk mengambil tindakan terhadap Gaddafi ekoran pergolakan tersebut yang dipercayai mengorbakan lebih 1,000 orang.

Kesemua 22 anggota Liga Arab mengakui Libya telah kehilangan kedaulatan dan meminta PBB memikul tanggunjawab dengan melaksanakan zon larangan terbang di negara berkenaan. - Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

The Star Online: World Updates

Posted: 14 Mar 2011 07:02 AM PDT

The Star Online: World Updates


FACTBOX - Toll of dead, missing from Japan's massive quake, tsunami

Posted: 14 Mar 2011 06:46 AM PDT

REUTERS - The death toll is expected to exceed 10,000 from a massive earthquake and tsunami that hit Japan on Friday, as rescue workers continue to search the ravaged northeastern coastal cities for survivors.

The quake and tsunami killed people in more than a dozen of Japan's 47 prefectures.

A woman cries while sitting on a road amid the destroyed city of Natori, Miyagi Prefecture in northern Japan March 13, 2011. (REUTERS/Asahi Shimbun)

Following is a toll of the dead or missing, according to Japanese media.

MIYAGI PREFECTURE, northeastern Japan

-- At least 785 people confirmed dead in cities such as Kesennuma, Higashimatsubara and Sendai, but local authorities fear more than 10,000 people may have died in the prefecture alone.

* A total of around 2,000 bodies found on several shores, including 1,000 in the town of Minamisanriku.

-- Minamisanriku has a population of 17,000, but 10,000 are missing after the tsunami.

* There have been reports that 200-300 bodies have been found in Wakabayashi district of Sendai, and around 50 bodies have been collected from the area.

IWATE PREFECTURE, northeastern Japan

-- At least 574 people confirmed dead, including those in Ofunato and Rikuzentakata cities.

-- The city of Rikuzentakata, with a population of 23,000 people, was "almost completely wiped out", the fire department says. No information yet on how many survived. More than 80 percent of the city was flooded.

-- In the town of Otsuchi, out of a population of 15,000 people, 12,000 people are missing.

FUKUSHIMA PREFECTURE, northeastern Japan

-- About 420 people, including those in Iwaki and Minamisoma cities, are confirmed dead. Around 1,200 people are missing.

DEATH TOLL IN OTHER DISTRICTS

Tokyo -- 7

Chiba -- 15

Ibaraki -- 19

Aomori -- 3

Tochigi -- 4

Kanagawa -- 3

Hokkaido -- 1

Yamagata -- 1

Gunma -- 1

(Compiled by World Desk Asia)

Copyright © 2011 Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

UK police charge man linked to Stockholm bombing

Posted: 14 Mar 2011 06:46 AM PDT

LONDON (Reuters) - A foreigner arrested last week in Glasgow in connection with a failed Stockholm suicide bombing in December has been charged with terrorism offences, Scottish police said on Monday.

"Strathclyde Police can confirm that a 30-year-old man has been charged with offences under the Terrorism Act 2000," it said in a statement giving no further details. Last week police alleged that he aided "terrorist activity" outside Scotland.

A firefighter attempts to put out a fire on a burning car in Stockholm, in this still image taken from video footage December 11, 2010. A foreigner arrested last week in Glasgow in connection with a failed Stockholm suicide bombing has been charged with terrorism offences, Scottish police said on Monday. (REUTERS/Reuters TV/Files)

Taymour Abdulwahab, a Swedish national of Middle Eastern descent, was killed in an attempted attack on downtown Stockholm after a bomb belt he was wearing went off prematurely.

Swedish officials believe he was preparing to attack a train station or department store at the height of the Christmas shopping season.

In January, the director of Iraq's anti-terrorism unit said Abdulwahab, who lived in Sweden in the 1990s, had received explosives training in the northern Iraqi city of Mosul.

Abdulwahab studied at a university in Luton, north of London, where he was believed to have become radicalised.

The Stockholm bombing was the latest in a string of attacks dating back to the 1990s by young Islamists educated in Britain, prompting critics to say London has failed to do enough to tackle militancy.

(Reporting by Stefano Ambrogi; Editing by Keith Weir)

Copyright © 2011 Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Posted: 14 Mar 2011 01:28 AM PDT

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Menteri BUMN Cari Pengganti Direktur BMRI & BRI

Posted: 14 Mar 2011 01:25 AM PDT

JAKARTA - Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan saat ini dirinya sedang mencari nama calon pengganti Direksi PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRII) yang akan habis masa jabatannya.

"Ada Direksi BRI dan Mandiri sudah habis masa jabatannya dan harus diganti. Tetapi saya belum bisa menyebut siapa saja," ujar Mustafa di Jakarta, Senin (14/3/2011).

Sayangnya, dia enggan menyebutkan siapa-siapa calon yang tengah diliriknya tersebut. Dia juga enggan menyebutkan sampai mana proses dari seleksi yang dilakukannya. "Kita cari dan kita finalisasi nanti segera," pungkasnya.

Untuk masalah kartel perbankan, Mustafa meyakini tidak ada kartel di bank BUMN. "Tidak ada kartel, yang ada cuma virtual holding, itu kan anjuran BI sendiri, dan mereka  dihimpun di tingkat komisaris utama dan dewan kebijakan perbankan," pungkasnya.(wdi)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Ayo, Rebut Rp75 Juta untuk Penelitianmu!

Posted: 14 Mar 2011 01:23 AM PDT

Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

Senin, 14 Maret 2011 - 15:23 wib

Image: corbis.com

Image: corbis.com

JAKARTA - Biro Oktroi Roosseno (BOR) mencari peneliti muda untuk diberi dana penelitian Rp75 juta per proposal penelitian. Total, akan ada Rp300 juta dana penelitian yang akan mereka bagikan kepada empat pemenang.

BOR adalah biro konsultan Hak Kekayaan Intelektual yang berkantor di Jakarta, di bawah naungan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI). Pemberian bantuan dana penelitian ini dilakukan dalam rangka peringatan HUT BOR ke-60.

"Penawaran ini ditujukan untuk peneliti muda yang telah mapan di bidang penelitian yang ditekuni dan memerlukan dukungan dana untuk aspek tertentu dalam penelitiannya (ongoing research project). Penelitian yang diusulkan wajib dilakukan di sebuah fasilitas penelitian di Indonesia dan hasil yang dapat berkontribusi bagi kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi," demikian seperti dikutip dari keterangan terulis BOR, Senin (14/3/2011).

Pelamar sayembara ini, baik peneliti utama, peneliti, dan pembantu peneliti adalah warga negara Indonesia (WNI) dan tinggal di Indonesia. Usia maksimal pelamar adalah 45 tahun pada 22 Juni 2011. Peneliti Utama hanya berhak mengajukan satu proposal penelitian, bersama dengan biodata yang menunjukkan _track record_ keunggulan sebagai seorang peneliti

Bantuan dana akan diberikan untuk jangka waktu penelitian maksimal satu tahun dalam bidang, A. Pemanfaatan Energi Alternatif; B. Peningkatan Ketahanan Pangan; serta C. Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati. Selain bantuan dana penelitian, BOR juga akan membantu drafting paten dan proses pendaftaran permohonan paten dari hasil penelitian tersebut.

Tertarik melamar? Siapkan proposal penelitianmu yang memuat latar belakang penelitian, sifat permasalahan penelitian, metodologi, kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, keterkaitan proposal ini dengan rangkaian penelitian yang sedang atau sudah dilakukan, daftar rencana pembiayaan, serta bidang penelitian (A/B/C). Tebal proposal maksimum 20 halaman selain lampiran.

Pelamar dan proposal penelitiannya perlu mendapat rekomendasi dari sebuah lembaga penelitian ilmiah. Rekomendasi pada institusi pendidikan tinggi bisa diberikan oleh ketua lembaga penelitian atau dekan fakultas. Pada pusat riset non-universitas, rekomendasi dapat diberikan oleh direktur atau kepala lembaga.

Selain proposal, berkas lamaran dilengkapi dengan biodata yang menunjukkan track record keunggulan sebagai peneliti, serta formulir aplikasi. Berkas lamaran dibundel dengan sampul transparan dan dibuat lima salinan, serta satu softcopy dalam bentuk CD/DVD. Kirimkan semua berkas lamaranmu ke alamat:

BIRO OKTROI ROOSSENO

Kantor Taman A9, Unit C1-C2
Mega Kuningan, Jakarta Selatan
Jakarta 12950
atau
PO. BOX. 4585 Jakarta 10001

Aplikasimu ditunggu hingga 10 Mei 2011 pukul 17.00 WIB. Jika masih ada pertanyaan, kamu bisa menghubungi nomor telepon 021-5762310 (Hunting) atau mengirimkan surat elektronik ke alamat research2011.bor@gmail.com.

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 14 Juni 2011, serta penghargaan dan dana penelitian akan diserahkan secara simbolis pada 22 Juni 2011 pada acara perayaan peringatan berdirinya Biro Oktroi Roosseno yang ke-60. (rfa)(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi news.okezone.com

Posted: 14 Mar 2011 01:17 AM PDT

Sindikasi news.okezone.com


Bendera Tantang SBY Gugat The Age

Posted: 14 Mar 2011 01:13 AM PDT

JAKARTA - Benteng Demokrasi Rakyat (Bendera) menyayangkan sikap pemerintah yang hanya berkomentar pemberitaan The Age sebagai berita sampah dan tidak menuntut The Age seperti halnya dua aktivis Bendera yang kini menjalani persidangan.

"Kita akan minta sidang diberhentikan, kecuali wikileaks dan dua media itu dituntut juga oleh SBY," ujar aktivis Bendera Mustar Bona Ventura di Markas Bendera, Jakarta, (14/3/2011).

Menurutnya, untuk menggugat dua media itu, tentu saja pemerintah harus juga menggunakan data. Namun sejauh ini Mustar melihatnya pemerintah hanya berani menuntut rakyatnya dan tak berani dengan The Age dan SMH.

"Kenapa pemerintah tak berani, beraninya sama kita saja, karena SBY sebenarnya takut, pemerintah tidak berani menelusurinya jika (pemberitaan) ini benar SBY juga tidak sah sebagai presiden," ucapnya.

Sebelumnya, Koran The Age telah memberitakan bahwa SBY telah menyalahgunakan kekuasaan selama menjadi presiden. Salah satunya adalah tudingan jika SBY menerima dana Century untuk pilpres lalu. Namun sebelumnya, dua aktivis Bendera yaitu Mustar Bona Ventura dan Ferdi Semaun yang juga pernah menginformasikan soal dugaan aliran dana Century ke sejumlah pejabat kini digugat dan masih menjalani proses persidangan.
(crl)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

"99 Persen Berita The Age Benar..."

Posted: 14 Mar 2011 01:12 AM PDT

JAKARTA - Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Effendy Choirie, meyakini bahwa informasi rahasia yang dibocorkan Wikileaks dan dikupas dua media terkemuka Australia The Age dan Sydney Morning Herald adalah benar adanya.
 
"99 persen benar. Termasuk dugaan skandal yang melibatkan kalangan Istana itu benar. Sebetulnya, yang dikutip media Australia dari Wikileaks itu membenarkan apa yang kita rasakan selama ini," ujar pria yang disapa Gus Choi ini kepada okezone, Senin (14/3/2011).
 
Anggota Komisi I DPR ini menambahkan, dirinya mempercayai informasi beragam skandal pejabat Indonesia yang dilansir The Age dan Sydney Morning Herald karena informasi tersebut sudah menjadi perbincangan luas.
 
"Setiap hari kita semua rakyat Indonesia dan pengamat sudah bicara seperti itu. Cuma nggak dimuat di koran saja," tuturnya.
 
Koran The Age dan Sydney Morning Herald dinilai Gus Choi sebagai media yang memiliki kredibilitas tinggi. "Yang memuat ini institusi yang punya kredibilitas tinggi, media Australia punya kredibilitas dan bukan koran kuning. Jadi nggak benar kalau itu dianggap informasi sampah," pungkasnya.
 
Sebagaimana diberitakan, Koran Harian The Age dan Sydney Morning Herald memuat berita yang menyudutkan Presiden SBY dengan judul "Abused Power". SBY dituding telah menyalahgunakan kekuasaannya.
 
Salah satunya, SBY diberitakan telah mengintervensi Jaksa Muda Pidana Khusus untuk menghentikan kasus korupsi yang dilakukan Taufiq Kiemas saat istrinya Megawati Soekarno Putri menjabat sebagai Presiden.
 
Tak hanya itu mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla juga ditengarai telah melakukan suap saat dirinya mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

(teb)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Regional

Posted: 14 Mar 2011 01:13 AM PDT

KOMPAS.com - Regional


Duh, Kantor BPN Gresik Dirampok

Posted: 14 Mar 2011 07:39 AM PDT

Rp 340 Juta Amblas

Duh, Kantor BPN Gresik Dirampok

Penulis: Adi Sucipto | Editor: Glori K. Wadrianto

Senin, 14 Maret 2011 | 14:39 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Kantor Badan Pertanahan Nasional atau BPN Gresik di Jalan Permata Kompleks Griya Bunder Asri dirampok. Uang sebesar Rp 340 juta di brankas berhasil dibawa kabur pelaku.

Peristiwa itu terjadi Minggu (14/3/2011) pukul 21.00. Dua orang petugas jaga di antaranya Sutrisno didatangi komplotan pelaku dan diancam dengan pistol. Muka Sutrisno bahkan dipukul dengan gagang pistol.

Kepala Bagian Tata Usaha Kantor BPN Gresik Siswanto Senin (14/3/2011) menjelaskan, setelah memperdayai dua penjaga, pelaku merusak brankas. Uang dalam brankas sebesar Rp 340 juta dibawa kabur.

Sebelumnya kawanan penjahat pada Jumat (11/3/2011) juga berhasil mengambil uang Rp 100 juta milik KPRI Dana Karya Menganti. Uang itu baru diambil dari Bank Mandiri Cabang Jalan Kartini.

Uang tersebut ditinggalkan di mobil W 1197 AN saat Bendahara KPRI Dana Karya menunaikan shalat Jumat di Masjid Nurul Jannah Petrokimia Gresik. Polisi masih menunggu hasil rekaman CCTV Bank Mandiri Senin, untuk melihat apakah korban dikuntit pelaku sejak dari Bank.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tak Berkabar, Ribuan Warga Bali di Jepang

Posted: 14 Mar 2011 07:34 AM PDT

PascaTsunami

Tak Berkabar, Ribuan Warga Bali di Jepang

Penulis: K1-11 | Editor: Glori K. Wadrianto

Senin, 14 Maret 2011 | 14:34 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Ribuan warga Bali yang tinggal di Jepang sampai saat ini masih banyak yang belum diketahui nasibnya pascatsunami yang meluluhlantahkan sebagian wilayah Negeri Sakura tersebut, Jum'at lalu. Pemerintah Provinsi Bali terus berusaha menghubungi KBRI di Jepang dan penyalur tenaga kerja untuk memantau keberadaan mereka.

"Banyak sekali warga kita yang ada di Jepang. Mungkin ada ribuan orang. Ada yang sekolah, ada yang magang, ada yang kerja, atau ada juga yang barangkali sedang jalan-jalan di sana. Kita belum punya identifikasi yang konkrit," ujar Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Denpasar.

Meski belum mengetahui angka pasti seluruh warga Bali yang tinggal di Jepang, namun dari data Dinas Tenaga Kerja Trnasmigrasi dan Kependudukan Provinsi Bali tercatat ada 170 siswa magang yang dikirim resmi ke Jepang.

Keberadaan para siswa magang yang berasal dari sejumlah Kabupaten dan Kota di Bali ini diperkirakan selamat karena mereka tinggal di Provinsi Hiraki yang jauh dari kota yang diterjang tsunami. Pemerintah Provinsi Bali kesulitan mendeteksi warga Bali yang tinggal di Jepang tanpa menggunakan jalur Pemerintah.

"Kita minta keluarga yang mempunyai keluarga di Jepang agar melapor ke kami. Kami juga minta pengerah jasa tenaga kerja agar berusaha mencari keterangan terkait keberadaan tenaga kerjanya di Jepang," tegas Pastika.

Selain berusaha untuk mencari keberadaan warga Bali di Jepang, Pastika juga menyampaikan keprihatinan yang mendalam terhadap musibah ini. "Jepang dan Bali punya hubungan yang sangat erat. Banyak sekali warga Jepang yang di sini dan juga banyak warga kita yang tinggal di Jepang. Kita berdoa semoga korban tidak terlalu banyak. Kalaupun ada korban, saya berharap keluarga bisa tabah. Dan saya yakin Jepang akan bisa segera recovery," tandas mantan Kapolda Bali ini.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Republika Online

Posted: 14 Mar 2011 12:30 AM PDT

Republika Online


Wih... PNS Kemenkum HAM Batam Banyak yang Selingkuh

Posted: 14 Mar 2011 07:21 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) menemukan banyak kasus perselingkungan yang dilakukan aparat kementerian tersebut. "Kasus perselingkuhan tinggi. Ada banyak kasus yang terjadi selama ini," kata Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Samuel Tobing dalam Evaluasi Kinerja Jajaran Kementerian Hukum serayon Sumatera di Batam, Senin (14/3).

Ia mengatakan kasus perselingkuhan termasuk yang tertinggi di antara banyak masalah dalam kementerian yang harus dibenahi. Perselingkuhan, kata dia, tidak hanya sebatas urusan pribadi, karena urusan "perempuan" membutuhkan uang lebih. "Kalau selingkuh butuh uang, terus uangnya dari mana? Jawab sendiri," kata dia.

Perselingkuhan dikhawatirkan dapat memicu seseorang untuk berbuat curang dan korup. Di tanya ada berapa kasus perselingkuhan yang terjadi, ia mengatakan banyak. "Ada banyak, tapi memang tidak pernah diungkap," kata dia.

Kemenhukham, kata dia, menindak tegas aparatnya yang diketahui selingkuh. "Hukumannya selingkuh," kata dia. Selain perselingkuhan, Kemenhukham juga menyoroti kinerja aparat yang terlibat dalam peredaran narkoba di dalam lembaga pemasyarakatan, pungutan liar di Lapas dan pencurian paspor di Imigrasi.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Satpol PP Didesak Hilangkan Kesan Arogan

Posted: 14 Mar 2011 07:21 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,GORONTALO - Seluruh Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja di Gorontalo diminta untuk menghilangkan kesan arogan saat menjalankan tugas sehari-hari.

Asisten Pelayanan Publik Setda Provinsi Gorontalo, Arfan Arsyad, mengatakan sudah saatnya Satpol PP bekerja lebih profesional dengan melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat. "Satpol PP sering dinilai arogan oleh masyarakat. Sehingga, yang terjadi justru memicu kerusuhan atau bentrok dengan masyarakat," kata Arfan dalam bimtek peningkatan kapasitas Satpol PP di Gorontalo, Senin (14/3).

Menurutnya, anggapan miring tersebut cukup beralasan. Hal ini mengingat Satpol PP kerap menyuguhkan aksi yang berlebihan saat menjalankan perannya dalam memelihara keamanan. "Biasanya Satpol PP juga bersikap yang tidak pantas dan seolah-olah hendak mengambil peran POLRI," tambahnya.

Meski demikian, kata dia, Satpol PP telah memberikan kontribusi besar bagi stabilitas keamanan sejak berdiri pada tanggal 3 Maret 1950. Untuk menghindari bentrokan dengan masyarakat, pemerintah memberikan bimbingan kepada seluruh anggota Satpol sebagai bentuk peningkatan kapasitas dan kinerja.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi news.okezone.com

Posted: 14 Mar 2011 12:28 AM PDT

Sindikasi news.okezone.com


Mantan Wartawan Kompas Gugat Dewan Pers ke PTUN

Posted: 14 Mar 2011 12:25 AM PDT

JAKARTA - Kasus pengaduan Direktur Utama Kita Communication Henny Lestari selaku Public Relation (PR) Consultant IPO PT Krakatau Steel Tbk kepada Dewan Pers pada bulan November 2010 lalu, yang menuding wartawan pasar modal melakukan pemerasan, meminta uang Rp 400 juta, dan meminta jatah saham, telah membawa dampak cukup luas.

Dampaknya antara lain, pembunuhan karakter dan pencemaran nama baik wartawan yang meliput di Bursa Efek Indonesia (BEI), dan keluarnya Keputusan Dewan Pers yang menyatakan empat wartawan melanggar Kode Etik Jurnalistik, dan diikuti dengan pemberhentian Reinhard Nainggolan sebagai Wartawan Harian Kompas.

Disamping itu, insan Pers Indonesia juga terpecah belah akibat politik adu domba yang dilakukan Henny Lestari.

Menilai bahwa pengaduan tidak berdasar itu hanya merupakan upaya pembungkaman Kebebasan Pers yang bertujuan mengalihkan Isu Skandal IPO Krakatau Steel, Reinhard Nainggolan akhirnya mengajukan Gugatan Sengketa Tata Usaha Negara terhadap Dewan Pers (Tergugat I) dan  PT Kompas Media Nusantara sebagai Penerbit Harian Kompas (Tergugat II).

Menurut kuasa hukum Tim Advokasi Pembela Kemerdekaan Pers dari Konspirasi Pengalihan Isu IPO KS, Johnson Pandjaitan mengungkapkan gugatan telah diajukan dan didaftarkan di Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta pada 25 Februari 2011 dengan Nomor Pendaftaran 30/G/2011/PTUN-JKT.

"Berdasarkan surat yang kami terima dari PTUN Jakarta, persidangan awal akan dimulai pada tanggal 15 Maret 2011," kata Johnson dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/3/2011).

Selain menggugat Dewan Pers dan Harian Kompas ke PTUN Jakarta, Tim Advokasi juga akan segera mengajukan gugatan hukum perdata maupun pidana terhadap Direktur Utama Kita Communication Henny Lestari, Direksi PT Krakatau Steel Tbk, dan Menteri Negara BUMN.

"Tim Advokasi Pembela Kemerdekaan Pers Dari Konspirasi Pengalihan Isu IPO KS juga akan menempuh jalur hukum terhadap pihak-pihak yang menyampaikan tuduhan tidak berdasar kepada Reinhard Nainggolan melalui pemberitaan di media massa," ujar Johnson.

Objek gugatan dalam perkara Gugatan Sengketa Tata Usaha Negara terhadap Dewan Pers (Tergugat I) dan PT Kompas Media Nusantara (Tergugat II) adalah Keputusan Dewan Pers Tentang Wartawan meminta Hak Istimewa Untuk membeli Saham Penawaran Umum Perdana (IPO) Krakatau Steel tertanggal 1 Desember 2010. Keputusan itu secara sepihak ditindaklanjuti oleh manajemen Harian Kompas dengan memberhentikan Reinhard Nainggolan sebagai Wartawan Harian Kompas. Pemberhentian pun dilakukan melalui publikasi di media massa, tanpa terlebih dahulu memberitahukan keputusan pemberhentian kepada Reinhard Nainggolan. Sebagai catatan, hingga hari ini, Senin 14 Maret 2011, Reinhard Nainggolan sama sekali belum menerima Surat Pemberhentian sebagai Wartawan Kompas.

Sementara itu, dalam keputusannya ,Dewan Pers sama sekali tidak menjelaskan informasi, keterangan, dan bukti-bukti apa yang diperoleh sehingga pada paragraf ketiga keputusannya menyatakan, Terjadi pelanggaran kode etik dan penyelahgunaan profesi wartawan karena ada usaha yang dilakukan wartawan untuk mendapatkan saham perdana PT Krakatau Steel dengan menggunakan profesi dan jaringannya sebagai wartawan

"Dengan demikian, keberadaan dan/atau kebenaran informasi, keterangan, penjelasan, serta bukti-bukti yang dimaksud dalam Keputusan Dewan Pers sesungguhnya tidak dapat dipertanggungjawabkan secara hukum untuk menjadi dasar mengeluarkan keputusan," kata Johnson.

Dipaparkan Johnsosn, secara sah dan meyakinkan tidak ada satupun bukti hukum yang menunjukkan bahwa Reinhard Nainggolan meminta hak istimewa untuk membeli saham perdana PT Krakatau Steel sebagaimana yang disebutkan pada Keputusan Dewan Pers.

"Dalam mengeluarkan keputusannya, Dewan Pers sama sekali tidak mempertimbangkan pernyataan tertulis dari manajemen PT Mandiri Sekuritas selaku Penjamin Emisi (Underwiter) IPO Krakatau Steel," katanya.

Johnson menjelaskan, padahal PT Mandiri Sekuritas menyatakan , sebagai underwriter, Mandiri Sekuritas tidak pernah menawarkan saham KS kepada wartawan dan tidak pernah merasa diperas oleh wartawan.

"Kalau memang pada akhirnya kami mengalokasikan sejumlah saham kepada teman-teman wartawan, namun sebagai investor biasa (bukan sebagai wartawan) dan tanpa prasyarat apapun," tandas Johnson.
(ugo)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pria Berjaket Tentara Tewas Mengambang di Kali Cisadane

Posted: 14 Mar 2011 12:16 AM PDT

TANGERANG- Pria berjaket tentara ditemukan tewas di bawah jembatan Gading, Kampung Kamurang Atas, Rt 01/01 Kelurahan Pakualam, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.

Saat ditemukan, jenazah pria yang belum diketahui identitasnya itu dalam kondisi telengkup dan mengambang di kali Cisadane.

Jenazah pertama kali ditemukan oleh Dodi (32), warga Serpong. Diceritakan, saat itu dirinya hendak memancing dan melihat mayat mengambang di bawah jembatan. Saat ditemukan, jenazah korban sudah membusuk dan dikerubuti lalat.

"Saat itu saya hendak mancing dan melihat mayat. Saya tidak berani mendekati dan mengangkat mayat itu sendirian," ujarnya, kepada Okezone, Senin (14/3/2011).

Kemudian, Dodi melaporkan temuannya itu kepada bapaknya, Akhiar (67), yang berada tidak jauh dari tempatnya menemukan mayat. Mendapat laporan itu, Akhiar pun lantas melihat ke lokasi dan langsung melapor ke polsek terdekat.

Menurut kesaksian Akhiar, di kali Cisadane sudah banyak ditemukan mayat. Sejak dua tahun terakhir, sudah ada sedikitnya lima kali temuan mayat di lokasi itu dan rata-rata mayat itu bukan berasal dari warga sekitar.

"Di sini sudah sering ditemukan mayat yang dibuang. Rata-rata korban pembunuhan dan dibuangnya di sini," jelasnya.

Temuan mayat sempat mengegerkan warga sekitar lalu berinisiatif untuk mengangkat jenazah korban ke tepi kali dengan menggunakan perahu rakitan. Saat ini, jenazah korban sudah dibawa ke RSUD Tangerang untuk menjalani proses autopsi.

(crl)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Republika Online

Posted: 14 Mar 2011 12:23 AM PDT

Republika Online


Wih... PNS Kemenkum HAM Batam Banyak yang Selingkuh

Posted: 14 Mar 2011 07:21 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) menemukan banyak kasus perselingkungan yang dilakukan aparat kementerian tersebut. "Kasus perselingkuhan tinggi. Ada banyak kasus yang terjadi selama ini," kata Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Samuel Tobing dalam Evaluasi Kinerja Jajaran Kementerian Hukum serayon Sumatera di Batam, Senin (14/3).

Ia mengatakan kasus perselingkuhan termasuk yang tertinggi di antara banyak masalah dalam kementerian yang harus dibenahi. Perselingkuhan, kata dia, tidak hanya sebatas urusan pribadi, karena urusan "perempuan" membutuhkan uang lebih. "Kalau selingkuh butuh uang, terus uangnya dari mana? Jawab sendiri," kata dia.

Perselingkuhan dikhawatirkan dapat memicu seseorang untuk berbuat curang dan korup. Di tanya ada berapa kasus perselingkuhan yang terjadi, ia mengatakan banyak. "Ada banyak, tapi memang tidak pernah diungkap," kata dia.

Kemenhukham, kata dia, menindak tegas aparatnya yang diketahui selingkuh. "Hukumannya selingkuh," kata dia. Selain perselingkuhan, Kemenhukham juga menyoroti kinerja aparat yang terlibat dalam peredaran narkoba di dalam lembaga pemasyarakatan, pungutan liar di Lapas dan pencurian paspor di Imigrasi.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Satpol PP Didesak Hilangkan Kesan Arogan

Posted: 14 Mar 2011 07:21 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,GORONTALO - Seluruh Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja di Gorontalo diminta untuk menghilangkan kesan arogan saat menjalankan tugas sehari-hari.

Asisten Pelayanan Publik Setda Provinsi Gorontalo, Arfan Arsyad, mengatakan sudah saatnya Satpol PP bekerja lebih profesional dengan melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat. "Satpol PP sering dinilai arogan oleh masyarakat. Sehingga, yang terjadi justru memicu kerusuhan atau bentrok dengan masyarakat," kata Arfan dalam bimtek peningkatan kapasitas Satpol PP di Gorontalo, Senin (14/3).

Menurutnya, anggapan miring tersebut cukup beralasan. Hal ini mengingat Satpol PP kerap menyuguhkan aksi yang berlebihan saat menjalankan perannya dalam memelihara keamanan. "Biasanya Satpol PP juga bersikap yang tidak pantas dan seolah-olah hendak mengambil peran POLRI," tambahnya.

Meski demikian, kata dia, Satpol PP telah memberikan kontribusi besar bagi stabilitas keamanan sejak berdiri pada tanggal 3 Maret 1950. Untuk menghindari bentrokan dengan masyarakat, pemerintah memberikan bimbingan kepada seluruh anggota Satpol sebagai bentuk peningkatan kapasitas dan kinerja.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Mancanegara

Posted: 13 Mar 2011 09:09 PM PDT

ANTARA - Mancanegara


Otoritas Jepang Bantah Tsunami Susulan

Posted: 13 Mar 2011 08:29 PM PDT

Sebuah perahu terlihat di Prefektur Miyagi yang tersapu oleh tsunami, setelah gempa besar dan tsunami yang menewaskan sedikitnya 1.000 orang mungkin. (ANTARA/REUTERS/Kyodo)

Berita Terkait

Tokyo (ANTARA News) - Gelombang besar berhasil dideteksi dari lepas pantai Jepang oleh sebuah helikopter, namun badan meteorologi Jepang menyatakan bahwa gelombang itu bukan pertanda bakal adanya tsunami baru atau gelombang besar.

Pihak berwenang Jepang telah memerintahkan evakuasi di sejumlah bagian daerah pantai yang sudah porak poranda, menyusul laporan awal dan pengamatan bahwa air alut seketika surut di Perfektur Iwate dan Aomori, sebuah fenomena yang biasanya bakal disertai tsunami.

Televisi pemerintah NHK melaporkan bahwa para petugas di sebuah helikopter pemadam kebakaran telah mendeteksi gelombang setinggi 3 meter di lepas pantai Perfektur Fukushima.

TV itu juga mengatakan bahwa gelombang tsunami diperkirakan akan sampai di daratan beberapa menit setelah deteksi itu.

Seorang pejabat badan meteorologi Jepang berkata kepada AFP, "Begitu kami mendeteksi gempa bumi, lembaga ini mengeluarkan baika peringatan tsunami maupun kondisi bahaya, namun tidak ada gempa yang termonitor."

Dia menambahkan, sejumlah sistem pengawasan lepas pantai milik badan meteorologi Jepang ini terpecah-pecah akibat bencana dahsyat Jumat pekan lalu.

Pesisir pantai Pasifik dari bagian utara Pulau Honshu luluh lantak oleh gelombang tsunami setinggi 10 meter yang dipicu oleh gempa bumi dahsyat berkekuatan 8,9 Skala Richter yang adalah gempa bumi terbesar yang melanda Jepang.  (*)

AR09

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Jepang Kembali Bakal Disapu Tsunami Dahsyat

Posted: 13 Mar 2011 08:13 PM PDT

Gelombang tsunami setinggi 10 meter menyusul gempa 8,9 SR menyapu wilayah pesisir Jepang (CCCTV)

Berita Terkait

Tokyo (ANTARA News) - Beberapa menit ke depan gelombang tsunami setinggi 3 meter diperkirakan akan menyapu daerah pesisir timur laut Jepang yang sudah poranda poranda akibat gempa dan tsunami pekan lalu.

Otoritas penanggulan bencana Jepang memperingatkan bahwa tsunami itu akan segera datang dalam beberapa menit ke depan.

Gelombang tsunami itu terlihat dari helikopter pemadam kebakaran di lepas pantai Perfektur Fukushima, demikian televisi setempat seperti dikutip Reuters, Senin.

Sementara televisi milik pemerintah NHK melaporkan bahwa tsunami itu akan menghajar kembali Jepang pada pukul 11.20 pagi waktu setempat, atau 15 menit dari pantai.

Air laut di Perfektur Iwate di timut laut Pulau Honshu sudah menyurut drastis, pertanda bakal adanya gelomnbang tsunami. (*)

AR09

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Utusan Online - Luar Negara

Posted: 13 Mar 2011 07:56 PM PDT

Utusan Online - Luar Negara


Korban mungkin lebih 10,000

Posted:

Korban mungkin lebih 10,000

Korban mungkin lebih 10,000


Gelombang tsunami menghempas sebatang jalan di bandar Miyako, di timur laut Jepun selepas satu gempa berukuran 8.9 pada skala Richter menggegar Jepun, Jumaat lalu. – REUTERS


TOKYO 13 Mac – Polis di Miyagi menjangkakan angka kematian di wilayah itu sahaja mungkin melebihi 10,000 orang, apabila bandar di timur laut Jepun itu musnah teruk akibat gempa bumi dan tsunami yang melanda kelmarin.

Jangkaan itu juga dibuat berdasarkan penemuan lebih 600 mayat di sepanjang kawasan pantai Miyagi dan Iwate, lapor agensi berita Kyodo.

Jurucakap polis, Go Sugawara berkata, ketua polis wilayah itu memaklumkan pegawai bantuan kecemasan bahawa mangsa terbunuh dijangka melebihi 10,000 orang.

Ini berikutan kira-kira 10,000 penduduk di bandar Minamisanriku, Miyagi telah terputus hubungan.

Setakat ini, pihak berkuasa Jepun meletakkan angka kematian tsunami dan gempa bumi pada lebih 1,400 orang, tetapi jumlah itu dijangka meningkat.

Seorang pegawai perbandaran di bandar Futaba, wilayah Fukushima berkata, kira-kira 90 peratus rumah di tiga kawasan perumahan musnah selepas dilanda tsunami.

Agensi NHK melaporkan, kira-kira 390,000 penduduk telah meninggalkan rumah mereka dengan kebanyakannya mendapatkan perlindungan di lebih 1,400 tempat pemindahan sementara di sekolah-sekolah dan pusat komuniti.

Perdana Menteri, Naoto Kan hari ini menyatakan, Jepun sedang berhadapan krisis terburuk sejak Perang Dunia Kedua apabila bilangan korban akibat bencana tersebut terus meningkat.

Beliau hari ini turut menggandakan jumlah askar yang dihantar ke kawasan terbabit kepada 100,000 orang ketika pekerja penyelamat sukar tiba ke kawasan terjejas ekoran keadaan jalan yang terputus hubungan. – Reuters/Dpa

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Letupan Chernobyl tidak akan berulang

Posted:

Letupan Chernobyl tidak akan berulang

Letupan Chernobyl tidak akan berulang


Penduduk yang terkandas di sebuah sekolah rendah dipindahkan ke kawasan selamat di Sendai, Utara Jepun, kelmarin. - AP


BRUSSELS 13 Mac - Jepun tidak perlu bimbang berlakunya kejadian seumpama letupan nuklear Chernobyl di Ukraine selepas satu letupan memusnahkan bahagian bumbung sebuah loji jana kuasa nuklearnya di Fukushima semalam, kata pakar.

Reaktor No. 1 di Fukushima, utara Tokyo mengalami kebocoran radiasi selepas gempa bumi sekuat 8.9 pada skala Richter mengakibatkan satu letupan semalam, sekali gus mencetuskan kebimbangan berlakunya peleburan nuklear.

Bagaimanapun, pakarberkata, gambar kabus di loji berkenaan mencadangkan hanya sejumlah kecil radiasi dibebaskan dan ia adalah sebahagian pendekatan bagi mengembalikan kestabilannya, berbeza jauh dari awan radioaktif yang dibebaskan Chernobyl apabila ia meletup pada 1986.

"Letupan di loji nuklear Fukushima di Jepun yang berlaku tidak akan mengulangi bencana nuklear Chernobyl,'' kata Timbalan Pengarah Pusat Keselamatan Nuklear Chernobyl, Valeriy Hlyhalo.

Agensi berita Interfax memetik Hlylaho sebagai berkata, reaktor Jepun mempunyai perlindungan lebih baik berbanding di Chernobyl yang menyaksikan 32 anggota bomba terbunuh.

"Selain itu, reaktor nuklear di Jepun juga direka untuk zon seismik walaupun apa yang berlaku melebihi impak ketahanan loji berkenaan.

"Oleh itu, kesannya tidak akan menjadi serius seperti selepas bencana nuklear Chernobyl,'' katanya.

Para pegawai Jepun berkata, teras reaktor nuklear itu masih berada dalam keadaan baik dan air laut akan dimasukkan ke dalam reaktor bocor itu untuk menyejukkan dan mengurangkan tekanan di unit itu.

Pakar berkata, ia amat penting untuk memastikan penutup besi reaktor tidak rosak dalam letupan atau gempa bumi itu.

"Jika bekas tekanan yang menyimpan semua bahan api itu meletup, ia mungkin bakal mengulangi kejadian Chernobyl, jadi lebih banyak bahan radioaktif akan dibebaskan,'' kata ahli fizik nuklear Universiti Surry Britain, Pro. Paddy Regan. - Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

The Malaysian Insider :: World

Posted: 13 Mar 2011 07:10 PM PDT

The Malaysian Insider :: World


Gaddafi troops take oil town, France pushes no-fly zone

Posted: 13 Mar 2011 05:37 PM PDT

A rebel fighter sits on a truck as he fires an anti-aircraft gun during an air strike at a rebel fighters checkpoint in Al Ugaila area along a road between the towns of Brega and Ras Lanuf, March 12, 2011. — Reuters pic

AJDABIYAH, Libya, March 14 — Muammar Gaddafi's troops battled rebel fighters for control of the strategic Libyan oil town of Brega yesterday, as France promised to push harder for a UN-backed no-fly zone over the country.

Government troops advancing east along the coast road took Brega early yesterday in what looked like an increasingly confident drive towards the rebel stronghold of Benghazi.

But the rebels, inspired by the overthrow of the Tunisian and Egyptian presidents to try to end Gaddafi's four-decade rule, said they had re-taken Brega on Sunday night. There was no way of verifying the rival claims.

The government, whose forces had previously captured Ras Lanuf, another oil town 100 km west of Brega, said earlier it was certain of victory and threatened to "bury" the rebels, whom it linked to al Qaeda and "foreign security services."

Gaddafi himself met the Russian, Chinese and Indian ambassadors and urged their countries to invest in Libya's oil sector, badly disrupted by the uprising and the flight of tens of thousands of expatriates oil workers.

Libyan oil exports have been badly disrupted by the fighting, lack of staff, international sanctions and the refusal of international banks to fund trade deals. Some experts say it may take a year for output to recover to its previous level of about 1.6 million barrels per day.

International crude prices fell by about US$1 (RM3.04) a barrel on Gaddafi regaining territory over the weekend.

On the diplomatic front, France said it would step up efforts to persuade world powers to impose a no-fly zone over Libya. It said the Arab League's weekend call on the United Nations to impose such a zone showed the world's concern for Libyan civilians.

Time however is short for ill-equipped rebels facing far superior firepower, including warplanes and helicopters.

The Libyan government said it would welcome an African Union panel to try to help resolve the crisis, but condemned the Arab League call for a no-fly zone, describing it as "a dangerous act for Arab security that only serves the Zionist enemy."

France said it would consult other powers "in the coming hours" to try to set up such a zone "to assure the protection of the civilian population in Libya ... in the face of the terrible violence suffered by the Libyan population."

France hosts a Group of Eight foreign ministers' meeting on Monday and said they would discuss the situation in Libya.

ARMY SAYS CAPTURED BREGA

A Libyan government army source told state television yesterday morning: "Brega has been cleansed of armed gangs," and rebel fighters retreating eastwards were demoralised.

"There's no uprising any more," said rebel Nabeel Tijouri, his heavy machinegun destroyed in the fighting. "The other day we were in Ras Lanuf, then Brega, the day after tomorrow they will be in Benghazi."

Brega is 220km south of the rebel stronghold of Benghazi and Ajdabiyah is the only sizeable town between them.

The flat desert terrain means the government's aircraft and tanks outweigh the rebels' enthusiasm and light weaponry, except in towns where the odds against the rebels are reduced.

State television carried a confident official message. "We are certain of our victory, whatever the price," it said.

"Those acts of division will be buried together with those who committed them, who are linked to foreign security services and the terrorist organisation al Qaeda," it said.

But last night, rebel media officer Mustafa Gheriani told reporters in Benghazi the rebels had retaken Brega, killed 25 Gaddafi fighters and taken 20 prisoners of war.

"Tonight it (Brega) is back in the hands of the revolutionaries, but they will probably come back tomorrow with big machines, bomb it and take it back again," Gheriani said. "This is a war of resolve and the resolve of his (Gaddafi's) people is breaking down."

Rashid Khalikov, the UN humanitarian coordinator for Libya, said in an interview he wanted unimpeded access:

"The situation is changing from one day to another," he said. "The main concern is to find out what's going on, which we don't know...The civilian population is suffering a lot."

The United States said the Arab League's call for a UN no-fly zone to protect Libyan cities was an "important step," but Washington remained cautious about military intervention.

Arab support satisfies one of three conditions NATO set on Friday for it to police Libyan air space. The others are proof that its help is needed, and a UN Security Council resolution.

Even if the Security Council meets to discuss a no-fly zone, it is far from clear whether it would pass a resolution as veto holders Russia and China have both publicly opposed the idea.

MUTINY?

The Libyan conflict has escalated from a popular uprising similar to protests that toppled the leaders of Tunisia and Egypt and have shaken other countries in the region. It is now more akin to a civil war.

Protests in the capital have stopped.

Human Rights Watch said "Gaddafi and his security forces are brutally suppressing all opposition in Tripoli — including peaceful protests — with lethal force, arbitrary arrests, and forced disappearances."

Fresh from crushing the revolt in Zawiyah, west of Tripoli, elite government troops and tanks turned to Misrata, Libya's third biggest city with 300,000 people and the only pocket of rebel resistance outside the east.

Rebels said a mutiny among government troops stalled their advance yesterday for a second day, but this was impossible to confirm independently.

"From the early morning they (government troops) are fighting each other. We hear the fighting," rebel fighter Mohammed told Reuters by telephone. "This division between them came to us from God ... Now we are waiting to see what happens."

Journalists have been prevented from reaching the city by the authorities. The government dismissed the reports as rumours and said there were al Qaeda fighters in Misrata. — Reuters 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Japanese inspired and angered; resigned to more quakes

Posted: 13 Mar 2011 04:30 PM PDT

An injured girl is brought to a Japanese Red Cross hospital after being evacuated from the area hit by tsunami in Ishinomaki March 13, 2011. — Reuters

TOKYO, March 14 — While images of brutal destruction wreaked by a devastating earthquake and tsunami have stunned the nation and the world, Japanese are finding both inspiration and reasons to vent in the aftermath of the disaster.

One sentiment that is emerging is that such a calamitous event could occur again at any time, in any place.

"We don't know when it will happen to us," said Masatoshi Masuda, 52, a seal carver in the southwest city of Kagoshima, far from the deadly, three-meter-high waves that surged across farmland, villages and cities in Japan's northeast Friday.

Masuda noted that an active volcano, Mount Sakurajima, spews ash onto Kagoshima almost daily. And not far away is Shinmoedake, another volcano that began erupting in late January in its most significant activity in some 300 years.

"We're worried about what will happen next time," Masuda said. "But whatever happens it won't be a surprise."

A clearer picture of the deaths from the massive quake was emerging with estimates reaching at least 10,000, and damage at least in the tens of billions of dollars.

Letters to the editor printed in the Asahi Shimbun newspaper Sunday ran through a range of emotions, from praising the spirit of extending helping hands to strangers to fuming why infrastructure could collapse in this technologically advanced country.

Akiko Takushima, 46, of Yokohama, which neighbors Tokyo, said the tragedy brought out the best in people. She was forced to walk for more than six hours to get home Friday night when train service in the Tokyo region was shut down.

"It was terrible, but I was touched by many warm hearts along the way," she said, singling out people who served passers-by tea or recharged cellphone batteries.

Aiko Miyake, a 21-year-old from Ashiya City, in western Hyogo prefecture, who was in Tokyo for job interviews when the quake struck, wrote that the events left her sober and pensive. Experiencing the temblor made her think of Japan's last severe earthquake, in Ashiya's neighboring Kobe in 1995, when she was 6 years old.

Others found things with which to find fault.

Naohiro Hoshina, a 47-year-old worker with a shipping company in Fujisawa, west of Tokyo, wished recovery to tsunami victims but fumed at how local mobile phone systems were taken out. "Isn't the basic point of having a mobile phone to make phone calls?" he asked.

Government aid efforts has also fallen short, Akemi Kanno said Sunday in Rikuzentakata, a town in the northeast prefecture of Iwate that was devastated by the tsunami.

"At the quake response headquarters, they are not providing food. All the lifelines are down," Kanno, 53, told Reuters.

"I went to the headquarters but the mayor was standing outside laughing, and that made me upset," she said. "I do not know what the national government is doing."

Naomi Shioda, 52, Niigata City, said she trusted authorities. "I think the government understands the best so is in the best position to speak and to save lives."

The tragedy struck close to home because her son just finished his second year in college in Sendai, a city to which many Niigata residents aspire to live, and it took six to seven hours for him to get word to her that he was safe.

Shioda says she is resigned to "the big one" hitting her backyard. "I thought it would come to Niigata," she said. "But I didn't think it would be so strong, or that I'd be watching it live, watching people die."

Now, after shedding many tears while watching newscasts, she can't watch anymore, she says, and avoids TV news.

Mami Takano, a student who just finished her first year at Waseda University in Tokyo, was travelling on Japan's northern island of Hokkaido when the tragedy struck. She was glued first to Twitter reports on her phone, then to the nonstop TV news.

She agonizes over the quake and tsunami victims, with reports of hundreds of bodies found in some towns, but says these last few days have taught her a lesson in social media. Some of the Twitter reports were false, she said, such as one saying a Cosmo Oil refinery going up in flames would lead to toxic rain.

"Good judgment is very important," Takano said. — Reuters 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Berita Terkini

Posted: 13 Mar 2011 07:02 PM PDT

ANTARA - Berita Terkini


Biliar Tee Box Padang Terbesar Di Sumatera

Posted: 13 Mar 2011 04:34 PM PDT

Padang (ANTARA News) - Tee Box Biliar Padang, Sumatera Barat merupakan rumah biliar terbesar di Sumatera dengan 41 meja  permainan.

"Rumah biliar tiga lantai dengan 41 meja bilyar menjadi outlet terbesar di Sumatera," kata pimpinan Tee Box Comunity, Ingki di Padang, Minggu (13/3).

Menurutnya, fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung adalah meja berkualitas, ruangan full AC, lahan parkir yang luas dan nyaman.

"Outlet biliar Tee Box ini dibuka mulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB, tarif sewa meja per jam pun cukup terjangkau" katanya.

Dia menambahkan, outlet biliar yang dibangun ini merupakan salah satu bukti kepedulian Tee Box Comunity terhadap perkembangan olahraga bola sodok di Padang.

"Warga Kota Padang dapat menyalurkan bakatnya dalam olah raga biliar sehingga menjadi pemain biliar  profesional," katanya.

Dia mengatakan, pada saat ini, minat warga terutama bagi kalangan muda di kota Padang terhadap olahraga biliar terbilang sangat tinggi.

"Para pengunjung datang silih berganti ke outlet Tee Box Biliar hingga tidak pernah ada meja yang kosong," katanya.

Menurutnya, bagi para pengunjung yang pada tembakan pertama dapat memasukan bola sembilan diberikan doorprize berupa handphone..

"Outlet Tee Box biliar ini rencananya akan dibuka secara resmi oleh Wali kota Padang pada April 2011," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya juga bakal menyelenggarakan berbagai lomba biliar, baik bertaraf lokall maupun nasional.

"Pada Juli 2011 mendatang akan diadakan kejuaaran terbuka biliar bola sembilan tingkat nasional," katanya. (AH/M027/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Presiden Buka Konferensi IACA di Istana Bogor

Posted: 13 Mar 2011 04:10 PM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka Konferensi Regional Asia Pasifik International Association for Court Administrator (IACA) di Istana Bogor, Senin.

Acara dimulai pukul 10.00 WIB itu dihadiri oleh lebih dari 200 peserta dari 19 negara sebagai forum perwakilan dari 40 yuridiksi dalam rangka bertukar informasi dan pengalaman untuk mewujudkan akses publik ke pengadilan.

Konferensi IACA 2011 antara lain akan membahas beberapa tema, yaitu fasilitas akses ke pengadilan bagi kelompok terpinggirkan, sidang keliling dan akses ke pengadilan bagi kelompok miskin yang tinggal di wilayah terpencil, akses ke pengadilan bagi anak, kerjasama pengadilan dengan organisasi non pemerintah, pos bantuan hukum dan advokat piket di pengadilan, serta pelatihan administrasi pengadilan.

Selain itu akan dibahas juga masalah pemberian informasi kepada pengguna pengadilan dan komunikasi dengan pemangku pengadilan serta monitoring dan evaluasi akses ke pengadilan.

IACA dibentuk pada 2004 sebagai organisasi yang bertujuan untuk membantu pengembangan administrasi pengadilan dengan mengembangkan standar kinerja modern dan efisiensi pada administrasi pengadilan.

Indonesia baru menjadi anggota IACA pada 2009. Pelaksanaan IACA di Istana Bogor pada 13-16 Maret 2011 merupakan konferensi regional pertama di wilayah Asia Pasifik.

Konferensi tersebut dibagi menjadi tiga agenda utama, yaitu sesi seremonial , sesi konferensi, serta sesi agenda sosial. (D013/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi international.okezone.com

Posted: 13 Mar 2011 04:31 PM PDT

Sindikasi international.okezone.com


Kakek Selamat dari Tsunami Setelah 2 Hari Mengapung

Posted: 13 Mar 2011 01:33 AM PST

TOKYO - Ada saja keajaiban di balik bencana. Seperti yang dialami seorang warga Jepang, yang tersapu tsunami hingga 15 kilometer ke lautan. Namun, dia berhasil diselamatkan.

Pasukan Pertahanan Maritim Jepang menolong Hiromitsu Shinkawa, pria berusia 60 tahun yang mengambang dengan berpegangan pada sepotong atap di perairan Prefektur Fukushima selama dua hari setelah tsunami.

Pria itu berasal dari Minasoma. Dia tersapu gelombang tsunami saat berada di rumahnya.

Dia dalam keadaan sadar dan kondisinya baik setelah diselamatkan. Penyelamat berlangsung pada pukul 12.40 waktu setempat. Dia kemudian dibawa ke rumah sakit menggunakan helikopter.

"Saya berlari ketika tahu tsunami akan datang," tutur Shinkawa seperti dikutip AFP, Minggu (13/3/2011).

"Namun saya terbawa air ketika saya kembali ke rumah untuk mengambil sesuatu. Saya selamat karena saya berpegangan pada atap rumah saya," cerita Shinkawa.

Pemerintah Jepang mengatakan, sedikitnya 1.000 orang tewas dalam bencana gempa dan tsunami. Sementara polisi memperkirakan 215 ribu orang mengungsi di penampungan darurat.(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

"Saya Pikir Saya Akan Mati"

Posted: 13 Mar 2011 01:19 AM PST

FUKUSHIMA - Gempa 8,9 SR dan tsunami setinggi hingga 10 meter meninggalkan cerita duka. Musibah itu menyisakan berbagai cerita duka. Salah satunya diaalami Wataru Fujimura.

Pria berusia 38 tahun itu, menyaksikan bagaimana gempa dan tsunami mengguncang rumahnya. Petaka itu datang awalnya sebuah guncangan dahsyat.

"Furnitur kami dan rak-rak semua jatuh dari atas. Bahkan dinding gedung apartemen kami retak. Sungguh mengerikan. Jalanan terbelah," ujarnya, seperti dikutip AP, Minggu (13/3/2011).

Kemudian tsunami datang. Bencana lebih serius datang. Gulungan ombak menyapu rumah, perahu, mobil, sampah, puing-puing. Perkotaan itu sekejab berubah seperti kubangan rawa. Tidak dijelaskan di mana apartemen milik pria itu.
 
"Kami menghabiskan sepanjang malam di dalam mobil. Sekarang kita kembali ke rumah berusaha untuk membersihkan semuanya," tutup pria itu, yang terlihat masih syok.(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Berita Harian: Dunia

Posted: 13 Mar 2011 04:02 PM PDT

Berita Harian: Dunia


100,000 tentera bantu mangsa bencana

Posted: 13 Mar 2011 01:04 PM PDT

Dunia

Perdana Menteri Jepun keluar arahan berikutan insiden gempa bumi, tsunami

SENDAI: Jepun semalam mengerah 100,000 tentera untuk membantu mangsa yang terselamat dari kejadian gempa bumi dan tsunami ketika dunia mula menghulur bantuan kepada negara yang dilanda bencana terbabit.

Kerahan berkenaan diarahkan Perdana Menteri Naoto Kan untuk menambahkan lagi bilangan tentera selepas skala kemusnahan besar yang semakin jelas. Menteri Pertahanan, Toshimi Kitazawa berkata sejumlah 100,000 tentera kira-kira 40 peratus daripada pasukan bersenjata akan dihantar dalam masa sehari atau dua lagi.

"Terlalu ramai penduduk yang masih lagi tersisih dan menantikan bantuan. Realiti ini amat suram," katanya yang dipetik Kyodo News.

Di bandar pelabuhan kecil Minamisanriku sendiri nasib kira-kira 10,000 penduduk sendiri masih belum diketahui, lebih daripada separuh penduduknya, lapor NHK.

Polis dan tentera melaporkan penemuan beratus-ratus mayat di lokasi sepanjang tepi pantai termasuk lebih 200 ditemui di satu kawasan baru semalam.
Tawaran bantuan datang dari seluruh dunia termasuk musuh tradisi.

Walaupun hubungan yang menjejaskan negara itu tahun lalu, Perdana Menteri China, Wen Jiabao dan Menteri Luarnya Yang Jiechi turut menghantar ucapan takziah. Sepasukan 15 penyelamat China tiba tengahari semalam, kata kementerian luar Jepun.

Katanya sebanyak 69 negara dan lima pertubuhan bantuan antarabangsa menawarkan bantuan sehingga pagi semalam.

Antaranya termasuk New Zealand yang juga mengalami tragedi gempa sendiri bulan lalu di Christchurch.

Sepasukan 66 penyelamat Jepun yang berada selama dua minggu membantu usaha mencari dan menyelamat di Christchurch dilaporkan akan pulang untuk berhadapan dengan tragedi di tanah air sendiri.

Palang Merah Jepun semalam menghantar 62 pasukan kecemasan untuk membantu mangsa, kata persekutuan Palang Merah Antarabangsa yang membabitkan 400 doktor, jururawat dan pakar lain.

Pasukan mencari dan menyelamat serta anjing pengesan tiba dari Jerman dan Switzerland manakala penyelamat dari Britain dan Perancis dalam perjalanan.

Kapal pembawa pesawat USS Ronald Reagan tiba di pantai awal pagi semalam. Jepun meminta bantuan untuk membawa helikopter Jepun dan pengangkutan tenteranya ke kawasan terjejas, kata Armada Pasifik Amerika Syarikat.

Sepasukan 144 orang dari Agensi Pembangunan Antarabangsa Amerika Syarikat akan ke Misawa untuk menyertai operasi darat. Pasukan terbabit termasuk 12 anjing untuk mengesan mangsa yang terperangkap di bawah runtuhan dan turut membabitkan 150 tan kelengkapan menyelamat, kata USAID.

Australia, Korea Selatan dan Singapura juga menawarkan bantuan pasukan mencari dan menyelamat serta anjing pengesan. Manakala Australia menawarkan hospital mudah alih dan pasukan pengecaman mangsa bencana, kata Menteri Luar, Kevin Rudd. – AFP


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Terputus bekalan elektrik

Posted: 13 Mar 2011 12:59 PM PDT

Dunia

Lampu di kebanyakan bangunan ditutup selamatkan tenaga

SENDAI: Kira-kira 2.5 juta isi rumah atau lebih empat peratus daripada keseluruhan penduduk di Jepun tidak mendapat bekalan elektrik sejak kelmarin dengan lampu di kebanyakan bangunan mercu tanda terpaksa ditutup untuk menyelamatkan tenaga, termasuk Tokyo Tower dan Rainbow Bridge di Tokyo.

Kebanyakan penduduk beratur di beberapa stesen minyak, kedai ubat dan pasara raya yang masih lagi dibuka. Sebahagian besar rak barangan kelihatan kosong. "Kami diberikan catuan air dan masih tidak tahu bila akan mendapat lagi," kata Matthew Williams yang tinggal di Shin-Urayasu berhampiran Tokyo.

"Dewan Bandar raya memberitahu kami bahawa kami boleh membawa baldi ke sebuah sekolah tempatan untuk mendapatkan air tetapi anda perlu menunggu selama tiga jam."

Jabatan Kajian Geologikal Amerika Syarikat melaporkan lebih 140 gegaran susulan berlaku selepas gempa bumi Jumaat lalu. Angka berkenaan adalah dua kali ganda lebih kuat berbanding gempa bumi berukuran 6 yang berlaku dan memusnahkan Christchurch di New Zealand bulan lalu, kata agensi.

Jepun juga bercadang untuk menghantar sejumlah 100,000 anggota pasukan pertahanan mereka ke wilayah yang dilanda gempa, lebih dua kali ganda daripada angka awal, kata Menteri Pertahanan, Toshimi Kitazawa semalam, lapor Kyodo.
Sekurang-kurangnya 48 negara dan Kesatuan Eropah turut menawarkan bantuan. Kapal pembawa pesawat USS Ronald Reagan tiba di pantai Jepun semalam untuk membantu usaha menyelamat tentera Jepun, kata Jabatan Pertahanan Amerika Syarikat dalam satu kenyataan.

Gempa bumi Jumaat lalu adalah paling kuat pernah dicatatkan dalam sejarah Jepun sejak 1900, kata Kajian Geologi Amerika Syarikat. Gempa bumi paling kuat di dunia pernah dicatatkan berlaku di Chile pada 22 Mei 1960 dengan magnitud 9.5, kata agensi terbabit. – Agensi


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Nasional

Posted: 13 Mar 2011 02:30 PM PDT

KOMPAS.com - Nasional


LBH: Larangan Ahmadiyah untuk Intimidasi

Posted: 13 Mar 2011 09:13 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Erna Ratnaningsih menilai, larangan kepala daerah terhadap Ahmadiyah justru menimbulkan eskalasi ancaman dan intimidasi terhadap warga Ahmadiyah.

Sekarang karena ada aturan pergub, perbup, atau SK pelarangan Ahmadiyah di berbagai daerah, aparat pun akhirnya menggunakan sebagai justifikasi tindakan diskriminasi.

-- Ketua YLBHI Erna Ratnaningsih

Aturan tersebut, ujarnya, menjadi alat untuk melegitimasi diskriminasi yang dirasakan warga Ahmadiyah. Parahnya, tindak diskriminasi tersebut tidak hanya dilakukan masyarakat tetapi cakupannya meluas akibat dikeluarkannya aturan daerah pelarangan aktivitas Ahmadiyah. Sejumlah aparat ditengarai mulai melakukan kegiatan intimidasi kepada warga Ahmadiyah.

"Pemerintah daerah, polisi, dan TNI di Jawa Barat mulai mendatangi warga dan meminta data lengkap. Memaksa jemaah untuk bergabung dengan warga lainnya untuk shalat bersama di masjid. Hal ini tidak bisa diterima warga Ahmadiyah," ungkap Erna Ratnaningsih, Minggu (13/3/2011) di kantor YLBHI, Jakarta.

Ia menilai, hal itu sama saja dengan mengintimidasi warga Ahmadiyah untuk keluar dari keyakinannya. "Seharusnya aparat pemda, polisi, dan TNI sebagai pejabat publik tidak menjadi pelaku dari kasus-kasus permasalahan konflik agama," ucap Erna.

Sebagai penegak hukum, lanjutnya, aparat harus bisa bersikap netral dan profesional. Tugasnya termasuk menjaga keamanan warga Ahmadiyah dan bukan malah mengintimidasinya.

"Sekarang karena ada aturan pergub, perbup, atau SK pelarangan Ahmadiyah di berbagai daerah, aparat pun akhirnya menggunakan aturan itu sebagai justifikasi tindakan diskriminasi," kata Erna menandaskan.

Seperti diberitakan, pada 3 Maret 2011, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga menerbitkan larangan terhadap Ahmadiyah.

Akan tetapi, Jemaah Ahmadiyah Indonesia (JAI) di Jabar merasa tidak dilibatkan dalam proses penerbitan produk hukum tersebut. Hal serupa dilakukan sebelumnya oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo dari Partai Demokrat.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Empat WNI ABK Kapal di Oita, Hilang

Posted: 13 Mar 2011 02:36 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri RI menyampaikan pada Minggu, empat orang anak buah kapal (ABK) yang bekerja di Jepang telah menghilang setelah terjadi bencana alam gempa bumi dan tsunami pada Jumat lalu.

"Empat orang ABK Indonesia yang bekerja di kapal penangkap ikan tuna Kuni Maru no.3, yang bermarkas di Tsukumi, prefektur Oita, dinyatakan hilang dan belum diketahui nasibnya," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, di Jakarta, Minggu (13/3/2011).

Menlu menyatakan inisial dari para ABK tersebut antara lain S, TS, RH dan AS. Ia tidak bisa mengumumkan nama karena mengutamakan kepentingan pihak keluarga korban mengenai perkembangan tersebut.

Ia mengatakan, kapal yang dinaiki keempat ABK itu, yang dikatakan berusia 27, 30, 30, dan 29, sedang bersandar di pelabuhan kota Shiogama, prefektur Miyagi, ketika bencana alam terjadi.

"Saat ini kapal itu sendiri sudah ditemukan di darat, sekitar 2,5 kilometer dari garis pantai, namun nasib dari keempat ABK tersebut masih belum diketahui," jelas Menlu.

Pihak KBRI Tokyo terus melakukan komunikasi dengan otoritas dan serikat pelaut setempat, sedangkan Kemlu berusaha menjangkau pihak keluarga untuk menginformasikan kondisi para korban yang masih belum diketahui nasibnya.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi celebrity.okezone.com

Posted: 13 Mar 2011 02:17 PM PDT

Sindikasi celebrity.okezone.com


Saipul Jamil Boyong Virginia ke Jakarta, Desember

Posted: 13 Mar 2011 04:28 AM PDT

BANDUNG - Saipul Jamil tak betah berlama-lama menumpang tinggal di rumah orangtua istri, Virginia Anggraeni. Dia berniat memboyong Virginia ke Jakarta, Desember mendatang.

"Memasuki Desember nanti, kita tinggal di Kelapa Gading, Jakarta Utara," ujar Saipul, di Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Banyak doa dan harapan artis yang akrab disapa Ipul itu bersama Virginia. Dia ingin membina keluarga islami. Juga memiliki banyak anak. Tidak tanggung-tanggung, mantan suami Dewi Persik ini berharap punya lima hingga tujuh anak.

"Saya ingin punya anak antara lima sampai tujuh. Mudah-mudahan Virginia enggak komplain," katanya.

Hal lain yang tengah disiapkan mantan suami Dewi Persik itu di masa depan adalah melatih vokal sang istri. Soal ini, Ipul mengaku tertarik dengan vokal Virginia. Dia mendengar saat Virginia menyanyi di hari ulang tahunnya.(ang)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Gara-Gara Ganja, Kangen Band Rugi Rp500 Juta

Posted: 13 Mar 2011 03:22 AM PDT

JAKARTA - Akibat tersandung kasus ganja, Kangen Band menderita kerugian hingga setengah miliar rupiah.
 
Asman selaku pihak manajemen grup band asal Lampung ini saat ditemui di Direktorat IV Nakotika dan Kejahatan Terorganisir Badan Narkotika Nasional, Cawang, Jakarta Timur, Minggu (13/3/2011), mengatakan, sepanjang Maret 2011 ada kurang lebih sembilan pertunjukan yang harus dilakukan oleh Kangen Band.
 
"Sembilan pertunjukan itu mau enggak mau harus dibatalkan secara keseluruhan," paparnya.
 
Asman menjabarkan rincian sembilan kali pertunjukan itu yakni tiga di daerah, tiga di Jakarta, dan tiga di stasiun televisi. Harga yang harus dibayar oleh panitia penyelenggara guna memanggil Kangen Band adalah sebesar Rp 65 juta.
 
"Harga Kangen Band itu Rp65 juta paling murah. Nah, kalian kalikan saja sembilan, totalnya Rp585 juta. Itu semua kalau dijalankan oleh Kangen Band, tapi ini kan tidak," urainya.
 
Gara-gara kasus ganja yang menyita perhatian itu, beberapa konser sudah dibatalkan pihak pengundang.
 
"Ada yang sudah membatalkan ketika tahu berita ini. Ada juga yang sudah kasih down payment (DP) sebesar 30 persen, karena mereka harus membayar 30 persen satu atau dua bulan sebelumnya, barulah sisanya seminggu sebelum manggung. Biaya itu di luar akomodasi," katanya.
(ang)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

detikcom

Posted: 13 Mar 2011 02:10 PM PDT

detikcom


AS Minta Warganya Tunda Perjalanan ke Jepang

Posted: 13 Mar 2011 12:57 PM PDT

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share to Twitter:

You are redirected to Twitter

Message has successfully sent

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Gunung Berapi di Jepang Meletus, Terkait Gempa?

Posted: 13 Mar 2011 12:11 PM PDT

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share to Twitter:

You are redirected to Twitter

Message has successfully sent

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi lifestyle.okezone.com

Posted: 13 Mar 2011 12:41 PM PDT

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Tinggal di London, Kelly Brook Suka Dandan

Posted: 13 Mar 2011 04:12 AM PDT

Lifestyle » Trend and Fashion » Tinggal di London, Kelly Brook Suka Dandan
Minggu, 13 Maret 2011 - 18:12 wib

Chaerunnisa - Okezone

MODEL dan penyanyi Kelly Brook memiliki gaya yang lebih santai ketika tinggal di Amerika Serikat (AS). Namun, saat tinggal di London, aktris 31 tahun itu lebih suka berdandan.

Wanita berambut brunette itu merasa dia bisa lebih santai dengan isi lemari pakaiannya ketika berada di AS, tetapi lebih berkonsentrasi pada penampilan ketika dia berdomisili di Inggris.

"Ketika saya sedang di London, saya suka berdandan, dan saya akan banyak memakai gaun dengan gaya era 1950-an, rok pensil, dan blus karena mereka benar-benar bisa sesuai dengan bentuk tubuh saya yang seperti jam pasir. Tapi sekarang saya tinggal di LA. Saya memakai jins, dan t-shirt," kata Kelly yang dinukil contactmusic, Minggu (13/3/2011).

Aktris yang telah merancang berbagai pakaian renang untuk lini pakaian renang high street Inggris New Look juga berbicara tentang kegemarannya mengenakan pakaian renang. Dia mengakui menemukan kesulitan jika tidak mengenakan item yang satu itu saat tengah berlibur.

"Saya punya lebih banyak koleksi pakaian one-pieces, dan bikini. Tapi saya lebih suka bikini, saya biasanya memakan waktu sekitar 12 hari berlibur mengenakan bikini," tutupnya.

(nsa) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sheila Hancock Ajak Anda Berdonasi untuk Penelitian Tumor Otak

Posted: 13 Mar 2011 03:07 AM PDT

Lifestyle » Fit and Beauty » Sheila Hancock Ajak Anda Berdonasi untuk Penelitian Tumor Otak
Minggu, 13 Maret 2011 - 17:07 wib

Chaerunnisa - Okezone

DI Inggris, tumor otak merenggut nyawa anak-anak lebih banyak daripada leukimia atau kanker darah, dan jenis kanker lainnya. Namun, penelitian untuk tumor otak hanya mendapat porsi kurang dari satu persen dari total pengeluaran negara untuk riset kanker.

Menyadari fenomena tersebut, aktris senior Inggris Sheila Hancock mengajak pebisnis lokal di Portsmouth, Inggris untuk mensponsori penelitian tumor otak pada universitas lokal di Inggris. Hancock yang juga konselor pada University of Portsmouth telah bergabung dengan tim tiset tumor otak untuk mendukung kampanye ini.

Hancock menuturkan, bahwa cucunya didiagnosa mengalami tumor otak pada usia empat tahun, namun Hancock merasa beruntung karena tingkat kanker yang masih rendah sehingga dia bisa hidup normal hingga saat ini.

Metode yang Hancock gunakan adalah dengan mengajak orang untuk membeli dalam "wall of hope" untuk mendukung riset ini. Hancock pada tahun ini menerima lifetime achievement award pada Women in Film and Television (WFT) awards atas performa dan kontribusinya dalam industri perfilman Inggris lebih dari 50 tahun.

(nsa) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan