gravatar

Edisi Dunia

Edisi Dunia


ANTARA - Peristiwa

Posted: 28 Feb 2011 07:30 AM PST

ANTARA - Peristiwa


Kurang Pengetahuan Uji Kehamilan Bisa Membahayakan

Posted: 28 Feb 2011 06:33 AM PST

New York (ANTARA News) - Berdasarkan penelitian terbaru mengenai kehamilan dan kesuburan menunjukkan bahwa banyak perlengkapan rumahan yang digunakan untuk memperkirakan kesuburan wanita, keandalan sperma pria atau kepastian jenis kelamin bayi untuk memastikan akurasi perkiraan itu.

Trio peneliti dari John Hopkins Medical Institutions di Baltimore, AS, mengamati lusinan produk dari serangkaian aplikasi, termasuk tes kehamilan, pemeriksaan genetik dan berbagai macam pengukuran yang digunakan untuk menentukan kapan waktu pembuahan.

"Banyak dari aplikasi-aplikasi itu bagus dan menyajikan tujuan positif, tetapi beberapa diantaranya tidak, dan meski banyak keluhan yang keliru kepada pasien," ujar Paul Brezina, salah seorang dari pemimpin penelitian yang hasilnya dipublikasikan pada "Fertility and Sterility."

Timnya menganalisis makalah medis, mesin pencari online, dan berbicara pada pabrik untuk mengakses kualitas bukti yang tersedia bagi setiap produk.

Biasanya, selama masa pengujian kehamilan untuk mengukur tingkat hormon dalam air seni terdapat pada sejumlah produk yang lebih andal.

"Uji kehamilan menjadi subjek penelitian ilmiah dan menjadi ukuran umum yang ditujukan untuk menjamin keakurasian prediksi itu," tulis mereka seperti dikutip Reuters.

Hal sama  berlaku juga untuk pemantau kesuburan yang menggunakan konsentrasi hormon untuk memprediksi kapan selayaknya melakukan pembuahan.

Namun sejujmlah produktif konsumtif lainnya yang digunakan untuk memprediksi pembuahan, seperti tes untuk menganalisa air liur atau keluaran vagina, tak bisa diandalkan, demikian hasil penelitian-penelitian independen memastikan keakurasian itu.

Persoalan sama terdapat pada produk-produk untuk mengidentifikasi jenis kelamin bayi. "Kami mengamatinya secara mendalam dan kami tak mampu menemukan data apapun," tambah Brezina.

Beberapa pakar mengatakan bahwa dalam sejumlah kasus, kekurangakuratan bisa membahayakan.

"Yang memprihatinkan pengujian-pengujian ini adalah kurang menjamin, karena (orang yang menggunakan tes) tidak ingin cepat mencari perawatan yang memadai," ujar Jackie Gutmann, pakar kesuburan pada Reproductive Medicine Associates Philadelpia yang ikut dalam penelitian itu. (*)
yudha

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Theo : Dipo Alam-Media Group Sebaiknya Damai

Posted: 28 Feb 2011 06:08 AM PST

Sekkab Dipo Alam (ANTARA News)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Theo L Sambuaga mengimbau Sekretaris Kabinet Dipo Alam dan Media Group yang menerbitkan Suratkabar Media Indonesia serta Televisi Berita Metro TV agar menempuh jalan damai.

"Pihak Dewan Pers sebaiknya menginisiasi dan memediasi jalan damai itu, dengan mengemukakan sejumlah alasan obyektif bagi upaya menegakkan kemerdekaan serta kebebasasn pers yang mendukung dinamika kemajuan berbangsa yang demokratis," katanya kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Memang, menurutnya, sebelum persoalan ini mengemuka dan diangkat terus menerus oleh berbagai media, seolah Dipo Alam terkesan telah berbuat arogan dengan menginstruksikan kepada semua instansi negara agar melakukan pemboikotan terhadap pers yang menjelek-jelekkan pemerintah.

"Tetapi kemudian kan kita mengikuti ada penjelasan dan klarifikasi dari Saudara Dipo Alam, bahwa tak ada kata boikot, dan yang bersangkutan pun tak mengharamkan kritik. Ini sudah langkah maju," ujar mantan Ketua Komisi I DPR RI (bidang Informasi dan Komunikasi) ini.

Theo Sambuaga yang merupakan senior Dipo Alam di Universitas Indonesia (UI), juga mengingatkan para pihak untuk lebih elegan maju bersama mencari solusi, serta jalan damai.

"Dewan Pers adalah sarana tepat untuk menuju solusi dan jalan damai bersama tersebut. Lalu ada kesepakatan baru yang lebih dinamis serta kondusif untuk kepentingan bersama membangun kehidupan demokrasi lebih baik," tandasnya.

Sebab, menurut Theo Sambuaga, kita sudah sepakat, dan ini merupakan komitmen nasional, negeri ini akan terus menegakkan kemerdekaan serta kebebasan pers.

"Tak akan ada lagi aral untuk itu. Dan jika ada pihak yang coba-coba kembali ke pola rezim otoritarian dengan membungkan pers, itu harus dilawan," tegas mantan Presiden Komisi Politik dan Perlucutan Senjata Uni Parlemen Sedunia (`Inter-Parliamentary Union, IPU`) ini.

Sebagaimana diketahui, baik Theo Sambuaga maupun Dipo Alam, begitu populer ketika di masa masing-masing menjadi pimpinan Dewan Mahasiwa (Dema) Univesitas Indonesia (UI).

Theo Sambuaga dkk, termasuk Hariman Siregar menjadi tokoh yang terlibat Gerakan `Malari` atau malapetaka Limabelas Januari 1974.

Lalu, Dipo Alam dkk, merupakan salah satu aktivis mahasiwa yang tampil sesudah itu, yakni pada angkatan 1976, di antaranya mendukung calon presiden alternatif, Ali Sadikin.

Akibat gerakan-gerakan itu, baik Theo Sambuaga maupun Dipo Alam pernah berurusan dengan penahanan pihak aparat pada rezim Orde Baru.(*)

(ANT/M036)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Hiburan

Posted: 28 Feb 2011 07:15 AM PST

ANTARA - Hiburan


Unik-Menarik, Ritual "Nyangku" di Panjalu

Posted: 28 Feb 2011 02:53 AM PST

Nyangku ini sebuah budaya, tradisi yang terus dijaga oleh warga Panjalu, sebagai penghormatan sesepuh kapungkur (dahulu) dengan membersihkan benda pusaka peninggalan zaman dulu

Berita Terkait

Video

Ciamis (ANTARA News) - Upacara adat tradisi "Nyangku" yang digelar dalam rangkaian kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dilaksanakan di Alun-alun Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin dan  dipadati warga yang hadir dari berbagai daerah.

Rangkaian kegiatan tradisi "Nyangku" tersebut dilaksanakan dengan membersihkan benda pusaka peninggalan Raja Panjalu setelah melakukan ziarah ke makam Prabu Hariang Kencana putra dari Hariang Borosngora Raja Panjalu yang dimakamkan di Situ Lengkong, Panjalu.

"Nyangku ini sebuah budaya, tradisi yang terus dijaga oleh warga Panjalu, sebagai penghormatan sesepuh kapungkur (dahulu) dengan membersihkan benda pusaka peninggalan zaman dulu," kata salah seorang panitia pelaksana tradisi Nyangku, Tatang.

Upacara Nyangku merupakan kegiatan yang dinanti-nanti masyarakat Ciamis, bahkan warga Panjalu yang berada di luar kota sengaja datang untuk menghadiri upacara adat tahunan tersebut.

Salah seorang warga Panjalu tinggal dan bekerja di Kota Bandung, Neni Nuraeni mengatakan sengaja libur bekerja hanya sekedar ingin menyaksikan upacara adat Nyangku.

Bukan hanya Neni yang sengaja datang ke Panjalu, melainkan tetangganya juga saudara-saudaranya yang tinggal di luar kota menyempatkan waktu untuk menghadiri upacara Nyangku.

"Memang bukan tuntutan harus datang. Bukan saya saja tapi saudara-saudara saya juga sengaja datang ke sini, seperti Lebaran saja kumpul-kumpul," kata Neni.

Pengunjung  memadati lapangan alun-alun Panjalu dan  menyambut kedatangan rombongan para warga yang membawa benda pusaka setelah berziarah ke makam di Situ Lengkong.

Rombongan pembawa pusaka mengenakan pakaian muslimin dan muslimah beserta pakaian adat Sunda dengan berjalan kaki bersamaan dari Bumi Alit atau rumah penyimpanan benda pusaka menuju Situ Lengkong, kembali ke alun-alun dan disimpan di Bumi Alit.

Pembawa pusaka diiringi dengan lantunan musik rebana sambil  membacakan salawat menuju panggung utama tempat membersihkan benda pusaka.

Menurut cerita masyarakat Panjalu, Nyangku merupakan ungkapan terima kasih telah masuknya ajaran agama Islam ke wilayah Panjalu yang dibawa oleh seseorang bernama Sanghyang Borosngora
(KR-FPM/Y008)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

"Gnomeo & Juliet" Rajai "Box Office"

Posted: 28 Feb 2011 02:44 AM PST

Los Angeles (ANTARA News) - Film komedi animasi 3-D terbaru Disney "Gnomeo & Juliet", tetap berada di posisi teratas box office akhir pekan Amerika Utara setelah diluncurkan dua pekan lalu.

Film tersebut telah mengantungi sebanyak 14,2 juta dolar AS pada akhir pekan lalu, dan, menurut proyeksi pengelola box office Amerika Utara, menduduki posisi kesatu. Selama 17 hari, film itu diperkirakan mengantungi tak kurang dari 75 juta dolar AS.

Film komedi "saru" Warner Bros. "Hall Pass", yang diproduksi dan disutradarai oleh Farrelly bersaudara, dibuka pada posisi kedua dengan pendapatan 13,4 juta dolar AS dari penjualan tiket. Film tersebut memulai debut di  3.500 bioskop Kanada serta Amerika Serikat pada Jumat (25/2).

"Unknown", film aksi/thriler yang menampilkan aktor nominasi Oscar Awards Liam Neeson, juga produksi Warner Bros., merosot ke urutan ketiga dengan perolehan 12,4 juta dolar AS.

Berikut adalah 10 film paling populer di Amerika Utara:

  • No. 4: "Just Go With It", Sony, 11,1 juta dolar AS;
  • No. 5: "I Am Number Four", Disney, 11 juta dolar AS;
  • No. 6: "Justin Bieber: Never Say Never", 9,2 juta dolar AS;
  • No. 7: "The King`s Speech", Weinstein Co., 7,6 juta dolar AS;
  • No. 8: "Big Mommas: Like Father, Like Son", Fox, 7,55 juta dolar AS;
  • No. 9: "Drive Angry (3D)", Summit, 5,1 juta dolar AS; dan
  • No.10: "True Grit", Paramount, 1,9 juta dolar AS.
(C003/A011)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

The Star Online: World Updates

Posted: 28 Feb 2011 07:09 AM PST

The Star Online: World Updates


Self-declared rabbi jailed in Israel for child abuse

Posted: 28 Feb 2011 06:41 AM PST

JERUSALEM (Reuters) - An Israeli court sentenced a self-proclaimed rabbi who abused eight children, including a three-year-old who was beaten into a coma, to 24 years in jail on Monday.

Elior Chen was convicted in November. The court said in its verdict that Chen believed children were "filled with evil" and that "only 'purification' could rid them of harmful elements -- meaning they must be beaten, tied up, burned and fed faeces".

Chen was described as the spiritual leader of a group of four who obeyed his orders to assault the children.

His followers were sentenced last year to 20 years in prison and the mother of the eight children, with whom Chen lived, to five years.

The abuse, which took place three years ago, was described at the sentencing as "unprecedented terrifying violence which has left the children deeply scarred physically and emotionally".

The child who was beaten into a coma and is now six years old, is still in that state.

Chen fled to Brazil in 2008 after being named as a suspect. He was extradited home in 2009.

(Writing by Maayan Lubell; editing by Elizabeth Piper)

Copyright © 2011 Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Libya attacks could be crime against humanity - court

Posted: 28 Feb 2011 06:41 AM PST

THE HAGUE (Reuters) - The International Criminal Court (ICC) prosecutor said on Monday military attacks against civilians in Libya could be a crime against humanity and warrant the launch of a full investigation within days.

A relative of Libyan Ahmed Sarawi, 36, who was killed in the recent clashes, cries in Benghazi February 24, 2011. (REUTERS/Suhaib Salem)

The United Nations Security Council on Saturday imposed sanctions on Libyan leader Muammar Gaddafi and his family, and referred Libya's crackdown on anti-government demonstrators to the International Criminal Court.

"We have to decide whether to open an investigation ... and I hope we can move very fast. Within a few days," ICC prosecutor Luis Moreno-Ocampo told reporters in his offices in The Hague.

He said anyone who attacked civilians would be investigated and prosecuted and that military commanders could be held accountable for the actions of their troops.

"If people were on the square and they were attacked by soldiers, tanks or airplanes, in a widespread and systematic way, it's a crime against humanity," he said.

Moreno-Ocampo said an investigation team had been put together in The Hague to collect information and his office was in contact with Libyan officials and army staff to understand command structures and how the Libyan military system worked.

The office of the prosecutor was also liaising with an African Union investigation team and the Arab League with the aim to move as swiftly as possible, Moreno-Ocampo said.

When the office of the prosecutor receives a Security Council referral, the statute requires that prosecutors first carry out a preliminary examination to see whether there is reasonable basis to proceed with a full investigation.

This is only the second ICC probe to be triggered by a U.N Security Council referral.

When the Security Council referred the Darfur crisis in Sudan to the ICC on March 31, 2005, it took two months for the prosecutor to open an investigation.

Should an investigation be launched, prosecutors may ask an ICC pre-trial chamber to deliver arrest warrants or summonses for those deemed most responsible for the alleged crimes.

(Additional reporting by Aaron Gray-Block and Greg Roumeliotis; Editing by Jon Boyle)

Copyright © 2011 Reuters

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kosmo Online - Dunia

Posted: 28 Feb 2011 07:03 AM PST

Kosmo Online - Dunia


Penari gelek dedah parti Perdana Menteri Itali

Posted:

Penari gelek dedah parti Perdana Menteri Itali

Penari gelek dedah parti Perdana Menteri Itali


RUBY HEARTSTEALER RUBACUORI dan BERLUSCONI (gambar kecil).


GENOA - Seorang penari gelek, Ruby 'Heartstealer' Rubacuori mendedahkan, beberapa model separuh bogel melakukan persembahan lesbian untuk Perdana Menteri Itali, Silvio Berlusconi, lapor sebuah akhbar kelmarin.

Ruby yang berusia 18 tahun menyatakan dia duduk beberapa sentimeter dari Silvio yang berusia 74 tahun dalam satu parti di vila rumahnya.

Dalam salah satu parti yang diadakan di vila milik Berlusconi di Arcore, Itali, Ruby merupakan antara 30 gadis yang diundang untuk makan malam dengan Berlusconi.

Menurut Ruby, selepas makan malam, beberapa gadis mula menanggalkan semua pakaian kecuali seluar dalam dan mereka menari mengikut alunan muzik.

"Saya melakukan tarian erotik untuk perdana menteri (Berlusconi)," katanya kepada seorang wartawan akhbar The Sun.

Bagaimanapun, terdapat beberapa model dan penghibur wanita yang amat cantik.

Ruby berkata, satu pasangan mula menari dan melakukan persembahan lesbian.

Penari itu menegaskan dia tidak melakukan hubungan seks dengan perdana menteri yang bertaraf bilionair itu.

Pendedahan itu dibuat selepas seorang hakim mengarahkan Berlusconi disiasat atas dakwaan membuat pembayaran untuk mendapatkan khidmat seks daripada seorang lagi penari gelek di bawah umur berketurunan Maghribi, Karima el-Mahroug. - Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Rakyat Libya tubuh pemerintahan sementara

Posted:

Rakyat Libya tubuh pemerintahan sementara

Rakyat Libya tubuh pemerintahan sementara


SEORANG pegawai tentera yang berpaling tadah menunjukkan cara-cara menggunakan senjata antipesawat di Benghazi, Libya semalam.


BENGHAZI - Para penunjuk perasaan yang menentang pemimpin Libya, Muammar Gaddafi menubuhkan majlis pemerintahan baru di timur Libya.

Kerajaan sementara itu dikenali sebagai Majlis Kebangsaan Libya dan ia tidak akan berunding dengan Muammar Gaddafi.

Seorang jurucakap majlis itu menyatakan kepada agensi berita Reuters bahawa ia bukannya sebuah kerajaan sementara.

Penubuhan majlis itu mencetuskan kontroversi kerana bekas menteri kehakiman Libya, Mustafa Abdel Jalil membuat pengumuman menerusi stesen televisyen Al-Jazeera pada awal kelmarin bahawa sebuah kerajaan sementara sudah ditubuhkan.

Mustafa berkata, beliau akan mengetuai kerajaan sementara itu tidak kurang daripada tiga bulan.

Menurutnya, pihaknya akan mengadakan pilihan raya yang adil bagi membolehkan penduduk memilih pemimpin mereka.

Bagaimanapun, para penunjuk perasaan yang mewujudkan majlis pemerintahan baru itu menyatakan pandangan Mustafa bahawa beliau mengetuai sebuah kerajaan baru hanyalah satu pendapat peribadi.

- Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Penunjuk perasaan gabung tenaga

Posted:

Penunjuk perasaan gabung tenaga

Penunjuk perasaan gabung tenaga


SEJUMLAH orang berhimpun di sebuah cawangan bank untuk mendapatkan sumbangan wang daripada pemerintah di Tripoli semalam.


ZAWIYA - Para penunjuk perasaan yang bersenjata dan yang dibantu oleh rakan-rakan mereka di sebuah bandar dekat dengan Tripoli semalam bergabung tenaga untuk menyingkirkan Muammar Gadadfi yang memerintah negara itu sejak 1 September 1969.

Para penunjuk perasaan berada di bandar ini 50 kilometer dari Tripoli yang merupakan ibu kota Libya.

Menurut wartawan agensi berita Associated Press, para penunjuk perasaan itu mempunyai kereta kebal tentera dan senjata antipesawat.

Wartawan itu menyatakan, para penunjuk perasaan menguasai pusat bandar Zawiya.

Namun, terdapat enam pusat pemeriksaan tentera yang dikawal oleh askar-askar yang setia dengan Gaddafi di sebatang jalan raya dari Tripoli ke Zawiya.

Setiap pusat pemeriksaan itu, terdapat sebuah kereta kebal yang ditempatkan.

"Bagi kami, Gaddafi merupakan Dracula Libya," kata seorang pegawai tentera, Wael al-Oraibi yang berpaling tadah dengan menyertai para penunjuk perasaan antipemerintah.

Sementara itu, di kawasan pinggir Tripoli, kebanyakan kedai ditutup dan orang ramai berbaris di beberapa buah bank untuk membuat urusan.

Sebahagian orang berbaris di bank-bank selepas stesen televisyen dan khidmat pesanan ringkas melaporkan beberapa hari lalu bahawa setiap keluarga akan memperoleh AS$400 (RM1,221) selain kredir AS$100 (RM305) untuk perkhidmatan telefon daripada pemerintah.

Stesen televisyen Libya melaporkan keluarga di negara itu juga berhak untuk mendapatkan peruntukan AS$49,000 (RM149,621) dalam pinjaman tanpa faedah bagi membeli apartmen.

Semua insentif itu diumumkan selepas para penunjuk perasaan bangkit menentang pemerintahan Gaddafi yang dianggap tidak membantu penduduk miskin. - Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi news.okezone.com

Posted: 28 Feb 2011 01:28 AM PST

Sindikasi news.okezone.com


David Tobing Ajukan Eksekusi Putusan Soal Susu

Posted: 28 Feb 2011 01:19 AM PST

JAKARTA - Penggugat kasus susu formula berbakteri, David Tobing mengajukan permohonan eksekusi ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Permohonan tersebut diajukan kepada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Senin (28/02/2011).

"Kami memohon kepada yang terhormat Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat untuk melaksanakan eksekusi atas putusan tersebut (putusan MA soal susu formula berbakteri) dengan lebih dahulu memberikan teguran atau aanmaning kepada para termohon eksekusi," kata David Tobing di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (28/02/2011).

David mengatakan, mekanisme teguran atau aanmaning dilakukan dengan cara Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat meminta pada para termohon untuk melaksanakan putusan MA. Para termohon tersebut adalah Institut Pertanian Bogor, Badan Pengawas Obat dan Makanan, dan pemerintah melalui Menteri Kesehatan.

David meminta pada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat agar menghukum para termohon untuk melaksanakan putusan.

"Memohon Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat untuk menghukum para termohon eksekusi untuk secara bersama sama mempublikasikan hasil penelitian termohon eksekusi I (IPB) dengan menyebutkan nama-nama dan jenis susu formula yang terkontaminasi enterobacter sakazakii secara transparan melalui media massa baik cetak maupun elektronik," kata David.

Diketahui, David Tobing yang juga seorang pengacara tersebut mengajukan gugatan pada Kemenkes, IPB, dan BPOM pada 2008. David meminta agar ketika lembaga tersebut mengumumkan nama nama susu formula yang berbakteri. Kemudian, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memenangkan David. Putusan tersebut diperkuat oleh MA pada April 2010.

Namun, putusan MA baru diketahui publik pada awal 2011. Permasalahan menjadi pelik karena hingga saat unu baik Kemenkes, IPB, dan BPOM belum juga mau mengumumkan nama-nama susu formula berbakteri dengan berbagai alasan.
(ful)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Nanan Duet Pas untuk Timur Pradopo

Posted: 28 Feb 2011 01:16 AM PST

JAKARTA - Komjen Pol Nanan Soekarno dinilai sebagai partner yang pas untuk Kapolri Jenderal Timur Prdopo. Mantan Irwasum ini pun diharapkan bisa lebih memfokuskan pengoptimalan reformasi di internal Polri.

"Prioritas bagi Wakapolri adalah memastikan bahwa reformasi birokrasi di tubuh polri berhasil. Wakapolri lebih bertanggung jawab ke dalam," kata Wakil Ketua Komisi III DPR di Jakarta, Senin (28/2/2011).

Sementara itu, anggota Komisi Hukum Bambang Soesatyo mengapresiasi terpilihnya Nanan menggantikan Komjen Pol Jusuf Manggabarani. Bambang menilai, Nanan tepat menjadi penyeimbang Jenderal Timur Pradopo.

"Sosok Nanan sangat kuat di internal Polri. Sebagai wakapolri nanti dia bakal melengkapi kepemimpinan Timur Pradopo," ujarnya terpisah.

Bambang menambahkan, duet Timur dan Nanan diyakini bakal menguatkan kepimpinan di Mabes Polri. "Kepemimpinan semakin kuat dan efektif," katanya.

Selain intelek, Nanan menurut politisi Golkar merupakan perwira tinggi yang dihormati prajurit Polri. "Saya yakin Komjen Nanan akan mampu menambah bobot efektivitas fungsi komando Mabes Polri," tutupnya.

(ded)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Posted: 28 Feb 2011 01:26 AM PST

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Ovi Maps Baru Manjakan Pengguna Jejaring Sosial

Posted: 28 Feb 2011 01:21 AM PST

ESPOO - Bagi Anda yang sangat kecanduan layanan jejaring sosial berbasis Foursquare atau Facebook Places, kini akan dapat menikmati keseruannya di Ovi Maps terbaru.

Ovi Maps telah diperbarui ke versi 3,06 oleh Nokia Beta Lab dan dapat berjalan di ponsel seri Nokia N8, Nokia C6-01, Nokia C7, dan Nokia E7, serta ponsel S60 5th Edition.

Pembaruan baru tidak berarti bahwa perangkat lunak bukan versi beta, tetapi tersedia secara bebas di Ovi Store atau langsung dari Lab Beta. Demikian yang dilansir melalui Phone Arena, Senin (28/2/2011).

Tidak ada terlalu banyak perubahan pada update 3,06 di Ovi Maps, kecuali memang pengguna dapat check-in dengan berbagai layanan berbasis lokasi, termasuk Facebook.

Tambahan fitur baru Ini adalah pengguna dapat melakukan mix check in antara Foursquare dan Qype check-in. Namun sayangnya, itu hanya dapat digunakan untuk perangkat Nokia dengan layar sentuh menjalankan Symbian ^ 3, atau S60 5th Edition.
(tyo)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

David Tobing Ajukan Eksekusi Putusan Soal Susu

Posted: 28 Feb 2011 01:19 AM PST

JAKARTA - Penggugat kasus susu formula berbakteri, David Tobing mengajukan permohonan eksekusi ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Permohonan tersebut diajukan kepada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Senin (28/02/2011).

"Kami memohon kepada yang terhormat Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat untuk melaksanakan eksekusi atas putusan tersebut (putusan MA soal susu formula berbakteri) dengan lebih dahulu memberikan teguran atau aanmaning kepada para termohon eksekusi," kata David Tobing di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (28/02/2011).

David mengatakan, mekanisme teguran atau aanmaning dilakukan dengan cara Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat meminta pada para termohon untuk melaksanakan putusan MA. Para termohon tersebut adalah Institut Pertanian Bogor, Badan Pengawas Obat dan Makanan, dan pemerintah melalui Menteri Kesehatan.

David meminta pada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat agar menghukum para termohon untuk melaksanakan putusan.

"Memohon Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat untuk menghukum para termohon eksekusi untuk secara bersama sama mempublikasikan hasil penelitian termohon eksekusi I (IPB) dengan menyebutkan nama-nama dan jenis susu formula yang terkontaminasi enterobacter sakazakii secara transparan melalui media massa baik cetak maupun elektronik," kata David.

Diketahui, David Tobing yang juga seorang pengacara tersebut mengajukan gugatan pada Kemenkes, IPB, dan BPOM pada 2008. David meminta agar ketika lembaga tersebut mengumumkan nama nama susu formula yang berbakteri. Kemudian, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memenangkan David. Putusan tersebut diperkuat oleh MA pada April 2010.

Namun, putusan MA baru diketahui publik pada awal 2011. Permasalahan menjadi pelik karena hingga saat unu baik Kemenkes, IPB, dan BPOM belum juga mau mengumumkan nama-nama susu formula berbakteri dengan berbagai alasan.
(ful)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Harian Metro: Global

Posted: 28 Feb 2011 01:23 AM PST

Harian Metro: Global


Rakyat tawan telaga minyak

Posted: 27 Feb 2011 09:48 AM PST

TRIPOLI: Penunjuk perasaan dilaporkan menguasai telaga minyak Libya ketika beribu-ribu yang lain berarak ke ibu negara bagi menuntut Muammar Gaddafi disingkirkan.

Menurut akhbar al-Youm semalam, telaga minyak itu bukan lagi di bawah kawalan rejim Gaddafi.


Kelmarin, penunjuk perasaan di timur Libya mendakwa, kebanyakan telaga minyak di bandar Ras Lanuf dan Brega kini berada dalam penguasaan rakyat.

Laporan menyatakan, tentera yang berpaling tadah turut membantu mengawal kawasan berkenaan.


Jurutera petroleum syarikat Agico - yang dimiliki kerajaan Libya - Abdessalam Najib, berkata hampir semua telaga minyak di bandar itu kini berada dalam kawalan orang awam dan kerajaan tidak berdaya berbuat apa-apa.


Sumber industri petroleum di luar negara pula berkata, penghantaran minyak mentah dari Libya - negara pengeksport ke-12 terbesar di dunia - hampir terhenti sama sekali.

Katanya, faktor keselamatan dan kekurangan pekerja di pelabuhan menyumbang kepada keadaan itu.


Sementara itu, ahli Majlis Bandar Raya Benghazi berkata, orang ramai melantik seorang bekas Menteri Keadilan bagi mengetuai sebuah wilayah yang dikuasai mereka.

Menurut Fathi Baja, penentang Gaddafi menamakan Mustafa Abdel-Jalil sebagai pemimpin wilayah berkenaan.


"Mustafa dilantik jawatankuasa yang mentadbir sebuah bandar di timur Libya yang kini dikuasai penentang Gaddafi," katanya.


Kelmarin, Duta Libya ke Amerika Syarikat berkata, penentang Gaddafi bersatu menyokong usaha membentuk kerajaan alternatif diketuai Mustafa. Bagaimanapun, setakat ini tidak dapat dipastikan sejauh mana sokongan diterima pentadbiran di wilayah berkenaan.


Selepas kebangkitan rakyat menentang rejim Gaddafi bermula di Benghazi pada 15 Februari lalu, sebahagian besar wilayah timur Libya kini jatuh ke tangan pemberontak. - AP

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Jururawat peribadi tinggalkan Gaddafi

Posted: 27 Feb 2011 09:46 AM PST

KIEV: Seorang lagi orang kanan Muammar Gaddafi menjauhkan dirinya daripada pemimpin Libya itu.

Seorang jururawat peribadi warga Ukraine, Halyna Kolotnytska, 38, menyatakan akan pulang ke negara asalnya sebagai bantahan terhadap Gaddafi.


Halyna (gambar) menyertai pelbagai pihak, termasuk pegawai kanan kerajaan, diplomat dan juruterbang tentera yang enggan bersubahat dengan Gaddafi.

Menurut sumber, Gaddafi, 68, sangat rapat dengan Halyna. Selain Halyna, Gaddafi dijaga tiga jururawat lain dari Ukraine. - AP

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Regional

Posted: 28 Feb 2011 01:12 AM PST

KOMPAS.com - Regional


Malam Nyepi, Warga Bali Bakar Gayus

Posted: 28 Feb 2011 07:29 AM PST

Malam Nyepi, Warga Bali Bakar 'Gayus'

Penulis: Muhammad Hasanudin | Editor: Glori K. Wadrianto

Senin, 28 Februari 2011 | 15:29 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Sosok Gayus Tambunan, terpidana kasus mafia pajak menginspirasi seorang warga Denpasar untuk menjadikannya ogoh-ogoh atau boneka raksasa sebagai simbol kejahatan yang akan diarak saat malam Nyepi, Jumat (28/2/2011) mendatang.

Komang Tanaya, warga Desa Penyobekan, Denpasar Timur ini rela merogoh kocek hingga Rp 700 ribu untuk merakit ogoh-ogoh berwajah mantan pegawai Ditjen pajak tersebut.

Ogoh-ogoh mirip Gayus ini ia namakan Kala Loba yang artinya makhluk serakah. Menurutnya, nama itu sesuai dengan apa yang telah dilakukan Gayus saat menggelapkan uang. "Kita terinspirasi dengan kejahatannya yang memperkaya diri untuk kepentingan sendiri dengan cara memakan uang rakyat," kata Komang kepada Kompas.com di rumahnya Jalan Kapten Sujana, Denpasar, Senin (28/2/2011) siang tadi.

Biasanya ogoh-ogoh berbentuk "buthakala" atau sosok makhluk yang menyeramkan. Namun Komang lebih memilih merakit ogoh-ogoh Gayus karena ia menganggap sifatnya lebih seram dari buthakala. "Kita tidak bikin (ogoh-ogoh) buthakala yang seram-seram, tapi kita membuat Gayus karena sifatnya seperti buthakala di dunia nyata," jelas pria berusia 39 tahun ini.

Ogoh-ogoh mirip Gayus setinggi 2 meter ini ia kerjakan bersama sejumlah murid sekolah dasar (SD) yang tinggal di sekitar rumahnya. Selain mendandani Gayus dengan kacamata dan wig khasnya ketika menonton tenis di Bali, Komang juga memasang borgol di lengan kanannya yang menandakan Gayus telah menjadi pesakitan di balik jeruji besi. Kedua tangan ogoh-ogoh Gayus pun dipasangi sejumlah uang pecahan Rp 100 ribu sebagai simbol keserakahannya.

Pada malam pengerupukan atau malam menjelang hari raya Nyepi nanti, Ogoh-ogoh Kala Loba Gayus ini akan diarak keliling kota Denpasar dan selanjutnya dibakar. "Akan diarak keliling Kodya Denpasar, setelah itu dibakar supaya sifat-sifat buruknya hilang," harap pria penggemar motor besar ini.

Bangkai ogoh-ogoh Gayus yang telah menjadi abu selanjutnya akan dilarung ke sungai dengan maksud supaya tidak muncul Gayus-Gayus yang lain di masa mendatang.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Gara-gara Berita, Wartawan Dikeroyok

Posted: 28 Feb 2011 07:17 AM PST

Kekerasan

Gara-gara Berita, Wartawan Dikeroyok

Editor: Glori K. Wadrianto

Senin, 28 Februari 2011 | 15:17 WIB

DOKUMENTASI PRIBADI

Subandi Arya, koresponden sebuah stasiun televisi swasta nasional dan surat kabar lokal Alkhairaat yang menjadi korban pengeroyokan mahasiswa.

MAKASSAR, KOMPAS.com - Subandi Arya, koresponden sebuah stasiun televisi swasta nasional dan surat kabar lokal Alkhairaat yang terbit di Poso, Sulawesi Tengah, Senin (28/02/2011) sekitar pukul 13.30 wita dipukuli oleh sekitar 20 orang mahasiswa Universitas Sintuvu Maroso (Unsimar), Poso.

Pemukulan awalnya terjadi mulai dari halaman kampus, kemudian Subandi dibawa ke ruangan Dekan Fisip Unsimar. Di dalam ruangan ia kemudian tetap dipukuli. Pemukulan berakhir ketika sejumlah mahasiswa lainnya menghentikan aksi itu.

Sesaat kemudian, Subandi dievakuasi oleh aparat intelijen dan keamanan dari Kepolisian Resor Poso dan  diamankan di Kantor Polres Poso. Aksi penganiayaan ini diduga terkait dengan pemberitaan di  Alkhairaat, edisi Jumat, 25 Februari 2011. Berita tersebut berjudul: Mahasiswa Rusak Fasilitas Kampus.

Berita ini terkait dengan protes pengelolaan dana kemahasiswaan di universitas milik Pemerintah Kabupaten Poso tersebut. Dalam berita tersebut Subandi menulis sejumlah anggota Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam Unsimar menggelar aksi dengan membakar belasan kursi di halaman kampus, melempari kaca-kaca jendela ruangan rektorat.

Dalam aksi itu kelompok mahasiswa ini meminta Rektor Unsimar Lefran Mango mengundurkan diri dan tidak lagi mencalonkan diri pada pemilihan rektor periode 2011-2015.

Subandi mengutip seorang sumber mahasiswa bernama Khutbah, yang mengatakan bahwa aksi tersebut tidak lagi murni untuk kepentingan mahasiswa, karena sudah mengarah kepada pembunuhan karakter Rektor Unsimar. Berita itu menurut kelompok mahasiswa tadi keliru. Mereka menyebutkan bahwa aksi mereka murni untuk kepentingan mahasiswa.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Republika Online

Posted: 27 Feb 2011 11:31 PM PST

Republika Online


Ramai di Youtube: Netter Israel Jadikan Pidato Gaddafi Lagu Baru

Posted: 28 Feb 2011 06:24 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JERUSALEM - Sebuah klip YouTube mengejek megalomania Kolonel Moammar Gaddafi menjadi begitu populer awal pekan ini. Rekaman ini menunjukkan perempuan berpakaian minim tengah menari, dengan sesekali terdengar suara teriakan Gaddafi. Dalam enam hari, rekaman itu sudah dikunjungi 803.354 orang.

Siapa pengunggahnya? Dia adalah Noy Alooshe, 31 tahun, seorang wartawan musisi Israel dan penggemar internet. Ia mengaku "takjub" melihat pidato yang disiarkan televisi dimana Kolonel Gaddafi bersumpah untuk memburu pemrotes "inci demi inci, rumah demi rumah, gang demi gang" yang ia sebut sebagai "kalimat klaisik".

"Dia berpakaian aneh, dan ia mengangkat tangannya seperti di pesta trans," kata Alooshe, dalam sebuah wawancara telepon, mengacu pada pesta musik dansa elektronik. Kemudian ada kata-kata Kolonel Qaddafi di antara deru hentakan musik.

Alooshe menghabiskan beberapa jam di depan komputer, menggunakan teknologi pitch korektor untuk mengatur pidato dengan musik dari lagu Hey Baby, sebuah lagu oleh rapper Pitbull Amerika. Jadilah lagu yang disebutnya berjudul Zenga-zenga Gaddafi. Zenga berasal dari bahasa Libya yang berarti lorong.

Pada dini hari Rabu pagi pekan lalu, Alooshe mengunggah remix hip-hop elektro ke YouTube, dan ia mulai mempromosikan di Twitter dan Facebook, mengirim link ke halaman situs revolusioner Arab muda. Pada Ahad malam, klip asli telah menerima hampir 500.000 hits.

Alooshe, yang pada awalnya tidak mengidentifikasi dirinya pada klip sebagai seorang Israel, mulai menerima pesan antusias dari seluruh dunia Arab. Web surfer segera menemukan bahwa ia adalah seorang Yahudi Israel dari profil Facebook-nya.

Siapa ALooshe? Selain sebagai jurnalis, dia adalah personel band Hovevey Sion, atau Pecinta Sion.

Setelah lagunya populer di Youtube, ia mengku banyak menerima pesan pujian dan ancaman. Namun, seorang yang mengaku berasal dari Libya menuliskan pesan, "Begitu rezim Gaddafi jatuh, kami akan menari 'Zenga-Zenga' di alun-alun."

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Guru Madrasah di Tangsel Susah Mendapatkan Sertifikasi

Posted: 28 Feb 2011 06:22 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, PAMULANG - Guru Madrasah di Tangerang Selatan susah untuk dapat ikut serta dalam sertifikasi tenaga pengajar. Pasalnya kuota yang disiapkan untuk guru Madrasah dari Dinas Pendidikan dan Departemen Agama sangat kecil. Hal ini mengakibatkan kesejahteran guru Madrasah semakin terpinggirkan dibandikan guru sekolah biasa, bahkan dibanding guru pendidikan agama Islam (PAI).

Hal itu dikeluhkan Ketua Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) kota Tangerang Selatan, Sukirman. Ia mengatakan, kebijakan pemerintah khususnya Departemen Agma yang memberikan kuota yang sangat kecil bagi guru Madrasah, membuat kondisi guru di Madrasah khususnya di Tangerang Selatan sangat memprihatinkan.

Guru Madrasah di Tangerang Selatan yang belum mendapatkan sertifikasi, tambahnya, hanya mendapatkan bantuan dari BOS. Itupun tanpa adanya tunjangan dari daerah. Sukirman menjelaskan, selama ini gaji guru Madrasah khususnya di Tangerang Selatan yang belum mendapatkan sertifikasi, sangat jauh dibawah upah minimum regional kota Tangerang Selatan yang mencapai Rp 1.200.000 perbulan.

Menurutnya, gaji guru Madrasah yang belum mendapat sertifikasi di Tangerang Selatan hanya berkisar 500.000-750.000 perbulan. "Dari total rata-rata 2100 guru Madrasah baik MI, MTs dan MA di Tangerang Selatan, kurang 20 persennya yang sudah disertifikasi," ujarnya.

Ia menambahkan, sebelumnya sudah pernah membicarakan kondisi guru Madrasah ini dengan anggota komisi B DPRD kota Tangerang Selatan dan Departemen Agama Kabupaten Tangerang dan kota Tangerang Selatan. Namun, belum ada tanggapan dari keduanya tentang solusi yang ditawarkan guna memperbaiki kondisi guru Madrasah ini.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Republika Online

Posted: 27 Feb 2011 11:25 PM PST

Republika Online


Ramai di Youtube: Netter Israel Jadikan Pidato Gaddafi Lagu Baru

Posted: 28 Feb 2011 06:24 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JERUSALEM - Sebuah klip YouTube mengejek megalomania Kolonel Moammar Gaddafi menjadi begitu populer awal pekan ini. Rekaman ini menunjukkan perempuan berpakaian minim tengah menari, dengan sesekali terdengar suara teriakan Gaddafi. Dalam enam hari, rekaman itu sudah dikunjungi 803.354 orang.

Siapa pengunggahnya? Dia adalah Noy Alooshe, 31 tahun, seorang wartawan musisi Israel dan penggemar internet. Ia mengaku "takjub" melihat pidato yang disiarkan televisi dimana Kolonel Gaddafi bersumpah untuk memburu pemrotes "inci demi inci, rumah demi rumah, gang demi gang" yang ia sebut sebagai "kalimat klaisik".

"Dia berpakaian aneh, dan ia mengangkat tangannya seperti di pesta trans," kata Alooshe, dalam sebuah wawancara telepon, mengacu pada pesta musik dansa elektronik. Kemudian ada kata-kata Kolonel Qaddafi di antara deru hentakan musik.

Alooshe menghabiskan beberapa jam di depan komputer, menggunakan teknologi pitch korektor untuk mengatur pidato dengan musik dari lagu Hey Baby, sebuah lagu oleh rapper Pitbull Amerika. Jadilah lagu yang disebutnya berjudul Zenga-zenga Gaddafi. Zenga berasal dari bahasa Libya yang berarti lorong.

Pada dini hari Rabu pagi pekan lalu, Alooshe mengunggah remix hip-hop elektro ke YouTube, dan ia mulai mempromosikan di Twitter dan Facebook, mengirim link ke halaman situs revolusioner Arab muda. Pada Ahad malam, klip asli telah menerima hampir 500.000 hits.

Alooshe, yang pada awalnya tidak mengidentifikasi dirinya pada klip sebagai seorang Israel, mulai menerima pesan antusias dari seluruh dunia Arab. Web surfer segera menemukan bahwa ia adalah seorang Yahudi Israel dari profil Facebook-nya.

Siapa ALooshe? Selain sebagai jurnalis, dia adalah personel band Hovevey Sion, atau Pecinta Sion.

Setelah lagunya populer di Youtube, ia mengku banyak menerima pesan pujian dan ancaman. Namun, seorang yang mengaku berasal dari Libya menuliskan pesan, "Begitu rezim Gaddafi jatuh, kami akan menari 'Zenga-Zenga' di alun-alun."

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Guru Madrasah di Tangsel Susah Mendapatkan Sertifikasi

Posted: 28 Feb 2011 06:22 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, PAMULANG - Guru Madrasah di Tangerang Selatan susah untuk dapat ikut serta dalam sertifikasi tenaga pengajar. Pasalnya kuota yang disiapkan untuk guru Madrasah dari Dinas Pendidikan dan Departemen Agama sangat kecil. Hal ini mengakibatkan kesejahteran guru Madrasah semakin terpinggirkan dibandikan guru sekolah biasa, bahkan dibanding guru pendidikan agama Islam (PAI).

Hal itu dikeluhkan Ketua Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) kota Tangerang Selatan, Sukirman. Ia mengatakan, kebijakan pemerintah khususnya Departemen Agma yang memberikan kuota yang sangat kecil bagi guru Madrasah, membuat kondisi guru di Madrasah khususnya di Tangerang Selatan sangat memprihatinkan.

Guru Madrasah di Tangerang Selatan yang belum mendapatkan sertifikasi, tambahnya, hanya mendapatkan bantuan dari BOS. Itupun tanpa adanya tunjangan dari daerah. Sukirman menjelaskan, selama ini gaji guru Madrasah khususnya di Tangerang Selatan yang belum mendapatkan sertifikasi, sangat jauh dibawah upah minimum regional kota Tangerang Selatan yang mencapai Rp 1.200.000 perbulan.

Menurutnya, gaji guru Madrasah yang belum mendapat sertifikasi di Tangerang Selatan hanya berkisar 500.000-750.000 perbulan. "Dari total rata-rata 2100 guru Madrasah baik MI, MTs dan MA di Tangerang Selatan, kurang 20 persennya yang sudah disertifikasi," ujarnya.

Ia menambahkan, sebelumnya sudah pernah membicarakan kondisi guru Madrasah ini dengan anggota komisi B DPRD kota Tangerang Selatan dan Departemen Agama Kabupaten Tangerang dan kota Tangerang Selatan. Namun, belum ada tanggapan dari keduanya tentang solusi yang ditawarkan guna memperbaiki kondisi guru Madrasah ini.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Internasional

Posted: 27 Feb 2011 09:18 PM PST

KOMPAS.com - Internasional


Pasukan Keamanan Tinggalkan Khadafy

Posted: 28 Feb 2011 03:50 AM PST

TRIPOLI, KOMPAS.com - Pemimpin Libya, Moammar Khadafy, tampak kian terpojok, Minggu waktu setempat, saat pasukan keamanan membelot ke pihak oposisi di sebuah kota dekat Tripoli. Sementara itu, Dewan Keamanan PBB memutuskan untuk melakukan pembatasan ketat dan kemungkinan mengenakan tuduhan kejahatan perang terhadap rezim Libya itu.

Para mantan pasukan keamanan mengatakan, mereka telah beralih dan bergabung dengan oposisi di Zawiya, sebuah kota yang terletak sekitar 55 kilometer dari ibukota Tripoli. Beberapa bangunan di Zawiya menunjukkan tanda-tanda kerusakan, termasuk kantor polisi yang baru saja ludes terbakar.

Wartawan CNN, Nic Robertson, yang berada dalam perjalanan yang diselenggarakan pemerintah ke Zawiya, melihat warga sipil bersenjata yang mengambil posisi defensif di atas atap rumah untuk mengantisipasi upaya yang dilakukan loyalis Khadafy yang mungkin akan merebut kembali kota itu. Sekitar 2.000 orang ambil bagian dalam protes anti-pemerintah di kota itu, beberapa berdiri di atas tank atau memegang senjata anti-pesawat. Mereka menginginkan pemerintahan Khadafy digulingkan, dan menyebut penguasa otoriter itu sebagai "lintah penghisap darah". Senja hari itu, CNN menyaksikan dua aksi unjuk rasa yang lebih kecil yang pro-pemerintah yang tampaknya diselenggarakan oleh pejabat pemerintah agar bisa dilihat para wartawan internasional, kata Robertson.

Pihak oposisi sekarang mengendalikan beberapa kota di Libya setelah berminggu-minggu protes yang terinspirasi oleh demonstrasi yang menggulingkan pemimpin yang sudah lama bercokol di negara tetangga, yaitu Tunisia dan Mesir.

Khadafy mengecam resolusi Dewan Keamanan PBB, Minggu. Ia mengatakan kepada stasiun Pink TV dari Serbia melalui telepon bahwa anggota Dewan Keamanan "mengambil keputusan berdasarkan laporan media yang berbasis di luar negeri." Dia menambahkan, "Jika Dewan Keamanan ingin tahu tentang sesuatu, mereka harus mengirim sebuah komite pencari fakta."

Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton, mengatakan, "Tindakan Dewan Keamanan, yang mencakup embargo senjata, pembekuan aset dan larangan perjalanan bagi Khadafy dan anggota keluarganya serta rekan-rekannya, telah menghasilkan "salah satu tanggapan internasional tercepat bagi pemerintah yang memerangi rakyatnya sendiri. Kami mengakui pembunuhan sedang berlangsung," kata Clinton kepada wartawan dalam perjalanan ke pertemuan Dewan HAM PBB di Swiss.

Perdana Menteri Inggris, David Cameron, dan Menteri Luar Negeri Inggris, William Hague, Minggu, juga meminta Khadafy untuk mundur. "Libya tidak memiliki masa depan jika dia tetap sebagai pemimpin," kata Cameron. "Tentu saja tidak ada." Inggris juga mengumumkan, negara itu membekukan aset Khadafy, lima anak-anaknya, dan mereka yang bertindak atas nama keluarga itu.

Putra Khadafy, Saif, membantah bahwa pemerintahan ayahnya telah menggunakan kekerasan untuk melawan rakyatnya. Dalam sebuah wawancara yang dilakukan dengan Christiane Amanpour, dari ABC, Minggu, Saif ditanya tentang banyaknya laporan mengenai serangan oleh pasukan pemerintah terhadap penduduk sipil.

"Tunjukkan pada saya sebuah serangan," katanya. "Tunjukkan saya sebuah serangan bom. Tunjukkan saya seorang korban. Angkatan udara Libya hanya menghancurkan tempat-tempat amunisi."

Khadafy muda itu, yang merupakan anggota terkemuka dalam pemerintahan ayahnya, juga mengecilkan jumlah pemrotes anti-pemerintah. Menurut dia, hanya sekitar 10.000 atau 5.000 orang yang berunjuk rasa menentang ayahnya dan itu tidak berarti seluruh penduduk melawan dia.

Dia punya pilihan kata yang kasar untuk para diplomat Libya yang telah berpaling dari ayahnya. Ia menyebut mereka "munafik". "Jika Anda kuat, mereka mencintai Anda. Jika tidak, mereka mengucapkan selamat tinggal. Itu bagus. Kami menyingkirkan mereka," katanya kepada Amanpour.

Sementara itu, seorang perawat Khadafy telah pulang ke Ukraina. Galyna Kolotnytska menjadi terkenal November lalu setelah WikiLeaks merilis sebuah kawat dari Kedutaan Besar AS di Tripoli yang menggambarkan ketergantungan Khadafy pada perempuan itu, yang digambarkan sebagai "si pirang yang seksi". Putri Kolotnytska mengatakan kepada CNN, Minggu, ibunya telah kembali tetapi tidak mau berkomentar.

Warga Tunisia di perbatasan Libya melambaikan bendera Libya dari era pra-Khadafy dalam mendukung oposisi saat puluhan ribu orang menyebrang ke negara itu yang telah memicu serangkaian pemberontakan di dunia Arab.

Sekitar 100.000 orang telah melarikan diri dari kekerasan di Libya minggu lalu, kata Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi.  

CNN menyaksikan tentara Tunisia, badan amal dan warga biasa Tunisia berusaha membantu warga Libya di perbatasan. Para pengungsi mengatakan, warga Tunisia menawarkan makanan, air, dan bahkan penggunaan telepon. Pemerintah Tunisia, Sabtu, melaporkan bahwa 40.000 orang telah menyeberangi perbatasannya sejak tanggal 20 Pebruari, sementara Mesir melaporkan 55.000 telah menyeberang sejak tanggal 19 Februari, kata Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi, Minggu. Para pengungsi itu termasuk warga Tunisia, Mesir, Libya, dan banyak dari negara-negara Asia.

Sekitar 10.000 orang melarikan diri dari Libya ke Tunisia, Sabtu, kata Bulan Sabit Merah.  "Sangat besar jumlah orang yang berkumpul di daerah tak bertuan di antara Libya dan Tunisia dalam kondisi sangat dingin," kata juru bicara Bulan Sabit Merah, Joe Lowry, kepada CNN, Minggu. "Orang-orang berdiri dalam antrean selama enam jam tanpa makanan, air, atau akses ke sanitasi."

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Khadafy: Hidup dan Mati

Posted: 28 Feb 2011 02:05 AM PST

Oleh: Trias Kuncahyono

Sungguh menarik pernyataan salah seorang anak pemimpin Libya Moammar Khadafy, Saif al-Islam, akhir pekan lalu lewat televisi. Ia menyatakan, ayahnya mempunyai tiga rencana dalam menghadapi perlawanan rakyat.

Saif al-Islam, yang beberapa hari lalu mengancam akan menciptakan "sungai darah" kalau perlawanan terhadap ayahnya terus dikobarkan, mengatakan, tiga rencana itu adalah "Rencana A, hidup dan mati di Libya; Rencana B, hidup dan mati di Libya; dan Rencana C, hidup dan mati di Libya".

Bagian dari rencana itu diwujudkan Khadafy saat pidato hari Jumat lalu di Alun-alun Hijau (Green Square) yang juga disiarkan stasiun televisi lokal dan stasiun televisi jaringan internasional. Ia mengatakan secara jelas akan membagikan senjata kepada siapa saja yang bersedia bertempur di pihaknya. Ia juga mengatakan akan "membakar" Libya.

Jelas kiranya, tidak ada kata mundur dalam kamus Khadafy. Hidup dan mati di negerinya adalah pilihannya. Ia sama sekali tidak peduli bahwa keinginannya itu mengorbankan rakyatnya. Ia tidak peduli dunia internasional juga mengecamnya, bahkan atas restu PBB menjatuhkan sanksi atas Libya yang pemimpinnya dianggap telah melakukan kejahatan kemanusiaan.

Khadafy, yang sudah berkuasa sejak tahun 1969, tidak peduli berapa banyak rakyatnya mati ditembak tentaranya dan tentara bayaran yang diupahnya. PBB memperkirakan lebih dari 1.000 orang telah tewas selama 10 hari terakhir. Tetapi, bagi Khadafy, seribu orang tewas hanyalah sekadar angka. Yang paling penting baginya adalah menyelamatkan kekuasaannya, keluarganya, dan pada ujungnya hartanya.

Sulit, bahkan amat sulit, memahami perilaku dan perangai Khadafy. Barangkali apa yang dilakukan oleh Khadafy masuk dalam kategori menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan seperti yang diteriakkan oleh Niccolo Machiavelli.

Machiavelli (1469-1527) yang lahir dan hidup di Firenze, Italia, mengatakan, penguasa hanya boleh mengenal satu tujuan, yakni mempertahankan dan memperbesar kekuasaannya. Demi tujuan itu, penguasa boleh melakukan tindakan apa saja (St Sularto, Niccolo Machiavelli, Penguasa Arsitek Masyarakat).

Machiavelli mengembangkan teknik-teknik untuk merebut dan memantapkan pegangan atas kekuasaan politik. Demi tujuan itu, sang penguasa jangan mau dihambat oleh norma-norma moral. Seperlunya ia harus bersikap kejam, tidak takut bohong, bersedia membunuh, dan jangan merasa terikat pada janji atau ikatan utang budi. Seorang penguasa yang bermurah atau baik hati tidak akan berdaya. Kesediaan untuk mempertahankan kekuasaan dengan sarana apa pun yang efektif, termasuk yang tidak bermoral, adalah inti paham yang disebut Machiavellist.

Seperti itukah wajah Khadafy? Kalau memang demikian, dunia, negara-negara, dan PBB, yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan perdamaian, mempunyai kewajiban melindungi rakyat Libya dari angkara murka pemimpinnya.

Apabila pembunuhan terus dilakukan, negara-negara lain harus bertindak, sekurang-kurangnya, memberikan tempat perlindungan bagi para pengungsi dan menerapkan semacam zona larangan terbang di atas Libya. Hal yang sama pernah dilakukan AS, Inggris, dan Perancis saat melindungi orang-orang Kurdi dalam kemurkaan Saddam Hussein. Semakin dunia diam saja, semakin banyak orang mati sia-sia di tangan Khadafy.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Mancanegara

Posted: 27 Feb 2011 09:16 PM PST

ANTARA - Mancanegara


Iran Rendahkan Laporan IAEA

Posted: 27 Feb 2011 08:53 PM PST

Teheran (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi mengatakan dugaan penelitian yang disebutkan laporan terbaru Direktur Jendral Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Yukiya Amano banyak kurang berpijak pada kenyataan yang ada, demikian kantor berita IRNA, Senin.

Berdasar istilah dugaan penelitian itu yang diperkirakan berasal dari dokumen rahasia militer Iran yang tercuri, Amerika Serikat menyatakan Iran diam-diam menjalankan program senjata nuklir.

Dalam sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Amano Jumat lalu, badan internasional itu mengatakan bahwa informasi baru yang diterima oleh IAEA  menambah keprihatinan bahwa Iran mungkin sedang membuat senjata nuklir.

Salehi menyatakan harapan bahwa isu yang diduga dari studi tersebut hendaknya dihapus dari laporan berikutnya dari badan pengawas nuklir PBB tentang "kegiatan nuklir damai" Iran itu.

Dia mengatakan kepada IRNA bahwa studi itu diduga berasal dari laporan mantan Kepala IAEA Mohamed ElBaradei yang tidak berdasar materi yang ada karena di bawah tekanan negara barat.

IAEA harus "bertindak independen dan mencegah memihak negara-negara barat," katanya.(*)

H-AK/A023

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kanada Bekukan Aset Khadafy

Posted: 27 Feb 2011 08:08 PM PST

Pemimpin Libya Muammar Khadafy (FOTO ANTARA/REUTERS/Ismail Zitouny)

Kanada menuntut bahwa rezim Libya segera mematuhi semua aspek resolusi itu, dan berkewajiban menghormati hak asasi manusia sebagai kehendak rakyat Libya

Berita Terkait

Ottawa (ANTARA News) - Perdana Menteri Kanada Stephen Harper Minggu mengumumkan bahwa Kanada membekukan aset pemimpin Libya Muamar Khadafy dan keluarganya, dan menyerukan agar dia mundur.

"Jauh dari melindungi rakyat Libya terhadap bahaya, ia adalah akar penyebab bahaya yang mereka hadapi," kata Harper dalam pernyataan yang disiarkan secara langsung di televisi.

"Jelas bahwa tindakan yang bisa diterimanya darinya adalah untuk menghentikan pertumpahan darah dan untuk segera mengosongkan posisi dan otoritasnya," katanya.

Harper mengatakan, Kanada menerapkan sanksi yang diadopsi oleh Dewan Keamanan PBB Sabtu, dan akan melaksanakan semuanya.

Selain membekukan aset Khadafy, keluarga dan rekan-rekannya yang lain, Ottawa akan membekukan semua transaksi keuangan dengan pemerintah di Tripoli dan lembaga-lembaga Libya lainnya, termasuk bank sentral, katanya.

"Kanada menuntut bahwa rezim Libya segera mematuhi semua aspek resolusi itu, dan berkewajiban menghormati hak asasi manusia sebagai kehendak rakyat Libya," katanya.

Harper mengatakan, pemerintahnya terus bekerja untuk evakuasi mengamankan semua warga negara Kanada dari Libya, pada saat pihaknya bekerja sama dengan negara-negara lain untuk meningkatkan tekanan pada rezim Libya.

Dia mengatakan telah memfasilitasi evakuasi lebih dari 230 warga Kanada dengan penerbangan dan kapal, dan bahwa pesawat transportasi C-17 kedua di Malta telah menunggu kesempatan untuk menampung lebih banyak pengungsi.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPASentertainment

Posted: 27 Feb 2011 09:04 PM PST

KOMPASentertainment


Ini Dia Film Terbaik Oscar 2011

Posted: 28 Feb 2011 03:41 AM PST

LOS ANGELES, KOMPAS.com --   Film The King's Speech garapan sutradara Tom Hooper  akhirnya dinobatkan sebagai Film Terbaik pada ajang Academy Awards 2011,  yang berlangsung di  Kodak Theatre, Hollywood, California (AS), Minggu (27/2/2011) atau Senin (28/2/2011) waktu Indonesia.          

Kemenangan tersebut melengkapi kejayaan film  yang berkisah tentang sisi lain dari kehidupan kerajaan Inggris.  Di ajang yang sama penghargaan telah didapat oleh Colin Firth sebagai Aktor Terbaik dan Hooper sebagai Sutradara Terbaik.

Pada perhelatan ke-83 tahun ini, The King's Speech meraih empat penghargaan sekaligus, termasuk kategori Skenario Orisinal Asli Terbaik.  

The King's Speech menyisihkan pesaing utamanya, yakni The Social Network, dan delapan unggulan lainnya, Black Swan,  The Fighter, Inception, The Kids Are All Right,  127 Hours, Toy Story 3, True Grit, dan Winters Bone.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Colin Firth, Aktor Terbaik Tahun Ini

Posted: 28 Feb 2011 03:25 AM PST

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Aktor asal Inggris, Colin Firth, mampu membawa pulang piala Oscar untuk kategori bergengsi, Aktor Terbaik Pria dalam film "The King's Speech".

Sebelumnya, Firth pernah dinominasikan tahun lalu dengan kategori yang sama dalam film "The Single Man". Sayangnya, ia harus kalah dari Jeff Bridges yang tampil memukau lewat film "Crazy Heart".

Tahun ini, Firth mampu menyisihkan saingannya seperti Javier Bardem "Biutiful", Jeff Bridges "True Grit", Jesse Eisenberg "The Social Network" serta James Franco yang menjadi host Oscar lewat film "!27 Hours".

Firth sebelumnya, terkenal lewat peran-perannya dalam film "Love Actually", "A Single Man", "Nanny McPhee" serta "Mamma Mia!" yang ia bintangi bersama Meryl Streep dan Pierce Brosnan. (TFT)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Utusan Online - Luar Negara

Posted: 27 Feb 2011 07:41 PM PST

Utusan Online - Luar Negara


Sekatan perjalanan ke atas Gaddafi

Posted:

Sekatan perjalanan ke atas Gaddafi

Sekatan perjalanan ke atas Gaddafi

GENEVA 27 Feb. – Majlis Keselamatan Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu (PBB) sebulat suara memutuskan untuk mengenakan sekatan perjalanan dan pembekuan aset terhadap rejim Muammar Gaddafi selain berhadapan siasatan jenayah kemanusiaan berhubung pertumpahan darah yang dikaitkan dengan pemimpin Libya itu.

Undi sebulat suara oleh badan dunia dianggotai 15 negara itu yang dibuat pada mesyuarat malam tadi itu turut menggesa supaya sekatan senjata dikenakan ke atas Libya secepat mungkin.

Menurut PBB, lebih 1,000 orang telah terbunuh dalam serangan yang dipercayai dilakukan oleh pengikut setia Gaddafi di Libya.

Majlis Keselamatan PBB turut membuat tuntutan baru supaya serangan ke atas orang awam dihentikan dengan segera, yang dilapor dicetuskan oleh pemimpin Libya 'peringkat tinggi'.

Larangan perjalanan dan pembekuan dalam Resolusi 1970 akan dikenakan terhadap pemimpin veteran Libya itu, tujuh orang anak lelakinya, anak perempuannya Aisha, beberapa anggota keluarganya, pegawai pertahanan dan perisikan tinggi lain yang dituduh memainkan peranan dalam pertumpahan darah di negara itu.

Terdapat 16 nama dalam senarai sekatan itu selepas ditapis daripada 22 orang sebelum ini ketika mesyuarat semalam.

Tuduhan menyebabkan pertumpahan darah akan dirujuk ke Mahkamah Jenayah Antarabangsa kerana serangan yang sistematik dan berleluasa ke atas rakyat yang kini berlaku di Libya adalah jenayah kemanusiaan.

Di bawah resolusi itu juga, penjualan senjata ke Libya perlu dihentikan segera. Resolusi itu turut menggesa Libya membenarkan kemasukan bekalan kemanusiaan dan pemantau hak kemanusiaan untuk melindungi rakyat asing.

"Langkah ini adalah 'isyarat penting' menunjukkan masyarakat antarabangsa menyokong rakyat Libya dan menentukan masa depan mereka," kata duta Britain ke PBB, Mark Lyall Grant.

Wakil dari Afrika Selatan, Baso Sangqu berkata, satu dunia terkejut dengan 'kekejaman' di negara utara Afrika itu.

Sementara itu, Presiden Amerika Syarikat (AS) Barack Obama semalam menegaskan Gaddafi perlu 'meletak jawatan sekarang' kerana telah kehilangan kelayakan untuk memerintah.

Sehari sebelum itu, Obama secara peribadi mengenakan sekatan ke atas Gaddafi dan empat anak lelakinya, dalam percubaan jelas untuk melemahkan rejim itu yang semakin goyah dan menghukum tindakan ganas pemimpin veteran itu ke atas rakyat Libya. – AFP

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Angka korban gempa bumi makin meningkat, mungkin lebih 200

Posted:

Angka korban gempa bumi makin meningkat, mungkin lebih 200

Angka korban gempa bumi makin meningkat, mungkin lebih 200

CHRISTCHURCH 27 Feb. – Angka kematian akibat gempa bumi 6.3 pada skala Richter yang melanda bandar raya ini Selasa lalu dijangka meningkat melebihi 200, lapor pihak berkuasa hari ini.

Superitendan polis David Cliff berkata, sehingga kini seramai 147 telah disahkan maut dan pihaknya menjangkakan angka kematian akan terus meningkat berdasarkan bilangan 200 lagi mangsa yang dilaporkan hilang.

"Anggota penyelamat masih meneruskan operasi mencari mangsa di bawah runtuhan, jumlah itu mungkin meningkat," katanya kepada pemberita di sini hari ini.

Kenyataan beliau itu membayangkan bencana gempa bumi kali ini adalah yang terburuk di New Zealand selepas satu gempa bumi melanda Napier, North Island pada 1931 yang mengakibatkan 256 maut.

Di Christchurch, satu majlis memperingati kebangsaan yang dijadual terpaksa dibatalkan selepas ia dibimbangi boleh menghalang laluan operasi menyelamat, ketika penduduk di bandar raya kedua terbesar New Zealand itu berkabung dan meratapi kematian insan tersayang dalam upacara-upacara di gereja seluruh negara.

Jurutera dan perancang bandar berkata, sebahagian besar kawasan bandar raya itu yang musnah mungkin tidak boleh digunakan dalam masa berbulan-bulan akan datang dan sekurang-kurangnya satu pertiga bangunan perlu dirobohkan dan dibina semula selepas gempa bumi menggegar minggu lalu.

Sebelum itu, seorang inspektor polis, Rusell Gibson berkata, pasukan penyelamat telah menjumpai beberapa mayat di celah runtuhan dan ia hanya akan dikeluarkan hari ini.

Pasukan penyelamat hari ini masih menjalankan operasi mencari mangsa di celah-celah runtuhan di kawasan bandar dan pinggir bandar.

Walaupun operasi tersebut disifatkan sebagai kerja-kerja menyelamat, tiada satu pun mangsa berjaya diselamatkan sejak tengah hari Rabu lalu dan harapan untuk menemui mangsa yang hidup juga semakin tipis.

Bekalan elektrik telah pulih semula ke kira-kira 85 peratus Christchurch dan 65 peratus rumah kini telah mendapat bekalan air bersih, namun sistem kumbahan bandar dilapor masih belum diperbaiki.

Beribu-ribu sukarelawan boleh dilihat membantu kerja-kerja pembersihan di jalan-jalan. – Agensi

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

The Malaysian Insider :: World

Posted: 27 Feb 2011 07:34 PM PST

The Malaysian Insider :: World


Obama welcomes Bahrain cabinet reshuffle

Posted: 27 Feb 2011 05:31 PM PST

US President Barack Obama toasts before a dinner for the National Governor's Association at the White House in Washington, February 27, 2011. — Reuters

WASHINGTON, Feb 28 — President Barack Obama welcomed yesterday a move by Bahrain's government to reshuffle its cabinet and urged it to respect human rights.

"I welcome the announcement by King Hamad bin Isa al-Khalifa about making important changes to the cabinet and restating his commitment to reform," Obama said in a statement.

The king reshuffled the cabinet in a further attempt to appease the Shi'ite opposition that has staged days of protests against the Sunni-led government, government sources said.

The ministers of housing, health and cabinet affairs were among those sacked, said three government officials who did not wish to be named, adding they had not received official confirmation yet of who was being replaced.

Bahrain saw the worst unrest since the 1990s last week when seven people were killed in protests by its majority Shi'ites who have complained of discrimination by the government, which is a close ally of the United States and Saudi Arabia.

Thousands of protesters still occupy Pearl Square in central Manama, demanding the resignation of the cabinet and a new constitution under which the government is elected. — Reuters 

 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Clinton: US reaching out to Libyans amid uprising

Posted: 27 Feb 2011 05:02 PM PST

US Secretary of State Hillary Clinton speaks about her meeting with Brazil's Foreign Minister Antonio Patriota at the State Department in Washington, February 23, 2011. — Reuters pic

GENEVA, Feb 28 — US Secretary of State Hillary Clinton said on Sunday the United States was reaching out to Libyan opposition groups seeking to oust longtime leader Muammar Gaddafi.

Clinton spoke shortly before leaving for Geneva, where she will meet with European allies and envoys from Arab and African countries in hopes of agreeing on a common response to the rebellion that threatens to end Gaddafi's 41-year rule.

The trip comes a day after the UN Security Council unanimously imposed a travel ban and froze the assets of Gaddafi and his family.

"We are reaching out to many different Libyans in the east as the revolution moves westward there as well," Clinton said, referring to opposition groups. "... It is too soon to see how this is going to play out."

A spokesman for the new National Libyan Council, which formed in the eastern city of Benghazi after it was taken by anti-Gaddafi forces, said his group did not want foreign intervention.

As Gaddafi opponents made gains near the capital city Tripoli, Clinton said the UN resolution was a message to Gaddafi and those around him that they "will be held accountable for the actions that are being taken and have been taken against Libyan people."

Clinton said the United States was not negotiating with Gaddafi.

"We want him to leave and we want him to end his regime and call off the mercenaries and troops who remain loyal to him," she said. "How he manages that is up to him."

US officials say Clinton's trip to Geneva is aimed at coordinating the international response to Libya's crisis, with Washington insisting that the world "speak with one voice" on stemming the violence and bringing Gaddafi to justice.

The resolution adopted by the 15-nation UN council also called for the immediate referral of the deadly crackdown to the International Criminal Court in The Hague for investigation and possible prosecution of anyone responsible for killing civilians.

The Obama administration has been criticized by rights groups and others for moving too slowly on Libya, the latest country hit by spreading turmoil and anti-government protests across the Middle East and North Africa. But White House officials said fears for the safety of Americans in the country had tempered Washington's response to the turmoil.

Washington announced a series of sanctions against Libya on Friday after a chartered ferry and a plane carrying Americans and other evacuees left Libya.

Senior US officials, speaking to reporters aboard Clinton's plane, said she would seek to win international approval for "lockstep" enforcement of economic and diplomatic sanctions targeting Gaddafi and his inner circle.

"Nobody overestimates Gaddafi's rationality in our government," an official said, adding that others around Gaddafi might start to reconsider their options.

"We are seeking the levers at our disposal to influence those individuals and not just somebody of questionable rationality."

Washington is considering steps including sanctions and a "no-fly" zone to try to stop Gaddafi's suppression of anti-government protests, which diplomats estimate has killed about 2,000 people in two weeks of violence.

While Western governments are trying to ratchet up pressure, it remains unclear how long Gaddafi, with some thousands of loyalists, might hold out against rebel forces comprised of youthful gunmen and mutinous soldiers. — Reuters  

 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

ANTARA - Berita Terkini

Posted: 27 Feb 2011 07:06 PM PST

ANTARA - Berita Terkini


Foke di London

Posted: 27 Feb 2011 06:33 PM PST

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo ( ANTARA/ Ujang Zaelani)

Berita Terkait

Video

London (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang akrab dipanggil Foke diundang secara khusus untuk berbicara mengenai persiapan Jakarta memasuki era globalisasi dalam pertemuan yang digelar di London selama dua hari, mulai 28 Februari hingga 1 Maret 2011.

Dalam pertemuan yang bertema "The Future of Cities 2011,Centres of innovation for urban solutions", Fauzi Bowo membahas masalah Globalisasi yang menjadi tantangan bagi kota-kota di dunia.

Pertemuan itu digelar Chatham House, sebuah lembaga think thank di Inggris, ujar Ratih Hardjono yang menjadi jurubicara Gubernur ketika dijumpai koresponden ANTARA London, di Hotel Rich tempat menginapnya rombongan selama di London, Senin.

Gubernur DKI Jakarta berbicara mengenai persiapan Jakarta memasuki era globalisasi di masa mendatang. Apalagi Jakarta merupakan sepuluh kota terbesar di dunia dengan kepadatan penduduk yang sangat tinggi, ujarnya.

Menurut Ratih Hardjono, undangan resmi di Chatham House bagi orang Indonesia terhitung jarang dan dapat dihitung sebagai suatu kehormatan, tidak saja bagi Pemerintah provinsi DKI Jakarta tetapi juga bagi Indonesia.

Diskusi bertajuk Masa Depan Kota-kota: Pusat Inovasi untuk Solusi-solusi Urban, juga dihadiri berbagai nama penting di arena internasional tidak saja dari kalangan pemerintahan tetapi juga pimpinan perusahaan internasional dan lembaga-lembaga internasional.

Mereka di antaranya Dr Johannes Hahn dari European Commission untuk Kebijakan Regional, Andrew Boraine Direktur Kemitraan Cape Town, Profesor Steve Rainer dari Universitas Oxford, David Bragdon dari kantor Walikota New York Bagian Perencanaan Jangka Panjang, Dr Shin Nan Sekretaris Jendral RRC untuk Perencanaan Perkotaan, David Miller mantan Walikota Toronto, dan Abha Joshi-Ghani dari Bank Dunia.

Fokus konferensi ini, bagaimana kota-kota di dunia menghadapi pertumbuhan penduduk pada 2050 dengan berbagai tantangan seperti perubahan iklim, sumber daya, ekonomi, dan infrastruktur.

Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Kominfomas DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, menyebutkan Gubernur Fauzi Bowo termasuk salah satu anggota yang aktif dalam jaringan ini dan banyak diminta berbicara mengenai tantangan-tantangan yang dihadapi di Jakarta serta solusi-solusinya.

Gubernur Fauzi Bowo tampil sebagai pembicara pada hari kedua dalam konferensi yang bertema "Mempersiapkan Kota Memasuki Era Global".

Ia membahas mengenai peran kepemimpinan kota metropolitan, khususnya menghadapi berbagai tantangan ke depan termasuk juga otoritas yang diperlukan seorang pimpinan kota metropolitan untuk membangun ekonomi serta masyarakat.

Chatham House di London, Inggris dikenal sebagai lembaga bergengsi. Lembaga itu dulunya dikenal dengan nama The Royal Institute of International Affairs.

(*)

 

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Hujan Lebat Rusak Permukiman di La Paz, Bolivia

Posted: 27 Feb 2011 05:50 PM PST

La Paz (ANTARA News) - Hujan lebat telah memicu "lumpur longsor sangat besar" di ibu kota Bolivia, La Paz, sehingga merusak 400 rumah, kata pemerintah, Ahad.

Berkat aksi pengungsian cepat, kata pemerintah, maka tak ada laporan mengenai korban jiwa pada Ahad, demikian AFP melaporkan.

Tapi kerusakan di ibu kota Bolivia, yang biasanya kering, mengejutkan sementara sebagian permukiman benar-benar terendam. Rumah demi rumah --yang banyak di antaranya dibuat dari tanah liat dan sebagian lagi batu bata-- ambruk.

"Itu adalah salah satu bencana paling parah yang pernah dihadapi kota ini dalam hal jumlah rumah yang jadi korban. Itu adalah lumpur longsor sangat besar, bencana yang sangat besar," kata juru bicara .

Hujan yang lebih lebat daripada biasanya, yang diduga dipicu oleh fenomena cuaca La Nina telah menewaskan sedikitnya 20 orang dan membuat 14.000 keluarga kehilangan tempat tinggal di Bolivia sejak Januari.  (C003/A011/K004)

Editor: B Kunto Wibisono
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi international.okezone.com

Posted: 27 Feb 2011 03:33 PM PST

Sindikasi international.okezone.com


Delapan Tewas Saat Serangan Bom di Afghanistan

Posted: 27 Feb 2011 03:16 AM PST

KANDAHAR – Delapan orang tewas setelah dua bom meledak saat kompetisi perkelahian anjing di selatan provinsi Afghanistan, Kandahar.
 
Ledakan terjadi di distrik Arghandab, pinggiran Kota Kandahar, hari ini. Polisi mengatakan, ada lima polisi yang terluka. Pasukan North Atlantic Treaty Organization (NATO) berusaha untuk mengambil alih Kandahar dari Taliban, yang merupakan daerah pedalaman kelompok tersebut.
 
"Semua korban tewas merupakan warga sipil," ungkap Kepala Distrik Arghndab Shah Mohammad seperti dikutip AFP, Minggu (27/2/2011).
 
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Afghanistan Zemarai Bashary mengatakan, 12 warga sipil terluka dalam ledakan tersebut.
 
Belum ada kelompok yang dinyatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut. Namun, selama ini Taliban yang selalu meluncurkan targetnya pada perkumpulan umum.
Kompetisi perkelahian anjing, yang dilarang oleh rezim Taliban, merupakan permainan yang populer di Afghanistan.
 
Pada Februari 2008, setidaknya 65 orang tewas karena bom bunuh diri saat kompetisi perkelahian anjing di Kandahar.
(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Mantan Presiden Iran Minta Pemimpin Oposisi Dibebaskan

Posted: 27 Feb 2011 03:05 AM PST

TEHERAN – Mantan Presiden Iran Mohammad Khatami dua pemimpin oposisi yang menjadi tahanan rumah selama dua minggu untuk dibebaskan.

Garis keras di Pemerintahan Iran menginginkan pemimpin opisisi, Mir Hossein Mousavi dan Mahdi Karroubi, disidangkan.

Khatami, yang juga seorang tokoh reformasi, juga mendapat serangan dari kaum garis keras pemerintahan. Namun, dia tetap populer di Iran. Dia menjadi presiden Iran dari 1997 sampai 2005.

Situs resmi Khatami mengutip perkataannya yang menyatakan dia berharap para pemimpin oposisi segera dibebaskan. Mantan Presiden Mohammad Khatami mendukung Mousavi dan Karroubi pada Pemilu 2009 yang berakhir dengan konflik.

Mousavi dan Karroubi menjadi tahanan rumah sejak pecahnya unjuk rasa pada 14 Februari. Unjuk rasa tersebut merupakan yang terbesar dilakukan pihak oposisi sejak lebih dari sata tahun lalu.
(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Berita Harian: Dunia

Posted: 27 Feb 2011 03:05 PM PST

Berita Harian: Dunia


Pyongyang ancam serang

Posted: 27 Feb 2011 02:21 PM PST

Dunia

Amaran jika Seoul biar propaganda antirejim Utara lepasi sempadan

SEOUL: Korea Utara akan melancarkan serangan merentasi sempadan jika Seoul terus membiarkan bahan propaganda antirejim melepasi sempadan di barisan hadapan dikawal ketat, media tempatan memberi amaran semalam.

Tentera Utara akan mula melepaskan tembakan di kawasan sempadan di mana aktivis Selatan dan tentera melancarkan belon membawa risalah antirejim Utara dan DVD, kata Agensi Berita Pusat Korea.

"Tentera kami sebagai mempertahankan diri akan melancarkan serangan, menyasarkan tembakan ke arah aktiviti propaganda anti-republik, jika amalan itu diteruskan walaupun amaran berulang dikeluarkan," kata KCNA, agensi berita rasmi Korea Utara. Tentera Utara, dalam mesej dibawa oleh KCNA, menggesa Selatan supaya menghentikan 'perang psikologi dengan segera.'

Ketegangan kekal tinggi di semenanjung Korea dengan latihan tahunan bersama dimulakan hari ini antara Amerika Syarikat dan Korea Selatan sehingga 10 Mac, perkembangan yang Pyongyang mendakwa tidak mustahil akan mencetuskan peperangan.
Amaran semalam muncul beberapa hari selepas seorang ahli Parlimen Korea Selatan mendakwa tentera Selatan menghantar berita pemberontakan menentang rejim kejam di Asia Barat dan Afrika Utara.

Ahli politik konservatif pembangkang Song Young-sun, memetik satu laporan daripada kementerian pertahanan, menyatakan belon membawa bekalan kemanusiaan seperti ubatan dan pakaian dilancarkan.
Katanya belon terbabit turut membawa risalah memberi amaran nasib pemerintahan kuku besi di dunia Arab dan menyasarkan untuk menyalurkan maklumat kepada penduduk Korea Utara, yang sebahagian besarnya terputus hubungan dengan dunia luar. – AFP


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Abhishek, Aishwarya hadir anugerah Oscar

Posted: 27 Feb 2011 02:20 PM PST

Dunia

Komposer muzik India, AR Rahman dijangka menang

LOS ANGELES: Pasangan Bollywood Abhishek dan Aishwarya Rai Bachchan yang ketika ini berada di sini untuk bercuti, akan menghadiri majlis gilang gemilang Anugerah Akademi Tahunan ke-83 hari ini, menurut bapanya bintang mega Amitabh Bachchan.

"Ya, Abhishek dan Aishwarya dijemput Akademi untuk menghadiri anugerah Oscar," Big B menghantar ucapan dalam blognya.

Bachchan mendedahkan rancangan anak dan menantunya itu ketika berkongsi bagaimana pelakon Amerika, Warren Beatty bertemu Abhishek di sebuah kedai pakaian di sini ketika sesi mencuba pakaian. "Oh! Dan secara tidak sengaja mereka mencuba pakaian di kedai sama untuk menghadiri upacara Oscar hari ini – Warren dan Abhishek!" tambah Bachchan.

Abhishek, yang sibuk dengan penggambaran filem Players in New Zealand, berada di bandar ini untuk bercuti dengan isterinya Rai.

Pasangan itu juga akan bertemu dengan pembuat filem pernah dicalonkan Oscar, Ashutosh Gowariker, yang turut dijangka menghadiri upacara berprestij itu.

Selain itu, komposer muzik, AR Rahman, yang dicalonkan untuk dua kategori dalam Oscar tahun ini, akan turut menghadiri upacara berkenaan.
Rahman, yang pernah memenangi dua anugerah Oscar untuk hasil kerjanya dalam filem 2009, Slumdog Millionaire, sedang mengintai anugerah bagi muzik latar asal untuk filem arahan Danny Boyle, 127 Hours serta lagu asal If I Rise daripada filem sama tahun ini. – Agensi


Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Sindikasi celebrity.okezone.com

Posted: 27 Feb 2011 01:30 PM PST

Sindikasi celebrity.okezone.com


Edrick Chandra Ingin Wujudkan Keliling Eropa

Posted: 27 Feb 2011 03:01 AM PST

JAKARTA - Rupanya Edrick Chandra punya cara jitu menghilangkan rasa jenuh dari rutinitasnya di dunia hiburan.

Dia pun menceritakan, jika baru saja pulang dari berlibur untuk menyegarkan otaknya kembali dengan pergi ke negara tetangga.

"Aku baru pulang dari Singapura, jalan-jalan sekalian refreshing," paparnya saat kepada Okezone, belum lama ini.

Lantaran memiliki hobi mengunjungi berbagai tempat di belahan dunia, setiap memiliki waktu luang, lelaki kelahiran 28 Februari 1985 ini berusaha memuaskan hobi travelingnya dengan mengunjungi tempat yang belum disambanginya.

"Iya, sih, karena kemarin sebulan penuh bolak-balik ke luar kota terus. Manajemen kemudian ngasih waktu buat liburan dan pas banget menjelang ulang tahun aku juga. Kalau ada kesempatan dan ongkos juga, setahun aku bisa tiga sampai empat kali ke luar (negeri)," pungkasnya.(nov)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Yoyok Berdoa Dijauhkan dari Heroin, Malah Nyabu

Posted: 27 Feb 2011 02:17 AM PST

JAKARTA - Dalam doanya terdahulu, Yoyok sering berharap dijauhkan dari heroin. Doa itu memang terkabul, tapi ujungnya malah Yoyok terjerat sabu-sabu.

"Dia (Yoyok) bilang, salah doa. Dia tadi bilang, dulu pernah berdoa meminta sama Allah agar bisa berhenti dari heroin, bukan berhenti dari narkoba. Jadi, sekarang memang berhenti di heroin, tapi beralih ke narkoba jenis lain," ungkap Kanit II Dit IV Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Mabes Polri, Kombes Pol Siswandi, di Gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Minggu (27/2/2011).

Yoyok diketahui bukan baru sekarang ini mengonsumsi narkoba. Sekira 10 tahun silam, mantan suami Rossa itu kecanduan heroin. Yoyok sukses meninggalkan heroin dan sempat hidup 'bersih'. Namun, sekira enam bulan lalu, penggebuk drum Padi itu kepincut sabu-sabu.

Lantaran sudah lama memakai narkoba, mantan suami Rossa itu pernah jadi target operasi polisi. Dan baru kali ini, polisi mencokoknya karena Yoyok sudah hidup seorang diri pascacerai dari Rossa.

Yoyok dibekuk aparat kepolisian dini hari tadi, di Apartemen Sudirman Park lantai 40, kamar 40 BA. Dari penggeledahan, polisi menemukan sabu-sabu seberat 0,5 gram. Barang laknat itu didapat Yoyok dua hari lalu dari seorang kurir yang biasa menyuplai narkoba di kalangan artis.(ang)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

KOMPAS.com - Nasional

Posted: 27 Feb 2011 01:18 PM PST

KOMPAS.com - Nasional


Dipo Alam Dianggap Bukan Aktivis 77/78

Posted: 27 Feb 2011 06:56 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua pucuk pimpinan aktivis era 1977/78, M Hatta Taliwang dan Umar Marasabessy, menegaskan, Sekretaris Kabinet Dipo Alam tidak pernah tergabung dalam aktivitas mereka sebagaimana disebut sejumlah kalangan.

"Mengingat banyak media menyebut dan mengait-ngaitkan Dipo Alam dengan komunitas kami, maka dengan ini kami tegaskan bahwa dia bukan Aktivis 77/78," kata Hatta yang dibenarkan Umar, di Jakarta, Minggu (27/2/2011) malam.

Seperti diberitakan, Dipo Alam memicu polemik karena gertakannya untuk memboikot media massa, terutama TV One, Media Indonesia dan Metro TV yang dinilainya kerap menjelek-jelekkan bosnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Karena itu, Hatta dan Umar pun mengecam sikap Dipo Alam yang dinilai kurang bijaksana menghadapi media massa.

Menurut Hatta Taliwang, Dipo Alam tidak punya kaitan langsung dengan Gerakan Mahasiswa 77/78. Saat gejolak politik di akhir 1977 hingga awal 1978, dia sudah tidak menjabat lagi sebagai Ketua Dewan Mahasiswa Universitas Indonesia.

"Ketika itu, Dipo Alam telah digantikan oleh Lukman Hakim (kini Ketua LIPI). Sejak itu, gaungnya tak kedengaran di dunia kemahasiswaan," katanya.

Dikatakan, mereka memiliki data otentik. Dipo Alam memang pernah jadi aktivis mahasiswa, tetapi terakhir hanya dikenal sebagai Ketua Dewan Mahasiswa (Dema) Universitas Indonesia tahun 1976.

"Dia memang sempat ditahan sekitar satu hingga dua bulan di 'Kampus Kuning' (Markas Batalion 202 Tajimalela di Bekasi) yang dijadikan tempat penahanan para aktivis Dema dari berbagai kampus di Jakarta," ungkapnya.

Penahanan Dipo Alam ketika itu, menurutnya, karena pernah bersama-sama dengan Bambang Sulistomo mengusung Ali Sadikin sebagai calon presiden alternatif.  "Jadi, sekali lagi, Dipo Alam tidak punya kaitan langsung dengan Gerakan Mahasiswa 77/78. Ada bukti lain  yang bisa menjelaskan soal itu," katanya didampingi A Rachim, salah satu aktivis komunitas tersebut.

Bambang Sulistomo yang dimaksud adalah putra Soetomo atau Bung Tomo dari Surabaya yang penobatannya sebagai Pahlawan Nasional baru dilakukan tahun lalu.

Hatta Taliwang dan Umar Marasabessy menambahkan, pihaknya punya informasi sangat akurat bahwa Dipo Alam tidak pernah diadili atau menjadi saksi di pengadilan ketika teman-temannya diadili di sejumlah kota, mulai Bandung, Jakarta, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Ketua BPK Bicara KKN RI di Malaysia

Posted: 27 Feb 2011 03:17 PM PST

Ketua BPK Bicara KKN RI di Malaysia

Editor: yuli

Minggu, 27 Februari 2011 | 23:17 WIB

DHONI SETIAWAN/KOMPAS.com

Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta Pusat.

TERKAIT:

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Hadi Purnomo mengatakan, timbulnya praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) di dalam negeri karena fungsi monitoring sejumlah pihak masih kurang lengkap sehingga perlu dicarikan solusinya.

"Solusinya bisa secara ekstensifikasi (mencari yang tersembunyi) dan intensifikasi (mengungkapkan yang tidak jujur)," kata Hadi Purnomo dalam diskusi sosialisasi BPK yang dihadiri Duta Besar RI di Malaysia, Da'i Bachtiar, dan para stafnya, Minggu (27/2/2011).

Itu sebabnya, kata Purnomo, BPK akan terus berupaya agar pelaporan bisa dilakukan secara transparan dan akuntabel. "Insya Allah, kami dapat melakukannya agar rakyat Indonesia bisa menjadi sejahtera dan makmur," katanya.

Ia mengisahkan, guna memperkuat monitoring di dalam negeri khususnya dengan pemerintah daerah, BPK menandatangani sejumlah nota kesepahaman dengan sejumlah pemda. Pada Kamis (24/2/2011) lalu, BPK menandatangani nota kesepahaman tentang pengembangan dan pengelolaan sistem informasi untuk akses data bersama Pemda Banten dan delapan kabupaten/kota di Banten.

Penandatanganan tersebut merupakan langkah awal untuk menciptakan pusat data BPK melalui strategi link and match dalam rangka pemeriksaan berbasis elektronik atau e-audit. Nota kesepahaman yang sama dengan seluruh lembaga negara, kementerian, lembaga pemerintah nonkementerian, dan BUMN juga telah ditandatangani BPK bersama pihak tersebut.

"Kami mengharapkan sinergi tersebut memberikan manfaat untuk mengurangi KKN secara sistemik, mendukung optimalisasi penerimaan negara serta mendukung efisiensi dan efektivitas pengeluaran negara," kata Hadi Purnomo.

Selama 2010, katanya, BPK sudah menandatangani kesepakatan bersama dengan 488 DPRD dari 524 DPRD provinsi dan kabupaten/kota dari 32 provinsi di Indonesia.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

detikcom

Posted: 27 Feb 2011 01:17 PM PST

detikcom


Kameramen Reuters Dibunuh dengan AK-47, Bukan Senjata Tentara Bangkok

Posted: 27 Feb 2011 12:33 PM PST

Senin, 28/02/2011 03:33 WIB
Kameramen Reuters Dibunuh dengan AK-47, Bukan Senjata Tentara Bangkok 
E Mei Amelia R - detikNews

Bangkok - Kepala Departemen Investigasi Khusus (DSI) telah menyimpulkan bila kameramen Reuter, Hiro Muramoto yang tewas dalam bentrokan di Bangkok tahun lalu, tidak dibunuh oleh pasukan pengamanan. Pasalnya, peluru yang bersarang di tubuh Muramoto berasal dari senjata AK-47.

Direktur Jenderal DSI Tharit Pengdith menyatakan jika peluru yang bersarang di tubuh korban berasal dari senjata AK-47. Senjata tersebut tidak cocok dengan senjata yang digunakan tentara di Bangkok saat aksi di jalan pada waktu itu.

"Sekarang kita mengetahui secara pasti bahwa peluru yang menewaskan dia merupakan buatan Rusia yang berasal dri AK-47, yang tidak digunakan oleh tentara militer," kata Pengdith seperti dikutip Reuters, Minggu (27/2/2011).

Kesimpulan tersebut menyangkal laporan temuan awal DSI yang dibocorkan kepada Reuters pada Desember 2010 lalu. Saat itu Reuters mendapat bocoran jika peluru yang membunuh wartawan asal Jepang pada 10 April 2010 lalu itu berasal dari arah pasukan.

Muramoto adalah wartawan Reuters yang berbasis di Tokyo. Dia ditugaskan oleh Reuters untuk membantu meliput demontsran 'kaos merah' anti-pemerintahan yang berlangsung pada Maret hingga Mei 2010 lalu. Muramoto merupakan salah satu di antara 91 warga sipil yang tewas dalam bentrokan dengan tentara militer saat itu.

Juru bicara angkatan bersenjata Bangkok, Sansern Kaewkamnerd tidak berkomentar akan kesimpulan DSI mengenai penyebab kematian Muramoto itu. Dalam Harian Minggu Bangkok, Sansern menyatakan tentaranya tidak menggunakan senjata AK-47.
(mei/her)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tutup

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share via Email:

Share via Email


loadingSending your message

Message has successfully sent


Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Nuniek di nuniek[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.526).

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Perkuat Pemerintahan Cukup Dua Fraksi di Parlemen

Posted: 27 Feb 2011 12:03 PM PST

Senin, 28/02/2011 03:03 WIB
Perkuat Pemerintahan Cukup Dua Fraksi di Parlemen 
Hery Winarno - detikNews

Jakarta - Perbedaan pendapat soal hak angket mafia pajak antara fraksi Golkar dan PKS dengan partai koalisi yang dimotori Demokrat berbuntut panjang. Demokrat bahkan mewacanakan agar koalisi nantinya diatur dalam sebuah produk hukum, yakni UU.

Atas hal tersebut, anggota Wantimpres, Jimmly Asshidiqie ikut bersuara. Menurutnya pengaturan pengaturan koalisi memang perlu diatur dalam sebuah UU.

"Ya seharusnya memang demikian. Bahkan saya dulu pernah mengusulkan agar di parlemen hanya ada dua fraksi. Fraksi pemerintah dan oposisi," terang Jimmly saat berbincang dengan detikcom, Minggu (27/2/2011).

Menurut Jimmly, pengaturan terhadap koalisi tidak perlu dibuat sebuah UU baru, melainkan cukup dengan merevisi UU tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3). Usulnya agar fraksi dimasukan ke dalam salah satu alat kelengkapan dewan.

"Jadi partai yang lolos parliamentary treshold (PT) tinggal memilih, ikut parlemen pendukung pemerintah atau parlemen koalisi. Tidak perlu ada format koalisi," terangnya.

Aturan yang demikian, menurut Jimmly juga tidak akan membatasi jumlah partai. Berapapun partainya asal memenuhi PT bisa mendudukan wakilnya di Senayan. Di sisi lain, pengaturan itu akan membuat posisi pemerintah semakin kuat karena dukungan dari parlemen juga kuat.

"Jadi yang diatur adalah struktur parlemen, bukan sekedar format koalisi. Kalau fraksi parlemen tentu dia mendukung setiap kebijakan pemerintah. Jadi tidak ada lagi perbedaan pendapat dalam koalisi nantinya," imbuhnya.

Sebelumnya, untuk menyikapi pembangkangan yang dilakukan oleh Golkar dan PKS, Demokrat mewacanakan untuk mengatur koalisi dalam sebuah UU. Hal ini disampaikan oleh Ketua Fraksi Partai Demokrat, Jafar Hafsah, beberapa waktu lalu.

"Seyogyanya koalisi itu diatur dalam sebuah undang-undang. Atau paling tidak ada AD/ART," ujar  Jafar.

Menurut Jafar, koalisi perlu diatur dalam UU karena sistem pemerintahan menganut sistem presidensil. Di sisi lain, Indonesia juga menggunakan sistem multi partai dalam pemilihan umum.

"Jadi seharusnya kalau sistem presidensil, itu cuma ada dua partai. Partai pemerintah dan oposisi, tapi kita kan tidak. Kita multi partai. Supaya kinerja pemerintah baik harus didukung parlemen yang kuat juga, makanya koalisi perlu diatur dalam UU," terangnya.

(her/mei)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tutup

  Share to Facebook:

You are redirected to Facebook

  Share via Email:

Share via Email


loadingSending your message

Message has successfully sent


Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi Nuniek di nuniek[at]detik.com,
telepon 021-7941177 (ext.526).

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tengok Baik2 Ye...

Halwa Telinga

My Blog List

Senarai Blog Saya

Selalu Baca